You are on page 1of 29

LANGKAH-LANGKAH
DALAM MEMENANGKAN PILKADA

(1) (2) (3)
PEMETAAN MEMBUAT MEMBUAT
POLITIK TARGET SUARA MESIN SUARA

(6) (5) (4)
UP GRADING JALANKAN EVALUASI
SUARA PROGRAM MONITORING

(7)
MENJAGA
KEMENANGAN

Pra Pilkada 2018 1

Diskusi mendalam (Indepth Interview) dan SURVEI. antara lain: Analisis SWOT. peta politik ini bisa menjadi panduan untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Maka Kemenangan Sudah Pasti Ada di Tangan! Kenali Medan Pertempuran. kebanyakan mereka menggunakan asumsi dalam melakukan pemetaan ini. PEMETAAN POLITIK Pemetaan politik adalah melakukan analisis terhadap kekuatan dan kelemahan diri dan lawan. Ada beberapa cara yang biasa digunakan untuk melakukan pemetaan politik. Banyak kandidat telah sadar akan pentingnya pemetaan politik. Kenali Lawan. Diskusi Fokus Group (Focus Group Disscusion). ”Kenali Diri Sendiri. Maka Kemenangan Akan Sempurna!” (Sun Tzu) Pra Pilkada 2018 2 . "iklim" medan pertempuran dan media komunikasi. kondisi "medan pertempuran. Pemetaan politik yang paling akurat adalah dengan melakukan survei. Kenali Iklim. Dengan melakukan survei. Dari beberapa cara pemetaan politik tersebut. kandidat dapat mengumpulkan berbagai informasi sangat penting dan akurat. Ibarat seorang yang akan melakukan perjalanan. Namun sayang.

PEMETAAN POLITIK ORMAS Strategi Mobilisasi PARPOL Pemilih Pemetaan Pemilih KELUARGA BIROKRASI Pemetaan Jaringan SPANDUK/BALIHO Pemetaan RADIO Media TELEVISI Strategi Pencitraan KORAN/MAJALAH INTERNET Pra Pilkada 2018 3 .

Pemetaan Media Massa  Menginventarisir semua media massa lokal  Menganalisis Kecenderungan isi media  Menjajaki kemungkinan kerja sama  Analisis media paling efektif  Output : Strategi Pencitraan Pra Pilkada 2018 4 . PEMETAAN POLITIK 1. Pemetaan Jaringan  Inventarisir Jaringan yang potensial jadi mesin politik  Memetakan wilayah dari masing2 jaringan  Inventarisir Nama-nama yang memiliki potensi menjadi tim sukses  Ouput : Strategi Mobilisasi 3. Pemetaan Perilaku Pemilih  Memetakan pemilih berdasarkan demografi dan preferensi politik  Memetakan isu-isu strategis lokal  Memetakan nama-nama yg berpotensi menjadi kawan dan lawan  Memetakan media komunikasi yg efektif digunakan oleh pemilih  Output : Strategi Mempengaruhi Perilaku Pemilih 2.

serta isu-isu yang sedang berkembang. Jika anda menguasai informasi. mengkalkulasi. Sneakers The movie]. Survei merupakan salah satu pendekatan penting dan cara yang bisa dilakukan untuk mengukur. kekuatan dan kelemahan lawan. dan memprediksi bagaimana proses dan hasil pilkada yang akan berlangsung. pengetahuan adalah kekuatan. anda akan menguasai dan mengendalikan masyarakat. prilaku masyarakat (pemilih). Hasil survei tersebut dapat menjadi masukan amat penting untuk melihat secara riil kekuatan dan kelemahan kandidat sekaligus untuk menghadapi masa kampanye yang akan segera dilakukan. Hasil survei juga membimbing kandidat dan tim sukses tentang apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan peluang terpilih dalam Pilkada nanti. “Di luar sana ada perang kawan.. tetapi siapa yang menguasai informasi. Apa yang kita lihat dan dengar. perang dunia.” [Tom Clancy]. “Informasi. terutama menyangkut peluang besar seorang kandidat untuk menang. SURVEI. apa yang kita pikirkan…semuanya adalah mengenai informasi!” [Cosmo. Pra Pilkada 2018 5 . media komunikasi. Hal ini bukan mengenai siapa yang paling banyak memiliki peluru.

Dengan melakukan survei. MENGAPA HARUS SURVEI ? Pilkada adalah proses demokrasi yang dapat diukur. dan dapat diuji. tapi aku butuh opini merebut hati rakyat untuk taklukan Roma“ [Julis Caesar] Pra Pilkada 2018 6 . dan diprediksi dalam proses maupun hasilnya. Sudah masanya meraih kemenangan dalam pilkada berdasarkan data empirik. ilmiah. kandidat dapat mengumpulkan berbagai informasi yang sangat penting dan akurat. terukur. "Beri aku sejuta pasukan utk taklukan dunia. dikalkulasi.

usia. TUJUAN SURVEI  Survei Opini/persepsi dan Prilaku calon pemilih dilakukan untuk mengetahui siapa di antara nama-nama tokoh (Kandidat) yang punya peluang paling kuat untuk menang dalam Pilkada. pekerjaan.  Memetakan kekuatan dan kelemahan para kompetitor secara spasial serta Memetakan bagaimana tingkat antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam menghadapi pilkada. jenis kelamin. Pra Pilkada 2018 7 . afiliasi keagaamaan dan organisasi sosial. agama. serta tingkat sosio-ekonomi.  Untuk mengetahui bagaimana tingkat popularitas dan Elektabilitas kandidat di masyarakat. baik pada masa pra-kampanye maupun pada masa kampanye menjelang pemilihan.  Untuk mengetahui bagaimana peta/sebaran dukungan dan preferensi pemilih terhadap kandidat berdasarkan aspek: wilayah.

TUJUAN SURVEI  Untuk mengidentifikasi isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat sebagai bahan kampanye kandidat dan dapat menyusun program kampanye sesuai kehendak pemilih  Memberikan saran dan masukan kepada calon kandidat yang bersangkutan  Melalui survei tim sukses akan dapat memperkirakan seberapa besar dana yang diperlukan untuk membiayai kampanye Keberuntungan mempengaruhi segalanya dalam hidup. [THE SWORDLESS SAMURAI] Pra Pilkada 2018 8 . tapi tidak bisa mengalahkan tujuan yang terencana serta perjuangan dan pengorbanan untuk mencapainya.

Mengetahui bagaimana kelebihan (citra positif) dan kekurangan (citra negatif) dari masing-masing kandidat. suku. klas sosial dll 3. pendidikan. 2. Mengetahui kelompok/segmen masyarakat (agama. afiliasi politik. 3. Mengetahui media komunikasi (sosial dan massa) yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. umur. afiliasi politik. radio.) mana yang mendukung dan tidak mendukung terhadap masing-masing kandidat. misalnya spanduk. suku. desa. pendidikan. jenis kelamin. kota atau propinsi tersebut. dilihat dari aspek agama. Kekuatan dan Kelemahan Lawan 1. MANFAAT SURVEI Kekuatan dan Kelemahan Diri sendiri 1. klas sosial. kecamatan. umur. Mengetahui seberapa besar tingkat popularitas dan elektabilitas kandidat di kabupaten. 2. jenis kelamin. selebaran dll 2. kecamatan. desa dll. Media Komunikasi Efektif 1. Mengukur tingkat intensitas media lokal Pra Pilkada 2018 9 . Mengetahui variabel apa saja yang menjadi “modal” bagi kandidat lawan. Mengetahui basis dukungan dari kandidat lawan. Mengetahui kelebihan (citra positif) dan kekurangan (citra negatif) dari kandidat lawan.

Isu-Isu Politik 1. afiliasi politik. umur. suku. Menggali saran dan masukan dari masyarkat tentang berbagai hal termasuk memenangkan Pilkada. Mengetahui alasan seseorang memilih calon. Mengetahui tingkat loyalitas dan sentimen pemilih terhadap partai dan organisasi sosial lainya. 3. Mengetahui masalah-masalah mendesak yang dibutuhkan masing-masing segmen sosial 3. agama. Mengetahui tema kampanye yang diinginkan oleh masyarakat 2. pendidikan dll 2. dililihat dari aspek wilayah. Mengetahui berbagai usulan dari masyarakat tentang bagaimana seharusnya yang harus dilakukan oleh kandidat agar sukses dalam pilkada. MANFAAT SURVEI Perilaku Pemilih 1. Pra Pilkada 2018 10 . klas sosial.

. kandidat dapat menentukan skala prioritas kampanye sehingga dana yanga ada tidak dihabiskan untuk hal-hal yang tidak produktif Efektivitas Kampanye> Hasil survei ini juga dapat digunakan untuk menentukan berbagai bentuk kampanye mana yang paling efektif menarik pemilih. Posisi Tawar > Hasil survei ini dapat dijadikan alat bukti ilmiah yang kuat bagi kandidat untuk menyakinkan partai politik..... Memilih Pasangan Yang Paling Tepat > Hasil survei ini dapat digunakan untuk menentukan siapa orang yang paling tepat secara taktis dan strategis untuk dijadikan pendamping... Efisien Dana Kampanye > Dengan melihat hasil survei ini. penyandang dana dan organisasi politik lainya yang akan mendukungnya. Dengan hasil survei ini.... kandidat bisa menganalisa beberapa orang yang memiliki potensi yang besar dan cocok untuk dijadikan pasangan dalam Pilkada. Pra Pilkada 2018 11 . MANFAAT LAIN.

Meski tanpa melibatkan semua anggota populasi. hasil survei dapat digeneralisasikan sebagai representasi populasi. dengan teknik tersebut dimungkinkan setiap anggota populasi (DPT) mempunyai peluang yang sama untuk dipilih atau tidak dipilih menjadi responden. METODELOGI SURVEI Lingkar Publik Independent (LPI) menerapkan prinsip probalitas dalam penarikan sampel. Pra Pilkada 2018 12 . survei yang dilakukan oleh LPI mengikuti kaedah-kaedah sebagai berikut :  Metode penarikan sampel : Stratified random sampling  Jumlah responden minimal 400 ( margin of error ± 4-5% pada tingkat kepercayaan 95%)  Pengumpulan data: wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner  Kendali mutu riset :pewancara berstatus minimal mahasiswa dan mendapatkan pelatihan. Dalam pengambilan sampel. Wawancara dilakukan kontrol secara sistematis dengan melakukan cek ulang dilapangan (spotchek) sebanyak 20% dari seluruh responden  Validasi data : perbandingan karakteristik demografis dari sampel yang diproleh dari survei dengan populasi yang diproleh lewat sensus (BPS) atau DPT terbaru dari KPU. digunakan teknik Stratified random sampling. sehingga pengukuran pendapat dapat dilakukan dengan hanya melibatkan sedikit responden.

Proses Pengambilan Sampel PROVINSI KABUPATEN/KOTA POPULASI POPULASI P1 P2 DESA/KELURAHA N KECAMATAN P3 RW/RT LK PR RESPONDEN Pra Pilkada 2018 13 .

ALUR KERJA SURVEI Teknik Persiapan Wawancara di Penarikan instrumen lapangan sampel Presentasi & Analisis data Tabulasi data Rekomendasi Pra Pilkada 2018 14 .

Pendidikan rendah 1 LATAR BELAKANG PENDIDIKAN b. Non formal a. Belum Meniikah 7 STATUS PERNIKAHAN b. Pendidikan tinggi a. Perkotaan (urban) 5 WILAYAH TEMPAT TINGGAL b. Sudah Menikah Pra Pilkada 2018 15 . Pendapatan menengah d. Tua a. Pendapatan sangat rendah b. Pendapatan tinggi e. Responden terpilih nantinya akan dikelompokan berdasarkan kriteria seperti disajikan pada table berikut : NO KRITERIA KELOMPOK a. KRITERIA RESPONDEN Kriteria responden terpilih adalah berumur 17 tahun atau lebih. atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Pendapatan sangat tinggi a. Remaja 6 UMUR b. Dewasa c. Perempuan a. Pendapatan rendah 2 PENDAPATAN PERBULAN c. Pendidikan menengah c. Formal 4 PEKERJAAN b. Pedesaan (rural) a. Laki-laki 3 JENIS KELAMIN b.

Mampu mengkoordinir koordinator lapangan c. Memiliki keahlian metodelogi survei lapangan 1 SUVERVISOR b. Mampu mengkoordinir dan mengawasi kerja surveiyor a. Tinggal dan mengenal daerah/lokasi survei KOORDINATOR b. Mengenal daerah/lokasi survei 3 SURVEYOR c. Mampu membuat catatan lapangan Pra Pilkada 2018 16 . Memahami permasalahan sosial masayarakat setempat 2 LAPANGAN c. KRITERIA PETUGAS LAPANGAN (PENELITI) NO PELAKSANA KRITERIA a. Memiliki komitmen terhadap kebenaran survei e. Bisa berkomunikasi dengan bahasa setempat b. Memamahami permasalahan sosial a. Mengenal prilaku masyarakat setempat d.

Monitoring Surveyor dan Spot Check Lapangan 3. Finalisasi Kuesioner . Minggu I : Desain Kuesioner . WAKTU PELAKSANAAN SURVEI Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh tahapan pelaksanaan sebuah survei maxsimum 30 hari kerja. analisa data dan Pembuatan Laporan 4. Try out kuesioner. Rekomendasi dan Publikasi Pra Pilkada 2018 17 . Minggu III : Input data. 2. Rekapitulasi data. 1. CetakKuesioner dan RekrutmenSurveior. Minggu IV : Presentasi. Minggu II : Pengambilan data lapangan.

000. 110. 78.000 ( Seratus Sepuluh Juta Rupiah) Survei Walikota/Bupati–>Rp. Sudah termasuk biaya konsultasi. ANGGARAN SURVEI Anggaran untuk pemakaian jasa 1 x (Satu Kali) Survei adalah : Survei Gubernur —– > Rp.000. Pra Pilkada 2018 17 .000 (Tujuh Delapan Juta Rupiah) Keterangan : Anggaran diatas dapat berubah disesuaikan dengan kondisi demografi wilayah dan jumlah sampel survei yang diambil.

Pengurus LPI Dewan Pembina : Dr.Pd Direktur Eksekutif : Zainul Rifqi Sekretaris : Fatra Aridlo Bendahara : Anggi Diansyah Bidang Survisior : Feri Nopriadi Bidang Training Relawan : Bahtiyar.Kom : Sofia AR.Hasbi. M. S.Sos Bidang Dokumentasi/ Lognggistik : Sri Riskia Fitriana. MH : M.I Bidang Analisis Data : Rico Chandra : Dedi Irawan Koordinator Survei : Syamsidar Surveyor : 40 orang (lulus seleksi) Pra Pilkada 2018 19 . S. Eko Kuswanto. SE Bidang IT/Instrumen : Iwan Saputra. S.Pd. SH.Si : Marwati Hasni. M.

PENGALAMAN SURVEI  Survei Kota Pangkal Pinang. Provinsi Babel Juli 2012  Survei Kota Pagaralam November s/d Januari 2012-2013  Quick count pilkada kota Pagaralam 23 januari 2013  Survei Kabupaten OKI Februari 2013  Quick count pilkada kota pagaralam 30 maret 2013  Survei pilkada Kabupaten OKI Maret 2013  Survei Pilkada Kabupaten Lahat Februari 2013  Quick Count Pilkada OKI 6 Juni 2013  Quick count Pilkada Kota Palembang April 2013  Survei Kabupaten Belitung. Provinsi Babel April 2013  Survei Pra Pemilu Legislatif 2014  Quick Count Pemilu Legislatif 9 April 2014  Survei Pemilu Presiden Area Sumsel Maret 2014  Survei Kenerja Pemerintahan Kota Pagaralam Maret 2016  Survei Kinerja Pemerintahan Kota Palembang April 2016 Pra Pilkada 2018 20 .

Juli 2016 Direktur Eksekutif Lingkar Publik Independent Zainul Rifqi Pra Pilkada 2018 21 . Penutup Demikianlah proposal program survei ini kami sampaikan. atas kerjasamanya kami ucapkan terimah kasih. Palembang.

2012. SUMBER REFERENSI National Democratic Institute. dan Devore. Efendi. . Metode penelitian survei. R. Statistics: The Exploration and Analysis of Data. 2009. J. 2008. USA. Bandung. LP3ES. USA. Peck. Penerbit Alfabeta. Metode Penelitian. Sofian. Jakarta Sugiyono. The Quick Count and Election Observation. 2002.

Galeri Pelatihan Relawan Surveyor Pra Pilkada OKI Maret 2012 Presentasi Hasil Survei Pra Pilkada Kota Pagaralam November 2012 .

Galeri Pelatihan Relawan Surveyor pra Pilkada Kota Pangkal Pinang BABEL Januari 2013 Pelatihan Relawan Surveyor pra Pilkada Kota Palembang Desember 2012 .

Galeri Pelatihan Relawan (Surveyor) Quick Count Pilkada Kota Pagaralam 19 Januari 2013 Quick Count Pilkada Kota Pagaralam 23 Januari 2013 .

Galeri Presentasi Riset Opini Publik Kota Pagaralam Februari 2016 Audiensi Riset Opini Publik Kota Pagaralam Februari 2016 .

Galeri Pelatihan Surveyor Riset Opini Publik Maret 2013 Presentasi hasil riset Opini Publik Juni 2016 .