Definisi Kimia

Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik.

Manfaat Kimia
Manfaat yang akan kita dapat dari mempelajari ilmu kimia adalah:
1. Pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung di dalamnya, sehingga kita dapat mengontrol perubahan ini demi keuntungan bagi kehidupan smanusia dan lingkungan. Contohnya, air dan alkohol itu memiliki perbedaan. Alkohol memiliki sifat mudah terbakar dan jika sifat mudah terbakar dari alcohol dipertanyakan kepada orang yang tidak mempelajari ilmu kimia, mungkin ia akan mengatakan “sudah begitulah asalnya”. Akan tetapi, orang yang sudah mempelajari ilmu kimia dapat menjelaskan sifat tersebut secara rasional. 2. Mampu berpikir secara rasional Contohnya, petir yang menggelegar menurut orang-orang zaman dulu karena dewa yang sedang marah, orang yang mempelajari ilmu kimia tentu dengan mudah mempercayai hal itu. Tapi tidak dengan orang mempelajari kimia, tentu mereka tidak percaya pada hal kuno tidak akan yang yang

kita senantiasa meghadapi masalah dan berusaha memecahkannya secara sistematis. Mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita. dll. Material yang digunakan untuk berbagai produk tersebut memerlukan komposisi dan sifat khusus yang ditemukan oleh para ahli kimia.tidak masuk akal dan akan mencari tahu mengapa petir bias terjadi. Semuanya merupakan hasil dari penyerapan ilmu kimia. baik makro maupun mikro. Selain itu ilmu kimia juga punya andil besar dalam berbagai jenis produk teknologi seperti pesawat televise. plastic. . kosmetik. cat. Sering kali masalah dalam ilmu kimia terlihat rumit dan kompleks. Sebenarnya kerumitan itu akan menjadi keuntungan jika disikapi dengan benar. Sabun. Masalah pembentukan sikap Dalam mempelajari ilmu kimia atau ilmu pengetahuan pada umumnya. dan pesawat terbang. Misalnya pembuatan sabun dari minyak sawit. kita bias memecahkannya secara logis dan terencana. mesin pendingin. Jika kita terbiasa menghadapi persoalan yang rumit. obat-obatan. 5. Dunia modern merupakan dunia di mana manusia menjadi terbiasa dengan kemudahan yang diperoleh dari ilmu kimia. 4. Membuktikan kepada kita betapa besarnya keagungan Allah SWT yang telah mengatur alam ini sehingga menjadi teratur. Hamper semua bahan keperluan kita mengalami sentuhan kimia. 3. pasta gigi. sehingga ada kesan bahwa ilmu kimia adalah ilmu yang sukar. bumbu masak.

Rusaknya lapisan ozon menyebabkan radiasi ultraviolet akan sampai ke Bumi karena tidak ada yang melindunginya. obat nyamuk semprot. Radiasi ultraviolet inilah yang akan menyebabkan kanker kulit (melanoma) dan kulit seperti terbakar. sehingga limbahnya mencemari air dan tanah. Partikel PbClBr Partikel ini berasal dari pembakaran bensin. juga manusia. Akan tetapi. Timbale akan bereaksi dengan klor dan brom membentuk partikel PbClBr. senyawa itu ternyata persisten (stabil. DDT dapat masuk ke dalam rantai makanan sehingga membahayakan berbagai jenis fauna. 2. Partikel ini akan dihamburkan oleh kendaraan melalui knalpot ke udara sehingga mencemari udara. diantaranya: 1. Bensin yang digunakan untuk kendaraan bermotor biasanya dicampur dengan senyawa timbale agar pembakaran cepat dan jalannya mesin lebih sempurna. DDT Merupakan insektisida yang digunakan untuk memberantas nyamuk dan hama tanaman. . sukar diuraikan mikroorganisme). yaitu banyak produk kimia yang menimbulkan masalah. dan lemari es. CFC (Chlor-Flour-Carbon) CFC sering digunakan untuk Air Conditioning (AC). DDT telah berhasil membasmi nyamuk malaria sehingga dapat menyelamatkan nyawa jutaan manusia. penyemprot rambut. CFC akan menyebabkan rusaknya lapisan ozon di atmosfer. selain memiliki dampak positif yang besar. kimia juga memiliki dampak negatif. 3.Masalah yang Timbul Akibat Penggunaan Kimia Tapi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful