You are on page 1of 22

SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017

1. Helmi dibelikan ibu sebuah kasur spring bed 2. Sebuah mistar digunakan untuk mengukur
10
baru dengan spesifikasi sebagai berikut! panjang beberapa pensil seperti gambar di
bawah ini!
No Besaran Satuan

1 Panjang 2m

2 Massa 20 kg

3 Volume 0,4 m3

4 Waktu 3 tahun

5 Luas 20000 cm2

6 Tebal 20 cm Berdasarkan gambar,panjang pensil yg benar
adalah?
A. pensil I : 3,9 cm
Besaran pokok yang benar pada spesifikasi B. pensil II : 3 cm
terebut ditunjukkan oleh nomor... C. pensil III : 5,7 cm
D. pensil IV : 6,6 cm
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 6
Pembahasan:
C. 3, 4 dan 5
Pensil 1 : 1,85 cm
D. 4, 5 dan 6 Pensil II : 3,0 cm
Pembahasan: Pensil III : 2,2 cm
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya Pensil IV : 2,1 cm
sudah ditetapkan.
Jawaban: B. Pensil II: 3 cm
Secara umum besaran pokok ada 7:
3. Perhatikan gambar percobaan berikut ini!

N Nama Satuan keterangan
o besaran
MKS CGS

1 Panjang meter centimeter Termasuk
besaran
PANJANG, yaitu:
tinggi, lebar,
tebal, diameter,
jarak. Alat ukur
meteran, Berdasarkan percobaan larutan yang bersifat
mistar, asam ditunjukkan oleh...
penggaris,
jangka sorong,
mikrometer
A. 1 dan 2
sekrup
B. 1 dan 3
2 Massa Kg gram Alat
ukurnya: C. 2 dan 4
Neraca
D. 3 dan 4
3 Waktu sekon Alat ukur:
stop watch Pembahasan:

4 Suhu kelvin Alat ukur: Gambar (1) lakmus biru menjadi merah artinya
thermometer
larutan bersifat asam

5 Banyak mol Gambar (2) lakmus biru tetap biru artinya
zat laritan bersifat basa.

6 Intensitas candela Gambar (3) lakmus merah tetap merah artinya
cahaya larutan bersifat asam.

7 Kuat arus ampere amperemeter Gambar (4) lakmus merah menjadi biru artinya
larutan bersifat basa

Jawaban : C
Jawaban: B (1 dan 6)
Modul Pengayaan IPA
TP. 2017-2018

SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017

4. Perhatikan gambar berikut! A. Sentrifugasi
11
B. Kromatografi
C. Filtrasi
D. Kristalisasi

Pembahasan :

Sentrifugasi: Cara pemisahan berdasarkan
adanya gaya sentrifugal yang diberikan
pada partikel – partikel yang melayang
sehingga partikel tersebut dapat dipaksa
untuk bergerak ke dasar bejana dan
mengendap, sehingga terjadi pemisahan
antara partikel padat dan pelarutnya.

Pasangan gambar yang merupakan molekul
senyawa

A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
Kromatografi adalah metode pemisahan
D. 2 dan 4 campuran yang didasarkan pada
perbedaan kecepatan merambat antara
partikel-partikel yang bercampur dalam
Pembahasan: suatu medium diam ketika dialiri suatu
Molekul merupakan gabungan dari dua unsur atau medium gerak. Contoh : Pemisahan zat
lebih, baik yang sejenis atapun tidak sejenis melalui warna pada tinta
ikatan kimia.
Filtrasi (Penyaringan) adalah metode
Molekul unsur tersusun dari 2 atau lebih unsur pemisahan campuran yang digunakan untuk
sejenis seperti O2, O3, N2, C4, H2 dan sebagainya. memisahkan cairan dan padatan yang tidak
larut berdasarkan pada perbedaan ukuran
Molekul senyawa tersusun dari dua atau lebih unsur
partikel zat zat yang bercampur. Contoh
yang tidak sejenis, seperti: H2O, CO2, H2SO4
Menyaring air sungai untuk keperluan air
bersih.

Simpulan: Kristalisasi adalah proses pembentukan kristal
padat dari suatu larutan induk yang homogen
Gambar (1) : molekul unsur
Sublimasi adalah metode pemisahan campuran
Gambar (2) : molekul senyawa yang didasarkan pada campuran zat yang
memiliki satu zat yang dapat menyublim,
Gambar (3) : molekul unsur
sedangkan zat yang lainnya tidak dapat
Gambar (4) : molekul senyawa menyublim. Contoh : Pemisahan kapur barus
dari pengotornya.
5. Di belakang rumah mita terdapat sebuah
sumur. Sumur tersebut memiliki air yang Distilasi (Penyulingan) adalah pemisahan
berwarna kekuningan dan keruh. Cara campuran zat cair yang didasarkan pada
perbedaan titik didih zat-zat cair yang ada
sederhana yang bisa dilakukan mita agar
dalam campuran. Contoh : Pemisahan alkohol
mendapatkan air layak konsumsi adalah dari air.
dengan cara...

Jawaban : C
Modul Pengayaan IPA
TP. 2017-2018

(1) dan (2) C. Contoh: besi mudah berkarat pada tempat yang lembap. 3) Kereaktifan: mudah tidaknya suatu zat (3) Energi kinetik di A paling besar untuk bereaksi dengan zat lain. perubahan zat yang disertai terbentuknya zat baru.. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 12 7.Contoh: 8. Peningkatan konsumsi zat adiktif/psikotropika akan menurunkan D. yaitu perubahan zat yang tidak Jawaban : A (Jelas) disertai terbentuknya zat baru. Yang berubah hanya sifat fisikanya saja. Perubahan fisika. Perubahan Kimia.. energi kinetik adalah sebagai berikut: 2) Kestabilan:mudah-tidaknya suatu zat terurai oleh pengaruh panas. Efek samping tidak akan berubah B. Perubahan yang terjadi diikuti oleh perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia. (1) dan (4) D. (3) dan (4) efek samping D. di antaranya: titik didih. dapat disimpulkan (4) Dapat kembali ke bentuk semula. 2017-2018 . ukuran zat. Pengurangan konsumsi zat adiktif ditunjukkan oleh angka . Berdasarkan pernyataan.. Contoh: air (1) energi potensial di A dan C adalah paling adalah contoh zat yang cukup stabil. Contoh: Pembakaran kertas menjadi abu. (1) dan (2) B. air besar dapat berubah menjadi gas oksigen dan gas (2) Energi potensial di B paling besar hidrogen pada suhu 2000°C. perubahan kimia A. kerapatan. Efek samping akan meningkat jika Pembahasan: konsumsi zat adiktif/pskotropika Ada dua jenis perubahan zat berdasarkan sifatnya: diturunkan 1. (2) dan (3) B. Perhatikan gerak bola yang ditendang dengan Penumbukan beras hingga halus dan Pelarutan gula intasan seperti pada gambar berikut! dalam air 2. Yang termasuk sifat kimia adalah: 1) Mudah tidaknya suatu zat terbakar. bahwa . (3) dan (4) Modul Pengayaan IPA TP.. /psikotropika akan menurunkan efek samping A. membentuk karat. titik leleh. Contoh: zat asam dapat bereaksi dengan zat basa (4) Energi kinetik di A dan C sama besar menghasilkan garam. Perhatikan pernyataan berikut! (1) terbentuknya endapan (2) terjadinya reaksi (3) perubahan bentuk Berdasarkan grafik. Perhatikan grafik berikut! 6. Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh 4) Perkaratan:mudah-tidaknya suatu zat nomor.. (2) dan (3) C. wujud zat. A. (1) dan (4) walaupun konsumsi dikurangi C. dan perubahan rasa pada tape dari ketan... Contoh : Pernyataan besar energi potensial gravitasi dan Alkohol mudah terbakar.

ternyata diperlukan kalor 9. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 Jawaban: B 13 Pembahasan: 10.40 C Modul Pengayaan IPA TP.g ..∆T 0.h m : massa benda (kg) g : percepatan gravitasi (m/s2) h : ketinggian (m) Energi kinetik merupakan energi yang dimiliki benda yang bergerak. Fandi memanaskan 500 gram logam dari suhu b) Sebaliknya.5 kg atomatis.besi 460 j/kgoC C.c. a) Jika bimetal dipanaskan. dimanfaatkan juga pada setrika ∆T = 60oC-20oC=40oC listrik) C = 9200 J d) Lampu sen atau tanda arah pada mobil jaman Jawab: dulu.alumunium 900 j/kgoC b) Termometer bimetal (termometer ini D. (2) dan (3) 1 Ek = .. maka bimetal akan Jawaban : C melengkung ke arah logam yang memiliki koefisien muainya lebih kecil. Q = m. maka 20oC hingga 60oC. Alat yang menggunakan prinsip bimetal : A. (2) dan (4) 2 v = kelajuan benda (m/s) Pembahasan: Berdasarkan gambar Ek terbesar ada pada Sifat-sifat bimetal atau cara kerja bimetal : posisi A ketika bola sudah ditendang.. matematis ditulis: A. Energi kinetik Berdasarkan data pada tabel. gambar bimetal bergantung pada kelajuan benda. Secara matematis: Ep = m.timah 140 j/kgoC digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi >100 derajat) Pembahasan: c) Termosfat bimetal (termosfat biasa Diketahui : dimanfaatkan pada mesin penetas telur secara m = 500 gram = 0. jika bimetal didinginkan.m. memiliki koefisien muainya lebih besar.200 joule. Oleh karena itu energi potensial gravitasi di posisi B adalah terbesar.tembaga 400 j/kgoC a) Sakelar termal atau sakelar suhu B.∆T Q 9200 J ⇒c= = o = 460 J / kg oC Jawaban : B m. (1) dan (2) C. (1) dan (4) D.. Gambar berikut menunjukkan perkiraan bentuk bimetal setelah dipanaskan Energi potensial gravitasi bergantung pada kedudukan atau ketinggian benda.5kg. 2017-2018 .v 2 B. Secara yang benar adalah. Jenis logam dan kalor jenisnya bimetal akan melengkung ke arah logam yang yang benar adalah. Semakin tinggi kedudukan suatu benda maka semakin besar energi potensial gravitasinya. 9..

.6 N / kg = 2 =5 / m 10kg Dst. dengan demikian benda P adalah GLB. A. QdanR D. a= ∑ F = 15 N = 1N / kg v1 = 5m = 5m / s m 15kg 1s 20 m Gambar C: v2 = = 10m / s 2s ∑ F = (15N ) + (20 N ) + (−35) N = 0 v3 = 45m = 15m / s a=0 3s 80m Gambar D: v4 = = 20m / s 4 ∑ F = −30 N + 15N + 25N = 10 N 125m v5 = = 25m / s 10 N 5s a= = 1. Modul Pengayaan IPA TP. PdanS B. 2017-2018 . RdanS Jawab :B Pembahasan: Ciri Gerak lurus beraturan (GLB) kecepatannya selalu konstan (tetap) atau percepatannya nol Pembahasan: Berdasarkan tabel: Gambar A: a) Kelajuan benda P: ∑ F = (−12 N ) + 10 N + 8 N = 6 N = 5 =5 / m = 10kg 1 10 a= ∑F = 6N = 0. ∑ F = 20 N + (−15 N ) + 10 N =15 N m = 15kg b) Benda Q. Beberapa gaya bekerja pada benda seperti gambar. Pada materi ini peserta didik diharapkan menguasai juga materi Hukum I dan Hukum III Newton. 12.25 N / kg 8kg Kelajuan benda Q bertambah secara beraturan sebesar 5m/s. gerak benda Q termasuk GLBB Jawab :D Tips: Tips: Beberapa hal yang perlu diketahui terkait GLB dan Soal ini berkaitan dengan hukum II Newton. yang GLBB dan sering ditanyakan dalam ujian. Gambar B: Benda P kelajuannya selalu tetap.. antara lain: menyatakan percepatan berbanding lurus dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan • Grafik kecepatan terhadap waktu sebagai berikut: ∑ massa ( = ).. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 11.. Perhatikan gerak 4 benda berikut! 14 Benda yang mendapat percepatan terbesar adalah . Benda yang mengalami gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) berturut-turut adalah . P danQ C. yaitu 5 m/s.

30cm = 200 N ..lw = F . Sebuah benda diletakkan di atas tuas seperti • GLBB Merupakan gerak suatu benda pada lintasan pada gambar! berupa garis lurus dengan kelajuan yang selalu berubah terhadap waktu secara beraturan.. Mengurangi kuasa menjadi 133. GLBB diperlambat. a). Menggeser kuasa sejauh 40 cm mendekati titik tumpu. supaya tuas tetap seimbang yang diharuskan adalah. Menambah kuasa menjadi 240 N D.( semakin berkurang ) Contoh : . A. lw = (30-10) cm = 20 cm.l f . GLBB dipercepat. Menggeser kuasa sejauh 30 cm mendekati titik tumpu B. a = + ( semakin bertambah ) Pada Tuas berlaku persamaan: . a.Grafik hubungan antara kecepatan dan waktu : Saat titik tumpu digeser 10 cm mendekati beban. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 Pola ticker timer GLBB dipercepat: 15 Pada umumnya GLBB didasari oleh Hukum Newton II (Σ F = m . a = .Sepeda meluncur di jalan menurun .lw 600 N . Sehingga persamaan agar tetap seimbang menjadi: Modul Pengayaan IPA TP. Pola pada ticker timer yang diperlambat: C.Benda dilemparkan ke atas . Setelah beban digeser 10 cm mendekati titik tumpu maka. Tentukan lengan kuasa awal 600 N . vt = v0 + a.t • Pola yang dibentuk oleh ticker timer dan tetea oli vt2 = v02 + 2 a S pada GLB : S = v0 t + 1/2 a t2 vt = kecepatan sesaat benda v0 = kecepatan awal benda S = jarak yang ditempuh benda GLBB 13. 2017-2018 .Buah jatuh dari pohon w.Bola menggelinding di atas tanah datar .30cm lw = = 90cm 200 N II.Grafik hubungan antara kecepatan dan waktu w = beban (N) yaitu : lw = lengan beban F = Gaya/Kuasa (N) lf = lengan kuasa I.2 N Pembahasan: b.

pemecah biji kemiri. TUAS 1) Tuas jenis ke-1 : titik tumpu berada di tengah. dayung 2) Tuas jenis ke-2 : beban berada di tengah. bidang miring dan katrol.3N 90cm Contoh bidang miring: Jadi agar tetap seimbang kuasa yang asalnya 200N harus dikurangi menjadi1 133. Persamaan yang berlaku: Contoh nya pancingan dan pinset W KM = =n II.20cm F h F= = 133. Termasuk tuas jenis ke-1: tang. 3) Tuas jenis ke-3 : Kuasa berada ditengah. I. pembuka tutup botol. 2017-2018 . BIDANG MIRING F 1 F= W n Dengan: n = jumlah tali W = beban F = kuasa Keuntungan Mekanik bidang miring: Modul Pengayaan IPA TP. Ada 3 jenis pesawat sederhana.90cm W s KM = = 16 600.20cm = F . gunting. yaitu: tuas. KATROL Pesawat sederhana merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah kerja / usaha. Contoh: gerobak dorong.3 N Jawab : D Catatan: III. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 600 N .

g 800kg / m3 .5m ρ . 5 m B. TK > TL dan fL>fK g = 10 m/s2 C.g T 2π l Maka ketinggian benda X dan Y dapat kita cari Dari kedua persamaan di atas diketahui: demikian: a) Periode berbanding lurus dengan panjang tali b) Frekuensi berbanding terbalik dengan panjang tali PhX 16000 Pa c) Frekuensi dan periode tidak dipengaruhi mass hx = = = 2m ρ . Percepatan gravitasi 10 m/s2.0 m D. PhX = 16000 N/m2 A.0 m = 0. Tekanan hidrostatis dialami benda X sebesar 16. A. TK > TL dan fK>fL PhY = 20000 N/m2 B.10m / s 2 a) Tk lebih kecil dari TL. karena tali T < tali tali K b) fk lebih besar dari fT jadi selisih tingginya = 2..10 m / s 2 bandul PhY 20000 Pa Simpulan berdasarkan gambar bandul di atas: hY = = = 2. Perhatikan gambar berikut! Tips: 17 Soal ini berkaitan dengan materi Tekanan zat cair.g . 0. g 800 kg / m 3 . SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 14..5 meter Jawab : C Modul Pengayaan IPA TP.h dan frekuensi: jadi : Ph 1 1 g h= f = = ρ . 2. melayang atau mengapung) Benda X dan Y berada di dalam minyak 15. 2017-2018 . berkaitan dengan posisi benda di dalam zat cair. TL > TK dan fK>fL D. TL > TK dan fL>fK Ditanya : selisih kedalaman X dan Y Pembahasan: Jawab : Rumus yang digunakan untuk menentukan periode bandul adalah: Ingat persamaan tekanan hidrostatis adalah: Ph = ρ .5 m-2. 2.000 N/m2.5 m C. apakah tenggelam. Pada materi ini diharapkan peserta didik menguasai pula materi Tekanan pada zat padat (P= ) dan Hukum Archimides..5 m Pembahasan: Diketahui: Jika beban ayunan L=2 kali dari K. Dua ayunan dengan data sepert gambar! bermassa jenis 800 kg/m3. maka periode (T) dan frekuensi (f) yang benar dari ρminyak=800kg/m3 ayunan K dan L adalah. maka selisih kedalaman X dengan Y adalah.000 N/m2 dan benda Y sebesar 20.

Sebuah kapal memancarkan sinyal bunyi ke dasar laut R dan S seperti gambar.5s sR = = = 2625m 2 2 v.t 1500m / s.3. 2017-2018 .. antara lain: A. silahkan kerjakan soal berikut! 2625 m-1500m= 1125 m 17. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 Untuk lebih memahami pembahasan materi soal di Jadi selisih kedalaman R dan S adalah: 18 atas. . Jika cepat rambat bunyi di air 1500 m/s. Perhatikan gambar! 16. (1) dan (3) C. 1125 C. (1) dan (2) B.5 sekon sesudah sinyal dipancarkan. 2250 • Hipermetropi (Rabun dekat) • Titik dekat (punctum proximum) bergeser B. 2625 menjauhi mata • Bayangan jatuh di belakang retina • Ditolong dengan menggunakan lensa cembung (+) Pembahasan: Kedalaman laut dicari dengan menggunakan persamaan: v.t R 1500m / s.t • Miopi (rabun jauh) s= Disebabkan lensa mata tidak dapat menipis 2 sebagaimana mestinya. 1500 D.2 s sS = s = = 1500m 2 2 • Presbiopi (mata tua) Modul Pengayaan IPA TP. (2) dan (4) Bunyi pantul dari S tertangkap kembali di kapal 2 sekon sesudah sinyal dipancarkan dan Jawab: A bunyi pantul dari R tertangkap kembali di Tips kapal 3. v.. A. sehingga bayangan terfokus di depan retina dan titik jauh mata bergeser Kedalaman R: mendekati mata. (2) dan (3) D.meter berkaitan dengan mata. Pada materi ini pelajari kelainan-kelainan yang selisih kedalaman R dengan S adalah.. Dari tabel tersebut pernyataan yang tepat adalah pada nomor.

Nyata.20 = 60 F2 = k .. Nyata.q F2 = k . Nyata. diperbesar Pembahasan: Pembahasan: q. 2 F B.q M= ⇒ s ' = M ..s = 3. 1 A.q 1 F2 = k 2 = F sbb: 2 d 2 1 1 1 1 1 3 +1 4 = + = + = = f s s ' 20 60 60 60 Jawab :A 60 f = = 15cm Tips: 4 Untuk materi listrik statis: Ketika benda digeser 10 cm menjauhi cermin jarak benda mejadi 20cm+10cm=30 cm. maka bayangan yang dihasilkan sekarang. kita peroleh jarak bayangan (s’) sebagai berikut: 2q. 8F D.q F = k. 2017-2018 . 4 F C.. (2d ) 2 s' 2q. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 18. maka jarak bayangan 1) Pelajari cara memberikan muatan listrik pada menjadi: benda. Gambar berikut menunjukka gaya tolak 19 gambar. F 2 A. dan jarak kedua benda menjadi 2d Benda kemudian digeser 10 cm menjauhi adalah. Besar gaya tolak menolak antara kedua benda tersebut jika muatan listrik diganti menjadi 2q dan +q. cermin. terbalik . 1 1 1 1 1 2 −1 1 Bahan Muatan yang Alasan = − = − = = terbentuk s ' f s 15 30 30 30 Penggaris Plastik (-) Wol (+) Elektron 30 Plastik berpindah dari s' = = 30cm 1 (fiber. Benda terletak di depan cermin cekung seperti 19. tegak. Maya.sama besar D. listrik. selanjutnya kita mencari nilai fokus (f) 1 q. terbalik diperbesar B. ternyata bayangan yang terbentuk menolak antara dua benda titik bermuatan bersifat nyata diperbesar 3 kali. d2 Dari data perbesaran (M)= 3 kali dan jarak benda (s) = 20 cm. 2 s 4d Jadi s’=60 cm.. terbalik. diperkecil C. wol ke plastik ebonit) 30 M= =1 digosok Wol 30 Kaca Sutera (-) Kaca Elektron Simpulan: digosok (+) berpindah dari sutera kaca ke sutera 1) Bayangan bersifat nyata (karena s’=positif) 2) Berlatih menerapkan persamaan gaya coulumb 2) Bayangan sama besar (karena M=1) 3) Bayangan terbalik (di depan cermin) = Jawaban : C Modul Pengayaan IPA TP.

L2. L3. Fenomena alam berikut yang disebabkan oleh Simpulan: rotasi bumi adalah L4 lampu yang paling terang menyala. • Kuasai kaidah tangan kanan dalam Lampu dengan hambatan lebih besar akan menentukan kutub-kutub magnet pada induksi menyala lebih redup.. arus laut membelok berlawanan arah jarum jam. beberapa kompas diletakkan di sekitar batang baja seperti 4) Pembelokan arah arus laut gambar 5) Di belahan bumi utara. L2. Kutub selatan kompas tarik menarik dengan kutub utara baja. L1. Q : Kutub Selatan A. arus laut membelok searah jarum jam. L4 Gambar 1 dan 2 benar. 1 dan2 20 B. L3. terbentuk. kita ketahui bahwa: Urutan lampu yang menyala paling terang P : kutub Utara sampai yang paling redup adalah. L1. 2 dan4 D. 6) Bentuk bumi elips (agak Posisi kompas yang benar ditunjukkan oleh lonjong)/penggembungan di khatulistiwa dan pemampatan di kedua kutub. gambar . karena arus listrik elektromagnetik berbanding lurus dengan besarnya hambatan. L4. 2017-2018 .. Modul Pengayaan IPA TP. L3. L3. sedangkan di belahan bumi selatan.Akibat rotasi bumi: • Menentukan hambatan pengganti pada rangkaian gabungan seri dan pararel 1) Gerak semu harian matahari 2) Terjadinya siang dan malam serta perbedaan waktu 21. L3.Q dibuat menjadi magnet dan 3) Pembelokan arah angin setelah menjadi magnet. dan L1 Tips: Pada materi listrik dinamis. pelajari pula : Pembahasan: • Hukum Ohm (hubungan antara kuat arus I.. Batang baja P . L2. 3 dan4 Pembahasan: Denganmenggunakan kaidah tangan kanan. D. hambatan R dan Beda potensial V) Dua jenis perputaran bumi. yaitu rotasi (bumi • Menentukan hambatan pengganti pada perputar pada porosnya) dan revolusi bumi (bumi rangkaian seri mengelilingi matahari) • Menentukan hambatan pengganti pada Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada rangkaiang pararel porosnya. Tips: Pembahasan: • Kuasai materi cara pembuatan magnet dan Lampu yang dirangkai seri menyala lebih menentukan kutub-kutub magnet yang terang dari lampu yang dirangkai pararel. 22.. L1. diikuti berikutnya L2. L1 Gambar 3 dan 4 salah.. L2. L4 seperti di atas: C. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 20. Empat buah lampu di susun seperti pada gambar! A. L4 Maka simpulan berdasarkan gambar kompas B. 1 dan 3 C.

dan (8) B. • Komponen biotik di antaranya: hewan.. (4). SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 Akibat revolusi bumi: (7) Batubata 21 (8) Belalang kayu 1) Terjadi gerak semu tahunan matahari. Perhatikan gambar berikut! Vp : tegangan primer Vs : tegangan sekunder Is : kuat arus sekunder Ip : kuat arus primer Dua jenis transformtor: 1) Transformator step up : Np<Ns. (3). yaitu 1. tegangan. tumbuh dan berkembang ekosisten di halaman sekolah. (7). 3) Pergantian musim A. (2). • Gejala Alam Biotik. (5). dan kuat arus pada d) Cahaya matahari transformstor: e) Suhu dan f) Kelembapan Np Vp Is • Gejala Alam Abiotik.. A. 2017-2018 . manusia dan mikroorganisme. (3).. Joni melakukan pengamatan komponen B. Contoh : (1) Fenomena hama wereng yang menyerang padi (2) Tertutupnya kolam oleh ganggang hijau (3) Bercak hitam roti karena jamur • Komponen Abiotik: a) Air b) Tanah Pembahasan: c) Udara Hubungan jumlah lilitan. dan (7) C.. (1). dan (8) 23. 2. (3). diperoleh data C. benar adalah. Dari data tersebut yang termasuk komponen 2) Terjadi perbedaan lamanya siang dan malam biotik adalah . dan 8 Ekosistem terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Bergerak (1) Rumput teki (2) Semut merah (3) Batu (4) Pasir (5) Tumbuhan cabai (6) Kerikil Modul Pengayaan IPA TP.. (6).Vp>Vs.. dan (7) D.Ip>Is 2) Transformator step down : Np>Ns.Ip<Is Simpulan: Gambar di atas menunjukkan ciri makhluk Jawaban : B hidup .. bernapas · 24. (6). (1). (5). Dari data tersebut jenis trafo dan alasannya yang tumbuhan..Vp<Vs. Perhatikan tabel yang berisi data dua transformator berikut! Pembahasan: Komponen biotik adalah komponen hidup (bagian dari makhluk hidup). berkembang biak sebagai berikut: D. Contoh: = = 1) Angin bertiup Ns Vs Ip 2) Gunung meletus Np : jumlah lilitan primer 3) Gempa bumi Ns : jumlah lilitan sekunder 25. 5.

. C. .3 karena melewati fase pupa dan mengalami b. a... Monokotil pertumbuhan (pertambahan ukuran) dan juga Kunci determinasi untuk tanaman kedelai perkembangan.... 3... 3 (kambing) dan 4(kelelawar). .) c.. 1. (1) Perkembangbiakan vegetatif: a. ... Berkeping dua ... . Biji terbuka. . ovovivipar Modul Pengayaan IPA TP.... . 4 B. . .. 2a. 1 a.. 1 b.... . Tunas (contoh terjadi pada hydra) (2) Perkembangbiakan generatif: a.. Dikotil b. dan populasi rumput meningkat.. 4 A... 1. 1 b. . tidak berspora (1b) Jawaban : D 28. Berbiji. 3b.. . D. ovovivipar. . . Membelah diri (pada hewan tingkat rendah seperti amuba) b. Biji tertutup.4 b. . Fragmentasi (contoh terjadi pada Planaria. . . . .. .. Pelajari pola interaksi makhluk hidup.4 berkurang adalah . tanaman berbiji (2a). . . Berspora . .. 3a. 3. yang termasuk metamorfosis sempurna.. biji tertutup (3a). 3 Akibat yang ditimbulkan bila populasi kijang B.. Perhatikan kunci determinasi berikut! 22 Gambar di atas adalah gambar metamorfosis 1. 2a.. a... .. a. 4b B. C. . 2 b.. 2017-2018 ..4 Pada saat metamorfosis kupu-kupu mengalami 4. 3. 2. populasi serigala berkurang. yaitu Pembahasan: melahirkan dan termasuk binatang mamalia. sp. populasi rumput menurun Pembahasan: C. .. A. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut! Hewan yang dapat dikelompokkan ke dalam satu kelompok adalah .. 4a Jawaban : B D... Populasi serigala meningkat D. Perhatikan gambar! Kedelai termasuk tanaman dikotil (4a). ... . 2. Berdasarkan jaring-jaring makanan di atas ketika Sedangkan no. ... 2. a.. Berkeping satu . . Ovipar (bertelur) b.2. 4a Pembahasan: 26. 3b. populasi burung meningkat No. 4b fungsi organ tubuh yang semakin sempurna.. 3a.. . 2 kupu-kupu. yaitu bertelur dan melahirkan. . . SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 Pembahasan: 27. .. Tidak berspora .. . .. Tidak berbiji. 1. 1 (kerbau). 2 (Ular) termasuk binatang populasi kijang berkurang.. ditandai dengan perubahan bentuk yang nyata dan A. populasi rumput meningkat dapat dikelompokkan menjadi satu kelompok berdasarkan cara berkembangbiaknya. ..3 perubahan bentuk yang nyata. di Hewan berkembangbiak dengan cara vegetatif fsn antaranya: generatif.. . 2b. Vivipar (melahirkan) c. 2b. . Jawaban :D Catatan: Tips. berupa proses menuju dewasa yang adalah . la.

tulang B bergerak satu arah terhadap tulang A B... b) Sendi peluru Usaha yang paling bijaksana yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran Bergerak ke segala arah tersebut adalah . dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan adalah .. menutup semua usaha laundry B... SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 29. kebutuhan air bersih tetap Bagian yang berperan dalam menggerakkan persendian X adalah . A. Hal ini terjadi karena deterjen merupakan zat yang mencemari air sehingga kualitas air sungai pun menurun. ketersediaan air bersih meningkat B. Bisnis jasa laundry (cuci pakaian) sangat menguntungkan sehingga akhir-akhir ini usaha tersebut makin marak. melarang membuang limbah ke sungai C. tulang B berputar terhadap tulang A D. Perhatikan gambar persendian berikut! Berdasarkan grafik tersebut.. A. mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai Jawaban : D (jelas) Modul Pengayaan IPA TP. tulang B bergerak dua arah ke tulang A Dampak peningkatan jumlah penduduk terhadap lingkungan.. 3) Sendi gerak Di antara Sendi gerak: Jawaban : B a) Sendi engsel Beregerak ke satu arah 30. D. Perhatikan grafik berikut! 23 31. 2017-2018 .. kebutuhan air bersih menurun C. ketersediaan air bersih menurun A. menanam pohon untuk penghijauan di tepi sungai D.. diantaranya: 1) Pencemaran meningkat Pembahasan: 2) Ketersediaan lahan menurun Sendi (penghubung antar tulang) terdiri atas: 3) Ketersediaan udara bersih menurun 1) sendi mati 4) Jumlah karbondioksida meningkat 2) Sendi kaku 5) Ketersediaan air bersih menurun. namun tanpa disadari limbah cucian yang dibuang ke sungai sangat mengganggu kehidupan makhluk hidup di sungai. tulang A bergerak ke segala arah Pembahasan: C.

Perhatikan gambar organ pencernaan 24 berikut! d) Sendi pelana Zat gizi utama dari kedelai tempe yang kita konsumsi akan dicerna secara kimiawi oleh enzim yang dihasilkan oleh organ nomor .. 2017-2018 . Ada 3 jenis otot pada sistem gerak manusia: 1) Otot polos 2) Otot lurik 3) Otot jantung 2 : Pankreas. Selain mensekresikan enzim pencernaan.. yang mampu bergerak ke satu arah. 3 D. 1 B. Pembahasan: Gambar di atas menunjukkan bagian dari sistem Jawaban : A pencernaan manusia. 4 X adalah sendi engsel. 2 C. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 c) Sendi putar 32. 1 : Liver Catatan tambahan: Sistem gerak manusia terdiri atas alat gerak pasif (tulang dan sendi) dan alat gerak aktif (otot). pankreas menghasilkan hormon Beberapa kelainan sistem gerak: Modul Pengayaan IPA TP. A..

3 2. Rongga mulut-esofagus-lambung-usus halus-usus 3. Perhatikan gambar organ pernapasan berikut ini! Kelainan sistem pencernaan: Pada proses pernapasan eksternal. Usus halus mengalami iritasi. Apabila feses penderita bercampur dengan darah atau nanah. yaitu: mengalami desentri yang disebabakan oleh infeksi bakteri Shigella pada dinding usus besar penderita. hati.. Tukak lambung Tukak lambung merupakan gangguan pencernaan dimana selaput lendir pada lambung mengalami kerusakan (luka) karena terlalu banyak mengeluarkan asam lambung. gejala tersebut menunjukka penderita Secara berurutan saluran pencernaan. gas 1. Gastritis disebabkan karena kadar asam klorida A. Konstipasi(sembelit) besar-rektum dan anus. Tukak lambung disebabkan oleh kuman maupun oleh rasa cemas yang berlebih. Sembelit terjadi karena penyerapan air oleh usus besar terlalu banyak. dinding usus halus) besar. Usus Besar terjadi karena selaput dinding usus besar 4. Apendisitis disebabkan oleh bakteri. lambung. Apendisitis Apendisitis merupakan gangguan pencernaan dimana terjadi peradangan pada umbai cacing atau usus buntu. 1 (Hcl) terlalu tinggi. 4. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 INSULIN untuk mengatur kadar gula dalam darah. Adapun penyebab diare karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kuman Sistem pencernaan manusia terdiri atas saluran sehingga gerakan peristaltik usus tidak terkendali pencernaan dan kelenjar pencernaan (kelenjar dan tidak terjadi penyerapan air di dalam usus ludah. ketakutan maupun stress. Xerostomia Penyakit pada rongga mulut yang ditandai dengan rendahnya produksi air ludah. Diare Diare merupakan gangguan pencernaan dimana D. 25 Diare 3. Sembelit merupakan gangguan pencernaan dimana penderita mengeluarkan feses yang keras. Berikut nama-nama enzim pencernaan dan fungsinya: Catatan tambahan: UJI MAKANAN (1) Uji amilum/uji lugol -> (+) -> biru kehitaman (2) Uji protein/uji biuret -> (+) -> ungu (3) Uji Glukosa/uji benedict -> (+) -> merah bata Simpulan jawaban: B 33. 6. 5. 2 oleh makanan yang banyak mengandung kuman-kuman penyakit.. Gastritis oksigen akan diikat oleh hemoglobin di Gastritis merupakan gangguan sistem pencernaan bagian organ nomor . Gastriris juga dapat disebabkan B.. dimana terjadi peradangan pada dinding lambung. C. 4 Modul Pengayaan IPA TP. perut terasa mulas dan feses penderita encer . 2017-2018 . pankreas.

(otot diafragma kontraksi / menjadi kemudian kembali ke jantung/serambi kanan (4)..4 (alveolus). Ada dua mekanisme pernapasan. 2) Pernapasan perut (dibantu oleh otot difragma) kemudian kembali ke pembuluh vena (vena cava Inspirasi: otot antar tulang rusuk berkontraksi superior/bagian atas (8) dan vena cava inferior (6). kapiler) A. lurus)->tulang rusuk terangkat->volume Ini yang disebut peredaran darah besar. 3-7-8-4 Pada gambar di atas pertukaran gas terjadi di D. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 Pembahasan: 26 Ada 2 macam proses pernapasan yaitu.. lalu Ekspirasi: otot antar tulang rusuk relaksasi kembali ke serambi kiri (1) melalui vena paru-paru (otot diafragma melengkung kembali)->tulang (8). 2017-2018 . rongga dada membesar->tekanan dalam rongga dada turun->udara masuk Sedangkan aliran darah dari bilik kanan (3) melalui arteri paru-paru (9) ke paru-paru. 2-7-8-4 kapiler dengan sel-sel tubuh).. 1-7-8-4 pernapasan internal (pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi antara darah dalam B. disebut peredaran darah kecil. rusuk turun-> volume rongga dada mengecil--> tekanan rongga dada naik-> udara keluar Simpulan Jawaban: B Sistem peredaran darah melibatkan organ-organ: 1) Jantung 34. Pada saat darah dipompa dari jantung menuju pernapasan eksternal (pertukaran oksigen dan ke kepala dan kembali ke jantung maka karbon dioksida yang terjadi antara udara pada jalannya peredaran darah yang benar gelembung udara (alveolus) dengan darah dalam adalah . yaitu: Pembahasan: 1) pernapasan dada (dibantu oleh otot antar tulang rusuk) Bilik kiri (2) memompa darah ke seluruh tubuh bagian atas (7) dan juga bagian bawah (5). Perhatikan gambar sistem peredaran darah berikut ini! 2) Pembuluh darah Modul Pengayaan IPA TP. C. 4-8-7-1 bagian no.

mengatur pertumbuhan ke arah samping 27 Pembahasan: Perhatikan gambar berikut: 3) Darah Komponen darah: 1) epidermis : sebagai pelindung jaringan di bawahnya. mengangkut air dan garam mineral Modul Pengayaan IPA TP. menyimpan cadangan makanan Xylem : mengangkut air dan garam mineral B.. sehingga batang membesar Jawaban : D Tips: Pada bab struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. 2) Floem : mengangkut hasil fotosintesis 3) Kambium : mengandung jaringan meristem untuk pertumbuhan sekunder ke arah samping. Palisade/jaringan tiang: tempat berlangsungnya foto sintesis. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 D. mengangkut basil fotosintesis Floem : mengangkut hasil foto sintesis C. 35. Spons : tempat berlangsungnya foto sintesis dan menyimpan cadangan makanan Bagian X berfungsi untuk . dan akar beserta fungsinya. daun. pelajari bagian-bagian batang. Stomata : tempat pertukaran gas A. mencegah/mengurangi transpirasi.. 2017-2018 .. Perhatikan gambar penampang melintang batang tanaman dikotil berikut! Kutikula :lapisan lilin.

penambahan zat yang sudah tidak B. meningkat. Jumlah gelembung udara bertambah. Kandungan C02 dalam air menurun. Perhatikan gambar percobaan fotosintesis 28 berikut! 37.. penyaringan darah dari tubuh Jika air dalam gelas kimia ditambah dengan soda kue (NaHC03). ketika A.. D. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 36. Berikut B. Pengumpulan zat sisa yang sudah tidak adalah reaksi kimia fotosintesis: diperlukan terjadi di tubulus kolektivus C. penyaringan darah dari tubuh terjadi di NaHC03 dimasukkan ke dalam air. Penyerapan kembali zat yang masih diperlukan tubuh (reabsorpsi) terjadi di tubulus kontortus proksimal. Perhatikan gambar berikut! Pada bagian yang ditunjukkan anak panah terjadi proses .. Pengumpulan zat sisa yang sudah tidak percobaan diperlukan tersebut? · C. penambahan zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh (augmentasi) terjadi di Jawaban : C tubulus kontortus distal Tips: Pelajari percobaan-percobaan fotosintesis lainnya. D. Tidak terbentuk gelembung udara Jawaban: B Pembahasan: Pembahasan: Berdasarkan diagram percobaan di atas. Berikut bagian-bagian lengkap nefron: Modul Pengayaan IPA TP. sehingga fotosintesis semakin cepat terjadi dan gelembung udara bertambah. diperlukan lagi oleh tubuh C. A. apa yang terjadi dalam B. Penyerapan kembali zat yang masih diperlukan tubuh A. maka CO2 akan glomerulus. D. Tanaman Hydrilla akan mati. 2017-2018 .

h) Poliuria. tempat pembuahan sel telur oleh sperma D.. menghasilkan sel telur (ovum). Penyebab: kekurangan hormon insulin. Setiap folikel mengandung satu sel telur. c) Diabetes Insipidus : Sering buang air besar yang hebat (sampai 20-30 kali). merupakan gangguan yang terjadi pada glomerulus sehingga urine mengandung protein. seperti bulatan-bulatan yang mengelilingi oosit dan berfungsi Modul Pengayaan IPA TP. merupakan gangguan yang terjadi karena kemampuan rendah nefron melakukan reabsorpsi. menghasilkan sel telur dan hormon C. 2017-2018 . f) Oligouria. tempat berkembangnya janin selama kehamilan B.. 38. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 Dan berikut bagian-bagian utama ginjal: 29 Fungsi bagian yang ditunjukkan oleh panah adalah . d) Albuminuria. merupakan kerusakan ginjal yang menyebabkan penderita mengeluarkan urine dalam jumlah sangat sedikit atau bisa juga sama sekali tidak ada (anura). Penyebab : sering menaham urin dan kurang minum b) Diabetes Mellitus : Pada urinnya mengandung glukosa. Hal ini karena adanya kadar gula di dalam darah yang lebih dari normal.. Terjadi karena kekurangan hormon ADH. berfungsi Kelaianan pada sistem ekskresi: menghasilkan sel telur dan hormon estrogen. Perhatikan gambar alat reproduksi wanita berikut! Ovarium diselubungi oleh kapsul pelindung dan mengandung beberapa folikel. A. sebagai saluran telur membawa sel telur Pembahasan: Bagian yang ditunjuk adalah ovarium. Glomerulus rusak mengakibatkan Berjumlah sepasang dan berfungsi urea dan asam urat masuk lagi ke dalam darah. a) Batu ginjal Berikut bagian-bagian organ reproduksi wanita dan fungsinya: adanya batu dari endapan kalsium dan garam pada pelvis ginjal. ureter atau kandung kemih. e) Nefrites (radang ginjal). adalah peradangan atau iritasi gesekan batu ginjal pada organ urinaria sehingga menyebabkan urine mengandung darah. merupakan kerusakan pada ginjal akibat glomerulus terinfeksi bekteri a) Ovarium : strepcoccus. g) Hematuria. Folikel merupakan struktur.

Testis berfungsi F1 : BBpp dan Bbpp (bulir besar umur pendek) sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormon kelamin (testosteron).Epididimis Tempat menyimpan sementara dan mematangkan sperma..Penis dilepaskan oleh ovarium. bp di testis) atau kantong buah zakar. 6><14 D. Endometrium menghasilkan banyak lendir dan mengandung banyak pembuluh darah.Testis Testis berjumlah sepasang dan berbentuk bulat P : BBpp X Bbpp telur. Organ reproduksi lelaki A.Kantong sperma Oviduk berjumlah sepasang dan berfungsi Kantong sperma berjumlah sepasang dan berfungsi menggerakkan ovum ke arah rahim dengan untuk menampung sperma sebelum dikeluarkan gerakan peristaltik. Bila sifat bulir besar dan berumur pendek d) Vagina (genjah) merupakan sifat-sifat unggul. c) Rahim/Uterus 39. Vas progesteron.miometrium. berumur panjang (BBPP) dengan tanaman Rahim (Uterus) Merupakan tempat padi bulir kecil berumur pendek/genjah (bbpp) pertumbuhan dan perkembangan embrio adalah sebagai berikut: hingga dilahirkan. Lapisan inilah yang mengalami penebalan dan akan mengelupas setiap bulannya. corong berjumbai-jumbai (fimbrae). Testis tersimpan dalam suatu kantong yang disebut skrotum (juga berfungsi mengatur suhu G : Bp Bp.sedangkan bagian yang besar disebut corpus uteri(badan rahim). b) Oviduk/Tuba fallopi d. disilangkan untuk mendapatkan bibit unggul adalah genotip . Persilangan antara tanaman padi bulir besar. b. 1><16 B. deferens berjumlah sepasang.. 2017-2018 . Ujungnya berbentuk dari tubuh seorang pria. 4>< 13 C. Oviduk berfungsi Di dalam penis terdapat uretra yang berfungsi juaga sebagai tempat pembuahan sel telur oleh sebagai saluran urine dan saluran sperma sperma. Selanjutnya ovum yang telah dibuahi bergerak ke rahim (uterus). yaitu perimetrium.Vas defferens 30 perkembangan sel telur. 11 >< 12 Jawab :C Pembahasan: Bibit unggul yang diinginkan adalah bulir besar umur pendek (BBpp). Maka bibit yang tepat untuk disilangkan adalah 6 x 14 a. ovarium juga Vas deferens merupakan saluran yang berfungsi menghasilkan hormon estrogen dan menghubungkan testis dan kantong sperma. yaitu saat terjadi menstruasi. Dinding rahim terdiri atas tiga lapisan. jika tidak ada zigot yang menempel. Berfungsi sebagai organ persetubuhan dan genotip pada F2 yang paling baik untuk melahirkan bayi. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 menyediakan makanan dan melindungi c. Bagian ujungnya terletak di dalam kelenjar prostat. dan endometrium. Modul Pengayaan IPA TP.. Rahim bagian bawah mengecil dan dinamakan serviks uteri. dengan genotip . Fimbrae berfungsi untuk menangkap ovum yang e...

Contoh pernyataan 1 dan 3 pada soal di atas. Modul Pengayaan IPA TP. gula. . Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi alkohol. asam asetat. atau bahan makanan. Berikut Contoh penerapan bioteknologi konvensional. seperti tempe... (2) dan (3) D. tape. Perhatikan pernyataan penerapan 31 bioteknologi pangan berikut ini! . oncom. A. dan kecap. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. Bioteknologi konvensional ditandai dengan penggunaan makhluk hidup secara langsung dan belum adanya penggunaan enzim. (2) dan (4) Jawab :D Pembahasan : Bioteknologi modern adalah sejumlah teknik yang melibatkan manipulasi/rekayasa genetik. Contoh budidaya tanaman secara transgenik.. sel-sel dan jaringan hidup dengan cara yang dapat diprediksi dan dikendalikan untuk menghasilkan perubahan dari suatu organisme. SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2017 40. 2017-2018 . Penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan hidup manusia ditunjukkan oleh pemyataan nomor . (1) Saccharomyces cereviceae menghasilkan enzim untuk mengubah zat tepung menjadi gula dan alkohol (2) Budidaya tanaman tomat transgenik menghasilkan tomat yang tahan lama (3) Rhizopus oryzae melakukan fermentasi biji kedelai sehingga membentuk padatan kompak putih (4) Budidaya jagung transgenik menghasilkan tanaman yang tahan terhadap hama penggerek.