You are on page 1of 21

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

: SMA ….

: Bahasa Indonesia

: X/2

: Teks Negosiasi

: 4 X 45 ( 2 pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)

KI-1 (Sikap Religius) dan KI-2 (Sikap Sosial)
Memiliki sikap jujur, disiplin, kerjasama, responsif, dan proaktif dalam mencari solusi
permasalahan, sehingga dapat menyadari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang Maha Kuasa serta
menjalankan kewajibannya sesuai dengan agama yang dianutnya
KI-3 (Pengetahuan) KI-4 (Keterampilan)
Memahami, menerapkan, menganalisis Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
pengetahuan faktual, konseptual, procedural konkret dan ranah abstrak terkait dengan
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengembangan dari yang dipelajarinya di
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan sekolah secara mandiri, dan mampu
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, menggunakan metoda sesuai kaidah
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait keilmuan
penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah

B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar Indikator
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan 3.10.1 Mengevaluasi ciri teks negosiasi
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan
persetujuan dalam teks negosiasi lisan
penawaran.
maupun tertulis 3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya
persetujuan (kesepakatan)

4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran,4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan
dalam negosiasi tulis dengan memperhatikan ciri,
persetujuan dan penutup dalam teks
cara, syarat tecapainya persetujuan
negosiasi dalam lisan/tulis 4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran , ,
persetujuan dalam negosiasi lisan/tulis

C. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Inquiri dan problem basd learning dengan
pendekatan saintifik, peserta didik dapat mengevaluasi ciri teks negosiasi, cara menyampaikan pengajuan
penawaran, menjelaskan syarat tercapainya persetujuan, dan menyampaikan faktor penentu
keberhasilan negosiasi, serta menyampaikan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi
lisan/tulis dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran dan bersikap
jujur, percaya diri , berani serta pantang menyerah.

D. Materi Pembelajaran

:

1. Contoh teks negosiasi di pasar

2. Contoh teks negosiasi di rumah

3. Contoh teks negosiasi di sekolah

2. Konseptual : 1. Pemahaman ciri-ciri teks negosiasi

2. Pemahaman cara menyampaikan pengajuan penawaran

3. Pemahaman syarat tercapainya persetujuan

4. Pemahaman faktor penentu keberhasilan negosiasi.

5. Pemahaman pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan/tulis

l : Langkah-langkah menyampaikan pengajuan, penawaran dan persetujuah dalam negoisasi tulis
maupun lisan

1. Memahami ciri-ciri teks negosiasi

2. Memahami cara menyampaikkan pengajuan penawaran

Komposisi. Gorys Keraf 3. Media/ Alat : Laptop. Memahami syarat tercapainya persetujuan 4. Memahami alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi 6. Internet . Media/ Alat dan Bahan 1. Pendekatan/ Metode/ Model 1. Problem based learning F. 3. LCD Projektor n : Teks Negosiasi. Metode : Diskusi 3. Sumber Belajar 1. penawaran. Pendekatan : Saintific Learning 2. Memahami faktor penetu keberhasilan negosiasi 5. Model : 1. video negosiasi G. Inquiri Learning 2. pengajuan negosiasi tulis/lisan tif : Menyimpulkan relevansi atas kemanfaatan pemahaman teks negosiasi dengan kehidupan sehari-hari E. Buku Teks Kurikulum 2013 (Pusat Perbukuan Nasional) 2. Menyampaikan pengajuan.

Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dan kegiatan yang harus dilakukan peserta didik melalui tayangan LCD projektor Kegiatan Inti Simulasi dan Identifikasi Masalah 70 menit 5. 3. Peserta didik menemukan dan mencatat syarat tercapainya negosiasi . syarat tecapainya negosiasi. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang ciri. Peserta didik menemukan dan mencatat ciri-ciri teks negosiasi 8. Kegiatan Pembelajaran 1. faktor penentu keberhasilan negosiasi dan alasan yang tepat dalam negosiasi 4. cara menyampaikan pengajuan. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya tentang teks negosiasi (tanya jawab). Peserta didik menyimak tayangan video negosiasi(LITERASI) 6. Peserta didik merespon salam dari guru sebagai tanda 10 menit Pendahuluan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. Peserta didik menemukan dan mencatat cara menyampaikan pengajuan penawaran 9.H. Peserta didik mencermati teks negosiasi antara penjual dan pembeli Mengumpulkan Informasi 7. (PPK) 2. Pertemuan ke-1 Tahap Deskripsi Kegiatan Alokasi Pembelajaran Waktu Kegiatan 1.

Peserta didik menerima penjelasan tentang tugas menyusun teks resensi fiksi dan nonfiksi. Mengolah Informasi 10. dan syarat tercapainya negosiasi 17. 2. Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru Kegiatan Penutup 10 menit tentang ciri teks negosiasi. Peserta didik merespon salam dari guru sebagai 10 menit tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. Pertemuan ke-2 Langkah Deskripsi Alokasi Pembelajaran Waktu Pendahuluan 1. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi tentamg proses pembelajaran yang sudah dilakukan 19. dan syarat tercapainya negosiasi 18. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentangciri teks negosiasi. Peserta dari kelompok lain menyampaikan tanggapan Generalisasi 16. Peserta didik merumuskan ciri-ciri teks negosiasi 11. cara menyampaikan pengajuan penawaran. . dan syarat tercapainya negosiasi melalui tayangan LCD Projektor 15. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentangciri teks negosiasi. (HOTS) 2. dan syarat tercapainya negosiasi(4C=COMMUNICATION) 14. cara menyampaikan pengajuan penawaran. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya. Peserta didik membuat simpulan hasil diskusi tentangciri teks negosiasi. cara menyampaikan pengajuan penawaran. Peserta didik merumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran 12. Peserta didik merumuskan syarat tercapainya negosiasi dalam kelompok Verifikasi Hasil 13. cara menyampaikan pengajuan penawaran.

. penawaran. cara dan syarat negosiasi 12) Peserta didik lain menanggapi tampilan teks negosiasi yang disampaikan secara lisan 13. penawaran. dan persetujuan dalam negosiasi lisan/tulis 14. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi tentamg proses pembelajaran yang sudah dilakukan 16. Guru bersama murid menyimpulkan hasil diskusi dalam Kegiatan Penutup 10 menit menyampaikan pengajuan. persetujuan dalam negosiasi tulis/lisan Verification 11) Peserta didik membuat pengajuan. 15. 3. Peserta didik menyimak penjelasan guru atas rencana pembelajaran yang pertemuan berikut. persetujuan dalam negosiasi tulis/lisan Data processing 8) Peserta didik menyimpulkan ciri teks negosiasi 9) Peserta didik menyimpulkan cara penyampaian teks negosiasi 10) Peserta didik menyimpulkan syarat tercapainya pengauan. penawaran. penawaran. Peserta didik menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran dalam menyampaikan pengajuan. penawaran. persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisdalam kaitannya dengan kegunaan sehari-hari. Peserta didik menerima informasi secara proaktif tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang penyampaian pegajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan/tulis Kegiatan Inti Stimulation 70 menit 1) Peserta didik membagi dalam kelompok-kelompok (4-4 orang) 2) Peserta didik membaca kembali teks-teks negosiasi yang disajikan pada bagian sebelumnya Problem statement 3) Peserta didik menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi teks-teks negosiasi yang dibaca 4) Peserta didik menganalisis alasan-alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi dalam teks negosiasi yang dibaca Data collection 5) Peserta didik mendiskusikan ciri teks negosiasi 6) Peserta didik mendiskusikan cara penyampaian teks negosiasi 7) Peserta didik mendiskusikan sarat tercapainya pengajuan. persetujuan dalam negosiasi dengan memperhatikan ciri.

Teknik penilaian : Observasi : sikap religiius dan sikap sosial b. Instrumen penilaian : jurnal (terlampir) 2. Penugasan c. Teknik/Bentuk Penilaian : Praktik/Performence b. Keterampilan a. Peserta didik menjawab salam penutup pelajaran dari guru 1. Instrumen Penilaian : (terlampir) . Pengetahuan Jenis/Teknik tes : tertulis dan lisan Bentuk tes : uraian a. Instrumen Penilaian (terlampir) 3. Bentuk penilaian : lembar pengamatan c. Tertulis b. Penilaian Sikap a. 17. Bentuk : Praktik c. Penilaian 1.

Barangnya bagus lho. Masak pohon. Bu. Mengetahui. Bang. tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim. Faktual Teks 1Teks negosiasi di pasar Penjual dan Pembeli Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini. Ini bukan karbi-tan. Bang?” Penjual : “Tiga puluh ribu.” Pembeli : “Boleh kurang kan. Bu. Bu. Bang. bang?” Penjual : “Belum boleh. ……………… Kepala Sekolah Guru Mapel.” Pembeli :“Iya. ……………………… ………………………… Lampiran 1 Materi Pembelajaran 1. Dua puluh ribu saja ya?” .Murah.

ya. Rani benar-benar berusaha meyakinkan Ayahnya betapa ia sangat membutuhkan HP. Biar saya dapat untung. penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya. Bu. Dua puluh delapan ribu. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan ti- dak busuk. Bu. Namun. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan. “Ayah belum punya cukup uang untuk membeli HP. Rani benar-benar perlu HP. Bu. “Yah . kan Bang?” Penjual :“Asal jangan pilih yang besar-besar. Lagipula kan sudah ada 2. . Penjual :“Belum boleh. Nanti saya bisa rugi. Belikan ya Yah?” kata Rani pada Ayahnya. tapi saya boleh milih sendiri.” kata Ayah sambil meletakkan koran ke atas meja. saya ambil 3 kilo ya Pak.” Penjual :“Saya jamin..” Akhirnya. Bang. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Ran.” Pembeli :“Iya. sesungguhnya sudah lama Rani menginginkannya. Gagal meminta langsung pada Ayahnya. Bu.. Rani pun minta bantuan ibunya. Bu. telepon rumah.” Pembeli :“Baiklah. tetap saja usaha RanigagalMinggu lalu.” Pembeli :“Baiklah. Teks 2 Teks negosiasi di sekolah HP Baru Perihal HP barunya itu.

Teks 3 Teks negosiasi di sekolah . Kalimat yang sudah beberapa hari ia rancang untuk merayu Ayahnya. “Sebegitu pentingkah HP itu bagimu. Rani iri sama teman-teman Rani yang dapat dengan mudah mengunduh materi pembelajaran. “Asal Rani rajin belajar dan berjanji akan menggunakan HP itu untuk hal-hal yang positif.” 6.” “Rani janji.. Bisa buat diskusi bareng teman-teman sekaligus dapat mengakses internet melalui HP. Kalau Rani punya HP kan enak.. Yah . “Asal apa Yah?” tanya Rani tak sabar. Yah. Mendengar penjelasan Rani. ngirim tugas. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. 4. “Tak hanya itu. Nak?” 5.” “Lha kalau begitu kamu jangan pulang telat.” kata Ayah lagi.. “Tapi... Ayah melepas kaca matanya dan menatap Rani dengan lembut. semua teman Rani punya HP. Mereka dapat dengan mudah menelpon orang tuanya saat terpaksa pulang telat. Rani hampir saja menangis... 3. Makasih ya Ayah.” janji Rani sambil memeluk Ayahnya. “Iya Yah.” Ayah seakan sengaja menggoda Rani. Ayah akan membelikan HP untuk Rani. Rani hampir saja melonjak kegirangan mendengar reaksi Ayahnya.. Yah . asal . bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah.” kata Rani dengan kalimat yang runtut dan jelas. “Hm ..

7.” kata Lia. Doakan berhasil. mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. “Waduuuh aku gak berani. mengajukan usul pada Dani.” kata Ali. Kamu kan ketua kelas..” jawab Dani. Bu Mia. “Baiklah. Capek nih. guru Kimia masuk kelas X MIPA tepatwaktu. Beberapa siswa yang nafasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran.. “Lia saja suruh bilang. Tak seperti biasanya. “Beres.” 8. minta Bu Mia menunda ulangan dong. . aku akan mencoba merayu Bu Mia. “Dan . Sebenarnya hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan.Penyebabnya. hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Dia kan ketua kelas. Terima Kasih Bu Mia Kamis pagi usai pelajaran olah raga. ” sambung Dani.

“Iya. Nanti kita latihan soal saja.. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali. 9. Ada apa?” 10. Bu. kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.. Biar badan kami segar. Lia menghadap Bu Lia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran. Boleh Lia berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk.” “Ya sudah. kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju. . Kami takut ketinggalan ulangan. Ulangannya minggu depan saja. Bu. Makasih. “Makasih.” kata Lia. kami. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Teman-teman Lia yang sejak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar keputusan Bu Mia. Kami kelelahan. 12.” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman. Bu. Bu. Kalian harus tertib. Bu. “Kalau boleh.” “Oh . “Eit . “Belum sempat. “ 11. Bu. “Begini. “Iya. Lia minta maaf kaena teman-teman belum selesai ganti baju. Dengan santun.” jawab Lia tetap dengan sopan. kalian istirahat 15 menit.. saya mewakili teman-teman. Bu. Dan masuk kelas lagi tepat pukul 09.. “Biasanya kan tidak terlambat seperti ini?” tanya Bu Mia. tapi ingat. “Iya. Bu.” 13. “Maaf. Sekali lagi maafkan.00 WIB.

Syarat tercapainya pesertujuan a. saling menguntungkan. c. bersikap sopan. 2. atau menyelesaikan sengketa atau perselisihan pendapat. ada pengajuan dan penawaran. 3. Tujuan negosiasi ialah mengatasi atau menyesuaikan perbedaan. Kesepakatan bersifat praktis . b. Tidak ada tekanan atau paksaan c. Dilakukan dengan santun b. disertai dengan alasan. Cara menyampaikan pengajuan penawaran a. mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak untuk melakukan transaksi. serta d. Saling menguntungkan d. b. tidak menekan pihak lain. partisipan. dan d. Materi Konseptual Negosiasi ialah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapaikesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi lain). Ciri teks negosiasi a. memperoleh sesuatu dari pihak lain (yang tidak dapat dipaksakan). 1. perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak. c. persetujuan atau kesepakatan.

d. 5. Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan sebuah negosiasi antara lain a. dapat dilakukan. Tidak ada pihak yang dirugikan. c. Membaca beberapa teks negosiasi hasil kemudian merumuskan ciri teks negosiasi 2. Membaca teks negosiasi kemudian menjelaskan sayarat tercapainya persetujuan (kesepakatan) . b. Kamu sekarang akan mempelajari alasan-alasan yang digunakan untuk meyakinkan pihak lain dalam bernegosiasi. partisipan harus menyertakan alasan yang mendukung pengajuan atau penawarannya. Untuk mencapai kesepakatan tersebut. Memahami tujuan negosiasi sehingga dapat menentukan cara yang tepat agar perbedaan- perbedaan dapat terselesaikan tanpa menyebabkan kerugian satu pihak. Faktor penentu keberhasilan negosiasi Sebuah permasalahan akan dengan mudah terselesaikan jika masing-masing pihak memberikan penawaran yang menjadi solusi terbaik dalam sebuah perundingan. Masing-masing pihak harus mampu meyakinkan pihak lainnya bahwa pengajuan atau penawaran yang diajukan dapat atau bahkan harus diterima. Alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan Negosiasi baru terjadi ketika terjadi kesepakatan. baik pihak yang menyampaikan pengajuan maupun penawaran 3. Faktor-faktor tersebut dapat muncul semua dalam proses negosiasi atau hanya muncul beberapa saja. Alasan yang disertakan mampu memengaruhi pihak lain. Kesepakatan yang dicapai bersifat praktis. Materi Prosedural 1. Kesediaan untuk berkompromi dengan pihak lain.4.

Lampiran 3 1. Membuat teks negosiasi dengan memperhatikan ciri. cara dan syarat negosiasi 5. Mempresentasikan teks negosiasi yang telah dibuat Materi Metakognitif Relevansi antara dan manfaat teks negosiasi pada implementasi kehidupan bermasyarakat. Kisi-kisi Soal Instrumen Penilaian Pertemuan 1 a) Sikap 1) Jurnal Penilaian Sikap Spiritual a) Nama Satuan Pendidikan : SMA Futuhiyyah Mranggen b) Tahun Pelajaran : 2017/2018 c) Kelas/Semester : X/ Semester 2 d) MataPelajaran : Bahasa Indonesia No Waktu Nama Kejadian/ Butir Sikap Sikap Perilaku dominanPositif/Negatif Ketaatan Perilaku Sikap Sikap mengikuti beribadah syukur berdoa kegiatankeagamaan . 4.

Keterangan: Skor tiap aspek 1-4 Skor Maksimal = 20 N = Jumlah Skor X 100 =……… Skor Maksimal . 5. 4. 2) Penilaian Sikap Sosial n : Bahasa Indonesia ter : X/ 2 ok : Teks Negosiasi No Nama Aspek Penilaian Perilaku Jumlah Nilai Siswa Skor Nasionalisme Integritas Jujur Mandiri Tanggung Jawab 1. 3. 2.

1 Mengevaluasiciri teks Tes Uraian HOTS Bacalah teksnegosiasi 1 negosiasi tertulis “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih Bu Mia” danrumuskan ciri teks negosiasi! Bacalah teksnegosiasi 3.3 Mengevaluasisyarat “Penjual dan tercapainya Pembeli” dan persetujuan “Terima kasih Bu (kesepakatan) Mia” danrumuskan Tes Uraian HOTS ciri syarat 3 tertulis tercapainya negosiasi! b.10. Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih Bu Mia” danrumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi! . Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih Bu Mia” danrumuskan ciri teks negosiasi! 2.2 Mengevaluasicara “HP Baru “ dan menyampaikan “Terima kasih Bu 2 pengajuan penawaran Tes Uraian HOTS Mia” danrumuskan tertulis cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi! Bacalah teksnegosiasi 3.10.2 Soal 1. Bacalah teks negosiasi “HP Baru “ dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi! 3.10.1 Kisi-kisi Soal Indikator Pencapaian Teknik Bentuk HOTS Instrumen No Kompetensi Penilaian Penilai. / an LOTS 3.b) Penilaian Pengetahuan b.

b. Saling menguntungkan d. Dilakukan dengan santun b. saling menguntungkan. serta d. b.3 Kunci Jawaban dan Skor Penilaian Soal Pengetahuan No Rambu-rambu Jawaban Skor 1 Teks 1 dan teks 2 25 Karena dalam kedua teks tersebut terdapat tawar menawar yang akhirnya membuahkan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak Teks 1 Yang mengajukan =Penjual mangga yang menawar = pembeli mangga Teks 2 Yang mengajukan =Rani Yang menawar = ayah Rani Ada partisipan yang mengajukan dan yang menawar Ada kesepakan diantara keduanya Saling menguntunggkan 2 Cara menyampaikan pengajuan penawaran 25 a. c. Kesepakatan bersifat praktis Skor Maksimal 75 Nilai = (Skor Perolehan/ Skor Maksimal) x 100 . c) Penilaian Keterampilan . 3 Syarat tercapainya negosiasi 25 a. bersikap sopan. tidak menekan pihak lain. Tidak ada tekanan atau paksaan c. disertai dengan alasan.

1Menyusun teks pengajuan Tes Uraian HOTS Buatlah teks penawaran.2 Soal 1.2 Menyampaikan pengajuan.10.3 Lembar Penilaian Presentasi LEMBAR PENILAIAN PRESENTASI ajaran : Bahasa Indonesia ogram : X / ………… nsi : Membuat teks negosiasi dengan memperhatikan ciri. c. Sajikan teks negosiasi buatanmua di depan kelas! c. Buatlah teks negosiasi dengan memperhatikan ciri. cara dan syarat negosiasi Kinerja Presentasi . penawaran. persetujuan dalam negosiasi lisan Tes lisan praktik HOTS Sajikan teks 2 negosiasi buatanmua di depan kelas! c. cara dan syarat teks negosiasi 4.1 Soal Penugasan/ Praktik Indikator Pencapaian Teknik Bentuk HOTS Instrumen No Kompetensi Penilaian Penilaian / HOTS 4.10. cara dan syarat teks negosiasi! 2. persetujuan tertulis negosiasi dg 1 dalam negosiasi tulis memperhatikan ciri.

Sangat tinggi 3. Tinggi 2. 1 2. Kurang Nilai = Jumlah Skor Diperoleh / Skor Maksima (24) X100 c. 4. 2 3. 5. Cukup tinggi 1. Presentasi Isi Laporan Nam Jml Nila a Kelancara Kebahasaa Kelengkapa Kesesuaia Kelogisa Sistemati Sko i N Sisw n n n n n s r o a 1.4 Lembar Penilaian Paktik LEMBAR PENILAIAN HASIL MENCIPTA TEKS NEGOSIASI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Program : X /2 Kompetensi : membuat teks negosiasi No Nama Ciri teks Cara Syarat penampilan Jumlah Nilai negosiasi pengajuan tercapainya nilai pengajuan . Keterangan pengisian skor 4.

1 2 Keterangan pengisian skor Nilai tiap aspek : Lengkap /baik 5 Kurang lengkap/baik 3 Tidak lengkap/baik 1 Skor Maksimal : 20 Nilai .