Menghidupkan Sunnah Rasulullah SAW

Kalimah merupakan kalimah iman. Keduanya harus ada dalam diri

merupakan bukti ketaatan kepada Allah, meyakini bahwa tiada seorang muslim. Kalimah yang berkuasa melainkan Allah SWT, merasa dirinya adalah hamba Allah, tinggal di bumi Allah, di bawah langitnya Allah, dilihat oleh Allah, diawasi oleh Allah, akan timbul perasaan takut kepada Allah. Di dalam at dirinya ada perasaan bahwa tidak ada perkara yang lebih berbahaya melebihi murkanya Allah, tidak ada perkara yang lebih menguntungkan melebihi Ridhonya Allah. Dalam hati orang beriman akan selalu ih berharap kepada Allah, berdoa kepada Allah, minta ampun pada Allah karena takut / kuatir dosa dosadosanya akan menjadi murkanya Allah. Kalimah merupakan bukti ketaatan kepada baginda Rasulullah SAW. Allah SWT baginda

berfirman: Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan RasulNya maka sesungguhnya ia telah mendapatkan kemenangan (kebahagiaan) yang besar (surah Al Ahzab:71) adalah: meyakini di dalam hati bahwa satu-satunya jalan Maksud dari kalimah untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat adalah hanya dengan mengikuti contoh Rasulullah SAW. Selain cara/jalan yang dituntunkan oleh Rasulullah maka tidak akan sampai kepada Allah. Allah SWT berfirman:

Katakanlah (wahai Muhammad kep kepada ummatmu): "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah benar) aku (Rasulullah), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa dosamu." Allah Maha Pengampun lagi , dosa-dosamu." Maha Penyayang (surah ali Imron:31) Imron:31). Kecintaan Allah terletak pada jalan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW (as Sunnah) Dalam ayat lain,

Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka asul terimalah. tinggalkanlah; dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman ; hukuman-Nya (surah al Hasyr:7)

“Semua umatku akan masuk syurga kecuali yang enggan” para sahabat bertanya ”Wahai Rasulullah. maka sesunggunya dialah yang enggan” (HR Bukhari) Dari Abdullah bin Amr r. dan barangsiapa yang ingkar kepadaku. sehingga hawa nafsunya tunduk mengikuti ajaran yang aku bawa” (HR al Baghawi) Dari Anas bin Malik ra. siapakah yang enggan?” beliau menjawab “Siapa yang taat kepadaku.huma berkata Rasulullah SAW bersabda. sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda. barangsiapa menghidupkan sunnahku sungguh dia cinta padaku dan barangsiapa yang mencintaiku maka akan bersamaku di dalam syurga” (HR Tirmidzi) . maka ia masuk syurga. “Tidak beriman (dengan sempurna) seseorang diantara kalian. yang demikian itu adalah sunnahku. jika kamu mampu menahan hatimu dari rasa dengki kepada seseorang pada pagi hingga sore hari maka lakukanlah!” kemudian beliau bersabda lagi “Wahai anakku. berkata Rasulullah SAW telah bersabda padaku “Wahai anakku.Perhatikanlah hadits Nabi SAW di bawah ini: Dari Abu Hurairah ra.

semua mendatangkan kecintaan Allah dan janji mendapatkan ampunanNya. siang. hutang piutang). bermasyarakat). cara bermuasyarah (hubungan dengan keluarga. dari ujung rambut hingga ujung kaki. sunnah menjadi begitu penting. orang tua. penampilan Nabi seperti nabi memanjangkan janggut dan merapikan kumis. berkhitan dll. mubah sehingga kita menganggap ringan perkara sunnah yaitu bila dikerjakan berpahala dan bila ditinggalkan tidak berdosa. wajib. perkataan Nabi dan diamnya Nabi tanda menyetujui perbuatan sahabat-sahabatnya. Sariroh adalah fikir dan kerisauan baginda Rasulullah SAW.Dari Abu Hurairah ra dari Nabi SAW beliau bersabda “Barangsiapa yang berpegang teguh kepada sunnahku ketika rusaknya ummatku. Pertanyaan yang sering terlontar adalah “Apa yang dimaksud dengan sunnah itu?” Terkadang kita sering tertukar dengan pengertian sunnah sebagai hukum fikih disamping fardhu. Bagaimana pakaian Nabi. cara makannya Nabi. jangan sampai ada di kalangan ummatnya yang masuk ke dalam neraka. kecelakaan dan kehinaan di dunia dan akhirat. siroh dan sariroh Suroh adalah gambaran/penampilan Nabi. keseharian Nabi. Sedangkan sunnah yang dimaksud di sini adalah contoh tauladan Rasulullah. Dalam pengertian ini. ampunan Allah dan memperoleh kejayaan dunia akhirat (surah ali Imron:31) dan jika ditinggalkan akan menyebabkan kesengsaraan. 24 jam kehidupan Nabi. Bagaimana ketika Rasulullah bangun dari tidur. ketika waktu subuh. semua adalah teladan yang bila kita ikuti maka akan mendatangkan kecintaan Allah. Ulama ada yang mengelompokkan sunnah menjadi tiga: suroh. memotong kuku. ketika pagi. maka baginya pahala mati syahid” (HR Thabrani) Dari Malik bin Anas rahimahullah sesungguhnya telah sampai berita padanya bahwa Rasulullah SAW bersabda “Aku tinggalkan di tengah-tengah kalian dua perkara yang mana kalian sekali-kali tidak akan tersesat selama kalian berpegang teguh kepada keduanya (yaitu) kitab Allah dan sunnah NabiNya” (HR Imam Malik) Dibalik sunnah Nabi ada kejayaan. Apa yang dirisaukan Nabi? Nabi senantiasa memikirkan dan merisaukan keadaan ummatnya. Maksudnya adalah selama 12+12=24 jam dalam sehari semalam hendaklah kita Ikut Allah Ikut Nabi dan bukan Ikut Akal Ikut Nafsu. cara tidurnya. apa yang dilakukan beliau ketika waktu sepertiga malam terakhir. Sunnah adalah segala pebuatan Nabi. Apabila kita menghitung jumlah huruf dalam kalimah iman maka akan kita dapati jumlahnya 12 huruf pada kalimah dan 12 huruf pula pada kalimah . bila dilaksanakan akan mendapatkan kecintaan Allah. sore dan malam. tetangga. Bagaimana cara bermuamalah (jual beli. Siroh adalah perjalanan hidup Nabi. mulai bangun tidur hingga tidur kembali dan di dalam tidurnya itu sendiri bagaimana kita senantiasa mengikuti contoh Nabi. Hingga pernah suatu saat Nabi bersabda “aku ingin menyuruh pemuda-pemuda untuk .

ac. namun ketika berjumpa dengan Rasulullah. Lab. beliau memanggil mereka “ummatii… ummatii.unila. meminta syafaat kepada semua nabi-nabi. maka dipegang anaknya itu erat-erat walaupun sang anak meronta bahkan memukuli muka ibunya. Demikianlah kasih sayang Rasulullah SAW kepada ummatnya. S.ac. Semoga kita diberi taufik oleh Allah SWT untuk dapat mengikuti jejak perjuangan baginda Rasulullah SAW dan dapat memperoleh syafaatnya pada hari hisab kelak. Demikian perjuangan baginda Nabi dalam menyampaikan risalah dari Allah SWT. Sonny Widiarto. seringkali ummatnya yang tidak mengetahui hakikat kehidupan akhirat justeru menentang perjuangan beliau. Sehingga orang seperti Umar bin Khottob yang pada mulanya benci kepada Nabi bahkan ingin membunuh Nabi. Karena Rasulullah sangat menguatirkan keadan ummatnya. Kimia Analitik dan Instrumen Jurusan Kimia . tetapi para nabi itu menjawab “Nafsi… Nafsi… ”. dengan sebab doa Nabi maka Umar mendapat hidayah. mencaci maki beliau bahkan memerangi beliau.Sc.mengumpulkan kayu bakar dan akan kupergi dari rumah ke rumah mendatangi orang yang tidak berjamaah di masjid tanpa udzur (alasan yang diterima syariat) dan aku bakar dengan rumah mereka”..FMIPA Universitas Lampung swidiarto@unila. tentu sang ibu akan berupaya agar anaknya tidak masuk ke dalamnya. Kemudian Umar bin Khottob menjadi pengikut dan pembela Nabi bahkan menjadi Khalifah setelah Abu Bakar as Siddiq. tetapi dengan kesabaran Rasulullah malah mendoakan mereka dengan kebaikan dan hidayah. Ketika manusia semua kebingungan di hari hisab.id http://blog. M.id/widiarto/ .Si.. Hingga saat manusia menyeberangi titian shirot pun Rasulullah mendoakan agar ummatnya terselamat “Allohumma ya Robbii salim salim”. Bahkan ulama mengatakan kerisauan Nabi SAW tidak hanya ketika beliau hidup di dunia saja tetapi hingga nanti di hari akhirat.” Rasulullah diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk memberikan syafaat kepada ummatnya. Sebagaimana seorang ibu yang melihat anaknya yang masih kecil berjalan kearah unggunan api. Bunyi lengkapnya hadits tersebut adalah sebagai berikut. jangan sampai ada ummatnya yang celaka.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful