BAB I PENDAHULUAN Hamil adalah anugerah dari Tuhan yang sangat dinanti-nanti oleh mereka yang telah

membina rumah tangga. Saat-saat mengandung selama 9 bulan adalah hal yang sangat membanggakan bagi si ibu. Selama 9 bulan inilah sang ibu harus menjaga si jabang bayi dengan baik sebelum lahir ke dunia. Tidak gampang memang menjaga si jabang bayi berada di dalam kandungan, semua nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh si jabang bayi pun harus dipenuhi agar bayi lahir di dunia ini dengan sehat. Seiring dengan bertambahnya usia kandungan, maka keluhan-keluhan pun semakin banyak, seperti halnya muntah-muntah, mudah capek, badan pegal-pegal, nyeri sampai dengan susah tidur. Hal terakhir inilah yang paling banyak dikeluhkan oleh kebanyakan ibuibu hamil, susah tidur! Padahal badan ini sudah capek sekali dan ingin istirahat, tapi mau bagaimana lagi Anda tidak bisa tidur. S ulit tidur di malam hari dapat membuat kondisi ibu hamil menurun. Konsentrasi berkurang, mudah lelah, badan terasa pegal, tidak mood bekerja, dan cenderung emosional. Tentu saja hal ini dapat membuat beban kehamilan semakin berat. Selain harus menyesuaikan diri dengan perubahan hormon maupun perubahan fisik, ibu hamil juga harus berjuang menghadapi stamina yang menurun drastis. Keluhan tidur umumnya muncul saat usia kandungan memasuki trimester ketiga dimana janin sudah tumbuh sedemikian besar sehingga terasa menyesakkan. Namun ada juga yang mengeluhkan hal sama di trimester pertama, meski tentu saja porsi maupun intensitasnya tidak separah di trimester terakhir. Sedangkan selama trimester kedua, masalah ini sangat jarang terjadi karena umumnya kondisi ibu hamil sedang prima, nafsu makannya sudah pulih dan ibu pun sudah mampu menyesuaikan diri dengan perubahan hormon dan perubahan fisiknya.

1

apakah itu perasaan tak nyaman. ada cukup banyak pula penyebab lainnya. Selain harus menyesuaikan diri dengan perubahan hormon maupun perubahan fisik. meski tentu saja porsi maupun intensitasnya tidak separah di trimester terakhir. badan terasa pegal. itulah gangguan yang amat ‘menyiksa’ ibu hamil. Tidur lelap seolah menjadi ‘barang mahal’ di masa hamil. Berubahnya ukuran janin itulah yang membuat ibu hamil sulit menentukan posisi tidur yang enak. kehadiran janin tentu akan menyulitkan. nafsu makannya sudah pulih dan ibu pun sudah mampu menyesuaikan diri dengan perubahan hormon dan perubahan fisiknya. Konsentrasi berkurang. Misalnya beberapa ibu hamil mengeluhkan mengalami mimpi buruk. sementara sisanya lebih bersifat psikologis. Yang utama dan alasan yang paling kuat mengapa kesulitan tidur terjadi. Ada saja gangguannya. Tentu saja hal ini dapat membuat beban kehamilan semakin berat. Buat ibu yang terbiasa tidur dengan posisi terlentang atau tengkurap sebelum hamil. dan cenderung emosional. 2 . terganggu mimpi aneh atau bermimpi buruk. atau merasa kuatir (stres) memikirkan hari persalinan. mudah lelah. masalah ini sangat jarang terjadi karena umumnya kondisi ibu hamil sedang prima. ada yang bersumber dari faktor fisik. adalah karena telah terjadi peningkatan ukuran janin.” Sulit tidur di malam hari dapat membuat kondisi ibu hamil menurun. “Ibu hamil yang sudah tidak bisa tidur dengan baik di awal kehamilannya boleh jadi akan merasa sangat sedikit tidur di kehamilan lanjut. Sedangkan selama trimester kedua. Namun ada juga yang mengeluhkan hal sama di trimester pertama. tidak mood bekerja. Keluhan tidur umumnya muncul saat usia kandungan memasuki trimester ketiga dimana janin sudah tumbuh sedemikian besar sehingga terasa menyesakkan.BAB II PEMBAHASAN Sulit tidur. ibu hamil juga harus berjuang menghadapi stamina yang menurun drastis. Beberapa diantaranya. Selain persoalan kenyamanan.

Hal ini terus menerus Anda lakukan sepanjang waktu tidur sehingga membuat Anda gelisah dan susah tidur. * Perubahan hormon Tidak sedikit perempuan yang begitu hamil menunjukkan perubahan psikis yang drastis. bahkan depresi. gampang marah. pusing. jadi mudah kesal. Perasaan tidak nyaman seperti itu jika dibiarkan saja akan terakumulasi sebagai stres. Bisa juga karena ibu belum ingin tubuhnya berubah. • Semakin besar kandungan Anda. Anda hanya bisa memiringkan badan Anda ke kanan. gerakan si bayi pun semakin lincah. kelewat waswas dan sebagainya yang akan membuat suasana hatinya jadi tidak keruan. Tendangan ini membuat Anda terganggu dan akhirnya membuat Anda susah tidur. Belum lagi keluhan mual-muntah. ke kiri atau terlentang. Keluhan Trimester Pertama Di trimester pertama. Bila hal ini terus-menerus dialami 3 . dan tidak enak badan yang akan membuat ibu merasa tertekan secara fisik maupun psikis. Bisa jadi hal ini dilakukan pada saat Anda sedang mencoba beristirahat. PENYEBAB SUSAH TIDUR Ada beberapa sebab kenapa ibu hamil susah tidur yaitu: • IBU HAMIL Semakin membesarnya perut Anda membuat Anda tidak bisa leluasa bergerak apalagi telungkup. • Adanya rasa yang tidak enak di ulu hati Anda. Sehubungan dengan itu. Hal ini jelas membuat Anda sulit untuk tidur. 1. keluhan sulit tidur biasanya muncul karena beberapa sebab berikut: * Stres Ibu yang pada dasarnya kurang siap menerima kehamilan kemungkinan akan mengalami tekanan psikis. Ketidaksiapan ini bisa jadi karena masa-masa bulan madu pengantin baru belum habis dinikmati. Kadang si bayi menendang ke kanan atau ke kiri perut ini.A. kondisi yang tak nyaman inilah yang membuat ibu hamil jadi sulit tidur. Nah. kadar hormon dalam tubuh ibu sedang mengalami perubahan drastis yang sering memunculkan keluhan mual-muntah.

tanpa usaha sedikit pun untuk meredakannya. Selain itu. Soal posisi ini juga umumnya dikeluhkan sebagai penyebab ibu hamil tua sulit tidur. 2. bahkan susah tidur dan acapkali terbangun. perut yang membuncit otomatis akan menarik otot punggung lebih kencang. Janin yang sudah sedemikian membesar menekan kandung kemih ibu. Posisi tengkurap jelas mustahil dilakukan. * Posisi Tidur Posisi tidur yang nyaman agak sulit didapat ibu yang sedang hamil tua. Untuk mengatasinya. 4 . Satu-satunya posisi yang memungkinkan adalah miring. Keluhan Trimester Ketiga Di trimester ketiga. melainkan perubahan fisik. khawatir bayinya lahir cacat maupun cemas membayangkan rasa sakit saat bersalin. termasuk sekitar pinggang. Adanya penambahan berat badan ini akan memunculkan sederet keluhan yang membuat ibu sulit tidur: * Punggung Pegal Untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. disarankan agar 2-3 jam sebelum tidur tidak minum. penyebab sulit tidur bukan perubahan hormonal. Dorongan untuk bolak-balik ke kamar mandi inilah yang mau tidak mau akan mengganggu kenyenyakan tidur si ibu. Tarikan inilah yang membuat ibu hamil besar sering mengeluh pegal dan nyeri di tubuh bagian belakang. Keluhan ini tentu saja membuat tidur si ibu jadi tidak nyaman. * Dihantui kecemasan Menjelang persalinan. Aneka kecemasan inilah yang akhirnya membuat si ibu jadi sulit tidur. Akibatnya. * Sering buang air kecil Keluhan yang juga sering muncul di trimester 3 adalah seringnya buang air kecil (BAK). tepatnya bobot tubuh ibu yang bertambah sekitar 10 kg bahkan lebih. besar kemungkinan ibu jadi sulit beristirahat. sementara posisi terlentang akan membuat napasnya sesak. kapasitas kandung kemih jadi terbatas sehingga ibu sebentar-sebentar ingin BAK. Namun bila posisi ini terus-menerus dilakukan sangat mungkin akan membuat si ibu cepat bosan. ibu hamil umumnya dihantui berbagai kecemasan. semisal takut persalinannya bermasalah.

termasuk saluran pernafasan. takut tak seksi lagi di mata pasangan atau kawatir bentuk tubuh tak bisa langsing kembali. sebaiknya minumlah lebih banyak di siang hari. 4. ketidaknyamanan ini jelas dapat menurunkan rasa percaya diri ibu. 2. kesehatan janin. Diakui atau tidak. * Gangguan psikis Kondisi psikis yang labil di trimester ini biasanya disebabkan oleh aneka ketidaknyamanan. 30% ibu hamil cenderung mendengkur saat tidur (walaupun sebelumnya bukan pendengkur). Dari Uraian di atas secara umum dapat disimpulkan bahwa penyebab ibu hamil susah tidur adalah sebagai berikut : 1. Antara lain karena tubuh yang dulu langsing kini terus membesar. Kondisi psikis yang labil ini jika tidak segera dibenahi besar kemungkinan akan berpengaruh pada kenyenyakan tidur ibu hamil.kosongkan kandung kemih sesaat sebelum berangkat tidur. Kepanasan Kadar hormon progesteron yang meningkat menyebabkan tubuh Anda menjadi panas. 5 . Heart Burn Rahim yang membesar bisa menyebabkan asam lambung mengalir ke arah kerongkongan dan menyebabkan rasa nyeri serta panas di daerah sekitar dada. Gangguan Nafas Aliran darah yang meningkat selama masa kehamilan menyebabkan banyak bagian tubuh yang membengkak. merupakan sebagian dari pikiran yang mengganggu. Itu sebabnya. Namun agar kebutuhan air pada ibu hamil tetap terpenuhi. 3. Apalagi di trimester akhir. ibu hamil tak lagi bisa leluasa bergerak. Akibatnya Anda bisa gelisah sepanjang malam. Beban Pikiran Rasa cemas menghadapi persalinan.

otomatis akan membuat proses pengeluaran cairan pun bertambah sering. Juga. Sering Buang Air Kecil Kecenderungan Anda minum lebih banyak selama hamil dalam rangka memenuhi kebutuhan cairan. rahim yang kian membesar akan mendesak kandung kemih Anda sehingga kapasitasnya berkurang. Gerakan Janin Janin yang semakin besar dan membuat perut Anda semakin menonjol. sehingga Anda menggerakkan kaki terus-menerus. seringkali Anda diganggu oleh serangan kram mendadak. Hal ini tentu membuat Anda sukar terlelap. 6 . 7. 8. Nyeri di Bagian Belakang Kondisi ini disebabkan oleh janin Anda yang semakin besar dan berat. Apalagi bila ia bergerak dengan aktif saat Anda tidur di malam hari. kerap menyulitkan Anda mencari posisi berbaring yang nyaman. kaki Anda seringkali merasakan sensasi seperti ada yang merayap.5. Selain itu. Gangguan Kaki Saat Anda mengantuk. 6.

Misalnya dengan membuka jendela. berkonsultasilah dengan terapis 2. Gangguan Nafas Cara Mengatasi: • • hiruplah uap hangat dari air panas.B. Saat ini ada banyak cara agar persalinan tanpa rasa nyeri sibukkan diri dengan aktivitas sebelum tidur untuk membuang pikiran yang mengganggu tidur Anda bicarakan kekawatiran Anda dengan sahabat dan pasangan Anda. tak perlu takut berlebihan. gunakan bantal pendingin khusus (chillow) atur sirkulasi udara kamar. Beban Pikiran Cara Mengatasi: • • • • baca buku dan konsultasi ke dokter tentang kehamilan untuk meyakinkan bahwa Anda baik-baik saja bila cemas akan rasa nyeri persalinan. letakkan kepala lebih tinggi sedikit dari biasanya 7 . Bila perlu. kipas angin atau AC 4. Heart Burn Cara Mengatasi: • saat berbaring. Kepanasan Cara Mengatasi: • • • • pakailah pakaian tidur yang menyerap keringat gunakan selimut dari bahan tipis jangan tidur dikelilingi bantal-guling. CARA MENGATASI IBU HAMIL SUSAH TIDUR Adapun cara mengatasi ibu hamil susah tidur adalah sebagai berikut: 1. Bila belum teratasi. berbaring dengan kepala dan punggung lebih tinggi dari perut gunakan obat pelega pernafasan (inhaler) atau obat tetes hidung yang direkomendasikan dokter 3.

cobalah gunakan waktu untuk tidur manfaatkan bantal khusus untuk menahan perut. Gangguan Kaki Cara Mengatasi: • • • • asupan kalsium adalah salah satu cara yang dianggap aman lakukan peregangan ringan pada kaki letakkan kaki lebih tinggi dari panggul selama 10-15 menit. sisi kiri dan kanan bergantian. saat berbaring dan sebelum tidur pijat. sehingga Anda memperoleh posisi berbaring yang paling nyaman 7.• • • kurangi konsumsi makanan gorengan. Di luar waktu itu. bila mungkin angkat perut saat buang air kecil agar kandung kemih benar-benar kosong. Sering Buang Air Kecil Cara Mengatasi: • • • kurangi konsumsi cairan setelah lewat jam 5 sore jangan minum apapun 2 jam sebelum berangkat tidur. berbumbu dan asam. Termasuk jus tomat. jus jeruk dan kopi jangan makan makanan berat 3 jam sebelum tidur malam minum segelas susu pada malam hari sebelum tidur 5. Nyeri di Bagian Belakang Cara Mengatasi: • • lakukan gerakan khusus untuk melatih elastisitas pinggang Anda (latihan peregangan) tidur menyamping. khususnya selama trimester ketiga 8. Gerakan Janin Cara Mengatasi: • • perhatikan dan kenali kapan janin aktif bergerak dalam sehari. Minta tolong pada suami untuk memijat kaki yang sering kram dan nyeri 8 . Letakkan bantal di selasela paha 6.

Dengan merasa tenang dan rileks akan mudah untuk anda untuk tidur lebih nyaman. • Minum segelas susu hangat Minum segelas susu hangat akan membantu anda untuk dapat tidur hal ini didasarkan susu mengandung asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan membantu anda untuk dapat tidur. • Musik Dengarkanlah musik yang dapat memberikan ketenangan dan rasa rileks pada anda. Cobalah untuk menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saat menjelang tidur. • Hubunga seks 9 . Pilihlah musik apapun yang penting dapat memberikan ketenangan buat anda. Posisi tidur terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah posisi tidur miring ke sisi kiri anda. dengan sabun yang wangi dan rasa segar akan membantu anda rileks. • Hindari makan terlalu banyak saat menjelang tidur. Faktor yang terpenting untuk dapat tidur dengan nyaman adalah menemukan posisi tidur yang terbaik untuk anda.Beberapa Tips yang dapat anda coba lakukan untuk membantu anda tidur lebih nyaman : • Carilah posisi tidur yang nyaman untuk anda. Basuhlah tubuh anda dengan mandi air hangat (jangan terlalu panas) atau berendam air hangat selama 15 menit. Hal ini untuk mengurangi rasa tak enak di daerah ulu hati/perut anda yang juga akan dapat mempengaruhi saat tidur anda. Anda dapat menggantinya dengan snak yang ringan atau segelas susu hangat. Sebaiknya makan terakhir 2 jam sebelum anda tidur. tapi hatihatilah karena bila keinginan untuk makan itu datang di waktu malam hari. hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta • Mandi dengan air hangat. dapat mempengaruhi tidur anda. Saat hamil seringkali anda merasa ingin makan sesuatu saat malam hari.

• Kamar tidur yang nyaman Pastikan kamar tidur bersuhu nyaman. Relaks 10 . Di sana Anda akan bertemu banyak ibu hamil dan berbagi pengalaman. Berolah raga Selalu beristirahatlah selagi ada kesempatan untuk beristirahat. Bersabarlah dan jadikanlah sebagai salah satu pengalaman indah dalam kehamilan anda ini dan semuanya akan terbayarkan dengan lahirnya si buah hati. • Usahakan untuk melakukan olah raga ringan di siang hari karena olah raga yang teratur akan membuat peredaran darah lebih lancar dan mudah tidur. Ini adalah beberapa tips buat anda untuk dapat membantu tidur malam yang lebih nyaman. Latihan menarik nafas dalam yang teratur dapat menolong mengurangi ketegangan otot dan membantu anda untuk tidur lebih baik. duduk.Melakukan hubungan seksual dengan pasangan anda juga dapat merupakan salah satu cara yang baik untuk memberikan rileks dan santai buat anda. Tapi bila anda merasa “Tidak Ingin” melakukan hal ini. berdiri ataupun berbaring. Ingatlah bahwa gangguan tidur adalah keluhan yang umum selama kehamilan. pertimbangkan untuk ikut kelas kehamilan atau kelas ‘orangtua’. Bila terlalu dingin. • Latihan menarik nafas. mintalah pasangan anda untuk memberikan pijatan secara lembut sehingga anda akan merasa lebih rileks dan perasaan bahagia karena diperhatikan/dimanjakan. Carilah posisi yang nyaman buat anda. • Mengikuti kelas Yoga atau Senam hamil Jika rasa takut dan gelisah membuat Anda terbangun. lakukan beberapa kali. pakai selimut tebal. lalu tariklah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1-2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan. Kiat Mengurangi Keluhan Ibu hamil 1. Gunakan AC atau kipas angin jika Anda memerlukannya. • Beristirahat selagi anda dapat.

saat ini dikembangkan terapi musik yang bisa ditemukan di klinik atau rumah sakit. pikiran lebih tenang. Misalnya. tubuh lebih bugar. Pengaturan napas dan gerakan-gerakan senam hamil akan membantu mengurangi keluhan rasa pegal. bengkak pada kaki. Jadi. Berdasarkan penelitian. 3. Melalui terapi ini. Sikap relaks membuat segalanya terasa lebih ringan sehingga ibu bisa tidur lebih nyenyak. jalani kehamilan dengan relaks dan penuh syukur. senam hamil juga bermanfaat mengendurkan otot-otot tubuh yang kaku. toh bisa diakali dengan menyesuaikan penampilan. dengan baju-baju hamil yang mengikuti mode dan nyaman saat dipakai. di antaranya jenis musik yang cocok. Nah. agar manfaatnya bisa dirasakan maksimal. 2.Yakinlah kalau kehamilan merupakan sebuah anugerah dan tidak semua perempuan mendapat kesempatan memperoleh anugerah istimewa itu. intensitas dan suasana. sehingga akhirnya membuat kondisi ibu jadi lebih relaks dan dapat tidur lebih nyenyak. mendengarkan alunan musik favorit terbukti amat membantu kondisi ibu lebih tenang dan nyaman. Bila dirasa kelewat membebani. ibu mengalami hiperemesis gravidarum atau mual muntah berlebihan yang membuatnya merasa tertekan. Posisi ini diyakini dapat mencegah varises. kaku dan ngilu. Gangguan di trimester pertama ini bisa saja merembet pada kesulitan tidur. perasaan dan pikiran ibu hamil akan digiring untuk lebih tenang hingga ia bisa lebih relaks menjalani kehamilannya dan mudah tidur. dan meningkatkan kemampuan berkonsentrasi yang semuanya berpengaruh terhadap kenyenyakan tidur. 11 . Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Olahnapas yoga membuat otot-otot lebih relaks. Tak perlu takut tubuh melar. Contohnya. Yoga menjadi pilihan yang sama baiknya untuk ibu hamil. Biarkan tubuh berubah sesuai tuntutan kehamilan itu sendiri. Selain bertujuan mengajarkan kepada ibu apa yang harus dilakukan kelak saat persalinan. Minta bantuan ahli Kehamilan dengan gangguan akan dirasakan sebagai beban yang teramat berat. Tidur miring ke kiri/kanan Posisi tidur yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah posisi tidur miring ke kiri. sesak napas. konsultasikan pada ahlinya agar masalah ini segera terselesaikan.

Khusus untuk kehamilan trimester tiga. tubuh tidak balik terlentang. jangan lupa cermati juga hasil USG. di trimester pertama ibu hamil umumnya sulit makan sehingga asupan gizinya berkurang. Menjaga asupan gizi Akibat gangguan mual-muntah. Gunakan bantal pengganjal Bila ingin lebih relaks cobalah ganjal kaki dengan bantal. Tak hanya di trimester pertama. 4. janin seolah-olah jatuh tertelungkup. 12 . Namun agar saat tertidur. 5. ibu hamil tetap harus berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi. Tidur dengan posisi ini memungkinkan ibu hamil merasa lebih nyaman karena seluruh bagian kakinya memiliki penahan. ganjal pula bagian belakang tubuh dengan bantal atau guling. di trimester akhir pun asupan gizi yang cukup dan seimbang harus terus dijaga. Bila terlihat posisi punggung janin berada di belahan kanan maka posisi tidur ibu sebaiknya miring ke kanan. lalu ganjal kaki mulai tumit hingga betis dengan dua bantal dan dari lutut hingga pangkal paha dengan 1 bantal.sekaligus mampu memperlancar sirkulasi darah sebagai asupan penting bagi pertumbuhan janin. Kalau ibu bertahan tetap pada posisi miring ke kiri. dari paha hingga tumit. Untuk menutup kekurangan tersebut. Ibu pun lebih kuat menghadapi beban yang pasti jauh lebih berat di hari persalinan. Kecukupan nutrisi mampu membuat tubuh lebih bugar sehingga tidur pun tak jadi jadi masalah. Kondisi ibu yang lebih bugar pastilah akan membuat tidur ibu jauh lebih nyaman. Akibatnya. si kecil akan terus-menerus meronta dan membuat tidur ibu terganggu. Ambil posisi miring terlebih dahulu.

Jika ada kesempatan istirahat. Keinginan makan yang sering timbul saat malam hari bisa bunda siasati dengan makan snack ringan atau segelas susu hangat. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan bunda dan janin jika waktu beristirahat kurang. • Pilih Posisi yang anda rasa paling nyaman. Untuk itu tips dibawah ini bisa bunda coba agar bisa beristirahat dengan nyaman. • Mandi air hangat akan membuat tubuh lebih rileks hingga anda siap tidur dengan nyaman. Selain itu gerakan janin dan rasa panas di ulu hati juga mempengaruhi wanita hamil sulit tidur. 13 . Posisi tidur terbaik saat hamil adalah dengan miring ke kiri. Untuk mengatasinya dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut: • Hindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saaat menjelang tidur karena dapat mengganggu tidur anda. Hal disebabkan oleh perubahan fisik dimana perut makin membesar hingga sulit mencari posisi tidur yang nyaman. selain janin tidak terbebani oleh organ berat. Mendengarkan musik yang menenangkan akan menambah suasana makin nyaman yang mengantarkan anda untuk bisa segera ter tidur . pergunakanlah dengan baik untuk istirahat agar tubuh anda dalam keadaan fit sehingga anda lebih mudah tidur. • • • Cukup istirahat ketika beraktifitas sehari-hari. Minum segelas susu hangat akan sangat membantu agar bisa segera tidur karena dalam susu terdapat asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak sehingga lebih mudah untuk tidur.BAB III PENUTUP Kesimpulan Sulit tidur pada masa kehamilan terutama jika perut bunda sudah mulai membesar adalah keluhan yang paling sering terjadi. juga mengoptimalkan aliran oksigen dalam darah.

Ilmu Kebidanan.DSOG.ph p?article_id=6060 http://www.Sarwono. Edisi III.DAFTAR PUSTAKA Fakultas Kedokteran UI.mentorhealthcare.Dr. Kapita Selekta kedokteran-Jilid I. Yayasan Bina Pustaka. Jakarta.2001.com/2008/12/30/mengatasi-susah-tidur-saat-hamil-1/ http://www.php?nID=50&action=detail 14 .com/tips_solution/pregnancy/during_pregnancy/article. Prawirihardjo.com/news.1997 http://mommygadget.conectique.Jakarta: Media Aesculapius_FKUI.Prof.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful