PENGARUH PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP LINGKUNGAN

Teknologi diciptakan manusia melalui penerapan (exercise) budidaya akalnya. Manusia harus mendayakan akal pikirannya dalam me-reka teknologi berdasarkan ratio (nalar) dan kemudian membuatnya, me-yasanya, menjadi suatu produk yang kongkrit. Jadi perlu penerapan rekayasa dalam menciptakan teknologi, dan sebaliknya teknologi kemudian akan membantu manusia dalam merekayasa. Inter-relasi dan interaksi antara rekayasa dan teknologi sering sulit dipahami karena seakan terjadi secara obvious atau terjadi sepenuhnya dilatar belakang sehingga luput dari pengamatan. Maka untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dari peran rekayasa dalam penciptaan teknologi dan sebaliknya, perlu digresi sebentar sampai pada saat asal mula terbentuknya masyarakat manusia. Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.

Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan. tidak berarti teknologi sinonim dengan kebenaran. kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Bagi masyarakat sekarang. IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer. karena efisiensi tidak pernah mencapai 100%. Ringkas kata. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Tentu saja IPTEK tidak mengenal moral kemanusiaan. pengembangan dan penguasaan iptek nuklir selalu akan ditimbulkan limbah . Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar. kebahagiaan dan imortalitas. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Dalam pemanfatan iptek untuk berbagai tujuan selalu ditimbulkan sisa proses/limbah. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Perkembangan dunia IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. oleh karena IPTEK tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia. Demikian juga dalam pemanfaatan. IPTEK sudah merupakan suatu religion. Sebab IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan .

maka hendaknya gas buang pada kendaraan di uji emisinya untuk menekan pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor karena kendaraan bermotor menyumbang pencemaran udara yang tidak sedikit. Walaupun demikian. Selain pengontrolan terhadap gas buang dari pabrik yang juga menyumbang pencemaran yang besar terhadap udara. Ketika suatu ekosistem terancam punah. Walaupun sebenarnya kemajuan teknologi sangat diperlukan oleh manusia di era kaemajuan sekarang. akan dapat merusak kehidupan di bumi. Oleh karnanya. maka dapat menyebabkan suatu organismo yang ada di lingkungan tersebut yang tudakmampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya akan dapat merusak kelangsungan rantai makanan dan dapat berakibat dalam jangka panjang terhadap kepunahan suatu kelangsungan ekosistem.radioaktif sebagai sisa proses. karena berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat. bahkan temasuk yang terbesar. namun hendaknya tetap memperhatikan kelangsunagn ekosistem dari lingkunag sekitar. Berdasarkan pengalaman di negara maju. Untuk mengatasi pencemaran di udara. keutuhan kelestarian ekosistem dapat dijaga dengan beberapa acra. Karna ketika terjadinya kerusakan pada sebuah ekosistem. . Limbah radioaktif yang ditimbulkan harus dikelola dengan baik dan tepat agar tidak mencemari lingkungan. perlu pengawasan yang sangat ketat terhadap tingkat pencemaran yang disumbangkan oleh pabrik-pabrik besar. ditunjukkan bahwa pembersihan lingkungan akibat terjadinya pencemaran oleh limbah radioaktif membutuhkan biaya 10 sampai 100 kali lebih besar dibandingkan bila biaya pengelolaan limbah tersebut secara baik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful