You are on page 1of 7

RSUD H.

ABDURRAHMAH SAYOETI KOTA JAMBI

URAIAN PEKERJAAN

No. Dok.: UP/CSSD/ No. Rev.: 0 Tgl. Terbit : Hal: 1 / 6

I

Tahap Penerimaan

1. Petugas ruangan yang membawa Instrumen kotor menggunakan APD
(Baju, masker dan sarung tangan)
2. Bersama-sama dengan petugas binatu menghitung jumlah, jenis
Instrumen serta kategorinya dan dipisahkan menurut jenisnya, dan
dicatat didalam buku penerimaan barang
3. Petugas menuliskan jumlah dan jenis instrumen kotor ke dalam buku
penerimaan
4. Petugas memasukkan Instrumen kotor sesuai dengan jenisnya ke dalam
troli Instrumen dirty area.
5. Kantong instrumen kotor langsung dilakukan sterilisasi bersama
Instrumen kotor yang lain
6. Buku penerimaan diserahkan kepada petugas administrasi untuk
direkapitulasi

a) Kepala Ruangan CSSD dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh
1) Sub bagian Administrasi
2) Sub bagian Dekontaminasi, Strilisasi, Produksi
3) Sub bagian Pengawasan Mutu, Pemeliharaan Sarana Dan Peralatan, K3 dan
Diklat
4) Sub Bagian Instalasi Distribusi

Kepala Instalasi CSSD Fungsi : Mengkoordinir. Rev. 3.Membuat perencanaan program kerja.mengawasi dan bertanggung jawab terhadap kegiatan dan Penyelenggaraan pelayanan CSSD di RSUD H.Bertanggung jawab agar staf mengerti akan prosedur dan penggunaan mesin sterilisasi secara benar.Melakukan seleksi untuk calon tenaga dipusat sterilisasi menyiapkan konsep dan rencana kerja serta melakukan evaluasi pada waktu yang telah ditentukan .: UP/CSSD/ No.Kerjasama dengan unit lain rumah sakit dan melakukan koordinasi yang bersifat intern/ektern.Memastikan bahwa teknik aseptik diterapkan pada saat penyiapan dan penanganan alat steril baik yang sekali pakat atau pemakaian ulang. Menentukan metoda yang efektif bagi penyiapan dan penangan alat / bahan steril 4. Dok. 9. .Membuat laporan kinerja pusat sterilisasi. 7. Abdurrahman Sayoeti kota jambi. RSUD H. 2. 8. ABDURRAHMAH SAYOETI KOTA JAMBI URAIAN PEKERJAAN No. 5. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Mengarahkan semua aktivitas staf yang berkaitan dengan supply alat steril bagi perawatan pasien di rumah sakit. 6. Terbit : Hal: 2 / 6 II. Tugas pokok: 1.: 0 Tgl. keterampilan dan pengembangan diri/pesonel lainnya.

Dok. Mengarsip hasil pelatihan dan seminar serta literatur tentang CSSD h. serta mengarsipnya f. d. Terbit : Hal: 3 / 6 III. Membuat jadwal dinas pegawai Instalasi CSSD. c.: UP/CSSD/ No. Mencatat dan mengarsip data kepegawaian di Instalasi CSSD. b. Membuat dan mengarsip surat-surat yang berkaitan dengan kegiatan di instalasi CSSD g. Rev.: 0 Tgl. Tugas Pokok: a. Administrasi Umum Fungsi : Bertanggung jawab terhadap urusan pembuatan laporan. Membantu kelancaran kegiatan di instalasi CSSD . RSUD H. Mencatat surat yang masuk dan keluar pada buku surat. ABDURRAHMAH SAYOETI KOTA JAMBI URAIAN PEKERJAAN No. Membuat laporan bulanan dan tahunan mengenai :  rekapan bahan habis pakai  rekapan Instrument bersih dan kotor  pemakaian bahan pembersih  pemakaian alat-alat e. Merekap Instrument bersih dan kotor dari buku pengambilan Instrument ke dalam buku harian Instrument bersih dan kotor.surat- menyurat dan membantu kelancaran kegiatan di Instalasi CSSD.

petugas memasukkan Instrument kotor sesuai dengan jenisnya ke dalam troli Instrument dirty area. K3 Dan Diklat 4) Sub bagian Instalasi Distribusi . a) Kepala Ruangan CSSD dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh 1) Sub bagian Administrasi 2) Sub bagian Dekontaminasi.: 0 Tgl. bersama-sama dengan petugas binatu menghitung jumlah. Dok. Rev. ABDURRAHMAH SAYOETI KOTA JAMBI URAIAN PEKERJAAN No. jenis Instrument serta kategorinya dan dipisahkan menurut jenisnya. buku penerimaan diserahkan kepada petugas administrasi untuk direkapitulasi. Produksi 3) Sub bagian Pengawasan Mutu. 3. petugas menuliskan jumlah dan jenis Instrument kotor ke dalam buku penerimaan 4.masker dan sarung tangan) 2. 5. RSUD H. Pemeliharaan Sarana Dan Peralatan. petugas ruangan yang membawa Instrument kotor menggunakan APD (baju. Terbit : Hal: 4 / 6 I Tahap Penerimaan 1.dan dicatat didalam buku penerimaan barang. kantong Instrument kotor langsung dilakukan sterilisasi bersama Instrument kotor yang lain 6.: UP/CSSD/ No. Strilisasi.

Sehingga dapat menghasil Instrument bersih tepat waktu. 10. Mengetahui standar sterilisasi yang benar. Bertanggung jawab kepada kepala instalasi CSSD. Sub ordinasi penjemputan Instrument kotor sampai pendistribusian Instrument bersih. Melakukan proses dekontaminasi. Produksi yang bersih dan memenuhi persyaratan . Sterilisasi. produksi ruang cssd dapat terlaksana dengan baik. Tersedianya produk steril yang siap pakai untuk Rumah Sakit . Dok. produksi ruang cssd serta melakukan evaluasi pada alat kesehatan yang telah masuk kedalam ruangan. Memberikan hasil produk yang berkualitas serta terjamin ke sterilan alat melalui tahapan yang baik sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Memastikan bahwa prosedur tetap dalam melakukan dekontaminasi. Menjaga kecepatan waktu.: UP/CSSD/ No. Memastikan bahwa telaksananya proses dekontaminasi. 12. 13 . RSUD H. 7. . 9. Sterilisasi. 4. (Dekontaminasi. strilisasi.: 0 Tgl. Tugas Pokok : 1. 8. Hubungan koordinasi instalasi lain yang terkait. 6. Mengetahui atau memahami bagaimana cara Dekontaminasi. Rev. Menjaga kebersihan tempat dan alat-alat sterilisasi. strilisasi. 2. produksi ruang cssd dapat terlaksana dengan baik. 5. 3. dan jadwal produksi. Produksi Ruang CSSD) Fungsi : Proses Membersikan Instrumen kotor menjadi bersih dan steril Dari proses penerimaan sampai proses pendisribusian. Terbit : Hal: 5 / 6 IV. ABDURRAHMAH SAYOETI KOTA JAMBI URAIAN PEKERJAAN No. strilisasi.

: UP/CSSD/ No. 9. Memastikan evaluasi terhadap tenaga yang perlu melakukan peningkatan kapasitas Ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan kegiatan sterilisasi di ruang CSSD. Mengetahui atau memahami bagaimana cara mengorder bahan kimia CSSD sesuai dengan kebutuhan. Memastikan bahwa prosedur tetap dalam melakukan pengawasan mutu.pemeliharaan sarana. ABDURRAHMAH SAYOETI KOTA JAMBI URAIAN PEKERJAAN No. Tugas Pokok : 1. 10. Pemeliharaan Sarana Dan Peralatan.K3 diruangan CSSD. 8. Mempunyai profesionalisme dalam bekerja. 2. 3. Memastikan seluruh petugas yang bekerja mematuhi keselamatan kerja dan menggunakan alat pelindung diri. . Terbit : Hal: 6 / 6 V. Dok. Mampu membersihkan lingkungan kerjanya. Rev. k3 dan diklat di Ruang CSSD serta melakukan evaluasi pada mutu yang telah masuk kedalam ruangan. k3 dan diklat di Ruang CSSD dapat terlaksana dengan baik.K3 Dan Diklat CSSD) Fungsi : Melakukan Proses pengawasan terhadap mutu. Memastikan seluruh petugas bekerja dengan teknik aseptik secara baik dan benar. (Pengawasan Mutu. RSUD H. 7.: 0 Tgl. pemeliharaan sarana dan peralatan. pemeliharaan sarana dan peralatan. k3 dan diklat Ruang CSSD. Dan peralatan. Mampu mengkomunikasikan tentang hal-hal yang terjadi kepada atasan. 4. 5. Melakukan proses pengawasan mutu. 6. Memastikan bahwa telaksananya proses pengawasan mutu. pemeliharaan sarana dan peralatan.

Melakukan kontrol kepada konsumen terhadap distribusi produk steril yang telah di kerjakan di ruang CSSD. 5. Mampu membersihkan lingkungan kerjanya 7. 4. Mampu mengkomunikasikan tentang hal-hal yang terjadi kepada atasan. RSUD H. . ABDURRAHMAH SAYOETI KOTA JAMBI URAIAN PEKERJAAN No. Mempunyai profesionalisme dalam bekerja 8. 3.: UP/CSSD/ No.: 0 Tgl. 6. (DISRIBUSI) Fungs : Menyelenggarakan kegiatan pengawasan distribusi dan memberikan masukan kepada Kepala Instalasi tentang kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tugas pokoknya. Mengetahui atau memahami bagaimana cara mendistribusikan produk steril sesuai prosedur. Dok. Memastikan bahwa telaksananya proses instalasi distribusi di Ruang CSSD. Terbit : Hal: 7 / 6 VI. 2. Rev. Tugas Pokok : 1. Memastikan bahwa seluruh distribusi peralatan steril/produk disalurkan dengan baik keseluruh ruang Rumah sakit dengan baik. Melakukan evaluasi pada proses distribusi terhadap kendala serta masukan dari ruangan.