You are on page 1of 28

.

BAB 1

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang.
Pada saat ini, sektor otomotif menjadi salah satu sektor yang sangat penting
dalam kehidupan kita. Hampir seluruh bidang dan elemen masyarakat baik industri
maupun non industri bergantung pada sector otomotif untuk melakukan aktifitasnya,
dalam bidang industry pun peran otomotif sangatlah penting yaitu untuk
mendistribusikan berbagai barang dari suatu wilayah ke wilayah lain demi
kepentingan mobilitas umum wilayah tersebut.

Otomotif merupakan

2. Maksud dan Tujuan.
Adapun maksud dan tujuan dari praktikum otomotif ini adalah sebagai berikut
:
1. Agar mahasiswa dapat memahami berbagai komponen atau sistem-sistem yang
terdapat dalam otomotif
2. Mampu melakukan analisa ringan pada suatu komponen yang terdapat pada
kendaraan jika terjadi kerusakan atau terjadi masalah,
3. Agar mahasiswa mengerti cara merangkai suatu sistem patau komponen pada
suatu kendaraan.

3. Rumusan Masalah.
1. Mengetahui bagian-bagian sistem stater dan cara kerjanya.
2. Mampu merangkai sistem kelistrikan lampu
3. Mengetahui bagian-bagian sistem kemudi dan sistem rem serta cara kerjanya.
4. Mampu mengetahui perbandingan ratio transmisi mobil dan cara kerjanya.
5. Mampu mengetahui cara mengukur dimensi suatu kendaraan.

4. Batasan Masalah.
Batasan – batasan masalah dalam pelaksanaan praktikum otomotif ini adalah :
1. Pada sistem stater, praktikum hanya membongkar dan merakitnya kembali lalu
2. Sistem kelistrikan lampu yang dirangkai adalah sistem kelistrikan lampu pada
stand kelistrikan lampu yang tersedia di ruang praktikum,
3. Sistem kemudi dan sistem rem yang digunakan untuk praktikum adalah stand
sistem kemudi rack and pineon berikut sistem pengereman roda depannya,
mahasiswa hanya melakukan pengamatan dan pengukuran tebal kampas rem.
4. Transmisi yang digunakan untuk praktikum adalah transmisi mobil Daihatsu Hijet
1000. Mahasiswa hanya melakukan pengamatan rasio perbandingan transmisi.
5. Dimensi kendaraan yang diukur adalah Daihatsu 2 tak.

dalam bentuk gerak putar atau sebagai penghasil momen putar. Pada armature terdapat komutator yang bersentuhan langsung dengan brush yang berfungsi sebagai terminal kumparan armature (jalan masuknya arus dari brush). Mesin kendaraan tidak dapat hidup dengan sendirinya tanpa adanya alat penggerak tenaga dari luar sebagai penggerak awal terjadinya proses pada motor bakar. engine mendapat putaran awal dan selanjutnya dapat bekerja memberikan putaran dengan sendirinya melalui siklus pembakaran pada ruang bakar. Hambatan dari minyak pelumas . 2. sewaktu masih dingin kekentalannya. 3. Dengan memutar fly wheel. Field Coil ( Kumparan Medan) Terbuat dari tembaga yang dililitkan pada core motor starter berfungsi untuk membangkitkan medan magnet. Macam-macam Komponen yang terdapat pada stater : a. Tekanan kompresi. Gesekan pada semua bagian yang bergerak. Armature (jangkar) Berfungsi merubah energy listrik menjadi energy mekanik. Sistem stater pada motor bakar dipasangkan berfungsi sebagai penggerak awal sehingga mesin dapat melakukan proses pembakaran didalam ruang bakar. SISTEM STATER Sistem starter adalah bagian dari sistem pada kendaraan untuk memberikan putaran awal bagi engine agar dapat menjalankan siklus kerjanya. BAB II DASAR TEORI 1. b. Motor stater sebagai penggerak mula harus dapat mengatasi tahanam-tahanan motor misalnya : 1. . akan tetapi pada beberapa jenis sepeda motor biasanya pada motor starter sudah dilengkapi dengan magnet permanen jadi tidak diperlukan field coil (kumparan medan) untuk membangkitkan medan magnet.

Pole Core. Brush (Sikat) Brush terbuat dari tembaga lunak. . Yoke terbuat dari logam yang berbentuk silinder. dan Field coil d. Sedangkan pole core berfungsi untuk menopang field coil dan memperkuat medan magnet yang ditimbulkan field coil. Yoke dan Pole Core Yoke(rumahan starter) berfungsi sebagai tempat untuk mengikatkan pole core. yang dikelompokkan menjadi dua.2. Gambar II.3.Yoke. Armature c. Umumnya sarter memiliki empat buah brush. Gambar II. · Dua buah disebut dengan brush positif. dan berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil langsung ke massa melalui komutator.

Sakelar Magnet (Magnetic Switch) Sakelar magnet digunakan untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gear ke/dari roda penerus. Brush e. sehingga dapat berputar.5. Gambar II.· Dua buah disebut dengan brush negative. Starter Clutch f. Sarter Clutch Sarter clutch berfugsi untuk memindahkan momen punter saft kepada roda penerus.4.Sarter clutch juga berfungsi sebagai pengamandari armature coil bilamana roda penerus cenderung memutarkan pinion gear Gambar II. sekaligus mengalirkan arus listrik yang besar pada sirkuitmotor starter melalui teminal utama. .

6. Sakelar Magnet g. h. Armetur Brake Armature brake berfungsi sebagai pengereman putaran armature setelah lepas dari perkaitan dengan roda penerus. Dan melepas perkaitan pinion gear dari perkaitan roda penerus. Pada Saat Motor Switch On (ST) Arus listrik mengalir : a. lewat kontak) 3) Main Swtch mulai terhubung . Baterai -----> kontak -----> terminal 50 -----> hold coil -----> massa Sehingga : Ada kemagnetan yang menarik plunyer (ke kanan) b. Cara Kerja Sistem Starter : 1. Driver Lever Drive lever berfungsi untuk mendorong pinion gear kea rah posisi berkaitan dengan roda penerus.plunyer tertarik /aktif 2) Pinion maju dan berputar lambat (arus nya masih kecil. Baterai -----> kontak -----> terminal 50 -----> kumparan pull coil -----> terminal C -----> Kumparan Medan -----> anker -----> massa Sehingga: 1) Magnetik switch . Gambar II.

saklar untuk mengontrol lampu. 2. fuse atau sekering. SISTEM KELISTRIKAN LAMPU Seperti yang kita ketahui. antara lain baterai. relay. Baterai -----> terminal B -----> terminal C -----> Kumparan medan -----> kumparan angker -----> Massa Sehingga: Motor akan tertahan terkait dengan pinion dan berputar cepat (arus dari battery langsung lewat main switch ke motor). Sistem penerangan lampu kepala pada kendaraan memiliki dua kondisi jarak penerangan yaitu penerangan jarak pendek dan penerangan jarak jauh. lampu kepala. Tanpa adanya sistem penerangan ini. bahwa penerangan sangat dibutuhkan terutama saat kondisi malam hari dalam keadaan yang gelap. Pada kendaraan. Baterai -----> Terminal B -----> Main switch -----> Terminal C -----> Kumparan medan angker -----> Massa Sehingga: Kemagnetan plunyer berbalik (sesuai arah aliran listriknya) sehingga Plunyer akan bergerak maju sehingga pinion tertarik mundur dan main switch terputus. . Pada Saat Pinion Berkaitan Penuh Arus listrik mengalir : a. Baterai -----> Terminal B -----> Main switch -----> Terminal C -----> Kumparan pull coil -----> Hold coil -----> Massa b. maka akan membahayakan ketika sedang berkendara dalam kondisi yang gelap. Pada Saat Starter Switch OFF a. 2. baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat pasti terdapat lampu kepala atau lampu utama. 3. Sistem penerangan lampu kepala pada kendaraan mobil terdiri dari beberapa komponen. saklar dim. Lampu kepala pada kendaraan tersebut berfungsi sebagai penerang bagi pengemudi saat sedang menjalankan kendaraannya pada malam hari dengan kondisi yang gelap. Baterai -----> kontak -----> terminal 50 -----> kumparan penahan -----> massa b. indikator lampu jarak jauh dan kabel. baik itu berbahaya bagi pengemudi sendiri maupun bagi orang lain.

B. lampu dan lain sebagaimnya jika terjadi hubungan singkat (konseleting) atau beban arus berlebihan. Fuse juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen kelistrikan lainnya seperti saklar. Baterai Baterai pada sistem penerangan lampu kepala berfungsi sebagai sumber listrik dengan arus searah atau DC (Dirrect Current). yaitu tipe tabung dan tipe blade. Fuse Fuse atau sekering pada sistem kelistrikan lampu kepala memiliki fungsi sebagai pengaman bila terjadi beban arus yang berlebih atau terjadi konseleting arus listrik. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini : . relay. Fuse terdiri dari dua tipe.A. Baterai juga biasa disebut dengan aki atau accu yang pada umumnya memiliki tegangan sebesar 12 volt. Pada baterai terdapat dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif. dengan demikian arus tersebut tidak akan dialirkan ke komponen kelistrikan lainnya sehingga komponen kelistrikan yang lain akan terhindar dari kerusakan. Cara fuse sebagai pengaman rangkaian yaitu dengan memutuskan hubungan. kabel. fuse akan putus jika arus yang melewati fuse melebihi kapasitas dari fuse (kelebihan beban arus).

Relay Relay pada sistem penerangan lampu kepala merupakan komponen elektronik yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik yang besar yang mengalir ke beban lampu kepala dengan pengendali (saklar) yang cukup menggunakan arus kecil. v D. Dengan pemakaian relay pada sistem kelistrikan ini. maka akan dapat membuat saklar lebih awet karena saklar hanya dialiri arus yang kecil sebagai pengontrolnya. sedangkan untuk lampu dim ditarik lebih kebelakang lagi. Cara menggunakan saklar pengontrol lampu kepala yaitu dengan cara menekan ke depan untuk lampu jauh atau menarik kebelakang untuk lampu dekat. Saklar pengontrol lampu kepala Saklar pengontrol lampu kepala berfungsi sebagai pengontrol nyala lampu. . baik lampu jarak dekat jarak jauh maupun dim.C.

Pada bohlam lampu tipe semi sealed beam terdiri dari dua jenis bohlam lampu. Pada lampu kepala memiliki dua jarak penerangan yaitu jarak dekat dan jarak jauh. yaitu tipe sealed beam dan tipe semi sealed beam (bola lampu). dan kaca refrektornya menjadi satu kesatuan sehingga jika lampu putus maka harus diganti lampu dan kaca reflektornya karena tidak dapat dipisahkan sedangkan lampu kepala tipe semi sealed beam yaitu lampu kepala yang kontruksi bohlam lampunya dapat dilepas dari kaca reflektornya sehingga bila bohlam lampunya putus maka dapat diganti bohlamnya saja. antara terminal 30 dan terminal 87 tidak terjadi hubungan atau putus dan ketika relay aktif maka terminal 30 dan terminal 87 terhubung. dan terminal 86 yang dapat massa atau negatif baterai. Lampu kepala tipe sealed beam adalah lampu kepala yang kontruksi bohlam lampu. Lampu kepala terdapat 2 tipe yang sering digunakan. Lampu kepala Lampu kepala pada kendaraan diletakkan pada bagian depan kendaraan yang berfungsi sebagai penerang jalan. E. Relay tipe ini memiliki 4 kaki terminal yaitu terminal 30 yang dapat positif baterai. terminal 87 yang dapat beban lampu kepala. terminal 85 yang dapat saklar dengan arus positif (untuk pengendali positif). Relay tipe NO adalah relay yang dalam keadaan awalnya. . yaitu tipe bohlam lampu biasa (tungsten) dan bohlam lampu quarz halogen. Relay yang biasa digunakan pada sistem penerangan lampu kepala adalah tipe NO (Normally Open) Single Pole Single Throw.

. hal ini disesuaikan dengan besar arus yang mengalir pada kabel tersebut. Pada bohlam lampu biasa. Ukuran diameter kawat inti berbeda-beda besarnya. Kabel tersusun dari bagian inti yang biasanya terbuat dari kawat tembaga dan bagian luar yang berfungsi sebagai isolator agar tidak terjadi kebocoran listrik. Kabel Kabel dalam sistem kelistrikan memiliki sebagai penghantar listrik dari komponen kelistrikan satu dengan lainnya. dia menggunakan kawat filament sebagai sumber cahaya sedangkan pada bohlam lampu tipe quarz halogen dia menggunakan gas halogen di dalam tabungnya. F. bila arus yang mengalir besar maka diameter inti kabel harus semakin besar pula.

Lampu kepala kanan 3.Diagram kelistrikan lampu kepala Lampu kepala pada mobil tidak dilewatkan kunci kontak dan biasanya menggunakan tipe pengendali positif yang artinya arus dari postif baterai langsung menuju ke saklar pengontrol lampu. Fuse link 9. Relay lampu kepala untuk jarak jauh 5. Di bawah ini diperlihatkan rangkainan kelistrikan lampu kepala yang menggunakan pengendali positif. Keterangan : 1. Saklar utama 7. Begitu . Baterai atau accu Cara kerja : Ketika saklar lampu kepala di “On” kan maka arus positif baterai akan mengalir melewati fuse dan menuju ke saklar lampu. Ketika saklar lampu pada posisi 56a maka arus dari baterai akan menuju ke terminal 85 pada relay yang ditunjukkan oleh angka 4 kemudian akan mengaktifkan magnetic switch pada relay sehingga akan menghubungkan terminal 30 dan 87. Relay lampu kepala untuk jarak dekat 4. Sekering atau fuse 8. Ketika terminal 30 dan 87 terhubung maka arus positif yang dihubungkan di terminal 30 akan disalurkan ke terminal 87 dan nantinya akan diteruskan ke beban lampu (jarak jauh atau jarak dekat). Saklar lampu kepala jarak dekat dan jarak jauh 6. Lampu kepala kiri 2.

3. SISTEM KEMUDI Pada dasarnya sistem kemudi yang dimiliki kendaraan terutama mobil memiliki fungsi untuk mengatur arah laju kendaraan sesuai dengan yang diinginkan dengan cara membelokkan roda-roda depan. Sistem kemudi . Sistem kemudi pada dasarnya dibagi menjadi 2 yaitu sistem kemudi manual dan sistem kemudi yang memakai power steering. Mobil-mobil sekarang sudah menggunakan power steering yang memudahkan pengemudi dalam mengemudikan mobilnya.uh karena tenaganya terkuras oleh sistem kemudi ini. Pada sistem kemudimanual tenaga yang besar untuk mengemudikan nya.camargus. pula ketika saklar pengontrol lampu di posisikan pada terminal 56b maka relay yang aktif adalah relay yang ditunjukkan oleh angka 4. steering mainshaft akan meneruskan tenaga putaranya ke steering gear. Apabila roda kemudi diputar. SISTEM KEMUDI DAN REM A. Sistem Kemudi Mobil Manual Sumber: www. Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering lingkage. Pengemudi yang mengendarai mobil dengan sistem kemudi manual akan lebih cepat terasa lelah terutama jarak ja.com Sistem kemudi manual sudah muali ditinggalkan dengan adanya produksi mobil- mobil baru sekarang.

com Sistem kemudi dengan jenis ini akan menunjang kenyamanan dalam mengemudi. Lingkage. maka sekarang dalam membelokkan mobil cukup dengan satu tangan saja. Recirculating memiliki prinsip kerja pada waktu pengemudi memutar roda. power steering kini merupakan sarana yang semakin umum dijumpai pada sistem kemudi setiap mobil keluaran sekarang. lengan idler dan lengan nakel dihubungkan dengan ujung pitman arm. sedangkan satu roda tertarik yang menyebabkan roda-roda berputar pada arah yang sama.tie rod.camargus. pinion pun ikut berputar. Pada bagian ujung poros utama kerja dari gigi cacing dan mur bak roda gigi kemudi menambah tenaga dan memindahkan gerak putar dari roda kemudi ke gerakan mundur maju lengan pitman. Gerakan ini akan menggerakkan rack darisamping ke samping dan dilanjutkan melalui tie rod ke lengan nakel pada roda depan sehingga satu roda depan didorong. Dari sambungan tersebut memnindahkan gaya putar dari kemudi roda depan dengan memutar ball joint pada lengan bawah dan bantalan untuk meredam kejutan. Kemudi jenis ini memudahkan pengemudinya untuk mengendalikan roda depan mobil Sistem Kemudi Power Steering Sumber: www. Kemudahan inilah yang . Jenis jrack and pinion memiliki prinsip kerja pada waktu roda kemudi putar. mulai dari batang penghubung . poros utama yang dihubungkan dengan roda kemudi langsung membelok.manual yang sering diluncurkan seperti recirculating ball dan jenis jrack and pinion. Pada jaman dahulu seorang pengemudi membutuhkan tenaga ekstra untuk membelokkan mobil.

Kelalaian dalam menggunakan sistem kemudi ini akan memperpendek umur dari power steering tersebut.disediakan pada sistem kemudi jenis ini.camargus. TOPSistem Power Steering Hidrolik Sumber: www. Perawatan power steering mobil tidak jauh berbeda dengan komponen lainnya. Gejala kerusakan yang terjadi pada power steering yang tidak diperbaiki dengan segera akan menyebabkan kenyamanan dalam mengemudi menjadi tidak nyaman. Seperti komponen lainnya power steering membutuhkan perawatan untuk menjaga kondisinya agar tetap berfungsi dengan maksimal. Pengemudi harus memahami bahwa merawat power steering ini berawal dari mengemudikan mobil dengan baik dan benar. Power steering jenis ini paling banya digunakan diantaranya jenis dari mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Sistem Power Steering Semi Hidrolik . namun ada pula perawatan khusus yang perlu disesuaikan dengan jenis power steering.com Jenis power steering ini menggunakan pompa hidrolis berisi oli yang berfungsi meningkatkan tenaga yang mendorong roda untuk membelok ke kiri atau ke kanan saat pengemudi memutar stir mobilnya.

Tipe rem ini sama baiknya pada saat maju maupun mundur. Rem cakram terbagi atas 2 jenis yaitu rem cakram 1 piston dan rem cakram 2 piston. Sumber: www. namun perbedaan nya hanya pada sepatu rem yang tidak berhubungan dengan silinder roda. Tipe leading and trailing hanya menggunakan 1 silinder roda dengan 2 buah piston di dalamnya.com Power steering pada jenis ini menggunakan perpaduan antara pompa hidrolik dan motor listrik/dinamo untuk menghasilkan tekanan pada pompa hidrolik. sehingga lebih baik digunakan untuk rem roda belakang. Tipe uniservo hanya menggunakan 1 silinder roda dan 1 piston.camargus. uniservo. rem terbagi 3 macam jenis yaitu rem cakram. Tipe duoservo memiliki kemiripan dengan tipe leading dan trailing. Rem cakram biasanya banyak dipakai pada kendaraan yang memiliki kecepatan tinggi. rem tromol dan rem angin. Rem teromol terbagi menjadi 3 tipe yaitu. Rem tipe ini memiliki gaya di mana kekuatannya sama pada saat maju atau mundur. sepatu rem yang tidak berhubungan dengan sepatu rem lainnya masih bisa bergerak. Rem angin merupakan rem teromol yang memiliki alat bantu berupa hidrolik . SISTEM REM Rem pada kendaraan bermotor berfungsi memperlambat dan menghentikan kendaraan pada saat dibutuhkan. B. Rem tipe ini memiliki kekuatan yang lebih baik pada saat kendaraan maju dibandingkan mundur. leading an trailing. dan duoservo. Pengereman pada rem cakram di mana akibat gaya gesekan yang terjadi pada pad/bantalan terhadap cakram/piringan dengan cara penjepitan.

Rem Parkir Sumber: m-edukasi.id Rem parkir yang terdapat pada mobil memiliki fungsi sebagai alat pengaman bagi sang pengemudi pada saat mobil diparkir. . Rem jenis ini biasanya digunakan untuk kendaraan-kendaraan berat. Rem dengan tipe ini biasanya banyak digunakan pada jenis mobil truk dan bus.kemdikbud. Kendaraan niaga dengan ukuran kecil maupun mobil penumpang memiliki rem parkir dengan tipe roda belakang maupun rem kaki. Rem hidaraulis memiliki respon dan lebih cepat jika dibandingkan dengan tipe rem lainnya. Rem Kaki Sumber: 1. b. serta juga konstruksi untuk rem tipe ini lebih sederhana.go.bp.com Rem kaki dikelompokkan menjadi 2 diantaranya. Rem pneumatik termasuk kompresor dan sejenisnya untuk menghasilkan udara yang memiliki tekanan digunakan untuk menambah daya pada saat pengereman. supaya mobil tidak bergerak maju maupun mundur.angin yang dikenal dengan rem angin.blogspot. rem hidraulis dan rem pneumatik. a. Rem dengan tipe ini banyak digunakan pada kendaraan penumpang dan truk yang ringan.

Tipe rem parkir yang ekslusif biasanya dihubungkan ke roda belakang. Sebenarnya tekanan yang terjadi bukan hanya terjadi dari gaya yang dihasilkan ketika kaki pengemudi menginjak pedal rem. Mekanisme kerja rem kaki dimana ketika pedal rem ditekan oleh pengemudi maka gerakan gerakan menekan tersebut yang dibantu dengan booster yang memanfaatkan kevakuman dari mesin untuk menekan hidraulis pada master silinder. bekerjanya suebuah rem disebabkan oleh sistem gabungan penekanan melawan dari sistem gerak putar. Tekanan dari pedal rem dan booster yang menekan master silinder yang berhubungan dengan booster dan pedal. sedangkan mobil niaga ukuran besar biasanya memakai rem parkir tipe center brake di mana posisinya berada antara poros propeller dan transmisi mobil.com Prinsip kerja pada rem di mana merubah energi panas menjadi energi gerak. Daihatsu. namun ada beberapa jenis mobil dari pabrikan tersebut belum menggunakan teknologi ABS tersebut. Pipa rem akan menyalurkan tekanan hidraulis yang keluar dari master silinder. Jalur yang terhubung ke rem depan kanan dan belakang kiri dan satu jalurnya lagi yaitu jalur rem depan kiri dan belakang kanan.blogspot. Suzuki dan lain- lain.bp. Piston yang terdapat dalam master silinder akan menciptakan tekanan. Mekanisme Rem Sumber: 4. Mobil-mobil pabrikan dari Jepang pada saat ini sudah mengembangkan teknologi ABS seperti pabrikan Toyota. pada saat menuju roda peran dari pipa besi kecil akan digantikan . Tekanan yang dihasilkan dari master silinder akan diteruskan dengan sebuah media pipa besi dan selang karet. Master silinder yang berfungsi meneruskan tekanan dari pedal dan booster ke seluruh rem kepada empat roda mobil.

cam. brake cember. disc pad atau brake pad. dan capiler.com Komponen pada rem teromol antara lain. prinsip pengereman yang terjadi pada rem tangan ini sangat sederhana sama seperi prinsip rem teromol pada kendaraan roda 2. Namun memiliki komponen pendukung antara lain. Komponen Rem Sumber: 3. kanvas rem. Rem tangan akan memberikan gaya pengereman pada roda belakang saja melalui kabel dan mekanikal lingkage sistem. Komponen pada rem cakram yaitu.bp. Dirancang demikian karena selang karet lebih fleksibel dalam mengikuti pergerakan yang terjadi pada roda (naik atau turun dan ketika roda belok).blogspot. relay valve. dan air dryer. Pada saat menarik tuas rem tangan maka kabel kabel akan menjalankan bagian teromol belakang sehingga kampas rem akan menekan mangkuk rumah teromol. air kompresor. per pembalik dan teromol/drum. cakram atau rotor disc. brake valve katup. . Pada jalur pipa rem yang berjalur bagian belakang terlebih dahulu akan melewati komponen proporting valve. anchor pen. air tank. Mekanisme rem parkir atau rem tangan menggunakan sistem mekanis.dengan selang rem karet. Fungsi dari proporting valve ini adalah mengontrol atau menyesuaikan yang terjadi pada tekanan hidarulis pada rem belakang supaya rem belakang tidak terlalu dominan.

Meskipun sedikit merepotkan tetapi mobil manual mempunyai perawatan lebih mudah dari pada mobil matic. roda dapat berputar dan menggerakkan mobil. SISTEM TRANSMISI Transmisi berarti perpindahan. adalah sistem yang menjadi penghantar energi dari mesin ke diferensial dan as. Dengan memutar as. Kopling pada kendaraan ( mobil maupun motor ) berfungsi untuk mempermudah pemindahan gigi yang diteruskan ke putaran mesin yang pada akhirnya memutar roda penggerak. Transmisi diperlukan karena mesin pembakaran yang umumnya digunakan dalam mobil merupakan mesin pembakaran internal yang menghasilkan putaran (rotasi) . Dalam pelaksanaannya pemindahan gigi percepatan dibantu oleh kopling. Ketika mengalami kerusakanpun biaya servis mobil transmisi manual juga lebih murah.4. dalam otomotif. sehingga hingga saat ini permintaan mobil manual masih terhitung lebih tinggi dari mobil matic. tetapi sudah menggunakan sistem injeksi sehingga laju kendaraan menjadi lebih stabil dan pemakaian bahan bakar juga lebih irit. Sistem Transmisi Pada Mobil Sistem transmisi. Namun sistem bahan bakar tidak lagi menggunakan sistem karburator. Sistem transmisi mobil adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mempermudah pemindahan gigi percepatan yang diteruskan ke AS roda.

Sedangkan. Transmisi Manual Transmisi manual merupakan salah satu jenis transmisi yang banyak dipergunakan dengan alasan perawatan yang lebih mudah. diagram di bawah ini menunjukkan kecepatan transmisi ini sangat sederhana : . Terdapat juga sistem-sistem transmisi yang merupakan gabungan antara kedua sistem tersebut. roda berputar pada kecepatan rotasi antara 0 sampai 2500 rpm. Sekarang ini.antara 600 sampai 6000 rpm. namun ini merupakan perkembangan terakhir yang baru dapat ditemukan pada mobil-mobil berteknologi tinggi dan merek-merek tertentu saja. terdapat dua sistem transmisi yang umum. Biasanya pada transimi manual terdiri dari 3 sampai dengan 7 speed. yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Sebuah Transmisi Sangat Sederhana Untuk memahami ide dasar di balik transmisi standar.

sehingga seluruh roda gigi pada layshaft dan spin layshaft sendiri sebagai satu unit. Batang hijau dan batang merah secara langsung dihubungkan melalui roda gigi menyatu sehingga jika poros hijau berputar. layshaft menerima kekuasaan langsung dari mesin ketika kopling bergerak.*Batang hijau berasal dari mesin melalui kopling.. * Gigi biru naik pada bantalan. Namun. begitu juga batang merah. * Tujuan kerah tersebut adalah untuk menghubungkan salah satu dari dua roda gigi biru ke poros gardan kuning. sehingga mereka berputar pada poros kuning. Batang hijau dan hijau gear terhubung sebagai satu kesatuan. Collar terhubung. (Kopling adalah perangkat yang memungkinkan Anda menghubungkan dan melepaskan mesin dan transmisi Ketika Anda mendorong di pedal kopling. Poros hijau dan putar roda gigi pada rpm yang sama dengan mesin.) * Batang merah dan roda gigi yang disebut layshaft. Jika mesin dimatikan tapi mobil meluncur. * Poros kuning adalah poros splined yang menghubungkan langsung ke poros drive melalui diferensial ke roda drive dari mobil. melalui splines. Gigi pada . mesin dan transmisi terputus sehingga mesin dapat berjalan bahkan jika mobil masih berdiri. mesin dan poros hijau secara langsung terhubung satu sama lain. langsung ke poros kuning dan berputar dengan poros kuning. Bila pedal kopling dilepas. Ini juga dihubungkan sebagai sebuah kesatuan. batang kuning berputar. Dengan cara ini. Jika roda yang berputar. batang kuning bisa berubah di dalam roda gigi biru sementara gigi biru dan layshaft adalah bergerak. kerah dapat geser kiri atau kanan sepanjang poros kuning untuk melibatkan salah satu dari roda gigi biru.

batang hijau dari mesin mengubah layshaft. Sementara itu. gigi ini memancarkan energi melalui kerah untuk mengusir poros kardan kuning. Dalam gambar ini. masuk ke dalam lubang pada sisi roda gigi biru untuk melibatkan mereka. gigi biru di sebelah kiri sudah berubah. Gambar di atas menunjukkan bagaimana. tetapi freewheeling pada kaitannya sehingga tidak berpengaruh pada poros kuning. kapan bergeser ke gigi pertama. yang disebut gigi anjing. Kedua roda gigi freewheel biru pada batang kuning pada tingkat yang berbeda dikontrol oleh rasio mereka untuk layshaft tersebut . kerah melibatkan gigi biru di sebelah kanan. Ketika kerah berada di antara dua roda gigi (seperti yang ditunjukkan pada gambar pertama). transmisi berada dalam netral. yang mengubah gigi biru di sebelah kanan.leher.

" Kecepatan kanan adalah nilai rpm dimana mesin harus berjalan di gigi berikutnya. Pada setiap perubahan gigi kita harus menekan dan melepas kopling dua kali. Lalu tekan pedal kopling lagi dan mengunci kerah ke gigi yang baru. Ini mengambil tekanan dari gigi anjing sehingga dapat memindahkan kerah ke netral. mereka terlihat seperti ini secara terbalik. Idenya adalah untuk mendapatkan gigi biru pada gigi depan dan kerah berputar pada kecepatan yang sama sehingga gigi anjing dapat terlibat. gigi pertama dan kedua: . maka nama "double- mencengkeram." Transmisi manual lima kecepatan cukup standar pada mobil. terlebih dahulu Anda push pedal kopling dalam sekali untuk melepaskan mesin dari transmisi. Melihat batang pergeseran dari atas. Ada tiga garpu dikendalikan oleh tiga batang kecil yang bergerak dengan tuas shift. Kemudian Anda melepaskan pedal kopling dan putaran mesin untuk kecepatan "benar. Double-menggenggam umum terjadi pada mobil tua dan masih umum di beberapa mobil balap modern. Dalam dua kali menggenggam.* Transmisi yang ditampilkan di sini tidak memiliki "synchros" yang menggunakan kopling ganda.

. Kenop bergerak maju dan mundur bergerak kerah untuk melibatkan salah satu roda gigi. sebenarnya menarik batang dan garpu untuk gigi satu kembali.Perlu diketahui bahwa pergeseran tuas memiliki titik rotasi di tengah. Ketika A tombol maju untuk terlibat gigi satu. dapat dilihat bahwa ketika shifter dipindah dari kiri dan kanan akan menarik garpu berbeda (dan kerah karena itu berbeda).

seperti ini: Kerucut di gigi biru cocok menjadi daerah berbentuk kerucut di leher. Setiap produsen menerapkan transmisi dan synchros dengan cara yang berbeda. Bagian luar dari kerah kemudian slide sehingga gigi anjing dapat terlibat gigi. tapi ini adalah gambaran umum . Setiap kali. Namun. tidak mungkin untuk melemparkan transmisi mundur sementara mobil bergerak maju . Sebuah tujuan Synchro adalah untuk memungkinkan kerah dan roda gigi untuk melakukan kontak gesekan gigi anjing sebelum melakukan kontak. gigi mundur biru pada diagram ini balik dalam arah berlawanan dengan semua roda gigi biru lainnya.Reverse gear ditangani oleh gear pemalas kecil (ungu). Hal ini memungkinkan kerah dan roda gigi sinkronisasi kecepatan sebelum gigi harus terlibat.gigi anjing tidak akan terlibat. Oleh karena itu. mereka akan membuat banyak suara! Synchronizers transmisi manual di mobil penumpang modern menggunakan synchronizers untuk menghilangkan kebutuhan untuk ganda mencengkeram. dan gesekan antara kerucut dan sinkronisasi kerah kerah dan roda gigi.

Overall Width : Lebar total kendaraan yang diukur dari luar bodi 2. 1. Interior Width : Lebar total bagian dalam cabin 3. Interior Lenght : Panjang total bagian interior yang di ukur dari jarak depan ke belakang 6. maka data yang disajikan banyak menggunakan bahasa-bahasa yang kurang kita ketahui. AOA (Angle Of Approach) : Sudut antara lantai dengan garis tengah dari roda depan ke titik pertama singgungan 7. Overall Height : Total tinggi kendaraan yang diukur dari atas tanah 4.5. Pabrikan sengaja menggunakan bahasa spesifikasi mobil agar tidak salah tafsir kepada konsumen. FO (Front overhang ) : Jarak dari roda depan sampai bagian ujung terdepan kendaraan termasuk bumper 10. OL (Overal Length): Panjang keseluruhan kendaraan termasuk bamper . Baiklah berikut ini dimesi pada mobil yang harus anda ketahui sesuai dengan nomeryang tertera. Interior Height : Tinggi total ruang cabin 9. WB (Whell Base) : Jarak antara garis tengah axle depan dengan axle belakang 11. MGC ( Minimum Ground Clearence) : Jarak terendah yang diukur dari lantai dengan kendaraan dalam kondisi berat kotor kendaraan 8. DIMENSI KENDARAAN Ketika kita membeli sebuah kendara baru atau sekedar membaca brosur kendaraan yang baru . Thread : Jarak pijak roda kanan dan roda kiri yang diukur dari bagian tengah ban 5.

.12. CW ( Curb Weigth ) : Berat kosong kendaraan tanpa beban atau pengemudi tetapi termasuk sejumlah maksimum bahan bakar dan perlengkapan standar termasuk ban serep dan alat-alat b. AOD (Angle Of Departure) : Sudut antara lantai dengan garis tengah dari roda belakang ke titik persinggungan Tambahan : a. GVW ( Gross Vehicle Weigth ) : Berat total kendaraan maksimum yang diizinkan bersarkan pertimbangan hukum dan kekuatan bahan. RO (Rear overhang) : Jarak dari sumbu roda depan sampai bagian ujung terdepan kendaraan termasuk bamper 13.