You are on page 1of 9

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS FASILITAS KEBERSIHAN

DI KOTA MALANG DENGAN MEMANFAATKAN FITUR PEMETAAN
LEAFLET
(Studi Kasus Pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang)

Oleh Peserta PKL beranggotakan :
Mokhammad Ali Imron
Jamaal Wira Prasaja
Candra Mukti Wijaya
Ilham Mashudi

Dosen Pembimbing :
Anita, S.Kom, MT

Jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia
Jalan Raya Tidar 100, Malang Jawa Timur. Indonesia
Email : candramuktiwijaya@gmail.com

ABSTRAK

Perkembangan fasilitas pelayanan masyarakat di bidang kebersihan di Kota Malang yang
begitu cepat harus diimbangi dengan penyampaian informasi dengan cepat dan tepat dalam hal ini
dinas terkait yaitu Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang. Perlu menginventarisasi dan
memberikan informasi kepada masyarakat umum khususnya di Kota Malang. Pemetaan fasilitas
kebersihan berbasis web diperlukan untuk memudahkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota
Malang menginventarisasi dan memantau jumlah fasilitas kebersihan yang ada dan juga masyarakat
umum dapat memperoleh informasi dari fasilitas kebersihan di Kota Malang secara on-line.

Metodologi yang digunakan dalam membangun sistem ini adalah waterfall. Tools yang
digunakan dalam membangun sistem ini adalah Leaflet untuk membuat peta dan menampilkan peta
digital ke halaman web yang terintegrasi dengan internet, PHP sebagai bahasa pemrograman web
dicakup dengan CodeIgniter sebagai framework-nya. Sublime Text untuk aplikasi editor PHP, serta
MySQL untuk membuat basis data.

Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016
STIKI Malang 1

Bentuk ini juga membuat masyarakat umum tidak dapat mengetahui lokasi fasilitas kebersihan yang ada secara menyeluruh dengan mudah. Data-data yang ada hanya disajikan dalam bentuk table. dll ditampilkan berupa rute atau jalur sesuai yang sudah ditentukan oleh Dinas Kebersiahn dan Pertamanan Kota Malang Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Pada kenyataannya kondisi sistem informasi tentang fasilitas kebersihan khususnya di Kota Malang yaitu informasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum secara cepat dan tepat belum memadai. tosa. hal ini disebabkan belum adanya sistem informasi data yang ceoat dan up to date.Hasil penelitian ini berupa sistem informasi geografis pemetaan lokasi fasilitas kebersihan di Kota Malang berbasis web yang dapat menampilkan secara online peta Kota Malang dan lokasi fasilitas kebersihan serta informasi dari fasilitas kebersihan tersebut. juga dibutuhkan metode penyampaian yang baik pula. dan efisien. seperti truk sampah. hal ini susah untuk diinterpretasikan dan memakan waktu cukup lama untuk meng up date atau melakukan perubahan data. data-data pemetaan fasilitas kebersihan tersebut masih berbentuk manual dan belum terkomputerisasi. Dan juga menampilkan rute transportasi sampah seperti truk sampah. paradigma ini muncul sebagai akibat semakin kompleksnya segala aspek kehidupan yang menuntut segala proses terjadi secara cepat. efektif. Disamping itu berbagai data informasi tentang fasilitas kebersihan yang ada di Kota Malang belum terinventarisasi dalam sebuah sistem on-line yang berbasis spasial. tosa. Kecenderungan masyarakat saat ini sangat bergantung pada sesuatu yang digital. dll. Kata kunci : Sistem informasi geografis. Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016 STIKI Malang 2 . pemetaan lokasi fasilitas kebersihan di Kota Malang PENDAHULUAN Perkembangan teknolologi informasi yang sangat pesat di dunia mengharuskan penyampaian informasi secepat mungkin disampaikan. tepat. Sedangkan untuk fasilitas kebersihan yang lain yaitu transportasi sampah. teknologi GIS (geographics information system) yang berbasis web dapat membantu pengguna atau masyarakat umum melihat informasi secara keseluruhan dengan mudah dan cepat yaitu pemetaan online. Hal ini mempengaruhi perilaku masyarakat dalam segala aktivitas keseharian baik aktivitas pribadi maupun aktivitas sebuah lembaga/instansi/perusahaan.

Berdasarkan hal diatas. Pertama kali dirilis pada tahun 2011. data. lingkungan transportasi. untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan. Selain itu. Leaflet dapat menampilkan peta digital dalam berbasis web. PHP dapat digunakan dengan gratis (free) dan bersifat Open Source. maka sistem informasi online dapat memberikan informasi lokasi fasilitas kebersihan yang ada di Kota Malang dan rute pengangkutan sampah oleh transportasi sampah. Diharapkan sistem ini dapat membantu petugas kebersihan maupun masyarakat umum untuk mengetahui lokasi dan informasi faslilitas kebersihan yang dibutuhkan dengan mudah. menyimpan. proses. Dalam arti yang sangat luas. algoritmik. LeafLet Adalah Open Source JavaScript Library yang digunakan untuk pemetaan web aplikasi. hal ini dapat memuat data berupa lokasi pada peta dan membuatnya interaktif dengan pengguna. fasilitas kota. PHP (Hypertext Pre Processor. LANDASAN TEORI Sistem Infomasi Adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Mendukung sebagian besar mobile dan desktop platformDan juga menggunakan HTML5 dan CSS3. istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang.PHP biasa berinteraksi dengan hampir semua Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016 STIKI Malang 3 . dan pelayanan umum lainnya. dan teknologi. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang akan dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja. PHP juga bisa digunakan sebagai pemrograman umum. memanggil kembali. menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospasial. sumber daya alam. PHP menyatu dengan HTML dan dijalankan pada serverside. mengolah. dulu bernama Personal Home Pages) Adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Sistem Informasi Geografis Sistem informasi yang digunakan untuk mamasukkan.

View. semua intruksi yang berhubung dengan pengolahan database di letakkan di dalam model. hal ini memiliki kegunaan untuk menghemat waktu dan mencegah penulisan syntax secara berulang-ulang agar tercipta nya source code yang bersih dan terstruktur. Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016 STIKI Malang 4 . menginput dan pengolahan database lainnya. view dan controller. Salah satu fungsinya adalah untuk menerima. Controller). tampilan dari user interface di kumpulkan pada view untuk memisahkannya dengan controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website. codeigniter bersifat free alias tidak berbayar jika anda menggunakannya. MVC adalah teknik atau konsep yang memisahkan komponen utama menjadi tiga komponen yaitu model. dan menampilkan data dari dan ke situs Framework Framework adalah kumpulan intruksi-intruksi yang di kumpulkan dalam class dan function- function dengan fungsi masing-masing untuk memudahkan developer dalam pemanggilannya tanpa harus menuliskan syntax program yang sama berulang-ulang. Framework CodeIgniter Adalah sebuah framework php yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model.  Model Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database.  View View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user. seperti misalnya mengambil data dari database.teknologi web yang sudah ada. framework codeigniter di buat dengan tujuan sama seperti framework lainnya yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuat nya dari awal. mengolah.

Jika terjadi masa lah pada suatu tahap pekerjaan maka pengembang sistem dapat kembali ke tahap yang diinginkan. MySQL mampu menangani data yang cukup besar. relasi tersebut biasa ditunjukkan dengan kunci dari tiapfile yang ada. Berikut bagan pengembangan sistem waterfall. Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016 STIKI Malang 5 . software yang bersifat serverside dan mengolah data SIG menjadi suatu aplikasi SIG berbasis web. jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung. Metodologi pengembangan sistem Waterfall Metodologi ini banyak dikenal dan digunakan secara luas untukpengembangan sistem perangkat lunak. MySQL dapat berperan sebagai multi user database yang menggunakan bahasa Structured Query Language (SQL). Keuntungan menggunakan mapserver adalah mapserver merupakan software yang bersifat freeware dan open source serta output file html-nya berukuran sangat kecil sehingga tidak memberatkan pengguna internet dengan bandwith yang sangat kecil. Basis Data Adalah kumpulan file-file yang saling berelasi. Mapserver Mapserver merupakan server web mapping. karena prosenya mengalir begitu saja secara sekuensial mulai hingga akhir. MySQL MySQL adalah Relational Database Management Sistem (RDBMS) yangdidistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License).  Controller Controller merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan model dan view. intinya dari view kemudian controller yang mengolah intruksi. Metode waterfall sangat terstruktur dan bersifat linier.

mengubah data. Sedangkan untuk rute tranportasi sampah ditampilkan berupa garis khusus berwarna merah pada jalan yang dilaluinya. ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM Deskripsi masalah Untuk mengetahui letak fasilitas kebersihan biasanya seseorang harus mengetahui jenis. Setelah proses penangkapan data dari database selesai maka web server akan menampilkan hasil yang diinginkan pengguna pada browser. Misalnya ingin mengetahui lokasi TPS (Tempat Pembuangas Sampah) maka sistem akan memberikan letak lokasi dan nama jalannya. dan Guest. Web server ini akan memproses permintaan dari setiap pengguna dan mengirimkan permintaan tersebut ke dalam basis data server. serta untuk mendapatkan informasi rute transportasi sampah. bertugas melakukan proses menambah data. Untuk mengakses database server aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman JavaScript yang tersedia pada library Leaflet yang dicakup pada framework CodeIgniter menggunakan bahasa pemrograman PHP. dan juga terdapat petunjuk lokasi-lokasi pemberhentian pengambilan sampah. nama fasilitas dan nama jalan dimana fasilitas kebersihan yang ingin diketahui. Sedangkan bagi Guest dapat mengakses sistem yaitu berupa melakukan pencarian data yang dibutuhkan dan melihat detail fasilitas kebersihan dan transportasi sampah. Baik Administrator maupun Guest dapat mengakses sistem menggunakan browser sesuai hak akses mereka masing-masing. menghapus data. Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis. untuk memberikan informasi lokasi fasilitas kebersihan dan rute jalur pengangkutan sampah oleh transportasi sampah di kota Malang. Arsitektur Sistem Dalam arsitektur sistem ini pengguna aplikasi dibagi menjadi dua kategori yaitu Administrator. Dari browser tersebut akan terhubung dengan web server. Informasi yang ditampilkan berupa peta lokasi dimana fasilitas tersebut berada. Administrator mempunyai kendali penuh pada sistem ini. Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016 STIKI Malang 6 . serta perlu adanya akses internet pada device pengguna.

Proses pembuatan desain database dilakukan dengan menggunakan Sybase Power Designer. Berikut data konseptual (CDM) dari database Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan pada Gambar 1.Perancangan Database Database sistem ini diimplementasikan dalam database MySQL. USER_SYSTEM DATA_TPS # ID_TPS Variable characters (11) # ID_USER Integer o NAMA_TPS Variable characters (100) o NAMA_USER Variable characters (200) o ALAMAT_TPS Variable characters (100) o TLP_USER Variable characters (100) o EMAIL_USER Variable characters (100) o VOLUME_TPS Integer o ALAMAT_USER Variable characters (200) o KONDISI_TPS Variable characters (50) o USERNAME Variable characters (100) o LATITUDE Float (100) o PASSWORD Variable characters (100) o LONGITUDE Float (100) TPS DATA_TRANSPORTASI_SAMPAH # ID_TRANS Variable characters (10) DATA_KECAMATAN o NAMA_TRANS Variable characters (100) TRANSPORTASI # ID_KECAMATAN Variable characters (10) o PLAT_NOMOR Variable characters (100) o NAMA_KECAMATAN Variable characters (100) o KONDISI_TRANS Variable characters (100) o TAHUN_MASUK_TRANS Date JENIS JENIS_TRANSPORTASI_SAMPAH # ID_JENIS_TRANS Variable characters (10) o NAMA_JENIS Variable characters (100) Gambar 1 CDM SIG Fasilitas Kebersihan Online Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016 STIKI Malang 7 .

HASIL DAN PEMBAHASAN Untuk dapat mengkases sistem ini pengguna diharuskan membuka browser dan disertai adanya koneksi internet agar bisa terhubung langsung dengan web server. Gambar 2 Tampilan SIG Fasilitas Kebersihan TPS Sedangkan pada Gambar 3 ditampilkan rute transportasi sampah dengan tanda garis merah. Ditampilkan juga jalur jalan apa saja yang akan ditempuh transportasi sampah beserta jarak tempuhnya. Gambar 3 Tampilan SIG Fasilitas Kebersihan rute Transportasi Sampah Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016 STIKI Malang 8 . Berikut adalah tampilan Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan yang menunjukkan lokasi salah satu TPS (Tempat Pembuangan Sampah) pada Gambar 2.

E. Yogyakarta Nugroho. Penambahan fitur yang dapat menampilkan pengalokasian kerja petugas kebersihan di jalan. DAFTAR PUSTAKA Azis. Jurnal Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kebersihan DKP Kota Malang @2016 STIKI Malang 9 . PENUTUP Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis. Konsep Pengembangan Sistem Basis Data. Andi Offset. 2006. dapat diberikan saran-saran sebagai berikut : 1. 2002. Gava Media. Saran Untuk pengembangan sistem selanjutnya. Informatika. Bandung. 2004. Sistem dapat dikembangkan berbasis teknologi mobile. Sistem Informasi Geografis : Tutorial Arcvie. dan Slamet Pujiono. 2001. Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. E. Bandung. Yogyakarta Nugroho. Muhammad. Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web. Bandung Prahasta. perancangan dan implementasi pada bab- bab sebelumnya adalah telah dibuat Sistem Informasi Geografis Pemetaan Fasilitas Kebersihan Kota Malang Berbasis Web yang menginformasikan lokasi fasilitas – fasilitas kebersihan dan dapat ditunjukkan melalui peta Kota Malang serta menampilkan rute transportasi sampah secara on line sehingga memudahkan pengguna dalam menemukan lokasi dan informasi fasilitas kebersihan yang diinginkan. Informatika. PHP dan MySQL dengan Editor Dreamweaver MX. Prahasta. ITB. 2003.Adi. 2.Bunafit.