You are on page 1of 4

Identifikasi Risiko K3 pada Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit

1. Stasiun Timbangan

A. Kesetrum
Hal ini terjadi pada operator computer apabila hari hujan disertai petir.
Kontrol yang disarankan adalah bekerja sesuai dengan Instruksi Kerja yang
telah ditetapkan dan memakai sarung tangan.
B. Nyeri punggung
Nyeri pada bagian punggung sering dialami oleh pekerja bagian operator komputer
dikarenakan posisi duduk yang tidak ergonomis, jenis kursi yang kurang memadai, dan
waktu duduk yang lama.Control yang disarankan menyediakan kursi yang fleksible dan
diberi bantalan.
C. Radiasi komputer dari timbangan digital
Radiasi yang dihasilkan computer tidak baik untuk kesehatan terkhusus pada bagian
mata. Untuk itu kontrol yang disarankan adalah melapis layar komputer dengan kaca anti
radiasi dan intesitas cahaya di dalam ruangan harus sesuai standard berdasarkan jenis
pekerjaan.
D. Penyakit Akibat Kerja
Penyakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dapat dialami oleh pekerja
dibagian stasiun timbangan itu berasal dari debu tumpukan kelapa sawit ketika ditimbang.
Control yang disarankan memakai masker dan melakukan penyiraman dan pembersihan
sekitar halaman jembatan timbang.

2. Stasiun Loading Ramp

A. Panas
Panas pada stasiun Loading Ramp berasal dari matahari. Control yang disarankan
bekerja secara hati-hati, memakai Helm pada saat melakukan pekerjaan di tempat kerja dan
memakai shoes safety.
B. Pasir / debu TBS yang menciderai mata
Pada saat TBS diturunkan dari truk, pekerja menggunakan alat yaitu tonggokan maka
pasir dan debu TBS ikut terangkat sampai menciderai mata.Kontrol yang disarankan untuk
memakai googles (Alat Pelindung Mata) mengambil jarak aman dengan Truk , minimal 2
meter.
C. Kaki tertimpaTBS

D. menerapkan cara dan sikap kerja yang benar dan aman. Terjatuh ke loading ramp Truk pengangkutan TBS bisa terjatuh ke loading ramp jika proses pemarkiran truk tidak baik dan pekerja yang memindahkan TBS juga bisa tergelincir ke loading ramp.Kontrol yang disarankan yaitu bersihkan lantai/rel lori secara teratur. Kontrol yang disarankan yaitu jarak pekerja dengan bagian atas loading ramp minimal 2 meter dan bekerja dengan hati-hati. E. Terlilit tali penarik lori rebusan Kontrol yang disarankan yaitu berikan pelatihan khusus pada pekerja. D. Terjepit pintu rebusan Kontrol yang disarankan yaitu pekerja bekerja secara hati-hati dan harus mengikuti IK yang telah ditetapkan Perusahaan. melakukan prosedur kerja yang baik dan benar sesuai dengan IK (instruksi kerja). Tertimpa lori rebusan . masker yang diperlukan pada saat membersihkan sterilizer. C. Terpleset Pada stasiun Rebusan ditemukan lantai licin oleh lumuran air dan minyak palm. penggunaan APD yang sesuai dengan kondisi dan tempat kerja( mis : masker) 4. melaksanakan prosedur kerja yang baik dan benar sesuai dengan IK ( instruksi kerja ) yang sudah ditetapkan Perusahaan E. Stasiun Rebusan A. Semburan uap panas Kontrol yang disarankan komunikasi yang baik dengan operator. B. Kesetrum saat membersihkan sterilizer Kontrol yang disarankan yaitu matikan mesin saat membersihkan sterilizer. Jika pekerja tidak hati-hati memindahkan TBS maka sering terjadi risiko kecelakaan kaki tertimpa. penempatan rambu-rambu K3 ditempat kerja yang mudah terbaca pekerja.Kontrol yang disarankan adalah agar pekerja menggunakan masker.komunikasi yang baik dengan operator rebusan. Stasiun Penebah A. Terhirup debu TBS TBS dari truk pengangkutan berdebu dikarenakan serabut kelapa sawit yang sudah kering.pakai sarung tangan dan pakaian lengkap serta APD lain seperti safety shoes.Kontrolnya yaitu jarak antara ujung truk bagian belakang dengan pekerja minimal 3 meter dan memakai safety shoes. 3. memakai safety shoes.

Terjatuh dari ketinggian Kontrol yang disarankan yaitu memberikan himbauan dan arahan kepada pekerja tentang sikap kerja yang aman dan penggunaan APD yang sesuai dengan kondisi dan tempat kerja (mis : helm. bekerja dengan sikap kerja yang aman dan berhati-hati serta menempatkan kotak P3K di area kerja yang mudah di jangkau. C. . pagar pengaman) D. Terpleset Kontrol yang disarankan yaitu memakai APD di tempat kerja (Mis : shoes safety dan Helm) dan bekerja dengan sikap kerja yang aman dan berhati-hati. Pendengaran berkurang/ Gangguan pendengaran Kontrol yang disarankan yaitu penggunaan APD (disarankan ear muff) di tempat kerja. himbauan dan rambu-rambu K3 dan penggunaan APD yang sesuai dengan kondisi dan tempat kerja. Terpleset Kontrol yang disarankan yaitu memakai APD ditempat kerja ( Mis : shoes safety dan Helm ). Cedera pada tubuh Kontrol yang disarankan yaitu memasang peringatan. D. melepuh Kontrol yang disarankan yaitu memasang peringatan. bekerja dengan sikap kerja yang aman dan berhati-hati serta memasang peringatan. B. Luka bakar . Heat stress (Kelelahan panas akibat hilangnya cairan) Kontrol yang disarankan yaitu membuat sistem sirkulasi udara yang lebih baik dan menyediakan air minum yang cukup 5. himbauan dan rambu-rambu K3. F. himbauan dan rambu-rambu K3 (mis : “Dilarang melintas disaat Housting Crane saat sedang bekerja/ beroperasi”) dan berikan pelatihan khusus kepada petugas operator Housting Crane. Pekerja lebih berhati- hati (waspada) ketika bekerja. Nyeri otot Kontrol yang disarankan yaitu memasang peredam getaran berupa bantalan karet dibawah di sumber getaran dan melakukan perawatan / maintenance mesin secara teratur. memasang/ menempatkan peredam suara disekeliling mesin untuk meredam intensitas kebisingan dan melakukan perawatan / maintenance mesin secara teratur. C. Heat stress (Kelelahan dan hilangnya cairan akibat panas) Kontrol yang disarankan yaitu menyediakan air minum yang cukup dan membuat sistem sirkulasi udara yang lebih baik B. memasang peringatan. himbauan dan rambu-rambu K3. E. Stasiun Klarifikasi ( Pemurnian) A. Kontrol yang disarankan yaitulakukan pemeriksaan dan perawatan motoran housting crane secara rutin.

memasang peredam suara disekeliling mesin untuk meredam intensitas kebisingan dan melakukan perawatan / maintenance mesin secara teratur 6 Stasiun Pabrik Biji A. Kaki keseleo Kontrol yang disarankan yaitu memasang peringatan. Gangguan pendengaran Kontrol yang disarankan yaitu menggunakan APD yang sesuai dengan kondisi dan tempat kerja (disarankan Ear muff. memakai APD ditempat kerja (Mis : shoes safety dan Helm) dengan benar dan membersihan lantai yang licin secara rutin E. karena lebih nyaman bagi pekerja). himbauan dan rambu-rambu K3. karena lebih nyaman bagi pekerja) dan memasang peredam suara disekeliling mesin untuk meredam intensitas kebisingan D. Pendengaran berkurang Kontrol yang disarankan yaitu menggunakan APD yang sesuai dengan kondisi dan tempat kerja (disarankan Ear muff.E. Tangan terpotong Kontrol yang disarankan yaitu bekerja dengan sikap kerja yang aman dan berhati- hati sesuai dengan IK ( instruksi kerja ) dan menutupi bagian mesin yang terbuka B. Luka/cedera pada kepala Kontrol yang disarankan yaitu bekerja dengan sikap kerja yang aman dan perhatikan rambu-rambu K3 yang ada dan memakai APD yang sesuai dengan tempat kerja (Mis : shoes safety dan Helm) dengan benar . bekerja dengan sikap kerja yang aman dan memperhatikan rambu-rambu K3 yang ada C. Terpleset Kontrol yang disarankan yaitu bekerja dengan sikap kerja yang aman dan memperhatikan rambu-rambu K3 yang ada.