You are on page 1of 5

Revisi Resume Perkembangan Peserta Didik

Materi : Definisi Perkembangan
Nama : Piwy Ashila Amalia Laudu
NIM :160311604691

Pengertian Perkembangan

Perkembangan (development) adalah suatu proses perubahan ke arah kedewasaan atau
pematangan yang bersifat kualitatif (ditekankan pada segi fungsional) akibat adanya proses
pertumbuhan materiil dan hasil belajar dan biasanya tidak dapat diukur.
Bijou dan Baer (dalam Sunarto dan B. Agung Hartono, 2002:39) mengemukakan
perkembangan adalah perubahan progresif yang menemukan cara organisme bertingkah
laku dan berinterkasi dengan lingkungan.
Thonthowi (Desmita, 2008:5) mengartikan pertumbuhan sebagai perubahan jasad
yang meningkat dalam ukuran (size) sebagai akibat dari adanya perbanyakan sel-sel.
Sedangkan menurut Chaplin (Desmita, 2008:5), pertumbuhan adalah pertambahan atau
kenaikan dalam ukuran bagian-bagian tubuh sebagai suatu keseluruhan.
Senada dengan definisi tersebut, Sunarto dan Hartono (2006:35) menjelaskan bahwa
pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran
dan struktur biologis. Lebih jauh dijelaskan pula bahwa pertumbuhan adalah perubahan
secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung
secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanan waktu tertentu.
Yusuf (2005:15) mengemukakan pengertian perkembangan, yaitu perubahan yang
progresif dan kontinu (berkesinambungan) dalam diri individu dari mulai lahir sampai akhir
hayat.
Sementara itu, Agustiani (2006:27) berpendapat bahwa dalam perspektif perkembangan
sepanjang rentang kehidupan, perkembangan dilihat sebagai pola-pola ganda yang meliputi
perubahan terhadap tingkah laku dan individu yang berbeda pada kurun waktu yang berbeda
pula.
Selanjutnya masih berkaitan dengan pendidikan, Santrock dan Yussen (Depdikbud,
1999:8) mengatakan bahwa perkembangan adalah pola perubahan individu yang berawal

tata tertib sekolah. gagasan. pemeliharaan kesehatan dan nutrisi anak. menulis. caranya dengan melatih peserta didik untuk mengungkapkan pendapat. Aspek-aspek perseptual ini akan berkembang dengan baik jika dirangsang dan difungsikan melalui interaksi dengan lingkungan. Implikasi Perkembangan dalam Pendidikan Implikasi perkembangan peserta didik dalam Pendidikan meliputi aspek – aspek : a. Misalnya yang berkaitan dengan materi pelajaran.Perkembangan intelektual pada peserta didik sudah cukup untuk menjadi dasar diberikannya berbagai kecakapan yang dapat mengembangkan pola pikir atau daya nalarnya. Peserta didik sudah dapat diberikan dasar-dasar keilmuan. Implikasi-implikasi dimaksud khususnya berkenaan dengan penyelenggaraan pembelajaran secara umum. jelaslah bahwa perbedaan perkembangan fisik harus dihadapi dengan cara yang tepat oleh para pendidik. atau penilaiannya terhadap berbagai hal. b. . seperti membaca. pendidikan jasmani dan kesehatan.Dalam mengembangkan daya nalar. dan berhitung. Perkembangan Intelektual Perkembangan intelektual erat kaitannya dengan potensi otak manusia.Namun perlu diingat bahwa tidak setiap perubahan yang dialami individu itu merupakan perkembangan. serta penciptaan lingkungan dan pembiasaan berperilaku sehat. Dengan demikian. dan sebagainya. Perkembangan Biologis dan Perseptual Kondisi perkembangan perseptual pun masih mengalami penajaman dan penghalusan. pada masa konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat. Perkembangan intelektual peserta didik akan memfasilitasi kemampuan belajarnya. Di sinilah kita melihat bahwa perkembangan fisik peserta didik memegang peranan yang penting terhadap pendidikan.Perkembangan intelektual dan pengalaman belajar sangat erat kaitannya.

melainkan hanya memungkinkan untuk dapat dimunculkan. Menurut Budiamin. dan menyingkirkan segala ancaman dari suasana belajar. Implikasi Perkembangan Karier Salah satu aspek perkembangan anak usia sekolah dasar yang perlu mendapat perhatian khusus adalah perkembangan karier. d. f. Disebutkan pula bahwa sesuatu bisa disebut karier jika mengimplikasikan adanya: (1) pendidikan yang diwujudkan dengan keahlian tertentu. (2009:154).Oleh karena itu. menjalin hubungan. Menyadari posisi strategis kreativitas dalam kehidupan peserta didik.c. Perkembangan Emosional Memperhatikan dan memahami emosi siswa dapat membantu pendidik mempercepat proses pembelajaran yang lebih bermakna dan permanen. dan (4) kebermaknaan personal dan finansial. Perkembangan Kreatifitas Secara umum kreativitas dapat diartikan sebagai kemampuan berpikir dan bersikap tentang sesuatu dengan cara yang baru dan tidak biasa guna menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan. Memperhatikan dan memahami emosi siswa berarti membangun ikatan emosional dengan menciptakan kesenangan dalam belajar. e. Untuk mengembangkan kemampuan ini. untuk melahirkan manusia yang ber-SQ tinggi . para siswa akan lebih ikut serta dalam kegiatan sukarela yang berhubungan dengan bahan pelajaran. dkk. karier adalah perjalanan hidup individu yang bermakna melalui serangkaian kesuksesan. pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting. Perkembangan Spiritual Setiap individu telah memiliki dasar-dasar kemampuan spiritual yang dibawanya sejak lahir. (2) keberhasilan. Melalui kondisi belajar di maksud. perlu dikemukakan berbagai upaya yang dapat mendukung pengembangan kreativitas terhadap pendidikan. kreativitas bukanlah sesuatu yang diajarkan kepada peserta didik. (3) dedikasi atau komitmen.Namun dalam kenyataannya.

Fitrah ini berkaitan dengan aspek spiritual. Aliran ini menggabungkan arti penting hereditas (pembawaan) dengan lingkungan . sedangkan pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh. Aliran Empirisme Aliran empirisisme (empiricism) tokoh utamanya adalah John Locke (1632-1704). Aliran Nativisme Tokoh utama aliran ini bernama arthur Schopenhoeur (1788-1860) seorang filosofis Jerman. yang membedakan antara manusia dengan binatang. Aliran Konvergensi Aliran kovergensi merupakan gabungan antara aliran empirisisme dengan aliran nativisme. Akan tetapi. c. yaitu yang berhubungan dengan perkembangan jasmani. Itulah kelebihan manusia yang diberikan oleh Tuhan yaitu dianugerahi fitrah (perasaan dan kemampuan) untuk mengenal penciptanya. Doktrin aliran empirisme yang amat mashur ialah “tabula Rasa” yang berarti lembaran kosong. b. melainkan EQ dan SQ juga. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Pendapat Para Ahli tentang Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan a. pendidikan pada manusia harus diperhitungkan pula perkembangan rohaninya. Pendidikan pada manusia tidak terletak pada perkembangan biologis saja. lingkungan dan pendidikan dalam arti perkembangan manusia itu semata-mata bergantung pada lingkungan dan pengalaman pendidiknya sedangkan bakat dan pembawaan sejak lahir dianggap tidak ada pengaruhnya. Nama asli aliran ini adalah “ The School of British Empiricism” (aliran empirisme inggris). dibutuhkan pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada perkembangan aspek IQ saja.Doktrin tabula rasa menekankan arti pentingnya pengalaman. Arthur Scopenhauer berkeyakinan bahwa perkembangan manusia itu ditentukan oleh pembawaannya.

yaitu pertumbuhan atau evolusi dan kemunduran atau involusi.id/2012/05/makalah-implikasi-perkembangan-peserta. Sumber: http://binderedukasi. Tokoh utama aliran ini bernama Louis William Stern. pada dasarnya ada dua proses perkembangan yang saling bertentangan yang terjadi secara serempak dalam kehidupan. Faktor Eksternal.id/2014/03/pertumbuhan-dan-perkembangan-definisi-para- ahli. Berdasarkan uraian mengenai aliran – aliran doktrin filosofis yang berhubungan dengan proses perkembangan diatas.html .Para penganut ini berkeyakinan bahwa baik faktor pembawaan maupun faktor lingkungan memiliki andil sama besar. yaitu hal – hal yang datang atau ada diluar diri siswa yang meliputi lingkungan (khususnya pendidikan) dan pengalaman berinteraksi siswa dengan lingkungan. seorang filosof dan psycholog Jerman. Faktor internal yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri. Menurut Hurlock. Hal ini juga bisa terjadi karena faktor genetika(hereditas).blogspot. sebagai faktor-faktor yang berpengaruh dalam perkembangan manusia.co.co.html http://imamaola. dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas hasil perkembangan terdiri dari : 1.blogspot. 2.