You are on page 1of 11

TUGAS SISTEM

OPERASI

Oleh:
RIAN EKA PUTRA
NIS. 19287

JURUSAN ELEKTRONIKA
SMKN3 JAYAPURA
KOTA JAYAPURA
PROVINSI PAPUA

 Saat komputer melakukan booting tekan dan tahan DEL.  Setelah itu akan muncul kotak dialog bertuliskan ADVANCED CMOS FEATURES.  Selanjutnya pilih advanced bios.  Jadikan CD-ROM disk sebagai first booting system. Yaitu langkah-langkah membukanya sebagai berikut :  Restart/reboot komputer anda.bagian terpenting pada bios yang digunakan untuk mengeset/melihat data ialah ADVANCED CMOS FEATURES.1. hali ini akan membawa ke menu SET UP BIOS C-MOS.  Simpan dan keluar dari SET UP BIOS. SEBUTKAN/JELASKAN BAGIAN-BAGIAN YANG TERPENTING PADA BIOS YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGESET/MELIHAT DATA PADA SAAT DIGUNAKAN UNTUK PENGINSTALAN ? Bagian. .

pada gambar yang dilingkari ubahlah menjadi CD/DVD. Tergantung BIOS yang ada. dan anda harus menjawabnya dengan menekan F8. jika tidak dijawab atau di tolak maka anda tidak akan dapat meneruskan proses instalasi. Siapkan CD Master Microsoft Windows XP. Masuklah ke menu BIOS untuk mencari fasilitas boot pertama kali lewat CD/DV ROM. jika sudah simpan perubahan tersebut dengan menekan F10. press ENTER Maksudnya kita kita memulai melakukan instalasi Windows. versi tray dan versi box. JELASKAN TIAP BAGIAN YANG DI TAMPILKAN PADA PROSES PENGINSTALAN ? 1. Proses booting akan mendeteksi CD/DVD dahulu. Jika kita menekan ENTER maka kita akan menuju langkah selanjutnya yaitu persyaratan untuk tunduk pada Licensing Agreement. Dalam pembelian CD Windows XP ada dua pilihan. Sebagai contoh ini adalah Award BIOS. jika anda setuju . dan akan keluar keterangan yang membingungkan di bawahnya. jika benar maka akan muncul proses instalasi Microsoft Windows ( selanjutnya disebut saja dengan Windows ). CD Windows XP akan dibaca. press R Maksudnya bahwa untuk recovery Windows jika terjadi masalah sistem tetapi ini jika kita sudah menginstall Windows terlebih dahulu c. untuk versi tray hanya berbentuk cd dan buku manual saja. maka cukup menekan tombol ENTER b. To set up Windows XP now. To quit Setup without installaion Windows XP. bisa menekan tombol DEL /ESC/F1 berulang-ulang saat pertama kali komputer di hidupkan. 2. setelah itu simpan setting tersebut dan keluar. itu adalah indikasi bawah Windows sedang meload file-file tertentu untuk proses instalasi. a.1. press F3 Tujuannya adalah membatalkan proses instalasi Windows 3.2. Tekan sembarang tombol untuk memasuki proses instalasi Windows. Jika Windows sudah selesai membaca file-file tersebut maka akan muncul tampilan “Welcome Setup“ berikut Ada 3 pilihan. sedangkan untuk versi box ada boxnya. To repair a Windows X installation using Recovery Console.

5. Jika pilihan sudah benar pilih salah satu dan tekan enter. Proses formating hardisk Anda bisa memilih tipe partisi. maka instalasi akan meneruskan ke tahap selanjutnya. Ini contoh proses formating sedang berlangsung 6. Proses selanjutnya akan secara otomatis meload file-file windows untuk dicopy ke dalam hardisk. alias restart dengan sendirinya. untuk melakukan proses formating hardisk. Jika anda setuju sekarang saatnya masuk ke proses pemilihan partisi hardisk. bisa FAT atau NTFS.terhadap persyaratan tersebut ( siapa pernah baca peraturan ? ) maka akan masuk tahap berikutnya 4. seandainya hardisk tersebut masuk baru maka akan ada tampilan seperti ini Maksudnya proses instalasi membaca adanya satu hardisk yang besarnya 19093 M atau 20 GB. jika selesai tercopy saatnya booting ulang. jika anda dah yakin sesuai keberadaan hardisk tersebut tekan enter saja. Proses instalasi selanjutnya akan dimulai dengan munculnya logo Windows . format hardisk adalah membentuk blok dan cluster di dalam kepingan hardisk.

Setelah melewati tahap ini kita diminta untuk memasukan parameter yang diminta dalam proses instalasi. kecuali dalam Windows XP Starter Edition. Regional and Language Options.7. adalah memasukan lokasi dan bahasa yang digunakan. . untuk bahasa Indonesia saat ini belum ada.

Tahap selanjutnya adalah memasukan nama dan perusahaan anda. 9.8. Proses selanjutnya memasukan password sistem. Memasukan 25 key yang ada di box atau cd 10. password di sini bukan password saat kita masuk ke Windows. tetapi password yang akan digunakan jika kita hendak mereparasi windows atau masuk safe mode .

11. Setting network bisa anda abaikan dengan tekan typical saja . Memasukan setting jam dan tanggal serta Time Zone 12.

Setelah booting ulang maka Windows akan melakukan setting lagi bagi pengguna atau final setup.Sampai tahap ini kita akan menunggu sampai Windows selesai melakukan instalasi. jika proses selesai Windows akan melakukan restart atau booting ulang. setting terakhir dan Windows akan mulai bisa digunakan secara default. .

.

Langkah selanjutnya bisa anda teruskan sendiri.Ucapan Welcome to Microsoft Windows jika berhasil akan muncul seperti gambar di atas. Selesai dengan tampilnya desktop Windows XP . kita memasukan nama pengguna dengan menekan tombol di sebelah kanan bawah.