You are on page 1of 18

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester :X/2
Materi Pokok : Ekologi
Pertemuan ke- : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 JP x 35 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui tahapan saintifik dengan model discovery
learning yaitu pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data,
pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan, peserta didik diharapkan dapat
Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang
berlangsung di dalamnya dan mensimulasikan interaksi antar komponen dalam suatu ekosistem.

B. Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Sikap
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI 3 KI 4
Memahami,mene-rapkan, Mengolah, menalar, dan menyaji
menganalisis pengetahuan faktual, dalam ranah konkrit dan ranah abstrak
konseptual, prosedural berdasarkan terkait dengan pengembangan dari.
rasa ingin tahunya tentang ilmu yang dipelajarinya di sekolah secara
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, mandiri, dan mampu menggunakan
dan humaniora dengan wawasan metode sesuai kaidah keilmuan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik

10 Menganalisis informasi/data 4.10. Ekosistem disusun oleh komponen antara lain : a.10. sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah C. Contoh :Tumbuhan hijau. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) No KD Pengetahuan No KD Keterampilan 3. Komponen Ekosistem Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.10 Mensimulasikan interaksi dari berbagai sumber tentang antar komponen dalam suatu ekosistem dan semua interaksi ekosistem.2 Menganalisis interaksi antar komponen ekosistem D. . No IPK Pengetahuan No IPK Keterampilan 3.1 Mendiskusikan dan penyusun ekosistem baik mengkomunikasikan tentang biotik maupun abiotik melalui komponen ekosistem serta pengamatan pada suatu interaksi antar komponen ekosistem ekosistem yang ada dilingkungan sekolah 3. Komponen Biotik 1) Produsen adalah organisme yang dapat menghasilkan makanan dan penyedia makanan untuk makhluk hidup yang lain. yang berlangsung di dalamnya.10.1 Mengidentifikasi komponen 4. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Materi Pembelajaran 1.

kambing . Interaksi dalam Ekosistem Di dalam suatu ekosistem terjadi interaksi antara satu komponen dengan komponen lainnya baik interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik maupun komponen biotik dengan komponen biotik lainnya. E. b. Terdapat beberapa tipe interaksi antar spesies. amensalisme. Sedangkan interaksi antar komponen biotik dapat terjadi antar spesies yang sama maupun antara spesies satu dengan spesies yang lain. Interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik mengakibatkan terjadinya aliran energi dan daur biogeokimia. LKPD. Contohnya : Cacing tanah. garam mineral. suhu. protokooperasi dan mutualisme. sapi. kompetisi (persaingan). komensalisme. 3) Pengurai adalah organisme yang menguraikan organisme mati.Contoh :belalang . 4) Detritivor adalah organisme heterotrof yang memanfaatkan serpihan organik sebagai sumber makanan . 2. tanah. Komponen Abiotik Komponen abiotik meliputi : udara. diskusi. yaitu netralisme. kelembaban dan derajat keasaman. Contoh pengurai adalah jamur dan bakteri. Media Pembelajaran Alat : Papan Tulis. Metode Pembelajaran Pendekatan : Saintific Model Pembelajaran : Discovery learning Metode Pembelajaran : Tanya jawab. parasitisme.dll. sinar matahari. observasi. spidol Media : Gambar . air. Role Playing F. predasi. 2) Konsumen adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri dan bergantung pada organisme lain dalam hal makanan.

Mengumpulkan data .  Menjawab salam dan berdoa 5 menit mengecek kehadiran peserta didik dan berdoa  Apersepsi o Memberikan apersepsi  Menjawab pertanyaan guru dengan mengaitkan materi sebelumnya. kedalam kelompok. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu : 1 x 35 menit Deskripsi Kegiatan Alokasi Kegiatan Guru Siswa Waktu Pendahuluan  Mengucapkan salam. komponen apa saja yang terdapat pada gambar.  Memberikan lembar Kerja Peserta Didik. dan bertanya : “Dari semua organisme yang telah dipelajari sebelumnya. Mengorganisasi  Membimbing peserta didik  Bergabung dalam kelompok.G. apakah kalian mengetahui apa yang dibutuhkan organisme tersebut? Apa yang kalian ketahui tentang ekologi”  Motivasi o Menyampaikan judul materi dan tujuan pembelajaran o Menyampaikan ayat mengenai ekosistem yaitu dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 164. Inti Mengamati 25 menit  Mengajak siswa mengamati  Mengamati gambar yang gambar yang telah disediakan disediakan guru. Menanya  Menanyakan kepada siswa  Menjawab pertanyaan guru.

 Memberikan salam penutup  Menjawab salam .  Membimbing peserta didik  Mengamati dan mengerjakan dalam menjalankan diskusi LKPD. Mengkomunikasikan  Masing-masing kelompok  Menjelaskan secara lisan diberi kesempatan untuk mengenai pola-pola interaksi mepresentasikan hasil kerja antar komponen ekosistem kelompoknya dan menanggapi hasil pemecahan kelompok lain. Role Playing  Meminta siswa untuk  Mengambil Role Card yang mengambil Role Card yang telah disediakan guru. mengenai interaksi antar komponen ekosistem. telah disediakan yaitu berupa komponen ekosistem  Meminta siswa untuk  Berperan sesuai skenario memperagakan peran yang yang sudah dipersiapkan didapatkan berdasarkan skenario rantai makanan  Meminta siswa menjelaskan  Menjelaskan peran yang mengenai peran yang dilakukan dan interaksi dari dilakukan komponen ekosistem.  Peserta didik memberikan  Memberikan kesimpulan kesimpulan  Membantu peserta didik  Dibantu guru membuat membuat kesimpulan dan kesimpulan mengaitkan dengan pengetahuan islam.  Evaluasi o Memberikan tugas yaitu mengamati lingkungan disekitar rumah dan buatlah jaring-jaring makanan. Penutup  Memberikan kesempatan  Bertanya mengenai materi 5 menit kepada siswa untuk bertanya yang belum dimengerti mengenai materi yang belum dimengerti.

Sumber Belajar Campbell.10. 2008. Prawirohartono. Biologi.1 Mengidentifikasi komponen Non Tes portof Terlampir Terlampir tahuan penyusun ekosistem baik biotik olio maupun abiotik melalui pengamatan pada suatu ekosistem 3. I.2 Menganalisis interaksi antar Tes Menjo Terlampir Terlampir komponen ekosistem Tulis dohka n 2 Keteram 4.H.2 Mendiskusikan dan Penugas Esay Terlampir Terlampir pilan mengkomunikasikan tentang an komponen ekosistem serta interaksi antar komponen ekosistem yang ada dilingkungan sekolah . Biologi SMA dan MA kelas X. Penilaian Proses dan Hasil Belajar Bentuk No Teknik Instrumen Rubrik No Aspek IPK penilaia IPK Penilaian Penilaian Penilaian n 1 Penge 3. slamet dan Sri Hidayati. dkk. Jakarta : PT.10. Jakarta : Erlangga. Bumi Aksara 2014.11.

Lampiran Instrumen Penilaian Afektif (Sikap) Materi : Ekologi Kelas/Semester : X/2. Hari/Tanggal : Berilah tanda checklist untuk penilaian sikap dalam proses pembelajaran yang dilakukan siswa! NAMA Tanggung Saling Jumlah NO Percaya Diri Santun Kompetitif SISWA Jawab menghargai Skor 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Keterangan : 1 : Kurang 2 : Cukup 3 : Baik 4 : Sangat Baik Format Penilaian Nilai = .

Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar dengan didukung referensi. Nama Menyampaikan Menanggapi Mempertahankan Jumlah Nilai Siswa Pendapat argumentasi score 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Rubrik : Menyampaikan pendapat 1. 4. Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna. Tidak dapat mempertahankan pendapat. Tidak sesuai masalah. No. Mampu Mempertahankan pendapat. alasan benar tidak didukung referensi. 2. 2. alasan benar didukung referensi. Mempertahankan pendapat 1. 4. Sesuai dengan masalah dan dengan alasan yang benar dan di dukung referensi. Mampu mempertahankan pendapat. 3.…………..……… orang. 2. Mampu mempertahankan pendapat. Langsung setuju atau menyanggah tanpa alasan. Tanggal : ………………………………………. Instrumen penilaian diskusi Hasil Penilaian Diskusi Topik : ……………………………. Jumlah Siswa : ……………. Menanggapi pendapat 1. tapi tidak sempurna. 4. Sesuai dengan masalah. Sesuai dengan masalah dan dengan alasan yang benar. 3.. alasan kurang benar. . Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar. 3.

Predasi 4. Netral 2. Komensalisme 3. .Kunci Dan Pedoman Penskoran Instrumen Tes No Organisme A Organisme B Inetraksi 1.

Kompetisi 5. Mutualisme Rubrik Penilaian kognitif Nomor Soal Bobot Soal 1 10 2 10 3 10 . Parasitisme 6.

4 10 5 10 6 10 Jumlah skor 60 maksimal Jika benar mendapatkan skor 10 Jika salah mendapatkan skor 0 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒑𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉𝒂𝒏 Penentuan Nilai=N= x 10 𝒔𝒌𝒐𝒓 𝒎𝒂𝒌𝒔𝒊𝒎𝒂𝒍 Instrumen Penilaian Psikomotorik Aspek yang dinilai Skor Nilai Melakukan No Nama Pengolahan data Presentasi pengamatan 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Rubrik Penilaian Psikomotorik ASPEK PENILAIAN NO PENILAIAN K C B SB 1 Melakukan Tidak melakukan Tidak melakukan Melakukan Melakukan Pengamatan pengamatan tetapi pengamatan dan pengamatan tetapi pengmatan dan melakukan hanya berdiam kurang berkontribusi kegiatan lain diri saja berkontribusi penuh selama selama waktu kegiatan pengamatan pengamatan .

2 Pengolahan Tidak mampu Kurang mampu Mampu mengolah Mampu mengolah Data mengolah data dalam mengolah data hasil dta hasil hasil pengamatan data hasil pengamatan tetapi pengamatan pengamatan dengan bantuan dengan baik dan teman benar secara individual 3 Presentasi Tidak dapat Kurang dapat Dapat Dapat mempresentasikan mempresentasikan mempresentasikan mempresentasikan hasil diskusi di hasil diskusi di hasil diskusi di hasil diskusi di depan kelas depan kelas tetapi depan kelas tetapi depan kelas masih ragu-ragu dengan baik dan lancar Keterangan : 1 : Kurang 2 : Cukup 3 : Baik 4 : Sangat Baik .

B. sehingga antar organisme dapat terjadi interaksi. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKSI ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM Kelompok : Anggota : A. Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu mengenai interaksi antar komponen ekosistem! Organisme hidup di alam tidak berdiri sendiri-sendiri atau tidak hidup sendiri-sendiri. Interaksi yang terjadi antarspesies anggota populasi akan . melainkan menjadi satu kumpulan individu-individu yang menempati sustu tempat tertentu.Tujuan : Mengetahui interaksi antar komponen ekosistem. dapat juga merupakan interaksi antar individu dari spesies yang berbeda. Interaksi-interaksi yang terjadi dapat merupakan interaksi antar individu dari spesies yang sama.

Sebutkan dan jelaskan ragam pola interaksi berdasarkan buku literatur! Jawaban: ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------- . Pertanyaan: 1.mempengaruhi terhadap kondisi populasi mengingat keaktifan atau tindakan individu mempengaruhi kecepatan pertumbuhan ataupun kehidupan populasi. Cara interaksi yang berbeda-beda tersebut menyebabkan beraneka ragam pola interaksi.

2. jodohkanlah organisme A dan organisme B berdasarkan pola interaksinya! Organisme A Organisme B A1 B1 A2 B2 A3 B3 .

A4 B4 A5 B5 A6 B6 .

. 4. 6.Jawaban: No Organisme A Organisme B Inetraksi 1. 2. 3. 5.

Tarsito: Bandung. Biologi SMA Jilid 2 Kelas X. Biologi Modern. Wildan.ebiologi.A Pratiwi. 1990.Sumber D. Esis Yatim. Biologi SMA dan MA untuk kelas x. 2007.com/2016/03/komponen-biotik-dan-abiotik-pengertian. Jakarta. http://www.dkk.dkk.html . Jakarta: Erlangga Diah ayulina.