You are on page 1of 10

dianhusadanurulisnaini

Sabtu, 18 Juni 2011

dianhusadanurul isanaini patofisiologi sistem pendengaran
PENDAHULUAN
Tuli mendadak ( sudden deafness, sudden hearing loss/SHL) adalah suatu ketulian yang terjadi
secara tiba-tiba dalam beberapa jam sampai beberapa hari, biasanya unilateral tetapi bisa juga
bilateral, bersifat tuli syaraf dengan penyebab yang tidak diketahui. Definisi tuli mendadak menurut
Hudhess adalah tuli syaraf dengan penurunan pendengaran 30 dB atau lebih dengan pemeriksaan
audiometri paling sedikit tiga frekuensi dan terjadi dala m 3 hari atau kurang.1,2
Tuli mendadak merupakan suatu keadaan emergency di bidang otologi sehingga memerlukan
tindakan segera untuk mencegah timbulnya kelainan yang menetap dan menyelamatkan fungsi
pendengaran, sering juga menimbulkan frustasi dan k ecemasan pada penderitany a.1-3
Penyebab tuli mendadak sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Teori-teori yang populer
penyebab tuli mendadak disebutkan adalah virus dan gangguan vaskuler.2
ANATOMI
Sistem pendengaran manusia terbagi menjadi 2 bagian besar, yaitu :
1. Sistem pendengaran perifer, terdiri atas struktur yang terletak di luar batang otak atau otak,
yaitu telinga dan nervus koklearis.
2. Sistem pendengaran sentral, terdiri atas struktur saraf pendengaran setelah nervus koklearis,
yaitu kompleks nukleus koklearis, kompleks nukleus olivarius superior, lemniskus lateral,
kolikulus inferior, korpus genikulatum medial d an korteks pendengaran.3-5

Gambar 1. : Penampang Anatomi Telinga
Dikutip dari kepustakaan no.8
Sistem Pendengaran Perifer
Telinga terdiri atas 3 bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.
- Telinga luar terdiri dari daun telinga dan liang telinga.
- Telinga tengah terdiri dari :
o Membran timpani membatasi telinga luar dan telinga tengah.
o Kavum timpani
o Prosessus mastoideus
o Tuba eustachius 3-6
Pada telinga tengah terdapat tulang – tulang pendengaran, yaitu maleus, inkus dan stapes.
Ketiga tulang pendengaran tersebut merupakan organ yang terletak dalam kavum timpani, yang

Kontraksi otot tensor timpani akan menarik manubrium maleus ke arah anteromedial. Kemudian saraf ini berjalan melalui liang telinga dalam. dipersarafi oleh cabang stapedial N. 3-5 Gambar 3 : Gambaran Anatomi Telinga Dalam Dikutip dari kepustakaan no. koklearis ) dibentuk oleh neuron bipolar dari ganglion spiral koklea.berfungsi pada proses penghantaran bunyi.12 . Rongga telinga tengah dihubungkan dengan nasofaring melalui tuba eustachius. Pada kavum timpani terdapat otot tensor timpani dan otot stapedius. Maleus merupakan tulang paling lateral dan sebagian melekat pada membran timpani.9. mengakibatkan membran timpani bergerak ke arah dalam. media dan timpani. sedangkan skala media mengandung endolimfe. Fasialis. Trigeminus. : Gambaran Anatomi Telinga Tengah Dikutip dari kepustakaan no. Koklea merupakan saluran tulang dengan panjang 35 mm. Otot tensor timpani berinsersi pada bagian atas manubrium maleus dan berorigo pada dinding depan kavum timpani. berbentuk 2.15 Gambar 2. dipersarafi oleh N.5 lingkar an dan menyerupai rumah siput. kedudukannya ditopang oleh beberapa ligamentum dan otot.18 Sistem Pendengaran Sentral Cabang koklearis dari N. Stapes merupakan tulang paling medial dari rangkaian tulang pendengaran ini. Skala vestibuli dan timpani mengandung cairan perilimfe. Pada organ Corti terdapat sel – sel rambut dalam yang tersusun satu lapis dan sel – sel rambut luar yang tersusun tiga lapis. Pada dasar skala media ( duktus koklearis ) terdapat membran basilaris. Inkus merupakan tulang yang terletak di posisi medial dari maleus. yang berfungsi menjaga agar tekanan telinga tengah dapat sama dengan tekanan udara di luar.VIII ( N. bergabung dengan cabang . yang menjadi landasan organ Corti. Ketiga tulang pendengaran saling berhubungan. Otot stapedius berinsersi pada leher tulang stapes dan berorigo pada eminensia piramidalis. Setiap sel memiliki silia yang menembus membran tektoria.Telinga dalam terdiri dari : o Koklea sebagai bagian sistem pendengar an o Vestibulum o Kanalis semisirkularis yang merupakan organ keseimbangan. Saluran tulang ini dibagi menjdi 3 bagian yaitu skala vestibuli.

energi tersebut akan diteruskan ke stapes. getaran diteruskan ke telinga tengah. energi bunyi mengalami amplifikasi melalui sistem rangkaian tulang pendengaran. Daun telinga berfungsi untuk menangkap serta menghimpun gelombang bunyi yang datang dari luar untuk kemudian diarahkan ke liang telinga dan selanjutnya bersama liang telinga tersebut menyebabkan naiknya tekanan akustik sebesar 10 – 15 dB pada membran timpani. letak kor teks pendengaran primer terdapat pada area 41 Broodmann. Keadaan ini menimbulkan proses depolarisasi sel rambut sehingga melepaskan neurotransmiter ke dalam sinaps dan menghasilkan potensial aksi yang kemudian diteruskan ke serabut – serabut N. yang terletak pada girus tempor alis superior. Dalam telinga tengah. Pada manusia. pada titik inilah sistem pendengaran sentral dimulai. Proses ini merupakan rangsang mekanik yang menyebabkan terjadinya defleksi stereosilia sel – sel rambut. sehingga terjadi pelepasan ion – ion bermuatan listrik. 3-12 Gambar 4. Setelah diamplifikasi. Setelah sampai di membran timpani. Getaran diteruskan melalui membran Reissner. 13. : 9 FISIOLOGI PENDENGARAN Untuk memahami fisiologi pendengaran perlu diketahui tentang bunyi.VIII menuju nukleus koklearis sampai k e korteks pendengaran. sehingga akan menimbulkan gerak relatif antara membran basilaris dan membran tektoria. Kemudian serabut saraf bersinaps ke korpus genikulatum medial yang terletak di thalamus dan akhirnya mencapai korteks pendengaran. koklearis menuju ke kompleks nukleus koklearis. yang terdiri atas nukleus koklearis ventral dan dorsal. kemudian menyeberangi sudut cerebellopontin. media penghantar gelombang suara serta adanya reseptor penerima informasi tersebut. dan masuk ke batang otak pada bagian terbawah dari pons. Anatomi Sistem Pendengaran Sentral Dikutip dari kepustakaan no. dalam bentuk gelombang yang dialirkan melalui udara atau tulang ke koklea. yang mendorong endolimfe. 6-8 Fungsi organ dalam telinga tengah selain untuk meneruskan gelombang bunyi. Bunyi terjadi disebabkan oleh adanya sumber bunyi. Serabut yang berasal dari nukleus koklearis ventral dan dorsal mengirimkan impuls ke kompleks olivarius superior dan kemudian ke lemniskus lateral. juga memproses energi bunyi tersebut sebelum memasuki koklea. Impuls kemudian berlanjut ke kolikulus inferior. Sumber bunyi akan menghasilkan tekanan gelombang suar a.vestibularis. yang terletak pada otak bagian tengah. yang menggerakkan tingkap lonjong sehingga perilimfe pada skala vestibuli bergerak.17 .5 Proses mendengar diawali dengan ditangkapnya energi bunyi oleh daun telinga. Kemudian N.

ETIOLOGI Penyebab tuli mendadak belum diketahui secara pasti. Reaksi immunologi : · Autoimmune inner ear disease (AIED) · Lupus erythematosus . 11. 3. Beberapa faktor yang dianggap sebagai pencetus tuli mendadak adalah gangguan emosional. Adam Malik periode Januari 2007 – Desember 2007 belum di jumpai atau mungkin tidak ter diagnosa. Kira-kira 4000 kasus baru terjadi setiap tahun di Amerika serikat dan kira-kira 15. Trauma : · Perilimph fistula · Inner ear decompression sickness · Fraktur temporal · Cedera telinga dalam · Pasca operasi THT. misalnya : Stapedectomy · Komplikasi pasca operasi non THT.000 kasus baru terjadi di seluruh dunia. diabetes militus. tetapi teori teori yang banyak berkembang menyatakan bahwa kebanyakan penyebab tuli mendadak adalah virus dan gangguan vaskuler. Keganasan : · Neuroma akustik · Leukemia · Myeloma · Metastasis pada internal auditory canal · Meningeal carsinomatosis 4. Tuli mendadak juga tidak membedakan r as. Infeksi : Virus ataupun bakteri misalny a : · Meningococcal meningitis · Cryptococcal meningitis · Virus Herpes · Mumps · HIV · Toxoplasmosis · Syphilis · Rubella 2. kelelahan.10: 1. Sedangkan kasus tuli mendadak di RSUP H. umur dan kehamilan.12 Wiyadi di RSUD Sutomo Surabaya selama Januari 1990 – Desember 1993 menemukan 53 penderita tuli mendadak. hampir tidak ada perbedaan antara laki-laki dan wanita. 7. 7-10 Angka tuli mendadak kira-kira satu persen dari seluruh kasus tuli syaraf. Banyak kasus yang tidak dilaporkan dan kemungkinan lebih besar dari data y ang didapat. ar terisklerosis. Racun : · Obat-obatan yang bersifat ototoksis 5.8 Penyebab tuli mendadak dapat dik elompokkan sebagai berikut 9.KEKERAPAN Tuli mendadak terbanyak pada usia 40 – 60 tahun.

3. Gangguan neurologi : · Multiple sclerosis · Migrain 8. stria vaskularis cenderung atropi. Virus melalui darah dapat sampai ke stria vaskularis. membran tektoria atropi pada sinsitium limbus. Tinitus Kira-kira 70 % penderita tuli mendadak mengalami tinitus dan pada tuli mendadak bilateral ditemukan 79%. masuk ke endolimph dan merusak sel rambut atau melalui cairan cerebrospinal masuk ke perilimph atau melalui tuba eustachius. Membran Reisner dapat kolap dan melekat pada membran basiler. 2. Schuknecht menemukan kelainan pada organ korti penderita tuli mendadak karena virus. Tuli yang bersifat mendadak dalam beberapa jam atau hari. Tuli bersifat sensorineural dimana derajat ketulian dari yang ringan sampai berat dan dapat mengenai semua frekuensi yang paling sering pada frekuensi tinggi 3. Virus dapat menyebabkan gangglionitis atau neuritis. Tinitus bisa terjadi beberapa jam sebelum terjadi penurunan pendengaran dan biasanya berkurang dalam beberapa hari tetapi dapat juga menetap 7-9. Virus menyebabkan penyumbatan pembuluh darah karena melekatnya virus pada sel darah merah mengakibatkan terjadinya hemoglutinasi dan edema endotel yang menyebabkan timbulnya hiperkoagulasi sehingga terjadi penurunan aliran darah ke koklea. . 2. 16 GEJALA KLINIK Gejala klinik tuli mendadak : 1. sel-sel ganglion yang jumlahnya menurun sedangkan pada bagian apek normal. Pada penderita ditemukan ar teritis hebat pembuluh dar ah kecil koklea. Kelainan metabolik : · Diabetes mellitus · Gangguan kelenjar thyroid 9.12 Jenkhis dkk (1986) menemukan penderita tuli mendadak karena polyarteritis nodusa. Organ korti lepas di bagian basal. Beberapa pendapat mengenai virus dapat meny ebabkan tuli mendadak : 11 1. Gangguan sirkulasi : · Cardiopulmonary bypass · Deformitas sel darah merah · Sickle cell disease · Insufisiensi vertebrobasilar · Vascular disease yang disebabkan mitocondriopathy 7.4.11. biasanya unilateral kadang- kadang bilateral. Idiopatik PATOFISIOLOGI Patologi tuli mendadak sampai saat ini belum diketahui secara pasti. sakulus sering dikenai sedangkan utrikulus dan kanalis semisirkularis biasanya terhindar dari kerusakan berat. · Polyarteritis nodosa · Cogan’s syndrom 6.

rasa penuh pada telinga dan vertigo yang kadang diser tai mual. sakit kepala dan demam ringan. tindakan pembedahan yang pernah dialami. Keluhan lain berupa tinitus. demam ringan Riwayat (-) (-) (-) (+) (-) pemakaian obat yg bersifat ototoksik DIAGNOSIS Diagnosis tuli mendadak dapat ditegakkan ber dasarkan : 1./ +) (+) ( ./ +) ( . 7-12 DIAGNOSIS BANDING Gejala Tuli mendadak Meniere’s Labirinitis Ototoksik Otosklerosis Disease Tipe tuli Sensorineural Sensorineural Sensorineural Sensorineural . mual dan muntah. riwayat truma kepala. Vertigo Secara umum 40 % penderita menga lami vertigo ringan . tes weber later alisasi ketelinga yang sehat. 2./ +) Telinga ( . Pemeriksaan Audiologi A. 3.Konduktif - Sensorineural Tinitus ( . dalam beberapa jam atau hari./ +) ( ./ +) ( . Gejala tambahan Telinga terasa penuh. 11 4. . Disamping itu ditanyakan pula riwayat penyakit yang pernah diderita./ +) (+) (-) (-) (-) penuh.7./ +) Vertigo ( . riwayat pekerjaan apakah perenang. muntah dan sakit kepala3-5. tes schwabach memendek. 3. Kesan : Tuli sensorineural. riwa yat keluarga dengan gangguan pendengaran dan riwayat penyakit metabolik 6. Tes Penala Di jumpai tes rinne positif. sakit kepala. riwayat pemakaian obat-obatan yang bersifat ototoksik. biasanya unilateral. Anamnesis Pada umumnya penderita mengeluhkan pendengaran menurun secara tiba-tiba. ataupun bekerja ditempat yang terpapar bising. Pemeriksaan Fisik Pada pemeriksaan otoskopi biasanya didapati liang telinga dan membran timpani yang normal 3-5./ +) (+) (+) ( . pilot pesawat.

Kesan : Tuli sensorineural koklea 4. Pemeriksaan harus diulang dengan interval waktu 2 – 3 kali sampai menunjukkan hasil y ang stabil. kemungkinan berperan pada keadaan infeksi. Telian SA menganjurkan dosis prednison sekali makan 40 – 60 mg per hari dan diberikan pagi hari selama satu minggu penuh diikuti tappering off. Digunakan apabila perkir aan disebabkan oleh virus. . 5. Tirah baring total ( total bed rest ) Istirahat fisik dan mental selama 2 minggu untuk menghilangkan atau mengurangi stres yang besar pengaruhnya pada kegagalan neurovaskular. dan reaksi imunologi. pembekuan darah.Kortikosteroid Kerja dari kortikosteroid secara nyata tidak diketahui.8 Pengobatan ditujukan pada 9: 1. Anti virus . Faktor disfungsi neurovaskular 3. walaupun telah banyak cara yang dilakukan. B. Faktor penyebab 2.Pemberian injeksi deksamethason intra timpani efektif memperbaiki pendengaran penderita tuli mendadak setelah pengobatan standar tidak berhasil. asam nikotinat dll. Pemeriksaan Laboratorium Pemeriksaan darah lengkap. histamin fosfat. Audiometri Nada Murni Tuli sensorineural ringan sampai berat. C. Audiometri Tutur ( Speech Audiometri ) SDS ( Speech Discrimination Scor e ) kurang dari 100 %. Tujuannya untuk mencari kelainan yang mungkin berperan sebagai faktor pencetus atau predisposisi.Diet rendah garam dan diuretik . 3. Snow JB. Adanya penyembuhan yang spontan dari gangguan pendengaran menjadi normal ataupun mendekati normal membuat sulit diketahui apakah penyembuhan tersebut akibat pengobatan atau spontan. tappering off tiap 3 hari. Faktor edema Diantara pengobatan yang sering dilakukan adalah 15-18: 1. Pemeriksaan Radiologi Ct-Scan ataupun MRI untuk melihat ada tidaknya kelainan pada tulang temporal dan meatus akustikus internus. 2. 3. PENATALAKSANAAN Pengobatan tuli mendadak sampai saat ini masih kontroversial.Acyclovir dan valacyclovir sangat terbatas digunakan pada penderita tuli mendadak. metabolik dan serologik. Kortikosteroid yang digunakan adalah prednison dengan dosis 4 x 10 mg. radang. . Vasodilator Berbagai vasodilator telah dicobakan beberapa ahli seperti Inhalasi Carbogen ( 5% karbon dioksida 95% oksigen). Untuk menghilangkan edema . 17 4.

. . Faktor disfungsi neurovaskular 3. 3.Tuli mendadak terbanyak pada usia 40 – 60 tahun. bersifat tuli syaraf dengan penyebab yang tidak diketahui. hampir tidak ada perbedaan antara laki-laki dan wanita.Tuli mendadak adalah suatu ketulian yang terjadi secara tiba-tiba dalam beberapa jam sampai beberapa hari. Tuli mendadak juga tidak membedakan ras. Penyakit yang menyertainya Bila disertai penyakit penyerta seperti diabetes melitus. Faktor edema . Khasiat HBO T masih dalam tahap evaluasi sebagai terapi tuli mendadak. ar terisklerosis. biasanya unilateral tetapi bisa juga bilateral. hipertensi. Hampir 1/3 penderita dapat sembuh sampai normal kembali. . Prognosis juga dipengaruhi oleh : 1.Penyebab tuli mendadak belum diketahui secara pasti. . diabetes militus. Beberapa faktor yang dianggap sebagai pencetus tuli mendadak adalah gangguan emosional. kelelahan. 5. Usia Semakin tua usia penderita sewaktu mendapat serangan tuli mendadak prognosanya semakin jelek. Faktor penyebab 2.Penyebab tuli mendadak sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Tipe audiogram Audiogram tipe mendatar dan penurunan pada nada tinggi mempunyai prognosa yang lebih jelek dibandingkan dengan penurunan pada nada r endah.Tetapi sebagian ahli meyakini bahwa penderita tuli mendadak yang cepat terdiagnosa menunjukan hasil y ang baik dengan terapi HBOT 17 PROGNOSIS Prognosis tuli mendadak tidak sejelek yang diperkirakan. . walaupun telah banyak cara yang dilakukan.Pemberian terapi tekanan oksigen 100%.Pengobatan tuli mendadak sampai saat ini masih kontroversial.. Hyperbaric oksigen terapi (HBOT) .Pengobatan ditujukan pada : 1. maka prognosanya semakin jelek. . 2. tetapi teori teori yang banyak berkembang menyatakan bahwa kebanyakan penyebab tuli mendadak adalah virus dan gangguan vaskuler. KESIMPULAN . Penurunan pendengaran 30 dB atau lebih denga n pemeriksaan audiometri paling sedikit tiga kali dan terjadi dalam 3 hari atau kur ang. umur dan kehamilan. 4. Pada umumnya makin cepat diberikan pengobatan makin besar kemungkinan untuk sembuh dan bila penyakit sudah lebih dari 2 minggu kemungkinan sembuh menjadi lebih kecil. Teori-teori yang populer penyebab tuli mendadak disebutkan adalah virus dan gangguan v askuler. 1/3 masih ada sisa 40-80 SRT (Speech Recognition Threshold) dan 1/3 lainnya mengalami tuli total. Keluhan vertigo Penderita dengan keluhan vertigo mempunyai prognosa yang jelek.

part Fred Astaire San Jose Mercury News By Mike Cassidy Steve Wozniak will always be known as one of the Steves who founded Apple (AAPL). an Apple enthusiast site reported. Enthusiast site Apple Insider said that this is despite the fact that the new . Related Articles » Apple: Samsung even bigger copycat than we thought CNET (blog) by John Paczkowski. Related Articles » Cassidy: Steve Wozniak is part Apple founder. filing an amended complaint that includes more allegedly infringing devices and stronger accusations that the company copied the . Hampir 1/3 penderita dapat sembuh sampai normal kembali.... 1/3 masih ada sisa 40-80 SRT (Speech Recognition Threshold) dan 1/3 lainnya mengalami tuli total Diposkan oleh beranda riki di 22:44 0 komentar Label: Tuli Mendadak Beranda P o tonsilectomy st Daily Calendar GuestBook Berita Terkini Apple Google Microsoft Report: Apple delays new MacBook Air launch for Lion OS GMANews.. Related Articles » Apple approved to bid on Nortel patents.TV Apple is supposedly holding back the release of its new MacBook Air notebooks until its new Mac OS X Lion operating system is finalized..Prognosis tuli mendadak tidak sejelek yang diperkirakan.. AllThingsD Apple ramped up the rhetoric in its patent infringement battle with Samsung on Thursday.. while significant interest in the patents has led to the auction being pushed back a week. . sources say Apple Insider By Josh Ong Apple has received approval to proceed with plans to bid on a group of wireless technology patents from bankrupt Canadian company Nortel... part Mad Hatter. And there is no question he was a key force in shaping the company that played a major role in shaping the personal computer revolution and Silicon Valley . Related Articles » powered by Categories Tuli Mendadak (1)   .

dianhusadanurulisnainidi 00.17 Berbagi Tidak ada komentar: Posting Komentar ‹ Beranda › Lihat versi web Mengenai Saya dianhusadanurulisnaini Lihat profil lengkapku Diberdayakan oleh Blogger. .