You are on page 1of 4

Teks Eksposisi

Narkoba Pada Kalangan Remaja
Tesis
Narkoba,merupakan nama yang akrab di semua kalangan. Narkoba merupakan zat yang
dapat mengakibatkan rasa kecanduan sehingga penggunanya akan terus berusaha
mendapatkannya. Kini,narkoba sudah meracuni banyak warga indonesia.Dan kebanyakan
merupakan kalangan muda. Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh kurangnya perhatian dari
orangtua, juga pergaulan yang kurang sehat.
Menurut Bahasa Indonesia, Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya.
Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.
Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "NAPZA", mengacu pada kelompok senyawa yang
umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Namun kini persepsi itu disalahartikan
akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya,sehingga menyebabkan dampak
yang buruk bagi pemakainya. Baik dari penyakit seperti HIV/AIDS, hingga kematian.

Argumentasi
Orang yang kecanduan narkoba cenderung ingin terus mendapatkannya,sehingga bisa saja
si pecandu melakukan aksi kejahatan demi mendapatkan barang itu lagi. Dan lagi,ketika pecandu
sedang dalam keadaan teler sehabis memakai narkoba,dan dalam keadaan tidak sadar. Dia bisa
melakukan aksi kejahatan,seperti pemerkosaan, dsb.
Menurut data BNN , Kasus penyalahgunaan narkoba bertambah setiap tahunnya. Di Indonesia,
angka pengguna narkoba rata-rata meningkat sebanyak 15% per tahunnya. Narkoba yang biasa
digunakan oleh kalangan muda biasanya dikarenakan oleh beberapa hal. Pertama, kegagalan yang
dialami dalam kehidupan. Kedua, pergaulan yang bebas dan lingkungan yang kurang tepat. Ketiga,
kurangnya siraman agama. Keempat, keinginan untuk sekadar mencoba. Kelima, kurangnya
perhatian dari orangtua.
Cara untuk mencegah penggunaan narkoba antara lain. Pertama,membangkitkan kesadaran
beragama, menginformasikan hal-hal positif dan bermanfaat. Kedua, selektif dalam memilih teman.
Ketiga, selektif dalam memilih makanan dan minuman. Keempat, menghindarkan diri dari
lingkungan yang tidak tepat. Kelima, membentuk kelompok-kelompok kecil yang saling
mengingatkan. Keenam, bila berhadapan dengan orang/teman yang mulai bersentuhan dengan
narkoba, gunakan kasih sayang untuk menariknya ke jalan hidup yang lebih sehat.
Ketujuh, mengetahui fakta-fakta tentang narkoba termasuk akibat-akibat yang di timbulkan oleh
barang-barang haram tersebut.

Foton cahaya . aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. partikel matahari dan medan magnet bumi yang saling bertumbukan menyebabkan pelepasan partikel yang sudah terjebak di dekat bumi. Jika dibiarkan. aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Di bumi. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Pancaran ini biasa disebut dengan angin matahari atau solar wind yang terbentuk karena adanya ledakan besar dipermukaan matahari (Coronal Mass Ejection ). Boreas. dan nama Yunani untuk angin utara. Agar generasi penerus bangsa ini dapat menjadi generasi yang maju dan berprestasi. yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom.hal ini dapat menyebabkan tingginya angka kriminalitas dan terpuruknya hidup generasi muda penerus bangsa. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis . Ini karena di Eropa. Setelah melalui perjalanan ke bumi yang bisa bertahan hingga dua sampai tiga hari. Kemudian. narkoba yang menyebar di kalangan masyarakat yang dapat menimbulkan penyakit sampai kematian. harus diberantas demi kehidupan generasi penerus bangsa.Penegasan Ulang Oleh karena itu. Teks Eksplanasi AURORA Pernyataan Umum Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari). partikel yang terjebak tersebut memicu reaksi dibagian atas atmosfer (ionosfer) dimana molekul oksigen dan nitrogen beraksi dan melepaskan foton cahaya (partikel elementer dalam fenomena elektromagnetik). Aurora. Deretan Penjelasan Aurora tercipta karena adanya miliaran partikel energi yang terdiri dari proton dan elektron dilontarkan matahari dengan kecepatan tinggi hingga 500 mil per detik dalam sebuah pancaran cahaya matahari.

magnetometer dan ionosfer membawa aliran listrik berskala besar. Akibatnya tidak ada sinyal yang diterima televisi. radio atau telegram.  Aurora hijau dan kuning. Beberapa warna yang dihasilkan karena fenomena aurora. yaitu:  Aurora hijau. Proses terjadinya aurora menimbulkan cahaya berwarna yang merupakan hasil dari partikel dan atom berbeda yang mengalami benturan. Jika aliran ini berubah di dekat bumi. Pengaruh proton-proton yang bertumbukkan dengan atom di atmosfer dapat mengganggu penerimaan radio.  Aurora merah. akan tetapi fenomena ini dapat mengganggu jaringan telekomunikasi. Bahaya aurora tehadap manusia sampai saat ini belum pernah dibuktikan. akibat terjadinya benturan antara partikel elektron dengan atom oksigen.inilah yang kita lihat sebagai cahaya terang yang menari-nari diatas langit yang disebut aurora.  Aurora biru. Partikel yang bermuatan dalam angin matahari. Teks Opini Ujian nasional online perlu atau tidak? Pernyataan Pendapat (Tesis) Dalam kurun waktu beberapa bulan lagi akan diadakan ujian nasional tingkat SD hingga SMK dan SMA. televisi dan telegram. karena terjadi tabrakan antara partikel dan nitrogen. Interpretasi / Penutup Aurora merupakan peristiwa yang lazim ditemui di daerah kutub. Hal ini disebabkan karena saat titik-titik di atmosfer terganggu oleh proton dari matahari. . atmosfer tidak lagi menahan sinyal dan memantulkannya ke bumi. terjadi karena partikel dengan muatan bertabrakan dengan oksigen. Dilihat dari situasi dan kondisi lapangan sekarang ini. Bersamaan dengan ini kemendikbud telah memberlakukan aturan baru yakni dilaksanakannya ujian nasional online yang diselenggarakan di beberapa sekolah. hal ini terjadi akibat benturan partikel elektron dengan molekul nitrogen. Ditambah lagi dengan kurangnya pengetahuan yang dimilliki oleh tenaga-tenaga pendidik di beberapa sekolah. rencana ini harus lebih dipertimbangkan kembali karena belum tepat sasaran dan memiliki kendala dalam sarana infrastruktur yang belum benar-benar merata. dapat menyebabkan kerusakan peralatan listrik. Sinyal tersebut justru diteruskan ke luar angkasa.

Penegasan Ulang Pendapat Jika pemerintah ingin mengadakan ujian nasional online yang dilaksanakan secara serentak sudah semestinya pihak pemerintah juga harus mendukung dan menyediakan sarana infrastruktur yang diperlukan. Setiap komputer ini nantinya juga memerlukan tegangan listrik dan akses internet yang dipakaipun juga akan memiliki skala yang besar. Jika ujian nasional secara online tatap dilangsungkan.Argumentasi Pada dasarnya hal ini merupakan sebuah potensi yang sangat baik. Tentunya hal ini sangat beresiko karena dapat menimbulkan kecurangan di kalangan siswa dan sangat tidak mungkin dilakukan karena pada dasarnya ujian nasional dilakukan secara serentak dan bersamaan. Dapat dibayangkan bukan ketika sebuah sekolahan memiliki sejumlah murid 300 siswa maka jumlah komputer yang harus disediakan minimal adalah 300 unit komputer. maka solusi untuk masalah ini adalah melakukan ujian nasional secara bergiliran menggunakan komputer. Selain itu. Tidak hanya itu. hingga akses internet. . maka akan terjadi permasalahan di beberapa sekolah seperti kurangnya infrastruktur berupa komputer. Katakanlah jika kita tidak memiliki unit komputer yang cukup. listrik. Tidak semua sekolah memiliki tenaga ahli yang benar benar mengerti akan cara kerja dan sistem dari ujian nasional online ini. terbatasnya pengetahuan yang dimiliki tenaga ahli yang terdapat di sekolah juga termasuk dalam permasalahan yang harus dihadapi.. pemerintah semestinya juga harus melakukan beberapa sosialisasi ke sekolah sekolah yang tidak terjangkau teknologi perihal ujian nasional online ini agar tidak menimbulkan kebingungan dan masalah.