You are on page 1of 16

KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI

TAHUN 2015 BAB 1

SOSIOLOGI TAHUN 2015 (2) memberikan identitas seseorang dalam
masyarakat
1. Perbedaan status individu dalam masyarakat (3) mempersatukan masyarakat majemuk
berdasarkan usia disebut perbedaan … (4) mencegah terjadinya pelanggaran norma
(A) sistem merit
(B) senioritas 7. Penjenjangan sosial dalam masyarakat yang
(C) gender menggunakan ukuran kekuasaan, privilege,
(D) kekerabatan dan prestise dapat dikategorikan sebagai
(E) pendidikan penjenjangan berdasarkan …
(1) ekonomi
2. Syarat keberlangsungan interaksi sosial dalam (2) etnis
kehidupan sehari - hari adalah … (3) politik
(4) kelas
(A) sugesti dan imitasi
(B) asimilasi dan simpati
8. Dalam masyarakat terdapat berbagai macam
(C) kontak primer dan sekunder
mata pencaharian yang mengakibatkan
(D) kontak langsung dan tidak langsung
terjadinya pengelompokan sosial. Hal itu
(E) kontak sosial dan komunikasi
disebut …
(A) stratifikasi sosial
3. Proses belajar untuk mengetahui peran yang
(B) diferensiasi sosial
harus dijalankan agar dapat diterima dalam
(C) asosiasi sosial
masyarakat disebut …
(D) disorganisasi sosial
(A) enkulturasi
(E) struktur sosial
(B) internalisasi
(C) sosialisasi
9. Promosi jabatan dengan imbalan tinggi
(D) evolusi
merupakan bentuk mobilitas sosial yang dapat
(E) inovasi
memicu terjadinya …
(1) persaingan antar pegawai
4. Solidaritas sosial yang berkembang di
(2) perdebatan antar pegawai
masyarakat desa adalah solidaritas mekanik
(3) konflik antar pegawai
yang terjadi karena …
(4) keharmonisan antar pegawai
(1) pembagian kerja sederhana
(2) kekerabatan
10. Mencuri yang dilakukan seseorang dan disertai
(3) kesadaran kolektif
dengan tindak kekerasan merupakan bentuk
(4) pola relasi sosial kontraktual
penyimpangan perilaku …
(1) primer kelompok
5. Pranata sosial yang berfungsi untuk mengatur
(2) primer individu
tata tertib umum dan mendamaikan
(3) sekunder kelompok
pertentangan - pertentangan adalah pranata …
(4) sekunder indvidu
(A) ekonorni
(B) agama
11. Konflik sosial yang terjadi di masyarakat
(C) politik
berfungsi untuk …
(D) pendidikan
(1) memperkuat stabilitas tatanan dalam
(E) keluarga
masyarakat
(2) meningkatkan solidaritas kelompok dalam
6. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia
(ingroup)
membutuhkan pranata agama karena pranata
(3) mempertahankan identitas
agama itu mempunyai fungsi…
(4) menimbulkan perubahan
(1) sebagai pedoman dalam kehidupan
manusia

289

Perubahan sosial yang terjadi dalam bidang ekonomi. Dampak perubahan yang negatif antara lain adalah … (1) munculnya sikap individualisme (2) munculnya sikap kurang mempercayai pihak lain (3) nilai-nilai solidaritas memudar (4) komunikasi dan informasi lebih cepat dan mudah 15. politik. SEBAB Konflik realistis tetap berlangsung meskipun tuntutan telah terpenuhi. SEBAB Integrasi sosial tercipta apabila masyarakat dapat membangun konsensus bersama. SEBAB Perkembangan teknologi informasi selalu berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Asimilasi dan akulturasi dalam masyarakat plural dapat menciptakan integrasi sosial. Konflik antara buruh dan pengusaha merupakan bentuk konflik realistis. Perubahan sosial di bidang teknologi komunikasi dengan diperkenalkannya jaringan informasi membawa dampak bagi kehidupan masyarakat. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2015 BAB 1 12. 290 . 14. dan budaya akan berdampak pada perkembangan masyarakat. 13.

penyamakan kulit terhadap penyebaran (D) agent of change. (B) dampak pembangunan pabrik (C) local leader. 6. 2. karena mereka melakukan percakapan. Kemampuan seorang warga baru memainkan (C) mobilitas vertikal naik dan intragenerasi.. (A) pengaruh kenaikan harga BBM terhadap (A) blueprint of behavior kemampuan daya beli masyarakat. peran yang ada dalam masyarakat merupakan (D) mobilitas vertikal naik dan antargenerasi. karena mereka melakukan kontak dan dan evolusioner adalah kriteria perubahan komunikasi.. (C) peran LPMD dalam pengembangan Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Tema. 5. Tingkat pendidikan dan akses teknologi (D) pengaruh sosialisasi KPU di SMA terhadap mempengaruhi kecepatan perubahan suatu tingkat partisipasi pemilih pemula path masyarakat. (E) diadik. jaminan untuk dapat diterima masyarakat dalam berinteraksi sosial.. (C) Tidak. Menurut Max Weber. Pihak yang diharapkan dan dipercaya oleh 3. dan kesempatan dibandingkan dengan yang (C) resiprokal. 9. SEBAB (E) implementasi Perda Pelayanan Publik Pendidikan dan teknologi itu dapat digunakan Satu Atap terhadap kinerja Puskesmas.. komunikasi. (chatting) melalui facebook. sosial yang tinggi aken lebih memiliki peluang (B) simultan. secara langsung. Dalam situasi ini (D) life circle. (B) life time.. Paidi baru dalam masyarakat harus mempelajari mengalami . Pemilu 2009. untuk membantu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan potensi 4. media sosial adalah interaksi semu.. (A) Ya. kerena mereka tidak bertemu (A) sifatnya. Perubahan sosial yang bersifat revolusioner (B) Ya.. seseorang dengan status (A) kausal. Pendapat Weber (D) periodik. sosial menurut . 8. (D) Tidak. tersebut berkaitan dengan konsep . (A) mobilitas horizontal dan intragenerasi. (D) kecepatannya. (B) pengaruhnya.. 7. pola kehidupan masyarakatnya. bakteri pada sumur penduduk. setiap warga Berdasarkan konsep mobilitas sosial. SEBAB (B) mobilitas horizontal dan antargenerasi. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2014 BAB 2 SOSIOLOGI TAHUN 2014 (E) mobilitas vertikal naik dan intragenerasi dinamis. 291 . (E) social planning. yang direncanakan disebut . Agar dapat berinteraksi sosial. (E) Ya. berhasil menyelesaikan sarjana ekonomi dan menjadl pengusaha sukses di Jakarta. 1.. Dua orang teman melakukan percakapan (C) life chance. berstatus sosial rendah. Hubungan sosial timbal-balik yang saling mempengaruhi disebut . apakah keduanya melakukan interaksi sosial? (E) life story... penelitian berikut yang menunjukkan masyarakat untuk melakukan perubahan sosial bidang kajian Sosiologi Politik adalah . Paidi adalah anak seorang petani yang alam di sekitarnya. (B) pattern of change.. (A) life style. kerena interaksi sosial dalam (C) tanggapan masyarakat. karena media sosial sebagai sarana (E) sumber terjadinya.

14. (2) munculnya pribadi-pribadi yang tangguh dalam situasi konflik. 12. sesuatu yang wajar. Perubahan yang terjadi merupakan 10... Di dalam suatu masyarakat ada kebudayaan material dan kebudayian immaterial. Seringnya media massa menayangkan tindak perubahan . 13. Seseorang dapat. Masyarakat terpaksa mengganti mata pencaharian mereka dari petani menjadi buruh pabrik dan 292 . kejahatan menjadi penyebab tumbuhnya (1) intended. (4) Keturunan. anggapan perilaku menyimpang sebagai (2) unintended. Tindakan kekerasan biasa dilakukan oleh pihak yang memiliki kekuasaan kepada pihak yang tidak berdaya. Pascaerupsi Merapi. (4) alat komunikasi.. (3) muncul kompromi jika kekuatan antarpihak seimbang. Akibat dari konflik sosial yang bersifat konstruktif adalah . Termasuk kebudayaan material antara lain (1) kesenian. (2) Prestasi. (4) munculnya dominasi kelompok yang menang terhadap yang kalah. (3) terencana. mengalami perubahan status sosial yang lebih baik daripada sebelumnya kerena (1) Pendidikan.. 11. Proses belajar dari perilaku menyimpang dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan boleh dilakukan. SEBAB Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau sekelompok orang untuk berperilaku sesuai dengan keinginan pemilik kekuasaan. masyarakat kehilangan tempat tinggal dan lahan pertanian yang merupakan lapangan kerja. (1) menguatnya solidaritas internal kelompok. (3) etika pergaulan. SEBAB (4) tidak terencana. (3) Hasil kerja keras. 15. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2014 BAB 2 pedagang. (2) bangunan candi.

kalangan remaja ? (A) Tipe monarki. bahkan dalam jumlah jutaan. (A) Kesadaran agama (A) Ascribed status. "Kita sudah mulai dengan mendesain ulang 293 . KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2013 BAB 3 SOSIOLOGI TAHUN 2013 lingkungan yang merusak.. Tidak sedikit yang telah menjadi kesenjangan itu bisa diminimalissasi... Teman dan saudara kita sebenarnya trend sudah menunjukkan penurunan. Kita ingin korban. (C) Penyalahgunaan narkoba (C) Assigned status. Menurutnya. dan membentuk kelompok-kelompok kecil untuk saling 1. (B) Penyalahgunaan narkoba (B) Achived status. melakukan yang hanya memiliki kemampuan terbatas tidak hal-hal positif dan bermanfaat. menghindarkan diri dari besar. (D) Sosialisasi narkoba (D) Status sosial (E) Rendahnya kontrol keluarga (E) Kelas sosial 5. Masa terus terjadi. tipe keturunan. Jabodetabek saja. karena masih adanya kesenjangan pembebasan kaum muda dari bahaya narkoba. Pemerintah mengakui bahwa urbanisasi Maraknya penyalahgunaan narkoba telah penduduk menuju kota-kota besar di Indonesia banyak mempengaruhi mental para remaja. jenis kelamin. Unsur-unsur sistem pelapisan sosial dalam mengingatkan. tipe oligarki.” kata Menteri Koordinator menyebabkan paranoia (linglung). Gelar kebangsawanan. tipe aristokrasi. maka (A) Status dan peran sikapilah secara simpatik. yang terlibat penyalahgunaan narkoba. mulai terjerat oleh narkoba yang sering dapat Kita sedang seriusi berbagai program agar mematikan... tipe (E) Penguatan kelompok anti narkoba feudal (E) Tipe liberal. salah satu yang jujur. Penyalahgunaan narkoba dapat membuat gula-gula baru tidak hanya di wilayah menghilangkan kesadaran pemakainya. selektif dalam perlu lagi berbondong-bondong bekerja di kota memilih teman. dapat dilakukan dengan perdesaan. Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 4 dan 5. bahkan melakukan tindakan kriminal seperti dilakukan pemerintah untuk mengurangi pencurian. warga perdesaan membangkitkan kesadaran beragama. Dengan demikian. dan usia dari paparan di atas ? adalah contoh dari . tipe otokrasi Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 6 dan 7. Upaya mencegah penyalahgunaan meningkatkan perekonomian masyarakat di narkoba. tipe demokrasi (D) Kriminalisasi pecandu narkoba (D) Tipe demokrasi. Hatta Rajasa di Jakarta.. juga dapat Bidang Perekonomian. Peristiwa sosiologi apa yang dapat dimaknai 2. tipe prestasi (C) Rehabilitasi mental pecandu narkoba (C) Tipe kasta. "Ya kita akui itu. Mengetahui fakta-fakta (B) Peran dan konflik tentang narkoba termasuk akibat (C) Peran dan harapan penyalahgunaannya berguna untuk membuka (D) Pelapisan massa kesadaran kita akan bahaya narkoba. perekonomian antara masyarakat di desa dengan Narkoba telah menyentuh lingkaran yang semakin masyarakat di kota. perampasan yang merugikan diri sendiri kesenjangan desa-kota adalahdengan dan orang lain. Dilihat dari dimensi politik. depan bangsa bergantung sepenuhnya pada upaya Penyebabnya. tapi dekat dengan kita semua. membuat pemakainya melawan orang tua. sistem sosial mencegah penyalahguaan narkoba di dalam masyarakat terdiri atas . tidak Kamis (16/9). Upaya sosiologis apa yang dianggap efektif 3. tipe (A) Peningkatan kesadaran beragama demokrasi (B) Konsultasi klinis pecandu narkoba (B) Tipe kasta. (E) Semua lapisan 4. antara lain. tipe oligarki. tipe demokrasi. Bila berhadapan dengan teman masyarakat adalah .

Komunitas pecinta boy band dan girl band bekerja ke Jabodetabek sekarang sedang menjamur di Indonesia. dan generalized other. perjudian dan palacuran oleh masyarakat sudah dianggap sebagai 14. 16 11. Secara normatif.. (A) Membuat gula-gula baru di luar wilayah SEBAB Jabodetabek George Herbert Mead membagi tahap-tahap (B) Membuat gula-gula baru di wilayah sosialisasi menjadi play stage... (E) Mendesain ulang perekonomian (1) Kepercayaan pada kekuatan dukun masyarakat berbasis kapital (2) Ketaatan pada ajaran agama Islam (3) Praktek ritual mencari kekayaan 7. adalah. 9. Sudah ada Sosialisasi sekunder memiliki peranan untuk porsinya untuk melakukan perlindungan sosial guna menanamkan nilai dan norma dalam mengurangi masyarakat kita yang teringgal. SEBAB (4) other-particularism. Dalam masyarakat modern seringkali orang untuk berpartisipasi. (B) Rendahnya perlindungan sosial Komunitas semacam itu biasanya memiliki . yang menekankan penggunaan hukuman (2) anticipatory-socialization. (C) Terjadinya kesenjangan desa kota (1) hobi yang sama (D) Sempitnya lapangan pekerjaan di (2) jaringan sosial yang luas perdesaan (3) wilayah bersama yang terbatas (E) Terputusnya gula-gula baru di perkotaan (4) interaksi secara intensif di antara anggotanya 8. Ini pembentukan kepribadian individu memang tidak mudah. Sosialisasi partisipatoris adalah sisoalisasi (1) affectivity-affective neutrality. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2013 BAB 3 perekonomian masyarakat kita.. Film dapat didefinisikan sebagai agen modern yang dijumpai di birokrasi sosialisasi yang berpengaruh terhadap pemerintahan. Game stage merupakan tahap dimana anak September 2010) mulai mengetahui peran yang harus 6. untuk setiap kesalahan (3) specificity-diffuseness. Prinsip dalam organigsi perilaku masyarakat birokrasi modern. Menurut Parsons. perangkat variable pola suatu hal yang lazim merupakan seperangkat dilema universal SEBAB yang harus dihadapi dan dipecahkan oleh Sosialisasi yang tidak sempurna cenderung seseorang dalam setiap situasi sosial. (Sumber JPNN. game stage. Pernyataan yang berkaitan dengan solusi dijalankan dan perah yang diharapkan oleh fenomena aglomerasi adalah … orang lain. masyarakat Jawa di kota besar diklasifikasi dalam kelompok priyayi.. Pertanyaan yang mencerminkan proses (4) Bagian dari birokrasi pemerintah urbanisasi adalah … (A) Warga perdesaan berbondong-bondong 13. tapi akan terus kita lakukan." tegas Hatta.. Menurut Geertz. antara lain. .. Jabodetabek significant others. memberikan peluang bagi tindakan destruktif Perangkat dilema universal tersebut antara lain adalah. dijumpai suatu hubungan kekuasaan yang rasional-legal atau suatu sistem jabatan 10.com. Diantara subtradisi kelompok perdagangan di wilayah perkotaan abangan adalah . (D) Mendorong industrialisasi dan dan abangan. SEBAB 294 . Sosialisasi partisipatoris menjunjung tinggi pemenuhan hak dan kewajiban bagi setiap 15. (C) Warga perdesaan yang berkemampuan tinggi boleh berbondong-bondong bekerja 12.. santri.

KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2013 BAB 3 (1) urusan kedinasan dilaksanakan secara berkesinambungan (2) tanggung jawab dan wewenang merupakan bagian dari suatu hirarki wewenang (3) tidak memperjualbelikan jabatan (4) urusan kedinasan dilaksanakan tidak menggunakan dokumen tertulis 295 .

KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2013 BAB 3 296 .

sosiologi bersifat … (D) Ideology yang menuntun sikap dan perilaku (A) statis para anggotanya (B) empiris (E) Alat-alat kelengkapan dalam memenuhi (C) teoritis kebutuhan anggotannya (D) non-etis (E) Kumulatif 6. agama. Sebutan untuk pedesaan dengan ciri bentuk perilaku menyimpang yang lebih besar ketradisionalannya. permasalahan prostitusi yang tidak SEBAB mendasarkan pada baik-buruknya namun Sosiolog primer adalah sosialisasi yang dengan menjelaskan fakta secara analitis pertama diterima oleh individu untuk menjadi disebut … anggota masyarakat. suku bangsa. Musuh yang berasal dari luar masyarakat (B) Kelompok sekunder merupakan ancaman yang secara efektif dapat (C) Gemeinschaft mempersatukan masyarakat yang terpecah (D) Gesselschaft belah. (E) Sosialis SEBAB Penggunaan narkotika bukan merupakan 3. Sosialisasi anak dalam keluarga inti dilakukan dengan melibatkan ayah. Berikut ini adalah unsur-unsur lembaga sosial 10. menurut Ferdinand Tonnies adalah … (A) Kelompok primer 8. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2012 BAB 4 SOSIOLOGI TAHUN 2012 (B) simbol-simbol sosial yang memiliki makna tertentu 1. (A) Kemampuan beradaptasi dengan SEBAB lingkungan masyarakat Perubahan ke arah masyarakat modern tidak harus berperilaku seperti orang barat. dan sebagainya merupakan konsep 9. ibu. yang 297 . Penggolongan penduduk atas dasar perbedaan sebuahkelompok yang mengalami disintegrasi. dan saling mengenal keadaan. Teori sosiologi yang selalu mengalami (C) Tata tertib yang bertujuan untuk mengatur perubahan dan penyempurnaan menunjukan keperluan bersama bahwa sebagai ilmu. kata modernisasi sering dikaitkan lembaga sosial dengan lembaga sosial lainnya dengan perubahan sosial budaya yang terjadi kecuali … dalam masyarakat. jenis kelamin. dan saudara 2. (B) Kelas sosial SEBAB (C) Tingkatan social Lembaga keagamaan termasuk general (D) Differensiasi sosial institution yang terdapat pada semua (E) Mobilitas sosial masyarakat dunia. ras. profesi. Fungsi lembaga keagamaan adalah dari … mempersatukan komunitas internal mengenai (A) Stratifikasi sosial keyakinan dalam nilai-nilai keagamaan. (A) Empiris (B) Teoritis 7. hubungan antarwarga bersifat adaptif dengan perkembangan yang akrab. mendalam. 5. Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan (C) Kumulatif terlarang di kota-kota besar terus meningkat (D) Non-etis dari waktu ke waktu. Cara pandang sosiologi dalam melihat kandung yang berperan sebagai agen. (E) Kelompok acuan SEBAB Konflik akan meningkatkan soliditas 4. Meskipun modernisasi tidak sama dengan yang berfungsi untuk membedakan satu westernisasi.

Kondisi yang tepat untuk menghindari konflik antarsuu dan antaridentitas keagamaan adalah … (1) Perbedaan sosial atas usaha yang dicapai (2) Kebinekaan suku bangsa (3) Kesetaraan unsur budaya (4) Toleransi antarkelompok 15. dan bekerja keras. tanpa menghilangkan jati diri sebagai bangsa. Sosialisasi formal dan informal yang bertujuan membentuk pertumbuhan pribadi anak sesuai dengan system nilai dan norma dalam masyarakat adalah … (1) Demokratis (2) Represif (3) Otokratis (4) Partisipatoris 14. hemat. dasar untuk pembedaan individu ke dalam kelas sosial secara hirarki … (1) Perbedaan jumlah anak (2) Status sosial (3) Perbedaan etnis (4) Pendidikan 298 . menghargai waktu. Unsur-unsur penentu terjadinya komunikasi sebagai salah satu syarat terjadinya interaksi dalam masyarakat adalah … (1) Pesan (2) Komunikator (3) Komunikan (4) Umpan balik 13. 11. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2012 BAB 4 penting adalah berperilaku dan bersikap rasional. Fenomena dalam masyarakat dapat dikatakan telah mengalami perubahan sosial apabila memenuhi syarat antara lain … (1) Berbeda dengan yang sebelumnya (2) Berbeda tempat kejadiannya (3) Berbeda dan berpola (4) Berbeda dan tidak berpola 12. Dalam konsep stratifikasi sosial.

dan kedisiplinan (C) Menengah merupakan nilai yang banyak dianut oleh (D) Bawah orangorang sukses. Dalam masyarakat dengan stratifikasi sosial sebagai tindakan …. (A) Ingroup 7. Kelompok minoritas dalam negara modern sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang menganut sistem demokrasi (E) Keamanan dan kesejahteraan masyarakat keberadaannya diakui dan dilindungi. Fenomena seorang remaja yang tidak bisa selalu mendambakan anaknya sukses dalam menolak pengaruh teman kelompoknya dalam memasuki kehidupan yang lebih luas. (E) Mobilitas sosial (A) Atas (B) Bangsawan 6. Sikap orang tua yang tidak memberi merupakan salah satu prasyarat yang perlu kesempatan kepada anaknya untuk ikut serta dijalankan dalam masyarakat multikultural. (D) Kursif SEBAB (E) Partisipatif Dalam masyarakat yang modern yang terbuka terjadinya mobilitas sosial hanya mereka yang 5. Keberhasilan seorang yang berasal dari memperoleh pendidikan tinggi saja lebih keluarga miskin menjadi pengusaha sukses sukses. menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah melakukan …. terbuka. Kejujuran. Perubahan gaya hidup dalam masyarakat Comte adalah …. labeling. (D) Peer group SEBAB (E) Friendship group Seseorang dapat berperilaku menyimpang melalui proses belajar. dan stigma. masyarakat sudah makmur (D) Tata kehidupan masyarakat berjalan 9. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2011 BAB 5 SOSIOLOGI TAHUN 2011 (A) Gerakan sosial (B) Perubahan sosial 1. 3. modern banyak menimbulkan penyakit (A) Masyarakat sudah hidup harmonis berkat degeneratif kepemimpinan yang kuat SEBAB (B) Ilmu pengetahuan menjadi rujukan utama Perubahan sosial dalam masyarakat modern masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari dapat mengubah sendi-sendi kehidupan (C) Aktivitas kehidupan sosial-ekonomi masyarakat secara mendasar. sosiologi disebut …. orang-orang yang berasal dari status (A) Otoriter ekonomi tinggi mempunyai akses lebih luas (B) Direktif untuk memperoleh pendidikan dan pekerjaan (C) Persuasif yang lebih baik disbanding kelompok lain. sudah terjamin SEBAB Sikap toleran dan mengakui keragaman 4. (E) Wiraswasta SEBAB Keluarga sebagai salah satu agen sosialisasi 2. Tindak kekerasan yang dilakukan oleh (B) Primary group sejumlah orang dalam situasi panik tidak dapat (C) Informal group dikategorikan sebagai perilaku menyimpang. Kelompok pengusaha dalam stratifikasi sosial (C) Migrasi sosial yang mendasarkan pada kriteria ekonomi (D) Ketimpangan sosial ditempatkan pada kelas …. kerja keras. Ciri tahap positif dalam perkembangan masyarakat yang dirumuskan oleh Auguste 8. 299 . menentukan program studi yang akan diambil di perguruan tinggi dapat dikategorikan 10.

Perbedaan masyarakat yang ditandai adanya kesatuan-kesatuan sosial yang didasarkan pada ras. Ciri-ciri kehidupan sosial di era globalisasi adalah …. (1) Situasi sosial ketika pelanggaran itu terjadi (2) Tingkat pelanggaran yang terjadi (3) Mendasar tidaknya norma atau nilai yang dilanggar (4) Status sosial dan reputasi dari si pelanggar 12. (1) Bencana alam (2) Perebutan kekuasaan (3) Kepadatan penduduk (4) Kepentingan ideologi 13. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2011 BAB 5 11. perumahan. jenis kelamin. (1) Menguatnya ruang pribadi (2) Meningkatnya kompetisi (3) Intensifnya hubungan antarbudaya (4) Kebebasan berpendapat 300 . Penyebab konflik sosial yang sering terjadi di Indonesia akhir-akhir ini adalah …. (1) Stratifikasi sosial (2) Kompleksitas sosial (3) Ketimpangan sosial (4) Diferensiasi sosial 15. Yang biasanya mempengaruhi sikap permisif lembaga penegak hukum terhadap perilaku menyimpang yang dilakukan seseorang adalah …. Kehadiran sekolah. rumah sakit yang elistis dan eksklusif dalam masyarakat Indonesia dapat melahirkan …. dan suku bangsa disebut …. (1) Diferensiasi sosial (2) Ketidaksamaan sosial (3) Stratifikasi sosial (4) Struktur sosial 14. agama.

di sisi lain dia sebagai orang tua harus melindungi anak... di satu sisi harus menegakkan dari pada kelompok borjuis. Mahasiswa terse but melanggar tata tertib di kampus sehingga harus dihukum.. norma yang berlaku. (E) peran sosial hanya dilakukan selama yang (B) tiap-tiap kelas terbentuk karena memiliki bersangkutan merasa diuntungkan. sama. (C) mores-custom-usage-folkways. ia menghadapi situasi (E) kelompok proletar jumlahnya lebih sedikit yang sulit. (B) aktivitas yang ideal memerlukan kerja (D) kemampuan menjadi diri sendiri. Norma sosial dapat diurutkan dari yang lemah (C) Berganti keyakinan sampai yang kuat berdasarkan kekuatan (D) perpindahan tempat tinggal mengikatnya seperti yang tercermin pada (E) promosi jabatan hubungan .
( individu dari uatu kelom sosial ke kelompok lain (C) private dan exclusive filling. (C) diperlukan adanya konsistensi dalam 7. 5eorang Ketua Jurusan di sebuah PTN memiliki masyarakat tanpa kelas. Sikap yang menyebabkan terjadinya kecintaan (A) assigned-status. diri adalah. (E) in-group dan out-groups. Penyebab terjadinya konflik yang memandang proses sosial. (C) role-con flict. kelas-kelas di masyarakat memiliki potensi (D) proses sosial yang tidak sesw'li dengan konflik yang inheren adalah . (A) peniruan peran yang dijalankan ol. dengan cermat dan sesuai dengan ketentuan (B) kemampuan mengambil peran orang lain yang ada adalah … secara lebih luas. alatl kekayaan produktif. Sebagai salah satu bentuk proses sosial yang disosiatif. ketentuan yang ada dapat menimbulkan (A) tiap-tiap kelas memiliki kepentingan yang dislokasi sosial.
 (C) tiap-tiap kelompok menginginkan 4. did seseorang terjadi melalui looking-glass self. aturan..
 Sebagai Ketua Jurusan. 1. Oalam proses tersebut penanda terbentuknya (D) usage-fofkways-mores-custom. (E) custom-usage-mores-fof s. 301 . kompetisi atau persaingan adalah .. ada pula yang tidak. 2. Mobilitas sosial horisontal merupakan peralihan (B) wesenwilledan korwille. 6. (A) usage-folkways-custom-mores....
 yang sederajat. yang mendalam terhadap suatu kelompok sosial (B) role distance. anak yang menjadi mahasiswa di jurusan yang (D) ada kelas yang menguasai alat produksi dipimpinnya. Alasan perlunya expected roles (peran yang berinteraksi dengannya (siqnificant diharapkan) dalam proses social dilakukan others). Menurut Charles Horton Cooley pembentukan (B) custom-usage-folkways-mores. (A) beralih kewarganegaraan (B) rotasi pekerjaan.. (A) tertib sosial hanya berlangsung sesuai (C) kesadaran akan peran yang ia jalankan dan dengan norma yang ada...eh orang tuanya atau orang yang paling sering 3. kecuali .. (E) multiple rol (A) primary dan secondary groups. peran yang dijalankan orang lain. 5. 8. bencian pada kelompok sosial yang lain adalah (D) status-symbol. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2010 BAB 6 SOSIOLOGI TAHUN 2010 Oalam kasus ini yang dialami oleh Ketua Jurusan adalah ... keras sekaligus dijalankan sesuai dengan (E) kegagalan dalam menyesuaikan diri. 8erikut ini adalah contoh (D) casual dan panic groups. . segingga menimbulkan permusuhan atau ke. mobilitas sosial horisontal.

masyarakat yang melanggarnya. sebuah perubahan sosial sebagian disebabkan (E) aktivitas untuK pihak lain dalam mencapai oleh penggunaan paradigma fungsionalisme.kriminal (4) memberikan pedoman dalam mengatasi masalah-masalah sosial bagi anggot 15. 10. masyarakat...Faktor yang mempermudah proses asimilasi masyarakat..Orang-orang yang berkumpul untuk melakukan eksistensi individu/kelompok dan pesta minuman keras atau sabu-sabu dapat bertujuan untuk membinasakan lawannya..Bias prinsip mekanisme modernisasi sebagai baru.. (D) sikap mental yang tersembunyi terhadap orang lain 'atau unsur-unsur kebudayaan 13. Setiap masyarakat memiliki norma-norma sosial menggunakan analogi pertumbuhan organisme yang dijunjung tinggi oleb masyarakat karena tubuh. Sikap-sikap yang melekat pada an lain. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2010 BAB 6 (A) proses sosial yang memungkinkan terjadi. primordialisme adalah .Perkelahian antarpelajar yang sering terjadi di seseorang yang hidup di dalam perkotaan dan disertai dengan penjarahan. yakni pandangan atau paham (2) sifat masyarakat yang tertutup. tidak berbasis kepentingan masyarakat. nya disintegrasi sosial. dalam masyarakat majemuk di Indonesia adalah .. tujuan SEBAB Pembangunan yang bersifat tinier dari masyarakat tradisional menjadi modern 9. (4). (1) non-conformist (3) memaksa anggota masyarakat agar (2) anti sosial mentaati norma-norma yang (3) radikal bersangkutan. pelemparan. orang-orang immoral yang terbatas dan diing:nkan oleh orang crowd cenderung melanggar norma banyak. disebut immoral crowd. (C) interaksi sosial yang mengandung SEBAB perjuangan untuk mendapatkan sesuatu Selain bersifat ekspresif. . dan perusakan fasilitas umum (2) memberikan sanksi bagi anggota merupakan perilaku menyimpang .. (1) Suku bangsa (2) ras (3) a g a m a (4) gender 11. yang menunjukkan sikap berpegang teguh pada (3) kesamanan berbagai unsur budaya hal-hal yang sejak semula melekat pada diri (4) kurangnya pengetahuan terhadap kebudaya- individu.. masyarakat.Terdapat anggapan umum di masyarakat bahwa perilaku menyimpang diartikan tindakan yang kontraproduktif terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat. SEBAB Aturan-aturan yang ada dalam masyarakat cenderung dibuat oleh kelompok elit potitik 302 .Konflik sosial sering dipicu oleh adanya sikap (1) penghargaan terhadap perbedaan: primordiafisme. (B) proses sosial untuk mempertahankan 12... (1) memberikan petunjuk bagi tingkah laku 14.

kerumunan orang-orang (B) tidak meramalkan kejadian-kejadian tersebut termasuk kumpulan orang yang social yang terjadi di masa depan … (C) tidak memberikan ukuran yang jelas (A) tidak bermoral terhadap perilaku masyarakat (B) bekerjasama (D) tidak melihat objek masyarakat (C) kurang menyenangkan sebagai sesuatu yang nyata dan apa (D) sedang panic adanya (E) bersifat emosional (E) tidak menilai apakah sesuatu 6. dan masyarakay adalah … pelabuhan banyak sekali orang yang (A) tidak memberikan sanksi secara sedang antri karcis ataupun menunggu hukum bagi mereka yang melanggar angkutan. kebudayaan adalah … “mengapa anda mengatakan dia sakit (A) berjiwa patriotic dalam membela mental?” “ karena perilakunya Negara menyimpang”. Ditinjau dari sudut pandang norma kehidupan sosiologi. ras/etnik. kecuali … 8. agama. stasiun kereta. Secara subtansial. ras/etnik. dan kepentingan sekolah. biasanya sebagai ilmu pengetahuan tentang diterminal Bus. secara sosiologi. dan idiologi belajar di SMA tersebut. (D) membangun kesadaran ber bhineka kasus tersebut merupakan konflik … tunggal ika 303 . dan mengalami konflik … golongan (A) structural (D) suku bangsa. kepentingan. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2009 BAB 7 SOSIOLOGI TAHUN 2009 (E) melakukan identitas kerawanan konflik horizontal 1. yang dimaksud sosiologi bersifat non etis 5. dalam kaitannya dengan perilaku (E) individu menyimpang. yang (A) suku bangsa. agama. Pada suatu (B) suku bangsa. Pada contoh ini. dan ras/etnik (B) fungsional (E) suku bangsa dan agama (C) kelompok (D) kedudukan 7. Suasana semakin (C) membentuk pribadi yang sadar akan ricuh ketika petugas turun tangan perbedaan mengusir mereka. seorang siswa berteriak di pepustakaan. berikut ini yang termasuk symbol penyimpang karena dia sakit mental”. ketika anak tersebut melanggar aturan golongan. BApak Budi (C) suku bunga. Horton dan Hunt pernah mengutip dialog berikut. kajian diferensiasi social di Indonesia (E) psikologis secara empiric dikonsentrasikan pada beberapa tujuan berikut. Indonesia dikenal fenomena social baik atau buruk sebagai masyarakat majemuk yang memiliki karagaamn dalam … 2. menjelang hari raya idul fitri. “ dia seorang 3. secara kebetulan mempunyai anak yang golongan. agama. Dialog tersebut (B) sumpah setia kepada Negara mengindisikan bahwa penyebab terjadi (C) wawasan kebangsan perilaku menyimpang adalah factor … (D) falsafah dan pandangan hidup suatu (A) biologis Negara (B) ekonomis (E) bendera nasional suatu Negara (C) sosiologis (D) kultural 4. (A) mewujudkan integrasi social Temannya menegurnya sehingga (B) menentukan strategi resolusi konflik terjadilah keributan. bapak Budi menjabat keepala SMA. ras/etnik. agama.

pada era tahun 2000 an perkembangan daripada di negara-negara maju sosiologi semakin mantap. legal. seperti di Poso. Jenis lembaga pengadilan social berikut (3) sulitnya akses konstitusional. dalam stralifikasi social yang bersifat terbuka. pertumbuhan pendiuduk alami di Negara- begara berkembang tiga kali lebihbbesar 10. KUMPULAN SOAL SOSIOLOGI TAHUN 2009 BAB 7 (A) etnik (1) kutangnya ruamg public yang dapat (B) norma dijadikan arena peretemuan antar (C) budaya kelompok (D) individual (2) terjadinya ambivalensi dalam (E) kelompok memahami kehidupan berbagai suku. sering terjadi perpindahan 11. dikalangan arti sIndonesia sering terjadi anggota masyarakat dari kelas social perkawinan campuran antara artis tertentu ke kelas social lain yang lebih perempuan Indonesia dengan pria asing. ini yang diapndang kurang efektif adalah dan institusional bagi kelompok … minoritas dan marginal (A) pendidikan (4) kesenjangan antara kepentingan (B) hukum pemerintahan pusat dan daerah (C) teguran (D) gossip 13. dan beberapa daerah yang lainnya adalah … 304 . rendah posisinya. Dalam masyarakat yang bersifat terbuka. penyeban konflik horizontal yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. dan agama 9. pandangan atau sikap yang menilai sosiologi dapat digunakan untuk … kebudayaan masyarakat lain dengan (1) menyelesaikan masalah-masalah menggunakan parameter kebudayaan social yang sedang terjadi masyarakat penilaian disebut (2) menganalisis masalah-masalah etnosentrisme social yang dihadapi masyarakat SEBAB (3) mengobati penyakit social dalam Etnosentrisme dapat menjadikan masyarakat semangat patriotism masyarakat semakin (4) mencari sebab-sebab terjadinya tinggi maalah social dan alternative solusinya 15. Fenomena seperti ini dianggap bisa SEBAB menaikkan prestise bagi sang artis. etnik. Penilaian seperti itu dilator belakangi status yang diperoleh banyak didasarkan oleh pandangan … pada prestasi (1) multikulturalisme (2) pluralism (3) chauvinism (4) xenosentrisme 12. Kenyataan ini menunjukkan bahwa 14. Ambon. bahkan SEBAB kehadirannya diakui banyak pihak dapat Angka mortalitas penduduk di Negara- memberikan sumbangan yang sangat negara berkembang lebih kecil daripada penting bagi usaha pembangunan dan Negara maju kehidupan sehari-hari masyarakat.