You are on page 1of 12

1.

Seorang laki-laki berusia 30 tahun, terdiagnosa schizophrenia paranoid,pada saat
diruangan perawatan pasien menolak minum obat. Tindakan keperawatan yang
sesuai dengan aspek legal etis adalah?
a. Biarkan pasien menolak pengobatan dan dokumentasikan.
b. Beri tahu pasien bahwa obat dapat diminum dengan jus jeruk
c. Beri tahu pasien bahwa pasien akan diberikan suntikan
d. Beritahu pasien bila menolak maka akan diisolasi
e. Beritahu pasien bahwa obat akan ditambah bila tidak diminum

2. Seorang pasien terdiagnosa schizophrenia tipe depressive, pasien mengatakan “
ingin mati saja kenapa suster tidak membiarkan saya mati saja”. Respon perawat
yang tepat diberikan pada pasiean?
a. “Bu, perasaan saat ini hanya sementara, ibu pasti bisa melewatinya?”
b. “Saya tidak mengerti, apa tujuan hidup bapa?”
c. “ Benarkah, perasaan ingin mati itu ada?”
d. “Boleh pa, saya yakin kita akan mati”
e. “Benarkah, masalah ibu akan selesai bila mati sekarang”

3. Seorang perempuan berusia 15 thn di bawa ke RSJ. Ketika dikaji, keluarganya
mengatakan bhwa pasien sering di cemooh karna pendek dan di buli oleh teman-
temannya sehuingga pasien sering menangis dan tidak mau sekolah lagi. Saat
diajak Apakah masalah keperawatan pasien?
a. Gangguan body image
b. Menari diri
c. Kerusakan interaksi sosial
d. Koping individu tidak efektif
e. Harga diri rendah situasional

4. Seorang perempuan berusia 27 tahun datang ke RSJ diantar oleh adiknya. Ketika
dianamnesis, pasien mengatakan bahwa dia sering melihat bayang lukisan
ayahnya yang bergerak-gerak di dingding, adik pasien menambahkan bahwa
pasien sering berbicara sendiri saat menghadap dingding. Apakah intervensi yang
tepat bagi pasien?
a. Melatih pasien mengontrol halusinasi
b. Memebrikan dukungan pada pasien
c. Memberikan pendidikan kesehatan pada pasien
d. Menyarankan pasien akif mengikuti TAK
e. Mengajak pasien untuk berkenalan dengan pasien lain

5. Seorang laki-laki,berusia 30 tahun pada saat dikaji klien tampak melamun dan
tertawa sendiri. Klien selalu menyendiri, klien selalu berdiam diri pada tempat
tidurdan selalu memisahkan dari orang lain. Klien mengatakan bahwa ia merasa

Apakah yang harus dilakukan perawat pada saat itu? a. “biasanya orang kalau merasa dilecehkan memang mengamuk” b. Nanti lama-lama juga lupa sendiri” c. “setelahmemecahkan barang-barang. Saya siap mendengarkan kalau mbak ani berssedia membagi kesedihan itu. hasil pengkajian didapatkan pasien sering tersenyum dan tertawa sendiri. Saya dulu juga pernah seperti itu” b. Mempratekkan cara perkenalan dengan satu orang atau lebih 6. “o. perasaan bapa jadi lega?” d. “apakah dengan cara seperti itu. Apakah tindakan selanjutnya pada pasien? a. pasien merasakannya setiap akan dating bayangan hitam itu. Pasien mengatakan sering melihat bayangan hitam yang muncul setiap sore. malas kuliah. Ajarkan cara berkenalan d.B umur 45 tahun mempunyai istri dan 3 orang anak.” Bagaimana respon perawat untuk menjawab pasien ini. Dengan tatap muka kosong ia mengatakan: “apa yang terjadi pada saya. Mempratekkan cara perkenalan dengan satu orang c.” d. a.” 7.itu namanya mbak ani sedang berduka. Melatih kemampuan ketiga b. “mbak. Perawat sudah memberikan tindakan pemberian obat. Mari bergaul lagi dengan teman-teman agar bisa melupakan kesedihan ini. tidak enak bergaul pada pasien lain. Sudah 5 bulan ini tidak bekerja karena di PHK. Masalahnya tidak akan selesai kalau bapa ngamuk” 8. Perawat sudah memberikan cara berkenalan dengan satu orang. Saya bisa merasakan betapa sedihnya ditinggal bapa. Tidak perlu mengamuk” c. “ia diterima saja keadaan bapa saat ini. Apakah tindakan selanjutnya yang harus diberikan oleh perawat? . Melatih kemampuan kedua e. “pa itu namanya ngamuk. makan dan bergaul dengan teman-temannya. itu yang namanya berduka jangan lama-lama ya berdukanya karena bisa berbahaya. Pasien laki-laki usia 50 tahun. “ e. “Mbak ani sedang berduka. masalah bapa selesai?” e.ia wajar ajalah. Tn. Seorang mahasiswi perguruan tinggi di suatu kota. sedang dirawat di RSJ karena mengamuk tanpa sebab. “mbak ani sedang berduka. Setelah bapanya meninggal selama satu minggu ini tampak murung. kadang menggerak-gerakan bibirnya. ko saya jadi malas begini. Saat ditanya perawat ia mengatakan :”saya memukul istri dan memecahkan piring dan gelas karena anak dan istri saya melecehkan saya semenjak saya tidak kerja”. “mbak ani sedang berduka.

Mengajarkan cara bercakap-cakap c. Selamat pagi mba.. Seorang perempuan berusia 50 tahun dirawat di rsj saat didekati oleh perawat pasien menghindar. kenalan dulu yuk? e. Mengajarkan cara berbicara yang baik b. selama itu menyenangkan” d. mulut komat-kamit seperti sedang ngobrol. a. nama saya M. boleh saya berkenalan. seorang anak perempuan berusia 8 tahun mengalami luka pada bagian sikut tangan. Orang tua anak tersebut membawanya ke puskesmas terdekat.. jika diajak komunikasi selalu diam. ekspresi terlihat murung. “Tidak apa-apa. Setiba nya d puskesmas anak tersebut terus menerus menangis dan menolak untuk di bawa ke puskesmas. tertawa. tidak usah didengarkan” b. selalu memisahkan diri teman-teman satu ruang. Saat dikaji tiba-tiba pasien mengatakan: “suster ini loh suara itu dating lagi”. nama kamu siapa? c. Tindakan apa yang harus di lakukan oleh perawat . Kenalan ya mbak. Selamat pagi mbak. Bagaimana respon perawat pada pernyataan tersebut? a. Mengajarkan napas dalam 9. kadang tersenyum. Memenangkan pasien tersebut b. a. “ya. pasien masih terlihat sendiri. nama saya M. Perawat menganjurkan untuk saling mengenal sesame teman. Langsung memberi tindakan terhadap anak tersebut d. Menganjurkan agar orang tuanya menengakan anaknya c. nama kamu siapa? d. Seorang laki-laki. nama saya M. hal itu bohong. Kayaknya belum kenalan sama saya.. Dibiarkan saja e. “saya percaya anda halusinasi semua perawat juga sudah tahu” e. saya dari semarang. nama mbak siapa? b. didengarkan saja. Mengajarkan cara membuat jadwal kegiatan e. Mengajarkan cara menghardik halusinasi d. saya dari semarang? 10. Apakah yang perawat katakana saat mengajarkan pasien berkenalan? a. umur 26 tahun dirawat di rsj sudah hari ke 3. “saya percaya hal itu tidak ada masalahnya saya tidak mendengar” 11. Selamat pagi mbak. “saya percaya anda mendengar tetapi saya sendiri tidak mendengar” c.. Dimarahi perawat . ekspresi pasien tampak ketakutan.

datang diantar saudaranya ke rumah sakit.. Verbal b. Apakah diagnosis yang paling tepat pada kasus diatas? a. berdebar-debar. Membujuk orang tuanya agar supaya keluar dari ruangan e. Anak tersebut berada di ruangan bersama orang tuanya. Gangguan bipolar c. Gangguan panik b. Mengecek TTV d. Gangguan tuna ganda 16. Seorang perempuan berusia 20 tahun. a. Seorang anak perempuan berusia 8 tahun dia dirawat di rs karena mengalami kecelakaan terjatuh dari sepeda. Gangguan tuna netra b.12. Hal ini terasa apabila berada dikamar kecil yang tertutup rapat. Gangguan tuna grahita e. a. Gangguan tuna daksa d. pasien seperti kebingunan arah untuk menuju kekasur. Namun anak kecil tersebut .. Gangguan tuna wicara c. Gangguan tuna rungu e. Seorang anak kecil diperkirakan berumur 10 tahun dengan kondisi sedang menangis di pinggir jalan. Menyuruhnya untuk menulis apa yang di rasakan oleh anak tersebut 14. Masyarakat sekitar yang kebetulan melihat anak kecil tersebut langsung bertanya mengenai orang tua dan alamatnya. Non verbal c. Anak tersebut menangia kesakitan. Namun ketika dokter bertanya mengenai keluhan-keluhannya pasien tersebut seperti kebingungan apa yang sedang diucapkan oleh dokter tersebut. Prabicara d. dan disertai mulut terasa kering. Jadi kasus di ayas termaauk kedalam bentuk komunikasi . ia merasa sesak nafas seperti kehabisan oksigen. Gangguan fisik d... Apakah diagnosis yang paling tepat pada kasus diatas? a. dengan keluhan sesak nafas. Gangguan daksa 15.. Memberikan obat yang di butuhkan c.. Untuk mendapatkan data dari pasien anak tersebut perawat harus mengkaji . Seorang pria berusia 30 tahun datang ketempat praktik dokter umum dengan keluhan otot-otot terasa tegang dan sulit berkonsentrasi. Seorang anak berusia 9 tahun meringis kesakitan. Membwrikan kompres 13. Memberikan gambar skala nyeri agar pasien dapat memilih di bagian mana yang dirasakan nyeri b.. Ketika dokter menyuruh pasien tersebut berbaring ke kasur untuk diperiksa. keringat dingin. Memberikan gambar e.

tidak menjawab dan hanya bisa menangis saja. Gangguan tuna grahita d. Klarifikasi d. Perawat memberikan contoh yang konkrit dan mudah dimengerti oleh pasien. Diam b. TTV dalam batas normal. Gangguan jiwa c. Apakah masalah kesehatan yang sedang dialami pasien tersebut? a. Gangguan tuna rungu b. Gangguan tuna wicara b. dalam teknik komunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman . Gangguan hubungan sosial 20. Memfokuskan e. Gangguan tuna wicara c. Gangguan tuna laras e. Gangguan tuna laras d. sekalinya menjawab saya (masyarakat) tidak mengerti dengan bahasa isyaratnya. Disebut sengan teknik apa yang dilakukan perawat tersebut? a. Gangguan tuna rungu d. Memfokuskan b. Apakah diagnosis yang paling tepat pada kasus diatas? a. Klarifikasi 19. perawat selalu mengulang perkataan dari pasien agar pesan dapat di sampaikan dengan benar. Disebut apakah tehnik komunikasi tersebut? a. Menawarkan diri e. Gangguan tuna ganda e. Ada seorang pasien yang mengidap tuna wicara. Seorang anak perempuan berumur 7 tahun yang akan melanjutkan sekolahnya kejenjang yang lebih tinggi tetapi dia memiliki kemampuan intelektual dibawah rata- rata sehingga dia tidak dapat masuk ke sekolah umum seperti anak lainnya. Seorang laki-laki usia 30 tahun datang ke UGD 1 jam yang lalu karena kecelakaan pasien merasakan telinganya mendengung dan mengeluh tidak bisa mendengar. Gangguan emosional b. Gangguan tuna daksa 18. Gangguan cacat kombinasi 17. Gangguan tuna daksa c. Ada seorang pasien yang mengalami gangguan tuna netra yang sedang berkomunikasi dengan seorang perawat. perawat berusaha untuk mempersempit topik pembeciraan agar dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan perawat dikarenakaan pasien yang terlalu banyak berbicara tampa arah pembicaraan yang jelas. Diagnosa apakah yang tepat untuk anak tersebut? a. Gangguan spiritual e. Diam c. Meringkas d. Menawarkan diri c. Memberi penghargaan .

Tuna wicana e. Suasana hormat menghormati b.. Diam b. Ada seorang pasien yang mengalami gangguan tuna wicara yang sedang berkomunikasi dengan seorang perawat. Tuna daksa 24. a. Memberi penghargaan 23. Suasana menjaga privasi d. a. Tuna grahita c. Memfokuskan e. Karena agar perawat dapat mengerti komunikasi dengan klien dewasa e. Ada seorang paien yang mengalami gangguan tuna wicara yang sedang berkomunikasi dengan seorang perawat. Tuna netra b. Menawarkan diri c.. Karena gerakan tubuh dan nada suara member tanda tentang status emosional dari orang dewasa d. Klasifikasi d. Suasana seperti apa yang harus ada dalam berkomunikasi dengan orang dewasa . Memberikankeuntunganbahwasumberinformasijelasdanberkompetenpesanlangsungk epadapenerimatanpaperantarajugatidakadafeed backadalah model. Klasifikasi d.. Diam b. Menawarkan diri c. Disebut dengan teknik apa yang dilakukan perawat tersebut? a. Memberi penghargaan 22. Mengapa komunikasi verbal dan no verbal harus saling mendukung satu sama lain. a. Model komunikasi Leary b. perawat tersebut memberikan penawaran terhadap pasien.. Ada seorang anak mengalami kecelakaan dan terjadi pendarahan dibagian telinga dan diponis oleh dokter pendengaraannya usia dia hanya menggunakaan bahasa isyarat... Suasana saling berbicara e. Model shanondan Weaver c. Karena gerakan tubuh dan nada suara member tanda tentang seberapa mampu orang dewasa berkomunikasi dengan baik c. Model King . Karena komunikasi verbal dan non verbal sangat dibutuhkan untuk perawat 26. perawat berusaha untuk diam sejenak dan memahami apa yang disampaikan pasien tersebut.. Tuna ganda d. a.21. Memfokuskan e. Suasana saling menurut 25. Karena komunikasi verbal dan non verbal mempengaruhi sifat seseorang b. dan disebut dengan teknik apa yang dilakukan perawat tersebut? a. Suasana kemandirian c.

Komunikasiadalahsuatu proses emosionaldanintelektual c. “Silahkan lakukan tindakan terhadap saya.. manakah yang termasuk suasana komunikasi saling menghargai a. Orang dewasa sering berontak 31. “Silahkan lakukan tindakan terhadap saya sus. Faktor apakah yang harus di perhatikan dalam berkomunikasi dengan orang dewasa? a. karena suster beda keyakinan dengan saya” b. Orang dewasa selalu bisa di ajak kerjasama c. “Saya tidak mau di rawat oleh suster karena suster karena suster bukan orang sini” c. Orang dewasa bukanlah tong kosong yang mudah diisi b.. Komunikasiadalahsuatupengetahuan yang diinginkanoleh orang dewasaitusendiri. “Saya tidak mau makan itu sus. b. Menurut Ericson tahap hidup apakah yang terjadi pada orang dewasa? a. Membiarkan pasien 29. Love vs hate c. Jikalau di tinjau dari segi psikologis orang dewasa dalam komunikasi mempunyai sikap sikap tertentu. Intimasi vs isolasi b. Minta bantuan senior e. Orang dewasa mandiri d. Model shanondan Weaver c. Minta bantuan orang ke tiga c. Menjelaskan keuntungan dan kerugian yang akan terjadi d. a. Model komunikasiNicNoc 27. Model komunikasi Leary b. Like vs unlike 30. Model komunikasikesehatan e. Di dalam komunikasinya orang dewasa mempunyai suasana dalam komuniikasi salah satunya adalah suasana saling menghargai. d. Komunikasi adalah interaksi individu dengan dirinya sendiri 32. tidak apa apa kita beda keyakinan juga asalkan saya sembuh” d. Follow vs unfollow d. Model King d. Bagaimanakah caranya berkomunikasi dengan orang dewasa yang memiliki sifat teguh dengan pendirianya a. Model komunikasiapa yang lebihmengutamakanadanyafeed back. Pendekatan dengan baik b. Komunikasiadalahhasilkerjasamaantaramanusia yang saling member danmenerima d. Model komunikasiNicNoc 28. kecuali a. Model komunikasikesehatan e. asalkan suster mau membayar saya” .

“Kan saya sudah suruh bapak untuk makan. interpreter atau sebagai pendamping masalah – masalah rahasia yang terjadi merupakan jenis pendekatan… a. Minta bantuan orang ke tiga d. kenapa bapak masih tetap tidak mau makan?’ c. saya perawat Ani shif pagi dari jam 8 s. Fisik b. disini pak saya akan memberi bapa obat sebagaimana kontrak kemarin” d. Pendekatan psikologi d. Berikut adalah contoh dalam komunikasi dengan orang dewasa yang baik dan benar. Pendekatan sosial c. jam 2. saya perawat Ani shif pagi dari jam 8 s.d. a. Pendekatan spiritual 38. Pendekatan psikologi c. “Siang pak. awalnya karena saya jarang makan di tambah aktivitas yang sangat padat” b. Membujuknya hingga mau di beri tindakan b. Pendekatan sosial 39. obatnya sudah di makan kan” b. Komunikasi seperti apakah yang harus di lakukan oleh perawat jika mendapatkan pasien dewasa yang tidak mau di beri tindakan a. Pendekatan spiritual d.33. Membiarkannya 36. “Saya sakit sudah lama sus. Asertif d.? a. Di dalam komunikasinya orang dewasa mempunyai suasana dalam komuniikasi salah satunya adalah suasana saling terbuka. Sosial c. Perawat memberikan arahan dalam hubungan pasien dengan tuhan atau agama yang di anut nya merupakan jenis pendekatan. kecuali a. Di salah satu rumah sakit X terdapat pasien lansia di rawat inap di ruang mawar dengan keluhan sakit kepala dan mual muntah setelah di lakukan asuhan keperawatan . suporter.d. “Selamat siang bapak. Pendekatan fisik b. Pendekatan sosial b. Perawat bertindak sebagai konselor. hari kemarin terjadinya” c. “Selamat siang bapak. manakah yang termasuk suasana komunikasi saling terbuka a. “saya sakit. jam 2 akan memberikan racun kepada bapak” 35. “Saya merasa sakit saya semakin parah dan saya perlu obat” 34. “saya tidak tau kenapa diri saya sakit” d. Spiritual 37. Menjelaskan keuntungan dan kerugian yang akan di dapatkan dari tindakan tersebut c. Di bawah ini yang bukan termasuk kepada pendekatan untuk berkomunikasi terapetik adalah…. advokat.

Model leary d. Teknik Asertif b.. beberapa hari di rumah sakit tersebut pasien terlihat menolak di rawat oleh beberapa perawat dan menunjukan perubahan prilaku sehingga harus melibatkan anggota keluarga pasien yang berpengaruh.kecuali. Menatap b. Agresif c. Libatkan keluarga atau pihak terdekat dengan tepat d.. Teknik Fokus d. Teknik Suporsif 42. a. Model terapeutik 40. Model SMCR c. Adanya perubahan perilaku lansia dari penolakan menjadi kooperatif. a. Merasa tidak berdaya 43. termasuk model komunikasi apakah pada kasus di atas. a.. Model komunikasi shannon weaver b. memahami pasangan bicara dengan menunjukkan sikap peduli. sabar untuk mendengarkan dan memperhatikan ketika pasangan bicara agar pembicaraan dapat dimengerti adalah teknik . Non asertif d. Tampil diam (pasif) d. Jika pasien lansia melakukan penolakan. a. Teknik Responsif c. a. Meremehkan orang lain c. Di rumah sakit X terdapat pasien lansia di rawat di ruang melati dengan keluhan sesak nafas ketika di lakukan asuhan keperawatan pasien tersebut menunjukan sikap menarik diri bila di ajak berbicara oleh perawat dan merasa tidak berdaya serta merasa tidak sebaik orang lain. Teknik utama yang dilakukan pada komunikasi terapeutik adalah . berdasarkan kasus di atas termasuk hambatan dalam berkomunikasi apakah… a. Shannon Weaver . Kenali segera reaksi penolakan pasien c.. Dapat diterima dengan mudah b. Pendengar aktif d. tindakan paling pertama yang harus dilakukan adalah. Orientasikan pasien lansia pada pelaksanaan perawatan diri sendiri b.. Lawan bicara 45. dalam komunikasi ini diperlukan keterlibatan anggota keluarga pasien merupakan salah satu contoh model komunikasi … a. Badan condong ke arah pasien c.. Membiarkan 41.. Teknik yang dapat menerima. Hambatan yang dapat terjadi pada komunikasi terapeutik pada lansia adalah... Pasif b. Fokuskan alur komunikasi 44.

Merasa tidak berdaya c. menghargai dan harmonis. keyakinan kesehatan c. Keyakinan Kesehatan 47. Menonjolkan diri sendiri 50. model ini termasuk kedalam model komunikasi … a. Keyakinan Kesehatan 48. Leary c. terapeutik d. Beberapa hal yang dapat membantu jalannya komunikasi adalah. Terapeutik d. Cilla anak perempuan berusia 7 tahun yang dirawat di RS. kecuali … a. Keraskan suara jika perlu b. Tampil diam (pasif) 49. Teknik orang ketiga d. Ada seorang anak berusia 8 tahun yang menolak diberikan obat oleh perawat. Shannon Weaver b. Merasa rendah diri d. kecuali . Relationship. Pasien membutuhkan perhatian lebih untuk menungkapkan perasaannya di dalam model komunikasi ini perawat dituntut untuk lebih banyak mendengarkan apa yang diungkapkan oleh pasien. Dari kasus diatas cara berkomunikasi manakah yang harus dilakukan oleh perawat… a. Leary c. Memfasilitasi anak berbicara 52. Terapeutik d. Dari kasus ini apa yang harus dilakukan perawat supaya cilla tidak merasa takut dan asing lagi…. b. Keyakinan Kesehatan 46. Sikap non asersif antara lain. Dapat perhatian pasien c. Teknik biblio terapi c. leary 51. Teknik skala nyeri e. Cilla masih asing dengan stetoskop yang digunakan perawat. a. Biarkan pasien membuat kesalahan d. Leary c. komunikasi kesehatan b. Dia selalu menangis dan memanggil-manggilibunya. Model komunikasi ini mendorong melaksanakan komunikasi dengan empati. .X menolak dan mengangis untuk dicek detak jantung menggunakan stetoskop oleh perawat. Terapeutik d. transaksi dan konteks termasuk kedalam model komunikasi … a. Menarik diri b. Shannon Weaver b.. Teknik bercerita b. ini termasuk kedalam model komunikasi … a.

a. Tindakan yang harus dilakukan oleh perawat…. Saat sadar dirumah sakit anak tersebut memanggil-memanggil ibunya. Dalam teknik komunikasi dalam keperawatan anak ada teknik Biblio terapi. a. Diamkan saja. Seorang anak berusia 8 tahun mengalami luka pada bagian sikut. Memarahinya d. Dan dibawa ke RS oleh warga sekitar. Dibiarkan saja e. Yang harus dipahami oleh perawat adalah tentang…. Memberitahu orang tuanya agar menyuruh anaknya tenang d. Memaksa agar mau dicek detak jantungnya e. Teknik mengajak bermain anak b. Seorang pasien anak masuk RS karena ditemukan tergeletak dijalan karena tabrak lari. a. Memberi kesempatan pada cilla untuk menyentuh alat pemeriksaan yang akan digunakan 53. Social budaya c. Menenangkan pasien tersebut b. dia terluka dibagian lengannya. Teknik menggambar d. lalu cek lain waktu b. Langsung member tindakan terhadap anak tersebut d. Teknik yang memberikan anak sebuah majalah anak-anak/buku cerita c. Seorang anak berusia 9 tahun meringis kesakitan. Seorang pasien anak berusia 6 tahun masuk RS karena terjatuh dari sepeda. a. Memberikan gambar skala nyeri agar pasien dapat memilih dibagian mana yang dirasakan nyeri . Orang tua anak tersebut membawa ke puskesmas terdekat. sedangkan ibunya belum datang. Teknik berbicara e. karakter 55. a. Memaksa anaknya supaya diam c. Menganjurkan agar orang tuanya menenangkan anaknya terlebih dahulu c. Untuk mendapat data dari pasien tersebut perawat harus mengkaji…. anak tersebut menangis dan meronta-ronta. Apa itu teknik biblio terapi…. Nilai d. a. Teknik bermain 54. Setibanya di puskesmas anak tersebut terus menerus menangis dan menolak untuk di bawa ke puskesmas. Panic 56. Membiarkan anak tersebut menangis b. Emosional b. Anak tersebut berada di ruangan bersama orang tuanya. Apa tindakan perawat dalam berkomunikasi dengan anak tersebut…. Menenangkannya dengan kata-kata yang halus c. Dimarahi oleh perawat 57.

Verbal b. b. Non-verbal c. Ketika anak berperilaku destruktif. Membujuk orang tuanya agar supaya keluar dari ruangan e. Pada saat perawat akan memberi/membantu anak tersebut untuk minum obat anak itu berteriak. Prabicara d. a. Mengecek TTV d. Menyuruh untuk menulis apa yang di rasakan oleh anak tersebut 59. Gunakan teknik modifikasi perilaku yang tepat d. segera amankan diruang isolasi c. Tunggu sampai anak tersebut tenang.. Tindakan apa yang dapat menjadi alternatif perawat untuk melakukan tindakan pemberian obat tersebut. Seorang anak lakilaki berusia 10tahun dirawat di RS dengan keluhan demam. Memberikan gambar e.. Seorang anak perempuan berusia 8 tahun dia dirawat di RS karena mengalami kecelakaan terjatuh dari sepeda.. Memberikankompres 58. Berikan obat penenang saat anak histeris b. Memberikan obat yang dibutuhkan c. Jadi kasus diatas termasuk kedalam bentuk komunikasi terhadap anak dengan… a.. anak tersebut menagis kesakitan. kerja sama berserta orang tua anak tersebut dalam pemberian obat . Anak tersebut kurang menyukai orang asing disekitarnya.