You are on page 1of 10

ASPEK KAJI BANDING

I KEPEMIMPINAN

SKOR
1.1
Visi dipahami oleh setiap aggota organisasi rumah sakit (shared vision)
1.2 Misi-misi puskesmas dioperasionalkan
budaya organisasi diterapkan dalam semua aktivitas puskesmas (medis maupun non
1.3 medis

II PERENCANAAN

SKOR
2.1
Terdapat rencana strategis yang komprehesif meliputi semua aspek bisnis dan rencana
eksekusinya
2.1
terdapat sistem monitoring dan evaluasi renstra yang terstruktur dan akurat

III MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

SKOR
3.1 Perencanaan SDM disusun berdasarkan proyeksi pengembangan organisasi sesuai
dengan renstra Puskesmas
3.2
Staf medis maupu non medis ditempatkan sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi
tiap-tiap posisi jabatan
3.3 Staf medis maupun non medis mendapatkan pelatihan dan pengembangan
sesuai dengan jabatan masing-masing secara rutin
3.4
staf medis maupun non medis mendapatkan jaminan keberlangsungan kerja dan
jenjang karir serta kepuasa kerja
3.5
Terdapat penilaian kinerja yang sistematis dan akurat serta isentif yang layak.

IV KUALITAS DAN HASIL PELAYANAN

4.1 Tingkat Penanganan Emergency Triage
SKOR
Response time penanganan pasien gawat darurat (menit)

3 Laporan keuangan telah diaudit oleh akuntan publik 6.2 DOSA (Day Of Surgery Admission) SKOR Angka rata-rata waktu tunggu pelaksanaan operasi (hari) 5.4 Angka Infeksi SKOR Jumlah pasien yag terkena infeksi per 1000 pasien yang dirawat V PROSES DAN EFISIENSI 5.4.2 Acute Readmission SKOR Pasien datang kembali dalam rentang 7 hari setelah selesai dirawat (per 1000 discharge) 4.2 Bentuk dan sosialisasi laporan keuaga termasuk di dalamnya rasio profitabilitas 6.3 DNA (Did Not Attend) SKOR Angka jumlah pasien yang tidak terlayani di poliklinik spesialis (per bulan) VI MANAJEMEN KEUANGAN SKOR 6.1 Perencanaan Keuangan dan Anggaran 6.3 Tingkat Kepuasan Pasien SKOR % pasien yang puas terhadap pelayanan yang diberikan 4.4 Idetifikasi Cost Center dan Revenue center 6.5 Konsep pembiayaa BPJS .1 ALOS (Average Length Of Stay) SKOR Angka rata-rata lama hari perawatan pasien (hari) 5.

instrumen . SPO penilaian kinerja 47 Rencana penilaian kinerja. SPO kaji banding. SPO tentang penyelenggaraan pelayanan. Rencana kaji banding. instrumen penilaian kinerja. dan hasil penilaian kinerja 48 Hasil analisis penilaian kinerja 49 Tindak lanjut penilaian kinerja untuk perbaikan kinerja 50 RUK disusun berdasarkan penilaian kinerja KRITERIA 2 51 SK Kapus tentang pengumpulan data kinerja 52 Hasil analisis periodik penilaian kinerja 53 Pedoman/kerangka acuan penilaian kinerja dengan menggunakan indikator dan standar yang jelas 54 SPO penilaian kinerja.34 35 36 37 38 39 40 41 program. SPO tentang tertib administratif pengembangan teknologi untuk mempercepat proses pelayanan KRITERIA 6 42 SPO keluhan dan umpan balik dari masyarkat pengguna pelayanan media komunikasi yang disediakan untuk menyampaikan umpan balik 43 Hasil analisis dan rencana tindak lanjut keluhan dan umpan balik 44 Bukti tindak lanjut terhadap keluhan dan umpan balik 45 Bukti evaluasi terhadap tindak lanjut keluahan dan umpan balik KRITERIA 1 46 SK Kapus tentang penilaian kinerja puskesmas kebujakan tentang pemilihan indikator kinerja.

kepala puskesmas. misi. pemetaan kompetensi. laporan kaji banding 55 Laporan tindak lanjut perbaikan kinerja dan kaji banding. Bukti penerapan hasil pelatihan KRITERIA 5 15 SK Kapus tentang kewajiban mengikuti program orientasi bagi kepala puskesmas. (STTPL). penanggung jawab program dan pelaksana kegiatan yang baru 16 Kerangka acuan program orientasi. kaju banding. penanggung jawab program dan pelaksana kegiatan 5 Uraian tugas kapus. kepala puskesmas. penanggung jawab program dan pelaksana kegiatan 10 Pola ketenagaan. rencana pengembangan kompetensi. misi dan tata nilai puskesmas 20 SPO tentang peninjauan kemabli tata nilai dan tujuan puskesmas. bukti pelaksanaan perbaikan kinerja pasca analisis kinerja dan pasca kaji banding BAB II KEEMIMPINAN DAN MANAJEMEN PUSKESMAS KRITERIA 1 1 Struktur organisasi puskesmas yang ditetapkan oleh kepala dinKES Kab 2 SK Kapus tentang penetapan penanggung jawab program puskesmas 3 SPO komunikasi dan koordinasi KRITERIA 2 4 Uraian tugas kapus. sertifikat pelatihan 14 Kebujakan tentang kewajiban menerapkan hasil pelatihan bagi petugas yang selesai mengikuti pelatihan. dan tata nilai puskesmas 19 SPO tentang komunikasi visi. bukti pelaksanaan kegioatan orientasi 17 SPO untuk mengikuti seminar. pendidikan dan pelatihan KRITERIA 6 18 SK Kapus tentang visi. penanggung jawab program dan pelaksana kegiatan 6 Bukti evaluasi pelaksanaan uraian tugas KRITERIA 3 7 Bukti evaluasi terhadap struktur organisasi puskesmas 8 Bukti tindak lanjut kajian struktur organisasi KRITERIA 4 9 Persyaratan kompetensi. penanggung jawab program dan pelaksana kegiatan 11 Pola ketenagaan pemetaan kompetensi 12 Kelengkapan file kepegawaian untuk semua pegawai di puskesmas yang diupdate 13 Bukti pelaksanaan rencana pengembangan kompetensi. Bukti pelaksanaan peninjauan ulang tata nilai dan tujuan penyenggaraan program dan pelayanan .

panduan. bukti penilaian kinerja 24 Struktur organisasi tiap program 25 SPO pencatatan dan pelaporan dokumen pencatatan dan pelaporan KRITERIA 8 26 Uraian tugas kepala puskesmas. Bukti-bukti pelaksanaan pengarahan 23 SPO penilaian kinerja. misi. pedoman pelayanan puskesmas. kerangka acuan dan SPO KRITERIA 12 41 SK Kapus tentang komunikasi internal 42 SPO komunikasi internal 43 Dokumentasi pelaksanaan komunikasi internal 44 Bukti pendokumentasian pelaksanaan komunikasi internal 45 Bukti tindak lanjut rekomendasi hasil komunikasi internal KRITERIA 13 46 SPO tentang kajian dampak negatif kegiatan puskesmas terhadap lingkungan . penanggung jawab program dan pelaksana kegiatan pembangunan berwawasan kesehatan dan pemberdayaan masayarakat 27 SPO pemebrdayaan masayarakat dalam perencanaan maupun pelaksanaan pprogram puskesmas 28 SPO komunikasi dengan sasaran program dan penyelenggaraan program dan kegiatan puskesmas KRITERIA 9 29 Kerangka acuan SPO instrumen tentang penilaian akuntabilitas penanggung jawab prorgam dan penanggung jawab pelayanan 30 SK Kapus dan SPO pendelegasian wewenang 31 SPO umpan balik (pelaporan) dari pelaksana kepada penanggung jawab program dan pimpinan puskesmas untuk perbaikan kinerja KRITERIA 10 32 Hasil lokakarya minilintas program dan lintas sektor tentang identifikasi pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan program dan krgiatan puskesmas 33 Uraian tugas dari masing-masing pihak terkait 34 Uraian tugas dari masing-masing pihak terkait 35 SPO evaluasi peran pihak terkait. tujuan dan tata nilai puskesmas KRITERIA 7 22 SPO pengarahan oleh kepala puskesmas maupun oleh penanggung jawab program dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.21 Kebijakan SPO tentang penilain kinerja apakah sesuai dengan visi. pedoman/kerangka acuan penyelenggaraan program 37 Pedoman dan panduan kerja penyelenggaraan program puskesmas 38 SPO pelaksanaan program dan pelayanan puskesmas 39 SPO pengendalian dokumen dan SPO pengendalian rekaman 40 panduan penyusunan pedoman. Hasil Evaluasi peran pihak terkait dan tindak lanjut KRITERIA 11 36 Panduan (manual) mutu puskesmas.

misi. brosur. dan pasien penggunan pelayanan puskesmas. dokumen rencana anggaran.47 SK kapus tentang penerapan manajemen resiko. penyimpanan dan retriving (pencairan kembali) data 67 SPO analisis data 68 SPO pelaporan dan distribusi informasi 69 Bukti evaluasi dan tindak lanjut pengelolaan data dan informasi KRITERIA 1 70 SK Kapus tentang hak dan kewajiban sasaran program. tentang hak dan kewajiban sasaran program dan pasien pengguna jasa puskesmas 71 Brosur. poster. leaflet. leaflet. hasil dan tindak lanjut monitoring kinerja 53 Hasil kajian dan tindak lanjut terhadap monitoring kinerja KRITERIA 15 54 SK Kapus dan panduan anggaran yang melibatkan penanggung jawab program dan pelaksana 55 SK dan uraian tugas dan tanggung jawab pengelola keuangan 56 Panduan penggunaan anggaran 57 Panduan pembukuan anggaran 58 Kebijakan dan SPO audit penilaian kinerja pengelola keuangan 59 Hasil audit kinerja pengelola keuangan KRITERIA 16 60 SK dan uraiann tugas dan tanggung jawab pengelola keuangan 61 SK dan uraiann tugas dan tanggung jawab pengelola keuangan 62 Panduan pengelolaan keuangan. tentang hak dan kewajiban sasaran program dan pasien/pengguna jasa puskesmas 72 SK Kapus dan SPO untuk memenuhi hak dan kewajiban pengguna KRITERIA 2 73 SK Kapus dan kesepakatan tentang aturan main dalam pelaksanaan program pelayanan program pelayanan di puskesmas 74 Aturan mains sesuai dengan visi.tata nilai dan tujuan puskesmas (cel kesesuaian aturan main) . poster. dokumen proses pengelolaan keuangan 63 Dokumen laporan dan pertanggung jawaban keuangan 64 Bukti pelaksanaan dan tindak lanjut audit keuangan 65 SK kapus tentang ketersediaan data dan informasi di puskesmas SK pengelola informasi dengan uraian tugas dan tanggung jawab 66 SPO pengumpulan. KRITERIA 14 49 SK kapus dan SPO tentang penilaian kinerja oleh kepala puskesmas dan penanggung jawab 50 Hasil penilaian kinerja dan tindak lanjut penilaian dalam bentuk perbaikan kinerja 51 Panduan pentahapan pencapaian kinerja yang ditetapkan oleh kapus 52 SPO monitoring kinerja. Hasi l pelaksanaan manajemen resiko: identifikasi resiko nalisis resiko pencegahan 48 Hasil kajian dan tindak lanjut terhadap gangguan/dampak negatif terhadap lingkungan dan pencegahannya. panduan manajemen resiko.

Bukti hasil pelaksanaan tindak lanjut . KRITERIA 1 75 SK Kapus tentang penyelenggaraan kontrak pihak ketiga SK penetapan Pengelola kontrak kerja 76 Dokumen kontrak (MOU) dengan pihak ketiga 77 Dokumen kontrak (MOU) dengan pihak ketiga KRITERIA 2 78 Kejelasan indikator dan standar kinerja pada dokumern kontrak 79 Kebijakan dan SPO monitoring kinerja pihak ketiga. wewenang dan tanggung jawab manajemen mutu 3 Pedoman peningkatan mutu dan kinerja puskesmas 4 SK kapus tentang kebijakan mutu 5 Bukti yang menunjukkan adanya komitmen bersama seluruh jajaran puskesmas untuk meningkatkan mutu dan kinerja (pernyataan tertulis. instrumen monitoring Evaluasi dan hasil monitoring pihak ketiga 80 Bukti tindak lanjut monitoring KRITERIA 1 81 SK dan uraian tugas dan tanggung jawab pengelola barang 82 Daftar inventaris 83 Program pemeliharaan dan bukti pelaksanaan program pemeliharaan 84 Kebijakan dan SPO tentang penyimpanan barang termasuk bahan berbahaya 85 Skpenanggung jawab kebersihan puskesmas program kerja kebersihan lingkungan 86 SK penanggung jawab kendaraan program kerja perawatan kendaraan 87 Dokumen pencatatan dan pelaporan barang inventaris BAB III PENINGKATAN MUTU PUSKESMAS (PMP) KRITERIA 1 1 SK wakil manajemen mutu 2 Uraian tugas. Hasil-hasil pertemuan dan rekomendasi 9 Rencana tindak lanjut terhadap temuan tinjauan manajemen. foto) KRITERIA 2 6 Rencana tahuanan perbaikan mutu 7 Bukti-bukti pelaksanaan perbaiakan mutu dan kinerja notulen manajemen 8 SPO pertemuan tinjauan manajemen.

KRITERIA 3 10 Uraian tugas. Pelatihan tim audit internal. pembentukan tim audit internal. Rencana program perbaikan mutu dan bukti pelaksanaan KRITERIA 4 13 Laporan kinerja. wewwenang dan tanggung jawab wakil manajemen mutu 11 Identifikasi pihak-pihak terkait dan peran masing-masing 12 Notulen rapat atau catatan yang menunjukkan adanya penjaringan aspirasi atau inovasi dari pihak terkait. . analisis data kinerja 14 SPO audit internal. SPO identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program terhadap program 2 Kerangka acuan. Program kerja audit internal 15 Laporan hasil audit internal 16 Laporan tindak lanjut temuan audit internal 17 SPO rujukan jika tidak dapat menyelesaikan masalah hasil rekomendasi audit internal KRITERIA 5 18 SPO untuk mendapatkan asupan pengguna tentang kinerja puskesmas 19 Bukti pelaksanaan survei atau kegiatan forum-forum perberdayaan masyarakat 20 Analisis dan tindak lanjut terhadap asupan KRITERIA 6 21 SK Kapus tentang penetapan indikator mutu dan kinerja puskesmas. data hasil pengumpulan indikator mutu dan kinerja yang dikumpulkan secara periodik 22 SPO tindakan korektif 23 SPO tindakan preventif 24 Bukti pelaksanaan tindak lanjut terhadap hasil yang tidak sesuai KRITERIA 7 25 Rencana kaji banding (kerangka acuan kaji banding) 26 Instrumen kaji banding 27 Dokumen pelaksanaan kaji banding 28 Analisis hasil kaji banding 29 Rencana tindak lanjut kaji banding 30 Laporan tindak lanjut kaji banding 31 Hasil evaluasi dan tindak lanjut terhadap penyelenggaraan kegiatan kaji banding BAB IV 1.

Belum nampak secara nyata di Mulai nampak dalam aktivitas kegiatan sehari-hari sehari-hari namun haya pada level operasional tertentu 2 4 Hanya ada perencanaa tahunan (jangka pendek dan Perncanaan mulai disusu secara jangka panjang) sistematis meliputi semua aspek bisnis didukung dengan data yang dimiliki 2 4 Dikelola berdasarkan pada Mulai dikelola secara sistematis kebutuhan yag ada dan melibatkan fungsi manajemen medesak yang lain 2 4 > 30 menit 15 .30 menit 2 4 .

>30 hari 15 .29 % 2 4 < 70 % 70 .80 % 2 4 >5% 3-5% 2 4 > 5 hari 5 hari 2 4 .30 hari 2 4 2 4 Pengelolaan dengan kewenangan terbatas Pegelolaan secara madiri dengan pengawasan dari suprastruktur (pemerintah) 2 4 . 30 -50 % 20 .