You are on page 1of 4

PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE JAYA

DINAS KESEHATAN DAN KELUARGA BERENCANA
PUSKESMAS BANDAR BARU

Jl. Banda Aceh – Medan Km 135 Lueng Putu Kode Pos.24184

Email:bandarbaru_puskesmas@yahoo.com

KEPUTUSAN
KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU.
NOMOR : / / SK / ADM / II / 2017

TENTANG

KOMUNIKASI INTERNAL

KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU.

Menimbang : a. bahwa agar pelaksanaan pelayanan Puskesmas Bandar Baru
sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka perlu disusun
perencanaan puskesmas berdasarkan analisa kesehatan
masyarakat;
b. Bahwa masyarakat mudah mendapatkan akses pelayanan,
informasi dan umpan balik, maka perlu disusun kebijakan
komunikasi internal puskesmas
c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaiman yang dimaksud
pada huruf a dan huruf b, perlu menetapkan dalam suatu
keputusan;

Mengingat : 1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009
tentang Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2009 Nomor 144, Tambahan Lembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 5063);
2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75
tahun 2014, tentang Puskesmas
3. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46
tahun 2015, tentagn Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat
Pertama;
4. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
1457/MENKES/SK/X/2003 tentang Standar Pelayanan
Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota;
5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2007 Tentang
petunjuk teknik penataan organisasi perangkat daerah;
6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2011 tentang
pembentukan Produk Hukum Daerah;

MEMUTUSKAN Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU TENTANG KOMUNIKASI INTERNAL PUSKESMAS BANDAR BARU Kesatu : Kebijakan tentang komunikasi internal Puskesmas Bandar Baru sebagaiman tercantul dalam lampiran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari surat keputusan ini Kedua : Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan / perubahan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di : Bandar Baru pada tanggal : KEPALA BANDAR BARU. HUSNI .

Kebijakan Kepala Puskesmas menetapkan dan melaksanakan Tinjauan Manajemen sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sekali dalam bentuk Rapat Tinjauan Manajemen yang terdiri dari : a. Tanggung jawab a. memo. pertemuan. B. 1) Menetapkan. TINJAUAN MANAJEMEN A. menerapkan dan memelihara prosedur Tinjauan Manajemen. sms. b. diskusi. UMUM 1. menerapkan dan memelihara prosedur Tinjauan Manajemen untuk memastikan kesesuaian. Koordinator administrasi. koordinator pelayanan klinis Menindak lanjuti hasil keputusan Rapat Tinjauan Manajemen. Ketua Tim Mutu Puskesmas. Komunikasi internal dilakukan dengan cara mini lokakarya yang dilaksanakan setiap bulan. kecukupan dan efektifitas penerapan Sistim Manajemen Mutu b. Menetapkan. LAMPIRAN : KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU NOMOR : / / SK /ADM /II/2017 TENTANG : KOMUNIKASI INTERNAL KOMUNIKASI INTERNAL Komunikasi Internal merupakan suatu media hubungan antar personal dalam lingkungan dalam kaitan pengelolaan kinerja terkait dengan manajemen mutu dan lingkungan. telepon dan media lain yang tepat untuk melakukan komunikasi. Tujuan Komunikasi Internal merupakan tersedianya mekanisme komunikasi dan konsultasi dua arah terkait dengan implementasi sistem manajemen mutu dan lingkungan. 2) Melaksanakan dan mendokumentasikan pelaksaan Rapat Tinjauan Manajemen c. Kepala Puskesmas 1) Memimpin Rapat Tinjauan Manajemen 2) Memutuskan hal-hal yang dibahas dalam rapat tinjauan manajemen. email. Memastikan masukan dari tinjauan manajemen sebagai agenda Rapat meliputi: . 2. Ruang Lingkup Pedoman ini mencakup pelaksanaan Tinjauan Manajemen dalam penerapan Sistim Manajemen Mutu sesuai standar akreditasi Puskesmas. koordinator upaya.

6) Tindak lanjut Tinjauan Manajemen sebelumnya. 7) Perubahan yang berdampak pada Sistim Manajemen Mutu dan Lingkungan 8) Peluang untuk peningkatan c. 3) Kinerja proses dan kesesuaian hasil pelayanan. SKM . Keluaran Tinjauan Manajemen meliputi: 1) Perbaikan dari efektifitas Sistim Manajemen Mutu 2) Perbaikan produk yang terkait dengan persyaratan pelanggan. 2) Umpan balik pelanggan (Keluhan pelanggan dan hasil pengukuran kepuasan pelanggan). 4) Pembahasan Kebijakan dan Sasaran Mutu 5) Status Tindakan perbaikan dan pencegahan. 3) Sumber daya yang dibutuhkan. 4) Memastikan hasi-hasil dari Rapat Tinjauan Manajemen di dokumentasikan KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU HUSNI. 1) Hasil internal atau eksternal audit.