You are on page 1of 4

PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE JAYA

DINAS KESEHATAN DAN KELUARGA BERENCANA
PUSKESMAS BANDAR BARU
Jl. Banda Aceh-Medan Km 135 Lueng Putu, Kab. Pidie Jaya. Telp (0653) 822318
Email: bandarbaru_puskesmas@yahoo.com

KEPUTUSAN
KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU
NOMOR : / SK / KAPUS / II / 2017

TENTANG

PEDOMAN PENGENDALIAN DOKUMEN DAN REKAMAN
PADA PUSKESMAS BANDAR BARU

KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU

Menimbang : a. bahwa dalam melaksanakan kegiatan / program dan pelayanan
kesehatan puskesmas perlu di bentuk sistem pengendalian
dokumen di Puskesmas Bandar Baru agar memudahkan dalam
pengelolaan, penyimpanan dokumen dan rekaman untuk
diberlakukan pelaksanaanya;
b. bahwa untuk pengeloalaan dokumen di puskesmas yang baik
berkaitan dengan dokumen Administrasi puskesmas
diperlukan ketentuan yang jelas;
c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaiman yang dimaksud
pada huruf a dan huruf b, perlu menetapkan dalam suatu
keputusan;

Mengingat : 1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009
tentang Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2009 Nomor 144, Tambahan Lembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 5063);
2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75
tahun 2014, tentang Puskesmas.
3. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46
tahun 2015, tentang Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat
Pertama;
4. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
1457/MENKES/SK/X/2003 tentang Standar Pelayanan
Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota;
5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2007 tentang
petunjuk teknik penataan Organisasi Perangkat Daerah;
6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2011 tentang
Pembentukan Produk Hukum Daerah;
7. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
741/MENKES/PER/VII/2008 tentang Standar Pelayanan
Minimal Bidang Kesehatan Di Kabupaten/Kota;

2/116/2013 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Pelayanan Publik Pada Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Dalam Kabupaten Pidie Jaya MEMUTUSKAN Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU TENTANG PENETAPAN PENGENDALIKAN DOKUMEN DAN REKAMAN Kesatu : Untuk menyusun pedoman ini harus di buat prosedur kerja sesuai dengan tingkat pendidikan Kedua : Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan/perubahan sebagaimana mestinya. 8. 9. Peraturan Menteri Kesehatan nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. Surat Keputusan Bupati Pidie Jaya Nomor 282 Tahun 2013 tentang Penetapan Nama-Nama Unit Pelayanan Publik Yang Mendapatkan Bantuan Operasional Manajemen Inovasi Pelayanan (BOMIP) Dalam Kabupaten Pidie jaya Tahun 2013. 10. Ditetapkan di : Bandar baru pada tanggal : KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU. HUSNI . Qanun Kabupaten Pidie Jaya Nomor 5 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dalam Kabupaten Pidie jaya sebagaimana Telah di ubah dengan Qanun Kabupaten Pidie Jaya Nomor 4 Tahun 2010. 11. Surat Edaran Bupati Pidie jaya Nomor 130.

Dokumen/Arsip Inaktif adalah dokumen yang frekwensi pemakaiannya sudah rendah/sudah tidak dipakai untuk dokumen rekam medic apabila pasien yang sudah meninggal atau sudah pindah. Surat Keputusan. Format Rujukan Eksternal 3. 4. 2. Master Dokumen adalah dokumen Akreditasi yang telah lengkap/telah dinomori. Dokumen Eksternal adalah Buku Pedoman. Pengendalian dokumen Puskesmas dengan sitem pengelolaan dokumen/surat menyurat yang meliputi system penomoran maupun penyimpanan dokumen puskesmas baik dokumen administrasi ketatausahaan maupun dokumen Akreditasi Puskesmas. Format Rujukan Internal 4. 6. Format Standar Prosedur (SOP) 2. Standar. Peraturan. Format Penolakan Rujukan Eksternal 8. Kelompok Dokumen adalah kelompok jenis-jenis dokumen/rekaman (contoh kelompok SPO). Dokumen/Arsip Aktif adalah dokumen yang frekwensi pemakaian masih tinggi/masih dipakai dalam kegiatan dan masih disimpan di unit-unit pelayanan. 5. Format Penolakan Pasien Pulang . FORMAT-FORMAT YANG DI STANDARKAN 1. Format Permintaan Pulang Paksa 9. 3. Format Penolakan Tindakan 6. Format Permintaan Rujukan Eksternal 7. disahkan dan ditandatangani namun belum dibubuhi Cap Puskesmas. Format persetujuan Tindakan (Informed Consent) 5. LAMPIRAN : KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS BANDAR BARU NOMOR : / / SK / KAPUS / II /2017 TENTANG : PENGENDALIAN DOKUMEN DAN REKAMAN KEBIJAKAN PENGENDALIAN DOKUMEN 1. Kebijakan yang merupakan acuan/referensi di dalam penyusunan dokumen Akreditasi Puskesmas.

Manual Mutu disingkat : MM 11. (Adm/II) c. (Ukm/V) c. (Ukp/IX) 4. Pelayanan Klinis kode C a. Pedoman Mutu disingkat : PM KEPADA PUSKESMAS BANDAR BARU. Bab V. Bab VI. Kebijakan disingkat : Kb 9. Bab IX. Daftar Tilik disingkat : DT 6. Dokumen Eksternal disingkat : DEKs 10. (Ukp/VII) b. Surat Keputusan disingkat : SK 8. Bab I. PENERAPAN PENGENDALIAN DOKUMEN Pengendalian dokumen dengan menerapkan hal-hal sebagai berikut:  Pengkodean Dalam Kelompok Pelayanan 1. dll) 3. (Adm/I) b. (Ukp/VIII) c. Kerangka Acuan disingkat : KAC 7. Bab VIII. HUSNI . Bab VII. Standar Prosedur Operasional disingkat: SPO 5. Bab I. Pelayanan Program kode Ukm a. Bab I. Administrasi Manajemen kode Adm a. Apabila dari upaya Puskesmas dengan ditambahkan upaya (contoh upaya KIA = B/KIA. (Ukm/VI) d. Bab IV. upaya promkes = B/promkes. (Adm/III) 2. (Ukm/IV) b.