You are on page 1of 9

BAB I

PENDAHULUAN

LatarBelakang
Mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien sudah menjadi tuntutan
masyarakat. Agar upaya peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien RS Royal
Progress dapat seperti yang diharapkan maka dibentuklah Panitia Mutu dan Keselamatan
Pasien yang ditugaskan untuk menjadi “penggerak” dalam gerakan keselamatan pasien.
Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien di RS Royal
Progress dapat diartikan sebagai keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan
integratf, untuk memantau, menilai, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari
jalan keluarnya.

TujuanUpaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien RS Royal Progress
Upaya peningkatan mutu pelayanan adalah kegiatan yang bertujuan memberikan
asuhan atau pelayanan sebaik-baiknya kepada pasien. Sementara tujuan melaksanakan
keselamatan pasien adalah untuk membuat asuhan pasien lebih aman, yang meliputi
assessmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien,
pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya serta
implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko, Sistem tersebut diharapkan dapat
mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu
tindakan atau tidak melakukan tindakan yang seharusnya dilakukan.

Dasarpembentukan Panitia Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien
Keputusan Direktur Rumah Sakit Royal Progress Nomor : 013/Sk/Dir/Iii/2012
TentangPenunjukanPanitiaMutu Dan KeselamatanPasien Rumah Sakit Royal Progress

1

Pada tanggal 18 Desember 1991.452. MPH. Untuk melengkapi pelayanan kesehatan. BAB II GAMBARAN UMUM RUMAH SAKIT ROYAL PROGRESS Sejarah Rumah Sakit Royal Progress Rumah Sakit Medika Gria didirikan pada tahun 1990. Pada bulan Juli 2005 Rumah Sakit Medika Gria kembali melakukan pengembangan sarana fisik bangunan rumah sakit.4 m terletak di Jln. Seiring dengan perubahan waktu dan besarnya serta tuntutan masayarakat terhadap pelayanan kesehatan. oleh I. Tujuan utama adalah agar bayi-bayi yang baru lahir di Rumah Sakit Media Gria memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima serta dapat tumbuh dan berkembang dengan baik yaitu dengan memberikan ASI eksklusif sampai dengan usia 6 bulan. berdiri pada tanah seluas 2 3. Rumah Sakit Medika Gria juga melakukan pengembangan non fisik yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Nirwana Sunter Asri. Rumah Sakit ini didirikan sebagai sarana pemeliharaan kesehatan bagi warga dan masyarakat Sunter Paradise khususnya dan Jakarta Utara pada umumnya. Bambang Sumatri. Danau Sunter Utara. Rumah Sakit Medika Gria melakukan pengembangan sarana fisik bangunan rumah sakit yaitu membangun gedung yang lebih representatif yang terdiri dari 8 2 lantai dengan luas bangunan 7. MPH.040 m . Salah satu pengembangan yang telah dilakukan adalah penandatanganan kesepakatan keja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melalui yayasan Pengembangan Medik Indonesia (YAPMEDI) dengan No. Achmad Sujudi. Rumah Sakit Medika Gria menjadi rumah sakit pusat laktasi dan diresmikan oleh Menteri Kesehatan Bapak dr. Pada awal pembangunan. Selain pengembangan fisik bangunan rumah sakit. Seluruh proses pengembangan ini dapat diselesaikan pada tahun 2003. 2 .868 m .802 m dan berdiri di atas tanah seluas 5. pada tahun yang sama tepatnya tanggal 8 Agustus. bangunan rumah sakit terdiri dari 2 lantai. sarana penunjang kesehatan lainnya senantiasa terus ditngkatkan dengan menyediakan alat-alat canggih. rumah sakit mulai beroperasi dan diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI Bapak Adhiyatma. Perluasan bangunan rumah sakit ini dengan sendirinya menambah kapasitas tempat tidur yang menjadi 200 tempat tidur. Sampai sekarang ini luas bangunan rumah sakit telah 2 2 meningkat menjadi 13. Selain bangunan rumah sakit.

Kerja sama ini akan meningkatkan pelayanan rumah sakit yaitu dengan menyediakan tenaga-tenaga profesional. Royal Progress mempunyai tugas pokok : • Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi.b/MENKES/PER/II/1998 Tentang Rumah Sakit. Pada tanggal 1 maret 2007 nama Rumah Sakit Medika Gria berubah menjadi Royal Progress International Hospital. 003/YSP/IV/05 tentang kerjasama Yayasan Medik Indonesia dan Rumah Sakit Medika Gria. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mutu pelayanan medik serta mewujudkan Rumah Sakit Medika Gria sebagai rumah sakit pendidikan dengan menyediakan lahan bagi staf pengajar FKUI untuk berkaya. VISI : Meningkatkan kualitas kehidupan lahir batin manusia secara seimbang beserta lingkungan hidupnya sejalan dengan waktu MISI : Menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna (preventif. Royal Progress mempunyai fungsi memberikan pelayanan kesehatan paripurna dengan motto melayani dengan penuh cinta kasih. ets dan bemartabat. merupakan milik Yayasan sejahtera Progress. • Menyediakan wahana bagi pendidikan tenaga kesehatan. Tugas Pokok Dan Fungsi Rumah Sakit Royal Progress Rumah Sakit Royal Progress merupakan rumah sakit umum dengan kapasitas 188 tempat tidur. Royal Progress International Hospital berubah menjadi Rumah Sakit Royal Progress sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 191/MENKES-KESOS/SK/II/2001 tanggal 28 Februari 2001 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor : 159. promotif. • Senantiasa meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Royal Progress agar selalu memberikan pelayanan secara profesional. 3 . berstandar internatonal. Kemudian pada tanggal 30 Oktober 2009. Dalam mengemban fungsi tersebut di atas. dalam turut serta menyumbang upaya mencerdaskan bangsa.001/K/SK/YPMI/III/2005 tentang keputusan bersama Ketua Yayasan Pengembangan Medik Indonesia dan No. curatif & rehabilitatif) yang berkualitas tnggi. dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

komitmen yang kuat terhadap organisasi melalui upaya pendidikan dan pelathan. S : Saling Asah. PRO : Proaktif dalam mewujudkan visi. Asih. serta upaya peningkatan kesejahteraan yang adil dan manusiawi. S : Saling menguntungkan Tujuan (GOAL) • Tercapainya pelayanan yang bermutu tinggi yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. misi. R : Ramah tamah dan cinta kasih dalam melayani E : Efektif dan efisien dalam melakukan setiap pekerjaan. Nilai Royal Progresssecara umum adalah PROGRESS. memiliki integritas. dan tujuan Royal Progress G : Gigih dalam meningkatkan terus profesionalisme berlandaskan etka profesi dan berorientasi pada kepuasan pelanggan melalui kerjasama tm. dengan selalu berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien.FALSAFAH : Memberikan pelayanan secara profesional berlandaskan hati nurani. Asuh dan Wangi. NILAI : Tuntunan dan pandangan umum orang yang bekerja di Royal Progress. • Pelayanan kesehatan Royal Progress terus meningkat dan berkembang. 4 . • Tercapainya peningkatan produktifitas pelayanan Royal Progress • Terbentuknya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi.

SASARAN : Sasaran program peningkatan mutu dan keselamatan pasien adalah pasien beserta keluarganya serta seluruh staf dan rekanan RS Royal Progress. meningkatkan akuntabilitas rumah sakit terhadap pasien dan masyarakat. MISI : Menciptakan budaya keselamatan pasien di rumah sakit. dan memanfaatkan sumber daya Rumah Sakit Royal Progress secara optmal. FALSAFAH : Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien sesuai dengan ilmu pengetahuan kedokteran mutakhir dan standar mutu serta keselamatan pasien yang telah disepakati oleh seluruh organisasi profesi di dunia. TUJUAN : Meningkatkan pelayanan kesehatan melalui upaya peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien RS Royal Progress secara efektif dan efisien agar tercapai derajat kesehatan yang optmal. 5 . menurunnya kejadian tidak diharapkan (KTD) di rumah sakit dan mencegah terjadi nya pengulangan kejadian tdak diharapkan. BAB III PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN RS ROYAL PROGRESS VISI : Memberikan pelayanan yang terbaik dan aman bagi setiap pasien di Rumah sakit Royal Progress.

Radiologi . Farmasi. Keuangan. Pengadaan. ICU . PONEK. Wakil Ketua Panitia PMKP Wakil Ketua Panitia adalah seorang dokter/dokter gigi dan merangkap sebagai anggota. Rawat Jalan. Klinis: Gizi. IGD. AnggotaPanitia Koordinator/Kepala/Ketua unit terkait. Rawat Inap. Laboratorium. OK. Unit Pelayanan Darah . K3. PPI. Rekam Medis. Customer Service. BAB IV URAIAN PANITIA PMKP Mengingat upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien di RS Royal Progress merupakan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif maka dibutuhkan manajemen tersendiri dengan dibentuknyaPanitia Peningkatan Mutu dan Keselamatan di Rumah Sakit Royal Progress. Rekam medik. Ketua Panitia PMKP Ketua Panitia adalah seorang dokter/dokter gigi yang mempunyai pengetahuan cukup mengenai mutu dan keselamatan pasien. yaitu Manajerial: HRD. TB 6 . Rehabilitasi Medik.

Dalam pelaksanaannya Panitia berkoordinasi dengan setap unit dan Komite Medik. Monitoring dan evaluasi c. Kegiatan rutn terdiri dari: a.Pedoman Panitia Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit Seluruh kegiatan Panitia Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien mengacu pada: • Buku Pedoman Peningkatan Mutu RS Royal Progress • Buku Pedoman Patient Safety RS Royal Progress. Monitoring dan Evaluasi Panita Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien di Rumah Sakit Royal Progress. Sosialisasi dan pelathan b. Uraian tugas 1. Program kerja terdiri dari kegiatan rutn dan kegiatan insidental. memonitor dan mengevaluasi kinerja melalui pengumpulan data. Melaksanakan kegiatan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien berdasarkan panduan peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Merencanakan semua kebutuhan bagi terselenggaranya program peningkatan mutu dan keselamatan pasien di Rumah Sakit Royal Progress. menganalisis secara intensif KTD. Setiap bulan Panitia 7 . Perbaikan sistem 2. Tugas Panitia Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Merancang proses baru atau memperbaiki proses yang ada. Menyusun program kerja Panitia Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien RS Royal Progress setiap tahun. 4. meliputi: • Tenaga terlatih • Anggaran • Fasilitas • Program kerja • Pencatatatan dan pelaporan 3. dan melakukan perubahan untuk meningkatkan kinerja mutu serta keselamatan pasien. • Buku Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien KKP-RS.

Setap 3 bulan melakukan analisa terhadap kegiatan peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang dikompilasi dalam laporan triwulanan. Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien melakukan rekapitulasi laporan bulanan setap unit. Alur pelaporan Kegiatan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien MULAI Unit Terkait Sensus Harian Unit Terkait Laporan Bulanan PMKP Analisa laporan Bulanan PMKP Menyusun RTL DIREKTUR Menindaklanjuti PMKP Umpan Balik ke Unit Selesai 8 .

9 .