You are on page 1of 14

GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Kelompok I :
1. Arif Darmawan
2. Ayodhia Bayu .F.
3. Primagita Fridhayanti
4. Nisrina A. Mutiara Dewi

baik yang ada di dalam maupun di luar manajemen perusahaan (Centre for European Policy Studies) . proses.DEFINISI  GCG adalah prinsip yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan agar mencapai keseimbangan antara kekuatan serta kewenangan perusahaan dalam memberikan pertanggungjawabannya kepada para shareholder khususnya. (Komite Cadbury)  seluruh sistem yang dibentuk mulai dari hak (right). dan stakeholder pada umumnya. serta pengendalian.

 Kelompk negara maju (OECD). (Finance Committee on Corporate Governance Malaysia.) . misalnya mendefinisikan GCG sebagai cara-cara manajemen perusahaan bertanggungjawab kepada shareholder- nya. Para pengambil keputusan di perusahaan haruslah dapat dipertanggungjawabkan. dan keputusan tersebut mampu memberikan nilai tambah bagi shareholder lainnya.  GCG merupakan suatu proses serta struktur yang digunakan untuk mengarahkan sekaligus mengelola bisnis dan urusan perusahaan ke arah peningkatan pertumbuhan bisnis dan akuntabilitas perusahaan.

berikut pengukuran kinerjanya. pencapaian.Dari definisi di atas. . c) Suatu prose yang transparan atas penentuan tujuan perusahaan. perimbangan kewenangan atas pengandalian perusahaan yang dapat membatasi munculnya dua peluang: pengelolaan salah dan penyalahgunaan aset perusahaan. Pemegang Saham dan para stakeholder lainnya. Direksi. b) Suatu sistem pengecekan. dapat disimpulkan bahwa Good Corporate Governance atau GCG merupakan : a) Suatu struktur yang mengatur pola hubungan harmonis antara peran dewan Komisaris.

terutama pemegang saham minoritas dan pemegang saham asing . Komisaris. dan direksi.Beberapa aspek penting dari GCG yang perlu dipahami beragam kalangan di dunia bisnis. d) Adanya perlakuan yang sama terhadap para pemegang saham. b) Adanya pemenuhan tanggung jawab perusahaan sebagai entitas bisnis dalam masyarakat kepada seluruh stakeholder. c) Adanya hak-hak pemegang saham untuk mendapat informasi yang tepat dan benar pada waktu yang diperlukan mengenai perusahaan. a) Adanya keseimbangan hubungan antara organ- organ perusahaan di antaranya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). yakni.

PRINSIP-PRINSIP DASAR GOOD CORPORATE GOVERNANCE .

 Transparency (keterbukaan) Keterbukaan informasi baik dalam proses pengambilan keputusan maupun dalam mengungkapkan informasi material dan relevan mengenai perusahaan. sistem dan pertanggungjawaban organ perusahaan sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif .  Accountability (Akuntabilitas) Kejelasan fungsi. struktur.

 Responsibilitas (Petanggungjawaban) kesesuaian di dalam pengelolaan perusahaan terhadap prinsip kooperasi yag sehat serta peraturan perundangan yang berlaku.  Independency (Kemandirian) Suatu keadaan dimana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh/tekanan dar pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat .

 Fairness (Kesetaraan dan Kewajaran) Perlakuan yang adil dan setara di dalam memenuhi hak-hak stakeholder yang timbul berdasarkan perjanjian serta peraturan perundang-undangan yang berlaku .

Perlakuan setara terhadap seluruh pemegang saham 4. dan regulatori untuk corporate governance. 1. Tanggung jawab pengurus perusahaan . Disklosur dan transparansi 6. Hak-hak pemegang saham dan fungsi kepemilikan 3. Peran stakeholder dalam corporate governance 5. Memastikan adanya basis yang efektif untuk kerangka kerja corporate governance 2.Enam aspek OECD Aspek yang diperoleh dari prinsip-prinsip GCG sebagai pedoman pengembangan kerangka kerja legal. institusional.

Manafaat dan Prasyarat Penerapan GCG .

Manfaat  Megurangi agency cost perusahaan  Mengurangi biaya modal  Menigkatka nilai saham dan citra perusahaan dalam jangka panjang  Menciptakan dukungan stakeholder dalam linkungan perusahaan .

Prasyarat GCG  Faktor Eksternal ―Terdapat sistem hukum yang baik ― Adanya dukungan dari sektor publik untk penerapan GCG ―Terdapat contoh GCG yang tepat .

Prasyarat GCG  Faktor Internal ― Budaya perusahaan pendukung penerapan GCG ― Adanya peraturan kebijakan untuk penerepan nilai-nilai GCG ― Adanya manajemen pengendalian resiko perusahaan ― Terdapat sistem audit yang tepat ― Adanya keterbukaan informasi bagi publik .