You are on page 1of 5

3.

2 Pembahasan Chlorella vs Daphnia

Chlorella vulgaris adalah single cell green microalgae yang hidup di ekosistem perairan
air tawar yang termasuk kedalam filum chlorophyta yang memiliki pigmen hijau fotosintesis dan
merupakan organisme autotrof yang dapat melakukan produktivitas primer untuk menyediakan
bahan makanan awal pada proses makan-memakan antar organisme diperairan (Bewivke &
Potter, 1984). Pada penelitian kali ini, dilakukan pengamatan terhadap proses interaksi chlorella
vulgaris dengan beberapa organisme lain yaitu Daphnia magna dan Oreochromis niloticus.

Perlakuan yang pertama, dilakukan pengamatan terhadap ukuran populasi atau jumlah
individu Chlorella vulgaris sebagai kontrol dengan tidak dicampur dengan organisme lain yang
ingin diamati proses interaksinya pada penelitian ini. Berikut adalah gambar 3.1 yang
menyatakan grafik jumlah individu Chlorella vulgaris selama 4 hari pengamatan.

Perlakuan 1
6.2
Log jumlah sel Chlorella

6.1
6
5.9
5.8
5.7
5.6
1 2 3 4
Hari ke-

Gambar 3.1 Log jumlah individu Chlorella vulgaris selama 4 hari pengamatan

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa trend jumlah individu Chlorella vulgaris
yang diamati selama proses penelitian mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan pada
media tersebut tidak ada organisme lain yang melakukan interaksi interspesifik baik itu yang
jenisnya menguntungkan atau bahkan merugikan bagi organisme Chlorella vulgaris tersebut.
Sehingga ukuran populasinya akan terus bertambah seiring dengan pertambahan jumlah
individunya.

Pertambahan jumlah individu Chlorella vulgaris yang diamati pada saat penelitian
diakibatkan oleh proses reproduksi yang dilakukan oleh Chlorella vulgaris untuk
mempertahankan eksistensi spesiesnya. Chlorella vulgaris merupakan organisme aseksual yang
berkembang biak menggunakan autospora yang merupakan miniatur dari sel induk. Tiap satu sel
induk akan membelah menghasilkan 4, 8, atau 16 autospora yang kemudian akan menjadi sel-sel
anakan (Wehr & Sheath, 2003). Karena tidak ada organisme lain yang melakukan interaksi

dilakukan pengamatan untuk melihat interaksi interspesifik antara Chlorella vulgaris dengan Daphnia magna.75 30 5.2 Log jumlah individu Chlorella vulgaris dan Daphnia magna Pada perlakuan kedua.6 10 5. .interspesifik yang melakukan herbivori terhadap Chlorella vulgaris maka berdasarkan data pengamatan.95 Log jumlah sel Chlorella 60 5.9 5. hal itu lebih diakibatkan oleh proses adaptasi yang dilakukan oleh Chlorella vulgaris menghadapi lingkungan yang baru sehingga perlu dilakukan penyesuain. reproduksi dan segala proses yang diperlukan oleh Daphnia magna untuk melangsungkan kehidupannya.7 5. Perlakuan 2 70 5.65 20 5.5 0 1 2 3 4 5 Hari ke- Jumlah Daphnia Log jumlah sel Gambar 3.55 0 5. Sehingga meskipun digunakan sebagai sumber makanan utama oleh Daphnia magna pada media yang digunakan.85 Jumlah Daphnia 50 5. jumlah individu Chlorella vulgaris tetap mengalami peningkatan. jumlah individu Chlorella vulgaris pada medium kultur mengalami trend kenaikan. dapat diambil kesimpulan bahwa laju predasi (herbivori) yang dilakukan oleh Daphnia magna lebih rendah dibandingkan dengan laju reproduksi Chlorella vulgaris untuk menghasilkan individu baru. akan terjadi interaksi interspesifik antara Chlorella vulgaris dan Daphnia magna. Sempat terlihat fluktuasi jumlah individu Chlorella vulgaris yang teramati pada media tumbuh. dimana Daphnia magna akan melakukan herbivori untuk menjadikan Chlorella vulgaris sebagai sumber makanannya untuk melangsungkan proses metabolisme. dimana Nitrogen yang dihasilkan oleh feses Daphnia magna dimanfaatkan oleh Chlorella vulgaris sebagai sumber nutrisi. Pada grafik tersebut terlihat justru jumlah individu Daphnia magna mengalami penurunan jumlah dibandingkan dengan jumlah individu Chlorella vulgaris yang justru mengalami peningkatan. Pada perlakuan kedua. Kemungkinan lain adalah terjadi eutrofikasi pada media tersebut. Berikut adalah gambar 3. Berdasarkan data tersebut.2 yang menyatakan jumlah individu Chlorella vulgaris dan Daphnia magna yang diletakkan pada suatu media.8 40 5.

35 1 2 3 4 Hari ke- Jumlah Daphnia Log jumlah sel Gambar 3.45 0. lchsan. dapat teramati bahwa jumlah spesiesnya sudah habis dimakan oleh ikan nila Oreochromis niloticus.4 0 5. karena pada siang hari fitoplankton melakukan fotosintesis dengan adanya matahari. Daphnia magna serta Oreochromis niloticus.2 5.55 0. Berikut adalah gambar 3. Sedangkan untuk jumlah spesies Chlorella vulgaris juga terus menurun karena terus di makan oleh ikan nila akibat sifat omnivora yang dimiliki oleh Oreochromis niloticus. Sedangkan pada malam hari ikan nila memakan zooplankton seperti cacing atau larva serangga air.6 5. Perlakuan 3 1 5. Waktu aktif makan ikan nila yaitu dominan pada siang hari yang memakan fitoplankton yang banyak tersedia pada sang hari.65 0.8 5. (Effendi.4 5. 1984).3 yang menyatakan jumlah individu Chlorella vulgaris dan Daphnia magna yang diletakkan pada suatu media yang terdapat spesies Oreochromis niloticus didalamnya. Pengamatan ketiga. dapat disimpulkan bahwa interaksi interspesifik yang terjadi pada antar populasi spesies yang berbeda antara Oreochromis niloticus.5 5.6 Jumlah Daphnia 0. Chlorella vulgaris bersifat predasi. . Daphnia magna. Dari grafik jumlah Daphnia magna. & Huang. 1997). Oreochromis niloticus merupakan spesies ikan yang bersifat omnivora (Tanabe.3 Log jumlah individu Chlorella vulgaris dan Daphnia magna Dari grafik diatas. Kuo. dilakukan pengamatan untuk melihat interaksi interspesifik antara Chlorella vulgaris.7 Log jumlah sel Chlorella 5.

1997. . Manila: Council For Agricultural Planning and Development (Taipei-Taiwan) and International Center for Livinf Aquatic Resources Management (Manila- Philipines). O. M. A. Kuo. & Sheath. (1984). Chlorella. Berkeley: Ronin Publishing Inc. Biologi Perikanan. California: Academic Press. Yayasan Pustaka Nusantara: Jakarta Tanabe. W. Experimental Rearing of Nile tilapia fry (Oreochromis niloticus) for Saltwater Culture. C. The Emerald Food. G. & Huang. ikhsan. (2003).. (1984)..Bewivke.. C.. J. D. M. Wehr. Freshwater Algae of North America Ecology and Classification. B. R. & Potter. Effendi. D.

eference .