You are on page 1of 16

1

BLOCK 4

BIOMEDICAL SCIENCE III
BUKU SISWA

Kurikulum berbasis tujuh kelas semester (tiga setengah tahun) dibagi menjadi 22 blok. Kurikulum ini mencerminkan tujuan pembelajaran nasional dan kurikulum internasional medis yang didasarkan pada lima pilar : berbasis pasien dan masyarakat. dan berbasis internasional. ini didedikasikan untuk "mendidik para dokter bintang lima masa depan".3. berdasarkan ilmiah. Prjanjian ini. Blok 1 dan 13 dikembangkan dengan tujuan tertentu. belum menyeluruh blok buku menawarkan siswa cara unik untuk mempertahankan informasi selama pendidikan mereka dan akan terbukti menjadi acuan berharga selama magang mereka dan seterusnya. yang ketiga adalah berkaitan dengan sisem organ (blok 10 sampai 18. Setiap blok terdiri dari 5-7 minggu kegiatan pembelajaran. Skenario yang disajikan adalah perwakilan dari masalah pasien yang khas dalam masing-masing topik blok. Penilaian dilakukan selama minggu terakhir setiap blok. . sebagai konsep yang langsung diperkuat dengan korelasi klinis. Metode pengajaran yang lebih baik memfasilitasi retensi bahan. dan area terakhir yang meliputi topik penting tersebut seperti obat darurat. yang kedua ialah berfokus pada area perubahan fisiologis dan patologis (7.4. Siswa diperkenalkan kepada metodologi penelitian dan analisis biostatistical. Blok ini menyajikan kurikulum inti dalam pendidikan kedokteran dengan cara yang baru yakni menfaatkan pembelajaran berbasis masalah. Awal 2003. Buku ini adalah hasil dari banyak diskusi dan kerja keras dari staf pengajar.5. Blok 1 dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa dalam metode pembelajaran berbasis masalah. Blok ketiga belas bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk proyek akhir merreka. Termasuk pada daerah terakhir blok elektif yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan daerah mereka sendiri.9).8. kecualu blok 13). sehingga seluruh pelaksanaan keterampilan belajar yang di butuhkan di gunakan untuk belajar lebih lanjut. dasar perikemanusiaan.6). dan beberapa topik baru lain yang dikembangkan selama dekade terakhir. Blok ini disajikan dengan berbagai topik dan skenario yang menggambarkan poin-poin kunci. seluruh pembelajaran berbasis kurikulum telah diterapkan. 2 Kata Pengantar Dengan banyaknya jumlah pengetahuan yang ada saat ini bagi mahasiswa kedokteran. berbasis masalah. Namun tes perbaikan tersedia pada akhir setiap semester. prioritas sangatlah penting dalam mempelajari mata pelajaran medis. Tema blok tersebut dikategorikan ke dalam empat bidang : yang pertama ilmu biomedis mencakup masyarakat dan aspek etika atau moral (blok 2.

dan pada akhir blok akan ada pemeriksaan blok. atau sumber lain. jika siswa gagal untuk bergabung dengan tutorial atau sesi laboratorium. Pengajaran dan proses pembelajaran meliputi kuliah. para mahasiswa diwajibkan untuk lebih mandiri dalam belajar dan menggunakan sumber belajar yang berbeda dari buku. siswa diharapkan untuk memahami dasar biologis masalah klinis dan perawatan mereka. ia harus melaporkan kepada tutor / instruktur dalam waktu dua hari untuk mendapatkan sebuah tugas. organisasi. dengan pengetahuan ini. dan manusia sebagai individu. Kuliah akan diberikan oleh para ahli untuk memperkaya pengetahuan siswa tentang aspek-aspek penting yang relevan dengan modul. sistem molekul. topografi dan mekanisme tubuh manusia. histologi. Setiap modul diberikan selama satu minggu. Jika ia gagal melakukan tugas. dengan total enam minggu per blok. selama kuliah. akan ada penilaian untuk sesi praktis dan tugas mahasiswa. sistem uropoetica. Para anggota panel juga kontributor utama untuk kuliah dan sesi praktek. Tujuan Akhir Dari Blok Ini Tujuan dari blok ini adalah untuk memberikan para siswa dengan pengetahuan dasar untuk memahami struktur normal. dan terdiri dari perwakilan dari masing-masing departemen. yang akan dibahas dalam beberapa tahun kemudian. siswa akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan nilai dari kegiatan ini. Panel yang telah mengembangkan blok ini bertanggung jawab untuk memberikan dan menilai blok. sistem pernafasan. biokimia dan fisiologi. . artikel jurnal. blok ini juga termasuk sesi laboratorium praktek. Remediasi program akan dilakukan seperti yang dijelaskan oleh kantor akademik. dan sistem endokrin dan reproduksi. praktek laboratorium dan praktek keterampilan. 3 IKHTISAR GARIS BESAR UMUM Blok IV (ilmu biomedis III) mengintegrasikan ilmu anatomi. Siswa diharapkan untuk menguraikan tujuan belajar mereka sendiri. sel. Oleh karena itu. sistem pencernaan dan metabolisme. Blok ini terdiri dari empat modul. jaringan dan organ.

Blok ini memiliki koneksi khusus dengan blok 2.11.3. Blok ini juga memberikan informasi yang mungkin Anda butuhkan dalam mengikuti blok. . 4 Hubungan Dengan Blok Lain Blok ini menyediakan informasi untuk menguasai ilmu kedokteran dasar.15. yang digunakan dalam blok berikut.16. dan 17.12.

. Itu tampak lezat. Untuk merayakannya. Tapi Mardi ingin makan sebanyak dan secepat mungkin. Mardi melihat Rudi mengunyah makanan perlahan-lahan dan menelannya setelah makanan itu basah oleh air liur. ibunya merayakan ulang tahun anaknya tersebut. Dia membeli tart yang besar dan ditempatkan tiga lilin di atasnya. Mardi mencium aroma. Pembelajaran Unit 2 BBQ Ikan Rudi dan Mardi menghabiskan liburan mereka di rumah kakek Rudi di desa. Setelah semuanya siap. dia menyalakan lilin dan meminta yanto untuk meniup lilin tersebut. dan tiba-tiba kelenjar ludah nya menghasilkan banyak air liur. dan meniup lilin dengan kuat. menahannya sejenak. Setiap tahun. Karena Terlalu serakah membuatnya sesak dan ia harus minum banyak air. Yanto adalah anak yang sehat. Dia berumur tiga tahun sekarang. 5 Pembelajaran Unit 1 Ulangtahun Yanto Hari ini adalah hari ulang tahun yanto. Dia berhasil memadamkan semua lilin pada sebuah tiupan tunggal. jadi dia mengunyah dan menelan lebih cepat daripada Rudi. ibunya mengundang teman-teman yanto. merasa lapar. Mereka menangkap beberapa ikan dan kemudian menjadi lapar. Yanto menarik napas dalam-dalam. Nenek Rudi membuat BBQ Ikan dengan saus cabai.

Setelah lima menit. Pembelajaran Unit 4 Si Kecil caitlin Ketika perjalanan menuruni antar negara bagian. Caitlin dapat melakukannya hingga tempat peristirahatan berikutnya. Cait" tapi Caitlin berpikir bahwa ia buang air kecil karena dia merasa dingin di mobil ayahnya. selera makannya telah menurun selama enam bulan terakhir. Apakah ada yang berbeda dalam struktur organ kemih laki-laki dan perempuan?. Lima tahun. Caitlin mulai menangis karena dia ingin pergi kesana dengan ayahnya dan bertanya "mengapa kau tidak pergi ke sana denganku Dady?" dan ayahnya pun memberitahukannya "Karena kita berbeda. Si kecil Caitlin. Ayah Caitlin berkata "Kamu terlalu banyak minum es teh manis. Sayangnya ayahnya mencium sesuatu seperti "amoniak" dan Caitlin berkata ke orang tuanya bahwa ia basah dan hangat. dan ia tidak punya energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. . mereka menemukan pemberhentian peristirahatan dan ayahnya berkata ke caitlin untuk masuk ke kamar kecil perempuan. Ayahnya berpikir.Wiro perempuan berumur 70 tahun dibawa ke unit darurat oleh anaknya karena penyakit umum. mengatakan kepada ayahnya untuk menghentikan mobil "ayah hentikan mobil sekarang Aku akan meledak!" Ayahnya menjawab "tahan! Aku akan mencari kamar kecil untukmu". dan sekarang dia minum susu lebih banyak dari biasanya. Dokter mengatakan bahwa ia memiliki sindrom mal-serapan yang menyebabkan kekurangan gizi nya. Sejak bulan lalu. Dari anamnesis yang ditemukan bahwa ia telah kehilangan sekitar 8 kg bobot tubuhnya selama sekitar tiga bulan. sayang". ia telah mengeluh kotoran berair. 6 Pembelajaran Unit 3 Nenek manja Mrs.

Dia membantah gejala yang merujuk dengan penyakit thyroidal. Dia membantah merokok. Tidak memiliki anak. obat herbal atau ilegal. cedera atau pemaparan Pembelajaran Unit 6 kimia di tempat kerja atau melalui hobinya. Istrinya pun tidak menyadari praktek ini. jerawat sederhana dan distribusi rambut laki-laki normal. Dengan 170 cm dan 80 kg dan sangat berotot. dia mengakui penggunaan "steroid anabolic dan suntikan testosteron" saat bermain sepak bola perguruan tinggi. . minum atau penggunaan resep. Dia telah lebih awal mengalami kebotakan pola pria. Dia tidak memiliki sejarah operasi testis. Dia mengalami azoosperm dan memiliki kadar glukosa normal. didampingi istrinya. Tidak ada riwayat keluarga gangguan endokrin. yang memiliki sejarah dua tahun hubungan seksual tanpa kondom dan ketidakmampuan untuk hamil. Kedua testis layu dan ukuran tidak lebih dari 2 cm. 7 Pembelajaran Unit 5 Mencoba Untuk Memiliki Seorang Anak Seorang pria 25 tahun. Kadar testosteron serum Nya adalah 64 mg / dl (normal 241-860 ng / dl). Setelah diskusi lebih lanjut. keterlambatan pubertas atau diabetes. kemudian Dia kadang-kadang menggunakan suntikan testosteron sejak kuliah untuk meningkatkan ereksi yang agak gagal. dan penis beserta skrotum normal. Dia diyakinkan oleh temannya bahwa kombinasi obatnya termasuk “blocker" untuk melindungi testis dan produksi sperma. Abdomen tidak menunjukkan tanda-tanda yang tidak biasa. Throidnya pun muncul dengan normal. pemeriksaan fisik menunjukkan tekanan darah 120/80 mmHg.

Dia takut menjadi subur karena dia akan segera menikah. Dia telah dipaksa untuk melakukan latihan intensif untuk kompetisi maraton. Tidak ada riwayat keluarga dari setiap gangguan endokrin. Dia mengunjungi ginekolog dan dokter mengatakan bahwa tidak ada massa abdomen. payudara wanita itu di penyamak 5. pelari maraton. LH serum pada pertengahan siklus menstruasi juga lebih rendah dari batas normal. distribusi rambut kemaluan adalah klasik "segitiga terbalik". . tingginya 160 cm dan berat 50 kg. tekanan darah 110/70 mmHg. estrogennya dan serum FSH pada fase folikuler lebih rendah daripada batas normal. 8 Kehilangan Masa Haid Saya Reni. adalah seorang wanita berusia 22 tahun. Dia mengatakan kepada temannya bahwa dia tidak pernah haid selama empat bulan. Tingkat Denyut nadinya 66x/min. tiroidnya dan tingkat prolaktin serum normal. Dia mendapat menstruasi pertamanya pada 10 tahun dan memiliki siklus 28 hari teratur.

sejumlah pertanyaan ujian blok akhir ini akan berhubungan dengan topik dalam kuliah ini. Kuliah yang akan diadakan di blok ini tercantum pada : Tinjauan Pada Blok 4 Kuliah tersebut akan memberikan gambaran tentang blok ini. faring. SISTEM PERNAFASAN Dalam modul ini akan ada empat kuliah untuk mendukung pemahaman siswa pada sistem pernapasan. Staf akademik (sekretariat) akan menghubungi ahli dan mengubah jadwal. termasuk hidung. memberikan pandangan multidisiplin. laring. Perkembangan Anatomi Pada Organ Pernafasan Anatomi organ yang berpartisipasi dalam proses pernapasan dan respirasi eksternal. pemanasan dan melembabkan udara. Kuliah memiliki beberapa fungsi seperti penataan konten. trakea. Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan dan membahas penjelasan masalah dalam diskusi kelompok kecil selama atau setelah kuliah. termasuk sel-sel yang terdiri dari saluran pernapasan atas dan fungsinya dalam membersihkan. mengeksplorasi materi pelajaran yang sulit. departemen anatomi. mengintegrasikan pengetahuan dan mendiskusikan topik yang terkait di luar informasi yang ditemukan dalam buku-buku. siswa (diwakili oleh pemimpin kelas) dapat meminta koordinator blok untuk tambahan kuliah atau meminta staf akademik untuk konsultasi ahli. 9 Perkuliahan selama blok ini akan ada beberapa kuliah yang berhubungan dengan modul dalam minggu itu. departemen histologi dan biokimia. dengan kontribusi oleh departemen fisiologi. termasuk informasi tentang tujuan dari blok ini dan kompetensi para siswa harus memenuhi. saluran pernapasan dan . b. organ pernapasan dan fungsi mereka. dan di saluran pernafasan bagian bawah serta fungsi mereka dalam difusi O2 dan CO2. pertukaran gas. Surfaktan dan perannya dalam mempertahankan tekanan permukaan alveolar juga akan dibahas dalam kuliah ini. mendiskusikan pengetahuan yang tidak tercakup dalam tutorial. c. kepatuhan paru-paru dan peran sistem pernafasan dalam mempertahankan homeostasis dan hubungannya dengan sistem lain semuanya akan dibahas dalam kuliah ini. pengendalian pernafasan. Kuliah ini akan diberikan oleh tim koordinasi blok. a. serta informasi tentang ventilasi. Struktur Mikro Pada Organ Pernafasan Struktur mikro organ pernapasan dan fungsi mereka akan dibahas dalam kuliah ini. Gambaran dari Sistem Pernafasan Kuliah ini akan memberikan gambaran dari sistem pernafasan terutama aspek fisiologis.

Perubahan kimia dari proses pencernaan yang dilakukan oleh hydrolasing enzim pada saluran pencernaan. d. f. difusi gas. serta peranan sistem pencernaan dalam mempertahankan homeostasis dan hubungannya dengan organ lain dan sistem akan menjadi titik kuliah ini. d. 10 paru-paru. h. Tingkat Metabolik Basal Dan Laju Metabolik Tekad dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat metabolisme dan laju metabolisme basal akan dibahas dalam perkuliahan ini. Sistem Penyangga pada Sistem Pernafasan Peran sistem pernapasan dalam Penyangga. e. organ pencernaan dan fungsi mereka. Hidrolisis protein asli. Gambaran Dari Sistem Pencernaan Kuliah ini akan memberikan gambaran dari sistem pencernaan. akan diberikan dalam kuliah ini. Metabolisme Lipid . Kelainan yang mungkin terjadi di sirkulasi paru-paru juga akan dibahas. kurva disosiasi hemoglobin oxy baik Haldane dan efek Bohr akan dibahas dalam kuliah ini. Pencernaan dan Penyerapan Pada Saluran Pencernaan Kebanyakan bahan makanan dicerna menjadi molekul-molekul yang lebih kecil yang dapat terserap oleh usus. g. deglutition. SISTEM PENCERNAAN DAN METABOLISME a. b. penggerak. pati dan triacylglycerols oleh enzim juga akan dibahas dalam kuliah ini. Metabolisme Karbohidrat Metabolisme karbohidrat akan dibahas dalam kuliah ini. c. dan fungsi mereka serta pengembangan akan dibahas dalam kuliah ini. Struktur Mikro Pada Organ Pencernaan Struktur mikro dari sistem pencernaan dan fungsi mereka khususnya fungsi penyerapan dan sekresi. dan buang air besar akan dibahas dalam kuliah ini. Mekanisme Pertahanan Saluran Pencernaan Peranan sistem pencernaan dalam mekanisme pertahanan Tubuh akan dibahas dalam kuliah ini. Proses dan Mekanisme Pada saluran Pencernaan Proses dan mekanisme yang terlibat dalam saluran pencernaan misalnya pengunyahan. Pengetahuan tentang metabolisme normal adalah penting untuk memahami kelainan yang mendasari suatu penyakit.

Metabolisme Protein Metabolisme Protein akan dibahas dalam kuliah ini. peristaltik usus dan resorbtion (proses mekanis). b. tes fungsi ginjal dan komposisi abnormal dari urin juga dibahas. cacat dalam formasi urin. hubungan dan koneksi dengan sistem lainnya. reabsorbition tubulus ginjal. d. SISTEM URIN a. ureter. k. . asam amino dan cara di mana mereka terintegrasi dengan jaringan bahan bakar lain. Anatomi Sistem Urin dan Refleks Berkemih Kuliah ini akan membahas anatomi organ dari sistem kemih perempuan dan laki-laki . termasuk ren. Metabolisme Terintegrasi Kuliah ini akan membahas peraturan bahan bakar metabolik seperti glukosa. Kandung kencing dan uretra dan fungsi mereka.ginjal. ureter. Pengetahuan tentang metabolisme normal adalah penting untuk memahami kelainan yang mendasari suatu penyakit. i. dan buang air besar. Organ yang berpartisipasi sistem Urin dan fungsi mereka. 11 Metabolisme lipid akan dibahas dalam kuliah ini. j. sekresi tubular dan pengasaman urin dan komposisi urin normal. Gambaran dari Sistem Kemih Perkuliahan ini akan memberikan gambaran untuk sistem Urin terutama aspek fisiologis mereka. Mikrostruktur pada Sistem Urin Mikrostruktur organ dalam sistem Urin. Pusat kelaparan juga akan dibahas. Mekanisme penyimpanan dan reflexex void. Kandung kemih dan uretra dan berbagai fungsi mereka akan dibahas dalam kuliah ini. Pengetahuan tentang metabolisme normal adalah penting untuk memahami kelainan yang mendasari suatu penyakit. asam lemak. hubungan mereka dengan sistem lain dan perubahan patofisiologi dalam sistem Urin akan menjadi titik kuliah ini. c. Pembentukan dan komposisi Urin Kuliah ini akan memberikan informasi tentang mekanisme dari kedua pembentukan urin yang terdiri dari filtrasi glomerular. tindakan diuretik dalam ren. anatomi klinis sistem kemih juga akan dibahas. Fisiologi Pencernaan Kuliah ini akan membahas penyerapan. peran sistem Urin pada pemeliharaan homeostasis ini.

ovarium dan testis akan dibahas dalam kuliah ini. . kelenjar Cowper dan uretra. dan fungsi mereka akan dibahas dalam kuliah ini. d. Anatomi Sistem Reproduksi Wanita Kuliah ini akan membahas anatomi dan fungsi dari sistem reproduksi wanita termasuk indung telur. spermatogenesis. dan oogenesis. Gambaran tentang Endokrin dan Sistem reproduksi Kuliah ini akan menangani sistem endokrin dan reproduksi terutama aspek fisiologis mereka. tabung rahim. Disini juga akan membahas hubungan struktur lain di pelvicum cavum. vesikula seminalis. f. g. Anatomi Sistem reproduksi Pria Kuliah ini akan membahas anatomi gonad laki-laki dan kelenjar aksesori mereka termasuk skrotum. Organ yang terlibat dalam sistem ini dan fungsinya. sistem saluran. hubungan mereka dengan sistem lain dan perubahan patofisiologi dalam sistem endokrin dan reproduksi akan menjadi topik utama kuliah ini. kelenjar prostat. rahim dan vagina dan hubungan mereka dengan struktur lain di cavum pelvicum. Mikrostruktur Organ Endokrin Struktur mikro organ endokrin termasuk hipofisis. e. sistem saluran. serta gangguan fungsi seksual. h. 12 ENDOKRIN DAN SISTEM REPRODUKSI a. serta peran endokrin dalam mempertahankan homeostasis. Mekanisme Kerja Hormon dalam Sel Target Dalam perkuliahan ini perbedaan antara tindakan hormon larut air dan lemak pada sel target akan dibahas. Mikrostruktur Organ Wanita Struktur mikro dari organ reproduksi wanita termasuk indung telur. semina I vesikula. tabung rahim. uterus dan vagina serta fungsi yang berhubungan dengan mereka akan dibahas dalam kuliah ini. siklus haid dan endometrium. testis. kelenjar Cowper dan uretra. Mediator aksi hormon dan fungsi mereka juga akan dibahas. b. hormon laki-laki dan perempuan dan fungsi mereka. c. Fisiologi dari Sistem Reproduksi Laki-laki dan Perempuan Kuliah ini akan membahas aspek fisiologis sistem reproduksi laki-laki dan perempuan. Mikrostruktur Organ Reproduksi Pria Struktur mikro dari organ reproduksi laki-laki termasuk skrotum. kelenjar prostat. testis.

13 i. . Regulasi Tindakan Sekresi Hormon Dalam Tubuh Bagaimana tubuh mengatur keseimbangan dan ketidakseimbangan hormon dengan umpan balik positif dan negatif akan dibahas dalam kuliah ini.

saluran kemih dan reproduksi tubuh manusia. Nutrisi Kelas laboratorium ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman gizi siswa dengan menghitung asupan sehari-hari mereka sendiri. pencernaan. HISTOLOGI I. pernafasan. atau terlalu banyak) dan mencoba untuk menafsirkannya. 14 Kelas Laboratorium ANATOMI Sesi praktek ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur sistem makroskopik. Siswa diharapkan mampu menggambarkan fenomena seperti perubahan warna yang terjadi selama percobaan. II. proses perubahan yang terjadi secara alami bahan makanan menjadi bentuk di mana mereka dapat diserap. memadai. Penentuan Netral 17-Ketosteroid Kelas laboratorium ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penentuan 17 netral ketosteroid baik dalam pria dan wanita sesuai dengan usia mereka. Mendukung siswa belajar tentang masalah yang dibahas dalam blok ilmu biomedis. Dalam sesi praktek ini mahasiswa akan mengamati dan . BIOKIMIA I. Mikrostruktur Organ Pernafasan Siswa diharapkan dapat memahami mikro organ pernapasan dan fungsi spesifik mereka. yang dimulai pada rongga mulut sampai dengan usus kecil dengan melakukan percobaan dan menafsirkan fenomena yang diamati. Siswa akan mengamati apakah mereka memperoleh jumlah kalori yang sesuai (terlalu sedikit. IV. III. Pencernaan Kelas Laboratorium ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pencernaan. Komposisi Urin Kelas laboratorium ini akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap komposisi urin normal dengan melakukan percobaan. Respirasi Seluler dan Oksidatif Phosporylation Kelas laboratorium ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang respirasi terutama tingkat sel. Siswa akan belajar tentang peran enzim dalam proses pencernaan. V.

dan ductus alveolaris. trakea. ductus deferens dan kelenjar prostat. V. Mikrostruktur Organ Endokrin Siswa diharapkan dapat memahami mikro organ endokrin dan fungsi spesifik mereka. adrenal tiroid. Volume dan Kapasitas Paru-paru Kelas Laboratorim ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa aspek fisiologis sistem pernafasan. FISIOLOGI I. Mikrostruktur Organ Reproduksi Pria Siswa diharapkan dapat memahami mikro organ reproduksi laki-laki dan fungsi spesifik mereka. paratiroid dan kelenjar pankreas. Dalam sesi praktek ini mahasiswa akan mengamati dan menjelaskan struktur mikroskopis dari. siswa diharapkan mampu menggambarkan fenomena yang diamati selama percobaan. Siswa diharapkan memahami prinsip deteksi tes kehamilan dan dapat melakukan pemeriksaan laboratorium sederhana untuk menentukan HCG dalam urin. III. Dalam sesi praktik ini mahasiswa akan mengamati dan menjelaskan struktur mikroskopis testis. Mendeteksi HCG dalam Urin Adanya chorionic gonadotropin manusia (HCG) dalam urin secara universal diterima sebagai tes presumtive untuk kehamilan. tuba falopi dan uterus. bronchiolus. terutama aktivitas amilase liur. Mikrostruktur Organ Reproduksi Wanita Siswa diharapkan dapat memahami mikro organ reproduksi wanita dan fungsi spesifik mereka. II. Para siswa akan mengamati dan menggambarkan tampilan histologis gigi. Dalam sesi praktik ini mahasiswa akan mengamati dan menjelaskan struktur mikroskopis dari indung telur. . lidah dan usus. III. IV. II. volume cadangan inspirasi. volume cadangan ekspirasi dan pengukuran kapasitas vital dan untuk dapat menafsirkan hasilnya. kapasitas inspirasi. siswa diharapkan mampu menunjukan volume tidal. Mikrostruktur Organ Sistem Pencernaan Siswa diharapkan dapat memahami mikro organ pencernaan dan fungsi spesifik mereka. Fisiologi Dari Air Ludah Dan Kelenjar Air Liur Kelas laboratorium dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap aspek fisiologis pencernaan. 15 menjelaskan struktur mikroskopis dari katup nafas. khususnya volume dan kapasitas paru- paru.

para pelajar tidak akan bisa mendapatkan nilai dari tugas. Kelas Laboratorium : 20 % 3. Jika meminta lebih dari dua hari setelah kelas laboratorium. BAGIAN PROSENTASE Fisiology 5% Biokimia 5% Histologi 5% Anatomi 5% III. sangat disarankan agar Anda mempersiapkan diri dari awal blok dan tidak meninggalkan segala sesuatu sampai menit terakhir. Anda akan menjalani pemeriksaan blok untuk menilai pemahaman tentang tujuan belajar anda. sesi praktik) tidak akan diizinkan untuk bergabung dengan pemeriksaan blok. Para instruktur dapat memberikan minitest. II. siswa tidak akan bisa untuk mendapatkan nilai dari tugas. Jika siswa tidak hadir satu sesi mereka harus berkonsultasi dengan pembimbing dalam waktu dua hari dan membawa atau mengirim surat dari dokter atau orang tua mereka ke kantor akademis yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan tugas dari tutor. Tutorial : 20 % 2. 16 PENILAIAN Komponen Penilaian Siswa 1. Meskipun ujian blok ini terjadi di akhir blok. Kelas Laboratorim Evaluasi kelas laboratorium akan menilai pertunjukan psikomotor. Ujian Akhir : 60 % I. masalah yang akan dibahas atau diberi tugas selama setiap sesi.dan kognitif. Manajemen waktu yang baik adalah penting untuk mencapai tujuan belajar Anda. Dalam anatomy. biokimia. perkuliahan. afektif. UJIAN BLOK Dalam minggu terakhir dari blok ini. Jika siswa tidak hadir satu sesi mereka harus berkonsultasi dengan instruktur dalam waktu dua hari dan membawa atau mengirim surat dari dokter atau orang tua untuk memungkinkan mereka mendapatkan tugas dari instruktur. Siswa yang kehadirannya kurang dari 75% dari kegiatan blok (tutorial. Tutorial Tutorial terdiri dari skor interaksi verbal selama tutorial. histologi dan laboratorium fisiologi akan ada evaluasi akhir. Setelah lebih dari dua hari. . Anda di laboratorium.