You are on page 1of 5

ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS

)
SDS. WIDURI INDAH I
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Mata Pelajaran : IPA Nama : ………………
Kelas : IV(Empat) Nilai :
Hari/tanggal : ……………………………..

Petunjuk :
1 Berdoalah sebelum mengerjakan soal.
2 Tulislah nama, nomor absen dan kelas pada tempat yang telah disediakan.
3 Bacalah soal dengan teliti, kemudian kerjakan soal yang kamu anggap mudah lebih
dahulu.
4. Tulisan hendaknya bersih, jelas mudah di baca dan tidak menggunakan tip-ex.
5. Periksalah sekali lagi hasil pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
6. Jangan meninggalkan kelas sebelum bel berbunyi.

 Selamat Mengerjakan Semoga Berhasil 

I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang paling
tepat!
1. Rangka badan berfungsi untuk melindungi ...
A. hati dan mata C. hati dan paru-paru
B. paru-paru dan otak D. anus dan ginjal
2. Kita dapat mengenali seseorang meski masih dari kejauhan dengan memperhatikan bentuk
tubuhnya, karena salah satu fungsi rangka adalah ...
A. menguatkan dan menegakkan tubuh
B. menentukan bentuk tubuh
C. tempat melekatnya otot
D. melindungi bagian tubuh yang penting
3. Tulang rusuk yang membentuk semacam sangkar adalah ...
A. rongga dada C. rongga rusuk
B. rongga kepala D. rongga depan
4. Untuk mencegah penyakit rakhitis, sebaiknya kita makan makanan yang banyak mengandung ...
A. vitamin A C. kalsium
B. vitamin B12 D. vitamin D
5. Penyakit yang ditunjukkan pada gambar adalah ...
A. kifosis
B. lodorsis
C. skoliosis
D. rematik
6. Kebiasaan mendengarkan musik dengan suara yang keras dapat menyebabkan kerusakan pada ...
A. lubang telinga C. daun telinga
B. gendang telinga D. saluran eustachius
7. Orang yang tidak dapat melihat jarak jauh dengan baik, memiliki penyakit ...
A. miopi C. hipermetropi
B. buta warna D. rabun senja
8. Cara mencegah sariawan pada lidah dengan memakan buah ...
A. pisang C. jeruk
B. alpukat D. apel
9. Hidung menjadi kotor karena udara yang kita hirup mengandung ...
A. uap air B. asap C. butiran debu D. bau
10. Bagian tanaman yang berfungsi sebagai penyerap air dan unsur hara dari dalam tanah adalah ...
A. akar B. daun C. bunga D. batang
11. Padi dan jagung memiliki bentuk akar ...
A. akar serabut C. akar tunggal
B. akar napas D. akar gantung

Hubungan antara dua makhluk hidup yang satu pihak diuntungkan dan pihak lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan disebut simbiosis . daun D.. A. melahirkan B. Hubungan antara tali putri dengan tumbuhan inangnya disebut .. meningkat C. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah .. tunggal D... paus banyak diburu manusia maka populasi singa laut akan . Mati . padi -> belalang -> katak -> ular -> elang -> pengurai D. bebek dan burung elang mengalami perkembangbiakan secara . akar C. A.. majemuk 19. Ayam. A. Hewan yang makanannya berasal dari hewan lainnya disebut juga . padi dan alpukat 18.. ovovivipar 23. daun D. maka disebut tumbuhan yang berdaun .. menyimpan makanan 17. parasitisme 28.. merugikan C. Urutan rantai makanan yang benar adalah . karnivora C.. 24. ekosistem B. menguapan B.. C. batang 15. menyirip 16. A. sagu dan tebu B. A. bertelur C.. kakatua D. Bagian tanaman yang berfungsi sebagai pengangkut atau alat transportasi adalah . insektivora D. simbiosis B. simbiosis 27. Hewan yang membawa penyakit demam berdarah adalah .. buah B. kuda D. padi -> ayam -> kambing -> pengurai C. batang C. Berikut ini yang termasuk hewan kanibal . Fungsi utama bunga adalah . memandikan D. herbivora B. semangka -> macan -> tikus -> pengurai B. D.. membiarkan di dalam kandang 26. habitat D. jambu B. pelatuk C. A. A. A. rantai makanan 30. pohon jati C. tidak diuntungkan dan tidak dirugikan B. komensalisme C.. A. kucing C. A. Contoh tanaman yang menyimpan cadangan makanan pada buah adalah . A. satu B. menyerap air D. padi -> tikus -> elang -> ayam -> dekomposer 31. vivipar D. Perhatikan bagan rantai makanan berikut! Fitoplankton -> zooplankton -> udang -> singa laut -> paus Jika.. mangga dan apel D.. singa B. pohon karet 14. A... komensalisme D. parasitisme B. A. mutualisme C. jerapah C.. bunga 13... tunggal C.. A. A. B. alat perkembangbiakan C... Bakteri Escherichia Coli yang terdapat di usus besar manusia memiliki hubungan yang saling . Tempat pengolahan makanan pada tumbuhan. berkurang D. Buah mangga termasuk tumbuhan biji berkeping . parasit 29. A. metamorfosis C.12.. pipit B. akar B.. orang utan 22. elang 21. membawanya ke tempat yang kotor C.. ayam D. wortel dan kentang C. majemuk B. A. A. gajah B. terjadi di . Pada salah satu tangkai daun pohon belimbing terdapat beberapa helai daun. nyamuk 25.. menjemur pada sinar matahari B.. A.. Burung yang termasuk pemakan daging adalah .. menguntungkan D. omnivora 20. A..... Bagaimana cara memelihara kebersihan tubuh hewan peliharaan . dua C. kangkung D.. mutualisme D.. sejajar D.. Proses perjalanan makan dan dimakan disebut dengan . tetap B.. Tanaman berikut yang memiliki batang basah adalah .

karena . A. 41.. kuat dan keras 35. klastik D.. Kambing. A.. Ketika mengalami proses metamorfosis. 44. karet II. kedap air B. menguap 34.. 45. telur kupu-kupu menetas menjadi . Bacalah setiap soal secara cermat dan isilah titik-titiknya dengan jawaban yang benar! 36. Kamper yang dibiarkan di udara terbuka lama kelamaan akan habis. mudah pecah D..... A. Kaca banyak digunakan untuk membuat jendela rumah. 40. Bagaimanakah terjadinya proses melihat pada manusia! 47.. Tempat berlangsungnya hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut .. Sebutkan dua benda padat yang dapat larut di dalam air . Sebutkan dua contoh tanaman yang memiliki struktur tulang menyirip! 49. 37. 39. Alat kelamin jantan pada tumbuhan disebut . kaca C.. III. gas C. Benda yang dapat kita lihat tetapi tidak dapat kita rasakan adalah . Benda yang sifatnya lentur adalah . Sendi ini berfungsi seperti gagang pintu yang hanya digerakkan satu arah... Jelaskan perbedaan susunan gigi pada hewan herbivora dan omnivora! 50. 42. tembus pandang C. cair D.. membeku C.. keras 33. Sebutkan 3 fungsi akar bagi tumbuhan! 48. Cermatilah soal-soal berikut kemudian kerjakan dengan singkat dan tepat! 46. karena memiliki sifat . Buatlah rantai makanan yang dapat terbentuk pada ekosistem hutan!  Selamat mengerjakan  . Proses perubahan wujud yang terjadi pada kamper disebut . kerbau....... 38. dan sapi termasuk hewan pemakan ... kain B. padat B. 43. Contoh hewan karnivora dari bangsa serangga adalah . menyublim D. A. mencair B.. Penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian adalah . Tumbuhan hijau disebut produsen.. yaitu . 32... Pohon bakau memiliki bentuk akar ..

.

C ISIAN 36. D 12. 1. B 8. A 28. penyimpan cadangan makanan 48. A 17. B 29. C 35. B 21. Mengangkut unsur hara. nangka dan rambutan 49. Dapat membuat makanannya sendiri 40. geraham dan taring 50. A 19. Nafas 43. Tumbuhan / herbivora 37. Rematik 42. D 32. A 33. 47. Sendi engsel 41. A 22. B 31. C 20. Ulat 38. D 16. C 15. C 25. melekatnya tumbuhan. A 11. Daun mangga. jambu. C 10. B 14. Herbivora memiliki gigi seri dan geraham tetapi hewan omnivora memiliki gigi seri. Ekosistem 39. C 7. B 5. B 24. B 34. Serbuk sari / benang sari 44. Nyamuk 45. A 3. B 9. C 2. D 4. A 27. A 23. B 30. Garam dan gula URAIAN 46. D 6. C 26. B 18. difokuskan ke retina dan terbentuklah bayangan benda di retina lalu disalurkan oleh saraf mata sehingga kita dapat melihat benda. C 13. Benda yang terkena cahaya akan memantulkan cahaya ke mata kita dan diterima oleh kornea dan diatur banyak sedikitnya cahaya oleh pupil. Tumbuhan berbiji -> burung pemakan biji -> ular -> musang -> harimau -> dekomposer .