You are on page 1of 6

Nama : Nur Alisa

NIM : 16.IK.487

JOB SHEET

FISIOTERAPI DADA

NO TINDAKAN Gambar
FASE PRA INTERAKSI
1 Pastikan tindakan sesuai dengan advice
dokter dalam catatan medis klien.

2 Siapkan alat :
- Pot berisi cairan desinfektan
- Kertas tissue
- Bengkok
- Stetoskop
- Handscoon
- Tabung o2
- Suction bila diperlukan
- Handuk
- Masker

perkenalkan diri dan panggil pasien dengan nama dan tanggal lahirnya 5 Atur posisi klien agar nyaman Inform konsen 6 FASE KERJA .3 Cuci tangan FASE INTERAKSI 4 Mengucap salam.

7 Tutup sampiran 10 Pakai masker 12 Cuci tangan 13 Pakai handcoon PELAKSANAAN TINDAKAN 14 Dengan menggunakan stetoskop tentukan bagian lobus yang terdapat banyak sekret .

kedua tangan penolong menepuk punggung dan dada pasien secara bergantian 16 Lakukan cara ini selama 3-5 menit preposisi (lobus tempat secret menumpuk) 17 Bila ada rangsangan batuk pasien dianjurkan untuk membatukkan lendir dan pengeluarkan nya dengan ditampung dalam pot 18 Bila lendir atau sekret sulit dibatukkan.15 Tangan dibentuk seperti mangkok dan merefleksikan jari bersentuhan dengan jari telunjuk . isap dengan mnggunakan suction .

19 Bila pasien tampak sesak beri oksigen 20 Ulangi sampai sputum bersih dan pasien merasa lega 21 Pasien di rapihkan kembali 22 Bereskam alat EVALUASI DAN DOKUMENTASI 23 Mencatat jumlah dan jenis sekresi 24 Mencatat waktu pelaksanaan .

25 Mencatat respons klien slama prosedur .