You are on page 1of 8

NEUROMUSCULAR AGENT

Nama obat Mekanisme ADME Dosis Kontraindikasi Interaksi Obat Target Keamanan
organ dan ibu hamil
efek
Vecuronium Antagonis Absorbsi Intubasi Peringatan: Blockade ACh C
(Steroidal) kompetitif IM dan IV 0.08 to 1. monitor respon neuromuskuler dihalangi
reseptor Ach, Distribusi 0.12 dengan stimulator dipotensiasi oleh untuk
Cenderung Tak mg/kg IV; saraf tepi untuk aminoglikosida, berikatan
bersifat Rumatan: memperkecil antibiotic, anestesi dengan
menembus
reseptornya
vagolitik. sawar plasenta 0,02 risiko kelebihan local, anestesi
, maka
hi Metabolisme mg/kg/25- dosis volatile, diuretic tidak
Di dalam liver 50 menit 2. efek reverse ansa, magnesium, terbentuk
dan Onset of dengan litium, obat-obat potensial
dikeluarkan action 2-3 antikolinesterase penyekat ganglion, lempeng-
melalui ginjal menit seperti hipotermia, akhir
bersama urin Durasi piridostigmin hypokalemia, motorik
45-90 bromide, asidosis
Eliminasi menit neostigmine atau respiratorius, dan
Eksresi utama edrofonium pemberian suksinil
di bilier dan berbarengan kolin sebelumnya,
sekunder di dengan kebutuhan dosis
renal (25%) penggunaan berkurang (sekitar
atropine atau 30-45%, dan
glikoporolat lamanyablokade
3. dosis diperpanjang
prapengobatan (hingga 25%) oleh
dapat anestetik volatile,
menimbulkan kelumpuhan
suatu tingkat kambuhan dapat
blockade terjadi dengan
neuromuskuler kuinidin,

kelumpuhan atau fungsi yang diperpanjang adrenokorteks yang (berhari-hari tidak adekuat. akut dan blockade tahanan meningkat . intensif. rokuronium ketidakseimbanga mengurangi n elektrolit fasikulasi tetapi (hypokalemia. dosis aminoglikosida priming secara bersamaan. dengan perawatan edrofonium. hingga berbulan. piridostigmin. intensitas dan hipermagnesemia) memperpendek . Khususnya pada Dosis mereka dengan prapengobatan dari gagal ginjal. efeknya bulan) dapat diantagonis oleh terjadi setelah inhibitor terminasi infus antikolinesterase jangka panjang seperti pada pasien neostigmine. dan lamanya blockade kortikosteroid neuromuskuler dan/atau suksinilkolin. mengurangi waktu Keadaan ini awitan dan disebabkan oleh blockade maksimal timbulnya miopati sekitar 30-60 detik. menurunkan hipokalsemia.yang pada peningkatanblokad beberapa pasien e neuromuskuler cukup dapat terjadi menyebabkan padapasien dengan hipoventilasi miastenia gravis 4.

3 risiko kelebihan local. Efek samping utama: 1. anestesi . 1.1 – 0. saraf tepi untuk aminoglikosida. blok yang diperpanjang Rocuronium Antagonis Absorbsi Intubation Peringatan: Blockade ACh C (steroidal) kompetitif IM dan IV rutin 0. diuretic . metabolit aktif. pulmoner: hipoventilasi. apneu 3. antikonvulsan terutama 3 (contohnya desasetil fenitoin. berikatan bersifat Rumatan: memperkecil antibiotic. neuromuskuler atau efek diversi persisten sebagai dengan akibat sekunder penggunaan akumulasi dari teofilin. monitor respon neuromuskuler dihalangi reseptor Ach Distribusi 1 mg/kg dengan stimulator dipotensiasi oleh untuk cenderung Metabolisme intravena. muskuluskeletal: blok yang tidak adekuat. kardiovaskuler: bradikardia 2. anestesi dengan tidak reseptornya vagolitik dimetabolism 0. maka e dosis volatile. vekuronium (yang karbamazepin) dan mempunyai 60 % pada pasien dengan aktivitas cedera luka bakar vekuronium dan dan paresis diekskresikan melalui ginjal).5 .

lempeng- ginjal menit piridostigmin hypokalemia. obat-obat terbentuk utama di liver Onset of antikolinesterase penyekat ganglion. yang pada peningkatanblokad beberapa pasien e neuromuskuler cukup dapat terjadi menyebabkan padapasien dengan hipoventilasi miastenia gravis 4. efek reverse ansa. 2. hipertermia efeknya maligna diantagonis oleh inhibitor Efek samping antikolinesterase utama: seperti . tidak Ekskresi 30 menit dengan litium. asidosis 35-75 neostigmine atau respiratorius. dan glikoporolat lamanyablokade 3. rokuronium atau fungsi tampaknya tidak adrenokorteks yang memicu tidak adekuat. dnegan kebutuhan dosis penggunaan berkurang (sekitar atropine atau 30-45%. menimbulkan kelumpuhan suatu tingkat kambuhan dapat blockade terjadi dengan neuromuskuler kuinidin. potensial dan sedikit di action 3-6 seperti hipotermia. dosis diperpanjang prapengobatan (hingga 25%) oleh dapat anestetik volatile. dan menit edrofonium pemberian suksinil berbarengan kolin sebelumnya.Eliminasi mg/kg/15. magnesium. akhir Durasi bromide.

karbamazepin) dan pada pasien dengan cedera luka bakar dan paresis . edema mengurangi waktu tempat suntikan. tahanan meningkat atau efek diversi dengan penggunaan teofilin. blok yang neuromuskuler diperpanjang suksinilkolin. 2. intensitas dan muskuluskeletal: memperpendek blok yang tidak lamanya blockade adekuat. hipoventilasi. dosis 4. dermatologic: priming ruam. mengurangi hipertensi fasikulasi tetapi pulmoner menurunkan 3. rokuronium laringospasme. aritmia edrofonium. prapengobatan dari bronkospasme. Dosis apneu. antikonvulsan (contohnya fenitoin. takikardi. pulmoner: piridostigmin.1. awitan dan pruritus blockade maksimal sekitar 30-60 detik. kardiovaskuler: neostigmine.

litium.Atracurium 1. suatu stimulan penggunaan dosis pra otak yang atropine atau pengobatan terutama glikoporolat atrakurium diekskresikan 4. lama blockade Metabolit neostigmine atau neuromuskuler primernya edrofonium diperpanjang ( adalah berbarengan hinggs 25%) oleh laudanosin. dan akhir bersifat release Obat ini . Relaksan Absorbsi Intubation Peringatan: Blockade ACh C (benzylisoquinoline otot skelet IM dan IV : 0. anestesi dengan cairan reseptornya kompetitif ekstraseluler. dosis mengurangi ke dalam urin. potensial motorik plasenta menit pasien dengan hipotermia. eliminasi antikolinesterase Kebutuhan dosis Hoffman dan seperti berkurang (sekitar hidrolisis ester enzimatik piridostigmin 30%-45%) dan nonspesifik. risiko kelebihan lokas. prapengobatan fasikulasi tetapi Eliminasi dapat menurunkan Plasma menimbulkan intesitas dan (eliminasi suatu tingkat memperpendek hofman. Cenderung Metabolism Durasi 30 riwayat asma hypokalemia. monitor respon neuromuskuler dihalangi ) nondepolarisas Distribusi mg/kg IV. bromide. gunakan dengan obat-obatan terbentuk lempeng akhir sawar action 3 -5 hati-hati pada penyekat ganglion.3 to 0. .. efek reverse pemberian suksinil yang cepat via dengan kolin sebelumnya. lempeng- 2. dan metabolism 3. .5 1.45 bronkiale dan asidosis histamine mengalami reaksi anafilaktoid pernapasan. mg/kg/25. tidak kolinergik di menembus Onset of 2. berikatan secara 0. diuretic. maka untuk reseptor tidak 50 menit dosis magnesium.1 memperkecil antibiotic. dengan stimulator dipotensiasi oleh untuk i yang bekerja Keseluruhan Rumatan: saraf tepi untuk aminoglikosida. dnegan anestesi volatile.

akan terjadi pada takikardi sinus. bronkospasme. blok yang edrofonium dan lama piridostigmin. adrenokortikal apneu. antikolinesterase muskuluskeletal: seperti blok yang tidak neostigmine. beberapa pasien Dosis priming cukup mengurangi waktu menyebabkan hingga awitan dari hipoventilasi blockade minimal sampe sekitar 30- Efek samping 60 detik. 4. dermatologic: peningkatan ruam. Efeknya laringospasme diantagonisir oleh dispneu inhibitor 3. pasien dengan bradikardi sinus miastenia gravis 2. urtikaria resistensi atau reverse efek dengan oenggunaan teofilin dan pada penderita dengan . adekuat. hati. yang tidak adekuat.hidrolisis blockade lamanya blockade ester). utama: Peningkatan 1. neuromuskuler neuromuskuler dari ginjal yang pada suksinil kolin. pulmoner: atau fungsi hipoventilasi. neuromuskuler vasodilatasi. kardiovaskuler: blockade hipotensi.

luka bakar dan paresis Interaksi pada tabel 9-4 .