You are on page 1of 11

MAKALAH

Komunikasi Politik

PARTAI BERKARYA

Disusun Oleh:

Kelompok 2

1. Penius :Kogoya (0515300001)

2. Yudha :WIIluha (05150000009)

3. Ridwan Firdaus ()

SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI INDONESIA MAJU
(STIKOM-MA)
2017

Dalam kesempatan ini kami dari kelompok 2 menyampaikan banyak terimah kasih Bpk. KATA PENGANTAR Seraya mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat serta pertolongan -Nya. sehingga kita bisa menyelesaikan tugas makalah komunikasi politik dengan baik. selama ini banyak memberikan kami pengetahuan tentang komunikasi politik. .Si sebagai selaku dosen mata kuliah komunikasi politik. Dengan menyelasainya tugas makalah ini sebagai UAS akhir dalam mata kuliah komunikasi politik. Musofa M.

.……2 BAB III PEMBAHASAN………………………………………………………….……. STRATEGI PARTAI BERKARYA…………………………………………….……………..ii A.…………………4 H.3 F.. KESIMPULAN ………………………………………………………………………5 J.iii D.…...6 DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………..ii B...7 . FUNGSI PARTAI POLITK……………………………. DEFINISI PARTAI POLITIK……………………………………………………3 E.4 BAB III PENUTUP……………………………………………………………………v I. VERIFIKASI PARTAI BERKARYA……………………………………………3 G. STRUKTUR PARTAI BERKARYA……………………………………. LATAR BELAKANG MASALAH ……………………………………………1 BAB II SEJARAH…………………………………………………………………. TUJUAN KAMPANYE PARTAI BERKARYA…………. LAMPIRAN………………………………………………………….. VISI MISI…………………………………………………………………………2 C. DAFTAR ISI KATA PENGANTAR……………………………………………………………… i BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………..……………….

Tommy Soeharto. duduk sebagai ketua Dewan Pembina Partai Berkarya. lahir di Negeri ini tak lain untuk memperjuangkan Aspirasi dan Kepentingan Rakyat Menjadi Salah satu Tujuan Partai Berkarya. Salah satu kegiatan yang paling menonjol dilakukan oleh partai politik untuk memenangkan partainya dalam pemilihan umum tidak terlepas dari strategi politik dan propaganda. Putra Presiden Ke-dua Soeharto. Kekuasaan merupakan salah satu konsep politik yang banyak dibahas. kebijakan publik. Partai Berkarya besutan Hutomo Mandala Putra (HMP) atau dikenal Tommy Soeharto. pemilihan umum dianggap sebagai lambang kehidupan demokrasi sekaligus nilai ukur dari demokrasi itu sendiri. dan siap mewarnai kancah perpolitikan negeri ini. lobi dan negosiasi.HH-21. . bersama-sama membangun Indonesia menjadi Indonesia Raya. dan mendapatkan legitimasi hukum dan sah sebagai partai politik di Indonesia pada tanggal 13 Oktober 2016 dengan dikeluarkannya SK Menkumham No. dan alokasi atau distribusi. sebab konsep ini sangat krusial dalam ilmu politik khususnya. BAB I PENDAHULUAN a. Partai baru bernama Partai Berkarya ini sudah mendapat pengakuan dari Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 13 Oktober 2016. Politik bahkan dianggap identik dengan kekuasaan. Kekuasaan itu sendiri berarti suatu hubungan dimana seseorang atau sekelompok orang dapat menentukan tindakan seseorang atau kelompok lain kearah tujuan dari pihak pertama. Tetapi. pemilihan umum bukan merupakan satu-satunya nilai ukur karena perlu dilengkapi dengan pengukuran beberapa kegiatan lain seperti strategi politik. Makalah ini akan membahas (strategy Politik Partai Berkarya Delam Memenangkan Pemilu 2019) dan salah satu partai kecil di Indonesia yakni Partai Berkarya satu satunya partai politik yang merupakan fusi dari 2 (dua) buah partai politik Partai Beringin Karya (BERKARYA) & Partai Nasional Republik (NASREP). Di beberapa negara demokrasi. Partai Berkarya kini menjadi salah satu dari 73 (tujuh puluh tiga) partai politik berbadan hukum di Indonesia. Latar Belakang Masalah Politik dalam suatu negara berkaitan dengan masalah kekuasaan pengambilan keputusan. Didirikan pada tanggal 15 Juli 2016. ini merupakan kelanjutan dari pembaharuan dan kerja sama antara Partai Nasional Republik dengan Partai Beringin Karya.01 Tahun 2016. M.11.AH.

 Sekretaris Jenderal: Dr.  Memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat dalam setiap keputusan dan kebijakan politik dan pemerintahan. Ruang lingkup aktivitas PARTAI BERKARYA adalah nasional.Ec. VISI PARTAI BERKARYA Bersama-sama membangun negara Indonesia dengan berkarya.MH. MA. SH. SH.Hj. MM.. 514 Kabupaten & Kotamadya.  DEWAN PERTIMBANGAN Ketua : Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno  DEWAN PENASEHAT Ketua : Mayjen TNI (Purn) Syamsu Djalal  DEWAN PEMBINA Ketua : H. Hutomo Mandala Putra  DEWAN KEHORMATAN Ketua : Mayjen TNI (Purn) Muchdi PR. S..  Wakil2 Ketua Umum : Drs. Visi dan Misi 1. Yockie M. Sejarah Partai Berkarya Sebagai partai muda.Ghozi Wahib Wahab. Dra. MISI PARTAI BERKARYA  Meningkatkan partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan. SH.H. ratusan ribu kelurahan se-Indonesia hingga pembinaan ke tingkat Anak Ranting (RT/RW). Ketua : H.Ourida Seskania.Sruktur Partai Berkarya  BERIKUT RINGKASAN PIMPINAN DPP PARTAI BERKARYA PERIODE 2016-2021:  MAJELIS TINGGI PARTAI.Badaruddin Andi Picunang  Bendahara Umum : Raden Mas Hendryanto . D. 34 provinsi.  Memperjuangkan ideologi partai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Ketua Harian : H. MSi. Bambang Ibnu Hartomo.. C.KH. Achmad Goesra. Muhammad Amin Luther. Soni Puji Sasono.Sos. Tutty. SH.  DEWAN PENGURUS   Ketua Umum : Neneng A.M. Hutomo Mandala Putra  DEWAN PAKAR Ketua : Drs. Hutagalung. PARTAI BERKARYA memiliki fokus kegiatan pengabdian dan perjuangan politik dalam beberapa topik yang menjadi isu nasional terkini. 2. dan puluhan ribu Kecamatan. BAB II Sejarah B. Tintin Hendrayani.

penciptaan iklim yang kondusif bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat. bertujuan menguasai pemerintah dan melaksanakan kebijakan umum mereka. Sigmund Neumann: Partai Politik adalah organisasi dari aktivis-aktivis Politik yang berusaha untuk menguasai kekuasan pemerintah serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan melawan golongan-golongan lain yang tidak sepaham. bangsa dan negara. Miriam Budiardjo: Partai Politik adalah suatu kelompok yang terorganisir yang anggota- anggotanya mempunyai orientasi. Namun tak jarang muncul permasalahan-permasalahan antar partai politik ataupun inter partai. masyarakat. Fungsi Partai politik Partai politik antara lain berfungsi sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas. sarana partisipasi politik warga negara Indonesia. Soltou: Partai Politik adalah sekelompok warga negara yang sedikit banyaknya terorganisir. yang dengan memanfaatkan kekuasan memilih. BAB III PEMBAHASAN E. Definisi Partai Politik Di Indonesia yang menganut system multi partai/banyak partai telah banya sekali lahir berbagai macam partai politik. Friedrich: Partai Politik adalah sekelompok manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan penguasan pemerintah bagi pemimpin Partainya. dan turut menyumbang political development sebagai suprastruktur politik. 3. R. dan sebagainya Dari definisi di atas dapat kita lihat bahwa tujuan dari dibentuknya partai politik adalah untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota. mengusung kepentingan- kepentingan kelompok dalam urusan politik. nilai-nilai dan cita-cita yang sama dengan tujuan memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik (biasanya). dan berdasarkan penguasan ini memberikan kepada anggota Partainya kemanfaatan yang bersifat ideal maupun materil. dengan cara konstitusional guna melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka F.H. memiliki platform atau haluan politik tersendiri. yang bertindak sebagai satukesatuan politik. partai politik oleh ahli yaitu: Carl J. serta memelihara keutuhan negara Indonesia . Partai politik sendiri adalah sarana politik yang menjembatani elit- elit politik dalam upaya mencapai kekuasaan politik dalam suatu negara yang bercirikan mandiri dalam hal finansial.

1983: 6). Swedia. sehingga terpaksa membentuk koalisi dengan partai-partai lain. politik merupakan aktivitas atau sikap yang berhubungan dengan kekuasaan dan yang bermaksud untuk memengaruhi dengan jalan mengubah atau mempertahankan suatu bentuk susunan masyarakat (Deliar Noer. Ia diharapkan menjadi alat penting untuk mengorganisir kekuasaan politik. Partai politik di negara berkembang sekalipun memiliki banyak kelemahan. ia menjadi sarana penghubung antara masyarakat umum dengan proses politik. Partai politik merupakan organisasi yang baru dalam kehidupan manusia karena ia baru hadir di negara modern. dan tidak dibenarkan bersaing dengannya. Negara yang menganutnya ialah Indonesia. Malaysia. Secara terminologi. Suasana kepartaian dinamakan non-kompetitif karena semua partai harus menerima pimpinan dari partai yang dominan. 2. Hal ini sering disebabkan karena tidak ada satu partai yang cukup kuat untuk membentuk suatu pemerintahan sendiri. . Partai politik merupakan sarana bagi warga negara untuk turut serta atau berpatisipasi dalam proses pengelolaan negara. dan Federasi Rusia. Sistem Dwi-Partai  Ada dua partai diantara beberapa partai. Negara yang menganutnya ialah Afrika. Tak hanya itu. memengaruhi keputusan pemerintah. mampu menempatkan calon-calon untuk menduduki jabatan-jabatan publik. Sistem ini diperkuat dengan digunakannya sistem pemilihan distrik yaitu setiap daerah pemilihan hanya dapat dipilih satu wakil saja. Sistem Partai-Tunggal  Partai yang benar-benar merupakan satu-satunya partai dalam suatu negara maupun untuk partai yang mempunyai kedudukan dominan diantara beberapa partai lain.[4] 3. Kuba. merumuskan aspirasi dan tuntutan rakyat serta memasukannya ke dalam proses membuat keputusan.[3] Pada umumnya partai politik diharapkan dapat melaksanakan tugasnya. Prancis. Sistem Multi-Partai  Sistem ini apalagi dihubungkan dengan sistem pemerintahan parlementer mempunyai kecenderungan untuk menitikberatkan kekuasaan pada badan legislatif. serta turut melaksanakannya. Atau proses penyampaian pesan yang bercirikan politik dari komunikator politik kepada khalayak politik melalui media tertentu yang bertujuan memengaruhi dengan jalan mengubah atau mempertahankan suatu kepentigan tertentu di masyarakat. sehingga peran badan eksekutif sering lemah. dan dengan demikian mempunyai kedudukan dominan. China. Nederland. Definisi partai politik itu sendiri adalah suatu kelompok politik yang mengikuti pemilihan umum dan. Terdapat tiga kategori sistem kepartaian. antara lain: 1. yang berhasil memenangkan dua tempat teratas dalam pemilihan umum secara bergiliran. melalui pemilihan umum itu. masih tetap dianggap sebagai sarana penting dalam kehidupan politiknya. Negara yang menganutnya ialah Inggris. Australia.

pangannya karena itulah yang dibutuhkan oleh masyarakat. ‘Diera saat ini fakta menjukan bahwa medsos semakin bergeser peluas penggunaanya. . sehingga penting ketika medsos ini gunakan sebagai strategi baru pada memenangan pemilu. H. cara berkampanye partai berkarya ini sangat simpel dia hanya menggunakan kata-kata yang bergambarkan mantan presiden RI ke 2 yaitu “LEBIH ENAK JAMAN KU TOH” menurut partai berkarya tujuan pengkampanye am partai berkarya itu untuk mengembalikan ekonomi kerakyatan seperti dijaman pak Suharto. Verifikasi Pemilu Pileg Partai Berkarya. sebagai syarat lolos verifikasi faktual dan dinyatakan sah sebagai partai politik peserta Pemilu 2019. jaman pak Suharto banyak KPUD yang membantu petani untuk meminjam dan menjual hasil tanamannya dengan bener tidak seperti pada jaman sekarang para petani sangat di rugikan dengan penjualan hasil panennya yang tak sesuai harganya." lolos verifikasi faktual dan menjadi peserta pemilu nanti Jika lolos dan menjadi peserta pemilu. Partai Berkarya 4. maka Partai berkarya harus juga dituntut mampu menggunakan medsos untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Strategi Pemilu Pileg Partai Berkarya Strategi Partai Berkarya pada pemenangan pemilu di Era digital apalagi era global ini damana media social (medsos makin tren) ini salah satu strategi kedepan untulk meraih simpati masyarakat dan menjadikan pemenangan tentu tren medsos merupakan salah satu peluang partai berkarya untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Partai berkarya partai politik yang kecil butuh kerja keras untuk loloskan Partai Berkarya Pemilu Legistalif (Pileg) 2019. tingkat kelurahan. ketika partai berkarya sudah lolos pemilu pileg 2019 Tentu untuk memaksimalkan strategi pemenangan diera global ini. "Sesuai amanat DPP dan DPW agar DPD memiliki DPC di tingkat provinsi dan kecamatan. pihak partai politik akan segera membuat strategi pemenangan partai politik. Partai politik harus lengkap struktur dan pengurus partai berkarya modal untuk verifikasi faktual . Strategi Partai Berkarya 6. supaya rakyat itu bisa murah sandang.G. Itu dikarenakan tidak ada KPUD yang membantu menyalurkan hasil panen para petani mengakibatkan petani harus menjual hasil panennya kepada para tengkulak yang harganya sangat murah. Jadi tujuan kampanye partai berkarya ini adalah ingin mensejahterakan masyarakat di bidang pertanian dan peternakan safar perekonomian Indonesia menjadi baik lagi buat masyarakat Indonesia I. Di seluruh indonesia. Tujuan Partai Politik 5.Tujuan partai berkarya ingin mengembalikan undang-undang 45 ke aslinya dan mengembalikan ekonomi kerakyatan. dan para petani makmur tidak seperti jaman sekarang. Karna menurut partai berkarya ekonomi kerakyatan di jaman pak Suharto itu sangat memudahkan dan mensejahterakan rakyat seperti harga pangan yang terjangkau. Tujuan kampanye partai berkarya: Partai berkarya sudah Lolos verifikasi factual pileg 2019.

Tujuan kelompok ini adalah memperoleh sebuah kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik yang biasanya di raih lewat konstitusional untuk melakukan kebijakan-kebijakan dalam mencapai tujuan mereka. dan cita-cita yang sama. buat masyarakat Indonesia pada dewasa ini yang memang memperjuangkan suatu kepentingan kelompok. atau memang ingin melakukan perubahan terhadap paradigma masyarakat kearah yang lebih baik. Kesimpulan Secara umum kita dapat mendefinisikan bahwa parai politik adalah suatu kelompok yang teroganisir yang anggota-anggotanya memppunyai sebuah orientasi. Perlu diterangkan bahwa partai politik tujuan kampanye partai berkarya ini adalah ingin mensejahterakan masyarakat di bidang pertanian dan peternakan safar perekonomian Indonesia menjadi baik lagi. . nilai-nilai. BAB V Penutup dan Kesimpulan J.

html http://id.org/wiki/Politik . Yogyakarta. Jakarta. 2008.“Partisipasi dan Partai Politik”. Ichlasul.1998.wikipedia.blogspot.Mariam . 1992. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 1996 Budiarjo.uk/2007/08/17/peran_partai_politik~2824340/ http://kadri-blog.co. “Dasar-Dasar Ilmu Politk”. __________. Grasindo. PT Tiara Wacana. http://masadmasrur.blog. “Memahami Ilmu Poltik”. Ramlan.Yayasan Obor Indonesia.com/2011/01/pengertian-partai-politik. “Teori-Teori Mutakhir Partai Politik”. Surbakti. DAFTAR PUSTAKA Amal. Jakarta.

Lampiran .