You are on page 1of 11

TAKE HOME

MATEMATIKA DISKRIT

DISUSUN OLEH:

RIA NURHALIMAH 1640604048
KASMAH 1640604053
MUHAIMINA SA’ADAH HELVY EFFENDI 1640604048

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

2018

disertai label simpul pada kota/kabupaten secara terurut! (label simpul dimulai 𝐴1 . 𝐵2 . Tentukan shortest path menggunakan algoritma Dijkstra dari kota/kabupaten (pangkal pulau) ke kota/kabupaten (ujung pulau)! . Berilah nilai bobot pada setiap sisi dengan range (21 s/d 100) dengan satuan KM! (nilai bobot antar kota/kabupaten tidak boleh sama) 3. Buatlah graf dari peta kelompok. SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) 1. 𝐵1 . 𝑍2 dan seterusnya. … . kemudian disertai keterangan label simpul setiap kota/kabupaten dan sisi terbentuk pada lintasan darat) 2. 𝑍1 . Tentukan bilangan kromatik dari graf tersebut. 𝐶2 . disertai pewarnaan pada graf dan peta! 4. 𝐶1 . … . jika simpul melebihi 𝑍1 maka ditambahkan mulai 𝐴2 .

Graf peta Banten.1. Jakarta dan Jawa Barat .

Graf Berbobot .2.

Bilangan Kromatik. Jadi graf diatas memiliki X (G)=4 .3. Pewarnaan graf dan Peta Bilangan kromatik adalah jumlh warna minimum yang digunakan untuk mewarnai simpul pada graf. suatu graf yang memiliki bilangan kromatik dilambangan dengan X (G) = k. disimbolkan dengan X(G).

Pewarnaan Peta .

𝑉𝑗) di mana w (𝑉𝑖 . 𝑉𝑗) = ∞ jika { 𝑉𝑖 . … . 𝑉𝑗 } bukan merupakan edge pada G} untuk i: = 1 sampai n L (𝑉𝑖 ): = ∞ L (a): = 0 S: = Ø {label sekarang diinisialisasi sehingga label a adalah 0 dan semua label lainnya ∞. 𝑉1 . dan S adalah himpunan yang kosong} sedangkan z ∉ S mulai u: = titik tidak S dengan L (u) minimal S: = S union {u} untuk semua simpul v tidak di S Jika L (u) + w (u. Menentukan Shortest path Jawaban no.4. 4 ada di lembar kerja excel Prosedur Djikstra {G memiliki simpul a = 𝑉0 . v) {Ini menambahkan sebuah simpul ke S dengan label minimal dan memperbarui label simpul yang tidak ada di S} {l (z) = panjang jalur terpendek dari a sampai z. L (v) maka L (v): = L (u) + w (u. v). 𝑉𝑛 = 𝑧 dan berat w (𝑉𝑖 . .