You are on page 1of 38

BAB I

PENGANTAR
1) Latar Belakang
Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat,
sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembanan cara berpikir manusia. Bangsa
indonesia sebagaib salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum
memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat
meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan
yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif dan produktif.
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang
cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Melalui
critical book jurnal ini diharapkan pembaca dapat memahami maksud daripada penulis
Maksud utama mempelajari Struktur Rangka Baja adalah untuk memperoleh
pengetahuan dasar yang dibutuhkan agar bisa merancang bagian-bagian mesin dan batang
struktur, bagian-bagian dan sambungan-sambungan dengan baik. Hampir semua materi yang
diajarkan di peguruan tinggi tentang kekuatan bahan telah dicakup dalam sebuah ilmu bagian
teknik terutama bagian Teknik Sipil.
2) Tujuan dan Manfaat
Tujuan dan Manfaat dari pembuatan CBR(Critical Book Review) adalah :
1. Mampu dan dapat membandingkan beberapa jenis bab dalam buku yang berbeda
2. Mampu mengkritik beberapa jenis bab dalam suatu buku yang berbeda
3. Mampu melihat kekurangan dan kelebihan dari beberapa jenis bab dalam suatu buku yang
berbeda
4. Dapat lebih memahami Materi seputar Struktur Rangka Baja t lebih banyak lagi
5. Sebagai salah satu tugas dalam mata kuliah Struktur Rangka Baja.

BAB II
RINGKASAN ISI BUKU
1) Buku Pertama
Identitas Buku
Judul buku : Konstruksi Baja
Penulis / Penyusun : Ir. Oentoeng
Penerbit :Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Kristen PETRA Surabaya dan Andi Yogyakarta
Ukuran dan banyak halaman : 16 x 23 cm/ 330 halaman

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Y. CE Penerbit : YUSTADI Offset Printing Ukuran dan banyak halaman : 17 x 24cm/136 halaman . 2) Buku Pembanding Identitas Buku Judul buku : Perhitungan “Konstruksi Baja” Lengkap Penulis / Penyusun : Hadi.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

BAB III KEUNGGULAN BUKU 1) Keterkaitan Antar Bab Buku Pertama : 1. 2) Kemutakhiran Isi Buku Buku Pertama: Pada buku pertama ini memiliki keungulan kemukhtahirannya yaitu buku ini memiliki tampilan buku bagian depan (sampul buku) yang sangat menampilkan kemenarikan secara mutakhir. sehingga pembaca harus membaca dari awal agar lebih memahami maksud daripada buku ini karna buku ini tidak mencantumkan bab hanya mencantumkan bagian perhitungannya saja. Buku Pembanding: Pada buku pembanding ini memiliki keungulan kemukhtahirannya yaitu buku ini memiliki tampilan buku bagian depan (sampul buku) yang sangat menampilkan kemenarikan secara mutakhir. Buku Pembanding : Pada bagian buku pembanding ini memiliki perhitungan yang berkaitan antara perhitungan pada soal sebelumnya ke perhitungan soal selanjutnya. Penulis memiliki gaya bahasa yang mudah untuk dipahami. sehingga membuat pembaca ataupun menarik pembaca untuk membaca buku tersebut. sehingga pembaca lebih memahami apa yang disampaikan oleh buku tersebut. Pada bagian buku pertama ini memiliki keunggulan pada keterakaitan antar babnya yaitu dimana setiap antar bab memiliki hubungan dengan bab lainnya sehingga kita harus membaca buku ini dari bab pertama hingga bab yang terakhir karna sangat terhubung. Pada buku ini juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga akan mutakhir untuk lebih menarik peminat pembaca untuk membaca buku tersebut dan tidak akan memakan tempat yang terlalu banyak untuk membawa buku tersebut. . sehingga membuat pembaca ataupun menarik pembaca untuk membaca buku tersebut.

BAB IV KELEMAHAN BUKU 1) Keterkaitan Antar Bab Buku Pertama: Pada buku ini memiliki kelemahan pada keterkaitan antar babnya yaitu buku pertama ini memiliki bab yang kurang berakaitan antar babnya yaitu bab I memiliki penjelasan ataupun cakupun yang banyak sedangkan bab II s/d bab VIII memiliki penjelasan ataupun cakupan materi yang jauh lebih sedikit daripada bab I. sehingga memakan banyak tempat. sehingga pembaca akan merasa bosan dalam membaca buku tersebut. Pada buku ini memiliki kelemahan pada keterkaitan antar babnya yaitu dimana pada setiap bab pada buku ini terlalu memiliki penjelasan ataupun cakupan materi yang terlalu banyak tidak langsung mengatakan intinya. . sehingga membuat pembaca cenderung kurang menyukai buku tersebut. Buku Pembanding: Pada buku pembanding ini memiliki kelemahan pada kemukhtahiran antar bukunya yaitu dimana buku kedua ini memiliki ukuran yang lebih besar dari pada buku pertama. Buku Pembanding: Pada buku ini memiliki kelemahan pada keterkaitan antar babnya yaitu dimana pada setiap bab pada buku ini terlalu memiliki penjelasan ataupun cakupan materi yang terlalu sedikit tidak langsung mengatakan intinya.. 2) Kemutakhiran Isi Buku Buku Pertama: Pada buku pertama ini memiliki kelemahan pada kemukhtahiran antar bukunya yaitu dimana buku pertama ini memiliki tampilan yang kurang menarik. sehingga pembaca akan merasa kurang puas atau kurang memahami dalam membaca buku tersebut.

Untuk impilkasi terhadap teori belajar terkhususnya dibangku perkuliahan proses pembelajaran berpegang teguh pada pentingnya menekankan keterampilan dan pengetahuan akademik maupun perilaku sosial dan sikapmpositif terhadap bidangnya masing-masing. banyak sekali hal-hal negatif yang ada terutama dalam penggunaan bahasia indonesia. Seperti yang kita ketahui Negara kita adalah negara yang sedang dalam proses berkembang menjadi negara yang lebih baik lagi. dimana sekarang banyak para siswa/i bahkan mahasiswa banyak menggunakan kata-kata baru ataupun kata serapan dari bahasa asing yang disebut ‘kekinian’. Teori STRUKTUR RANGKA BAJA yang dicakup dalam kedua buku tersebut memang memiliki perkembangan masing-masing sesuai dengan pemahaman ataupun kedudukan penulis sehingga para mahasiswa akan dapat mencampur kedua pemahaman dari kedua buku tersebut sehingga akan dapat menciptakan pemahaman baru yang dapat digunakan dalam perkuliahan. Kemampuan inilah yang disebut sebagai potensi manusia dan para pendidik manusia untuk dapat bekerja sama dalam meningkatkan Teori yang dipakai untuk melakukan hidup terlebih kepada Mahasiswa. Pembangunan diindonesia sekarang terkhusus untuk pembangunan sarana infrastruktur banyak yang sudah menggunakan STRUKTUR RANGKA BAJA sehingga hal tersebut sudah dapat diterima oleh berbagai pihak terlebih oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur. 2) Program Pembangunan di Indonesia Pembangunan di indonesia atau pembangunan nasional indonsia adalah paradigma pembangunan yang terbangun atas pengalaman pancasila yaitu pembangunan manusia indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat indonesia seluruhnya. Pendekatan akademik yang lebih menekankan pada penguasaan secara tuntas terhadap apa saja yang dipelajari menjadi langkah penting dalam pencapaiannya. Diharapkan mereka yang menggunakan kata tersebut tidak melupakan dan mengesampingkan bahasa persatuan kita yaitu bahasa indonesia sebagai ciri khas kita. . BAB V IMPLIKASI TERHADAP 1) Teori/Konsep Dalam Teori ini lebih melihat pada sisi perkembangan teori tersebut kepada pemahaman Mahasiwa sehingga pendekatan ini dapat melihat kejadian yang terjadi kepada mahasiswa untuk melakukan hal-hal positif.

terutama mahasiswa yang sedang duduk dibangku perkuliahan jurusan Teknik Sipil. . dimana buku ini dapat memberikan pengetahuan yang baik dan luas kepada mahasiwa sehingga apa yang ingin disampaikan buku ini dapat tersampaikan terutama kepada mahasiswa yang membacanya. kedua buku ini sangatlah bermanfaat kepada mahasiwa. Diharapakan semua mahasiswa jurusan Teknik Sipil dapat dengan baik memahami secara kritis dan mengaplikasikan ilmu bajanya ke dunia pekerjaan sehingga dapat menjadi mahasiswa yang berguna dengan berbagai analisa yang telah dilakukan sehingga setiap tindakan yang dilakukan mahasiwa berdasarkan analisa-analisa yang sudah dipahami dengan baik dan benar.3) Analisis Mahasiswa(posisi kritis mahasiswa) Mahasiwa merupakan seseorang dimana harus memiliki pemikiran yang kritis dan memiliki analisa yang tajam dan kuat pada setiap hidupnya.

Isi dari kedua buku ini sangatlah bermanfaat untuk menjadi pedoman dalam pengetahuan dan pemahaman dibidang STRUKTUR RANGKA BAJA. serta gaya bahasa yang digunakan pada buku tersebut. tampilan buku. baik dari dalam ataupun dari luar. semoga dengan adanya buku-buku yang luar biasa dapat membuat orang yang membacanya menjadi orang yang tidak biasa melainkan menjadi orang yang luar biasa. jenuh dalam membaca buku. dari sampul buku. Sebagai tambahan saya sangat senang membaca buku yang menampilkan tampilan yang menarik. . BAB VI KESIMPULAN & SARAN Sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa setiap ciptaanNya pastilah memiliki kekurangan. Saran saya dalam CBR ini yaitu ketika kita ingin menerbitkan sebuah buku sekiranya kita memikirkan kesukaan pembaca sehingga kita bisa berpikir kreatif lagi dalam menerbitkan sebuah buku. gaya bahasa yang mudah dipahami serta isi yang jelas sehingga pembaca tidak merasa bosa.

Oentoeng. “ Perhitungan KONSTRUKSI BAJA Lengkap”. Yogjakarta: YUSTADI Ir. . 2000. 2000. BAB VII DAFTAR PUSTAKA Hadi Y. “KONSTRUKSI BAJA”. CE. Surabaya : ANDI.