You are on page 1of 15

KATA PENGANTAR

Dengan penuh rasa syukur kehadirat Allah SWT, Media Farmasi Vol. 11
No.2 Tahun 2014 telah terbit.
Pada edisi ini, Jurnal Media Farmasi menyajikan artikel yang semuanya
merupakan hasil penelitian. Sembilan artikel dari luar Fakultas Farmasi UAD
membahas, (1) Studi pengguna spektrofometri inframerah dan kemometrika (2)
Optimasi formula matrik patch mukoadhesif ekstrak daun sirih ( Piper batle L.)
(3) Pengembangan basic cold cream ekstrak kulit manggis (Garcinia mangostana
L.) (4) Aktivitas antioksidan ekstrak etanolik berbagai jenis sayuran (5) Layanan
pesan singkat pengingat (6) Pola peresepan antiemetik pada penderita dispepsia
pasien dewasa dan lanzia (7) Evaluasi kepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 (8)
Pengaruh pengetahuan dan sikap orang tua terhadap swamedikasi obat demam
pada anak. Tiga artikel dari penelitian Fakultas Farmasi UAD yang membahas
tentang : (1) Penggunaan antibotik pada pasien leukemia akut dewasa (2)
Formula granul kombinasi ekstrak terpurifikasi herba pegagan (Centella asiatica
(L) Urban) dan herba sambiloto (Andrographis paniculata) (Burm.f.)Ness) (3)
efek ekstrak etanol kelopak rosela ( Hibiscus sabdariffa L).
Harapan kami, jurnal ini dapat bermanfaat bagi pembaca atau menjadi
referensi peneliti lain. Kritik dan saran membangun, senantiasa kami terima
dengan tangan terbuka.

Dewan editor

.

tebal matrik antara 0. folding endurance dan loss on drying. Bahan tambahan yang dipergunakan dalam pembuatan patch antara lain.120 Media Farmasi.063% .099%. folding endurance antara 60 .) MENGGUNAKAN MENTOL DAN PEG 400 SEBAGAI PERMEATION ENHANCER DAN PLASTICIZER OPTIMATION MUCOADHESIVE MATRIX PATCH CONTAINING BETEL LEAF EXTRACT (Piper betle L.00 mm.931. PEG 400. Kata kunci : ekstrak daun sirih. hidroksipropil metilselulosa. mentol.com ABSTRAK Daun sirih (Piper betle L) adalah tanaman obat tradisional yang secara empirik dimanfaatkan masyarakat untuk pengobatan antiinflamasi gusi.0.> 500 lipatan dan loss on drying antara 0. Komposisi pemakaian polietilenglikol 400 dan mentol dalam formula ditentukan dengan menggunakan metode simplex lattice design. 11 No.) USING MENTHOL AND PEG 400 AS A PERMEATION ENHANCER AND PLASTICIZER Eka Indra Setyawan .2.28 – 1. mukoadhesif matrik patch . Ekstrak daun sirih sebagai bahan aktif dibuat dengan teknik maserasi sedangkan formulasi patch dibuat menggunakan sistem matrix controlled.2 September 2014 :120-132 OPTIMASI FORMULA MATRIK PATCH MUKOADHESIF EKSTRAK DAUN SIRIH (Piper betle L. Formula optimal dihasilkan oleh kombinasi mentol dan PEG 400 dengan perbandingan 2:0 atau dengan nilai desirability 0. Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Udayana Email : indrasetyawan@ymail. Vol. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasi ekstrak etanol daun sirih ke dalam sistem penghantaran obat baru yakni patch mukoadhesif.837 g. Evaluasi matrik patch meliputi.510 . Hasil penelitian memperlihatkan bobot matrik berkisar antara 0. polietilenglikol 400. ketebalan matrik patch. dan mentol. I Gusti Ngurah Agung DewantaraI Made Dharma Dwi Putra Program Studi Farmasi. bobot matrik patch.

antihemolitik dan lainnya seperti tidak invasif. efek antioksidan (Moeljanto dan samping minimal. An exipient materials are used in the matrix preparation are hydroxypropyl methylcellulose. and menthol. Hal tersebut dikarenanakan (Shargel dan Yu. folding endurance of 60 . Chakraborty dan bioavabilitas obat (William. diperlukan sebuah profil pelepasan obat yang akan . radang gusi dan telah terbukti salah satu bentuk sediaan farmasi memberikan efek antiinflamasi dimana cara pemakaiannya ditempel dengan dosis sebesar 108 mg/kkBB pada dinding mukosa mulut dan dalam bentuk ekstrak (Inayanti.931. saponin. memberikan perbedaan terhadap Oleh karena itu.0. dkk 121 ABSTRACT Betel leaf (Piper betle L) is a traditional medicinal plant that used empirically for the treatment of inflammatory gum. polyethyleneglycol 400. This study was aimed to formulate the ethanol extract of betel leaf into a new drug delivery system such as mucoadhesive patches.>500 folds and loss on drying of 0. Keyword: betel leaf extract. menthol. mampu memberikan efek sistemik 2010). 2005). matrix thickness. mucoadhesive patch matrix PENDAHULUAN desain sediaan farmasi yang mampu menjaga stabilitas. tanin. bioavabilitas dan sebagainya.28 to 1. the matrix thickness of 0.00 mm. PEG 400.510 to 2. bioavabilitas. 2003) Shah 2011).837 g. 2003. The composition between polyethyleneglycol 400 and menthol in the formula was determined by the simplex lattice design method. matrix weight.Betel leaf extract as an active ingredient was made by maceration technique and the matrix formulations was made by the controlled matrix system. Optimal formula was generated by the combination of menthol and PEG 400 in the ratio 2:0 with a desirability value of 0. sehingga timbul Efektifitas patch dipengaruhi permasalahan seperti stabilitas bahan oleh tehnik pembuatan yang akan aktif. mampu menjaga Mulyono.Optimasi Formula Matrik Patch Mukoadhesif Eka Indra. dan flavonoid keunggulan dibandingkan dengan yang berfungsi sebagai antiseptik.099%. The results showed a weight matrix of 0. Pemakaian daun sirih sehingga pasien tidak perlu sering- yang terkait dengan pengobatan sering meminum obat dan mampu tersebut masih sebatas berupa infus meningkatkan patient complient (rebusan). Sediaan daun sirih mengandung minyak patch memiliki berbagai macam atsiri.063% . folding endurance and loss on drying. bentuk sediaan obat konvensional antiinflamasi. Daun sirih secara empirik telah serta nyaman digunakan tanpa banyak dimanfaatkan untuk berbagai mengganggu aktivitas pasien seperti macam pengobatan khususnya yang sediaan patch mukoadhesif berkaitan dengan gangguan mulut Patch mukoadhesif adalah seperti. Evaluation of the matrix includes.

2011. Sedangkan pemakaian PEG 400 sebagai Skrining fitokimia (DepKesRI. solven sehingga obat lebih mudah Ekstrak kental diperoleh dengan menembus kedalam stratum korneum menguapkan pelarut menggunakan (Singla dkk. PEG 400 dengan grade tehnis serta Setyawan (2013). (Jinghua dkk. mentol. Selain tehnik pembuatan.dan remaserasi sebanyak tiga kali. PEG 400 sebagai plasticizer. terdapat dalam matrik harus mampu sekaligus mengetahui berapa jumlah terlepas dari sediaan dan berpenetrasi pemakaian mentol dan PEG 400 melewati membran biologis hingga yang menghasilkan formula yang masuk kedalam sirkulasi sistemik optimal. Hasil positif . Oleh karena itu tehnik pembuatan serta pemilihan METODE PENELITIAN dan jumlah komposisi bahan tambahan harus tepat sehingga akan Penelitian ini menggunakan alat dihasilkan sediaan patch yang baik. 2013) dan dengan menguapkan ekstrak daun sirih pada kertas saring. efektifitas patch juga ditentukan oleh Berdasarkan uraian tersebut. menghasilkan matrik patch dengan Uji minyak atsiri ketahanan lipatan lebih dari 300 Uji minyak atsiri dilakukan lipatan (Setyawan.2 September 2014 :120-132 berdampak terhadap bioavabilitas meningkatkan % elongasi matrik obat. Hal tersebut disebabkan karena Proses ekstraksi menggunakan mentol mempunyai kemampuan metode maserasi dengan etanol 96% untuk meningkatkan partisi obat.2% selama 24 Pembuatan ekstrak daun sirih jam. 2001).122 Media Farmasi. Bahan obat yang terhadap sifat fisik matrik patch. (Lizelle dkk. plasticizer karena mampu 1986).. Mengetahui pengaruh stabilitas obat serta pelepasan dan penambahan mentol dan PEG 400 penetrasi obat. patch. Mallikarjurna. Inayat dan Rotary evaporator. jumlah dan jenis bahan tambahan peneliti ingin memformulasikan yang digunakan. dalam berbagai macam pereaksi yang penelitannya memperlihatkan digunakan untuk skrining fitokimia pemakaian mentol sebanyak 1 % dengan grade pro-analsis. Rotary evaporator untuk Bahan tambahan yang dipilih menghasilkan ekstrak kental daun dalam penelitian ini adalah mentol sirih dan bahan-bahan seperti sebagai permeation enhancer dan hidroksipropil metilselulosa. selama 24 jam dan dilakukan bertindak sebagai coehancer.. 2009). mampu menghasilkan pelepasan ketoprofen sebesar 23. Bahan tambahan ekstrak daun sirih kedalam matrik akan mempengaruhi sifat fisik patch. 11 No. Vol. 2011).

endapan putih setelah residu ditetesi dengan reagen Dragendorf.16 mg/0. melarutkan residu ekstrak daun sirih Adapun proses perhitungan adalah dengan asam sulfat P. Hasil positif percobaan. Dosis mencit peroral (20 gram): 108 mg/kg atau 108 mg/1000 gram.Optimasi Formula Matrik Patch Mukoadhesif Eka Indra. .14 mg/kg kedalam residu ekstrak daun sirih. bahwa ekstrak etanol daun endapan kecokelatan setelah ditetesi sirih dengan dosis 108 mg/kgBB dengan reagen Wagner. kemudian ditambah eter P dan diamati di bawah lampu UV 366nm. Dari dosis tersebut Uji glikosida kemudian dilakukan konversi dosis Uji glikosida dilakukan dengan dari mencit ke manusia (70 kgBB). Uji steroid/triterpenoid Uji saponin Uji teroid/triterpenoid dilakukan Uji saponin dilakukan dengan dengan melarutkan residu dengan meneteskan ekstrak kental dengan kloroform kemudian ditambahkan larutan HCl 2N. Hasil endapan berwarna jingga setelah positif ditandai dengan terbentuknya residu ditetesi dengan HCl 1N. warna biru tua pada larutan uji. Uji flavanoid 108 mg x 20/1000: 2.5 mg/70 kg menambahkan serbuk asam borat atau 7.85 m2 2.008: 499. ditujukkan dengan terbentuknya cincin violet atau biru kehijauan. Hasil positif ditandai asam asetat anhidrat melalui dinding dengan terbentuknya busa pada tabung reaksi. dkk 123 minyak atisiri ditandai dengan Hasil positif ditandai dengan terbentuknya noda transparan pada flurosensi kuning intensif.85/0. Hasil positif sebagai berikut (dihitung diperlihatkan dengan timbulnya berdasarkan Surface Area warna hijau setelah ditetesi dengan Equivalence) : pereaksi Liebermann-Burchard.16 mg x 1. kertas saring.008 m2 Uji flavanoid dilakukan dengan Surface Area manusia (70 kg): 1. Hasil positif mereaksikan larutn ekstrak daun sirih ditandai dengan terbentuknya dengan larutan FeCl3 10%. endapan Perhitungan jumlah ekstrak daun kuning setelah ditetesi dengan reagen sirih dalam formula Mayer. endapan merah setelah Hasil penelitian Inayanti ditetesi dengan reagen Hagen dan (2010). Uji alkaloid Uji alkaloid dilakukan dengan Uji tannin melarutkan residu ekstrak daun sirih Uji tannin dilakukan dengan dengan HCl 2N. mencit mampu memperlihatkan efek antiinflamasi.

Jumlah dibuat sebanyak 17 mL dengan pelipatan yang telah dilakukan komposisi seperti tersaji pada tabel I. 2010).124 Media Farmasi.5 F7 5.0 10. Pengujian variasi bobot patch walaupun pada kenyataan dosis pada tiap formula dilakukan dengan transmukosal biasanya lebih kecil cara menimbang satu persatu patch. Akan kali pada patch yang berbeda dari tetapi konversi dosis peroral menjadi formula yang sama.0 0.0 10.0 F6 5.5 F5 5..0 1.0 0. Uji folding endurance dilakukan dengan melipat patch Formulasi matrik patch berkali-kali pada tempat yang sama Masing-masing formula (Run) sampai patch tersebut patah. kemudian transmukosal tidak dilakukan karena dihitung bobot rata-ratanya (Parivesh penelitian ini masih terbatas pada dkk. Formula matrik patch mukoadhesif ekstrak daun sirih Ekstrak Menthol Etanol Daun HPMC 3% PEG 400 RUN 1% b/v Sirih 10% b/v (mL) (mL) (mL) b/v (mL) F1 5.0 2.0 10. dianggap sebagai nilai ketahanan lipatan (Parivesh dkk.0 10. proses formulasi dan belum sampai pada perhitungan efektifitas dosis Folding endurance transmukosal. 2009) yang berbeda dari masing-masing patch (Parivesh dkk.5 1.2 September 2014 :120-132 Dosis yang dipergunakan Bobot patch dalam formula sebesar 500 mg. 2010).0 F4 5.. Tabel I.0 F8 5.0 10. 11 No.5 0.0 2. Evaluasi patch Tebal patch Loss on drying Pengujian ketebalan patch Patch ditimbang satu persatu masing-masing formula dilakukan dan dimasukkan dalam moisture dengan mengukur ketebalan patch balance pada suhu 105oC hingga satu persatu menggunakan jangka layar pada alat menunjukkan angka sorong dan dilakukan pada 3 titik susut pengeringan (Patel.0 10. Vol. dengan pertimbangan jalur tersebut Penimbangan dilakukan replikasi 3 terhindar dari first pass effect.0 F2 5.0 2.0 0.0 10.0 F3 5.0 0.0 10.0 0.0 1.0 1.0 1.0 .. 2010).0 2.0 1.

elastis dengan warna hijau proses maserasi dan dilajutkan transparan dan tidak beraroma dengan proses penguapan pelarut Tabel II. Data hasil evaluasi fisik dianalisis dengan menggunakan Skrining Fitokimia Anova untuk melihat pengaruh Hasil skrining fitokimia dari variabel uji terhadap respon. Dragendorf. Dari tipis. Pemilihan etanol 96% dalam ketebalan. flavanoid. glikosida. ekstrak etanol daun sirih Pemilihan formula optimal dilakukan memperlihatkan bahwa ekstrak dengan menggunakan metode tersebut positif mengandung minyak Simplex Lattice Design. Kedelapan formula tersebut mampu menarik senyawa penting memberikan tampilan patch yang yang terdapat di dalam ekstrak. formula optimal dilakukan Adapun hasil uji skrining fitokimia menggunakan metode t-test single dapat dilihat pada tabel II. Hasil uji skrining fitokima ekstrak daun sirih Pengujian Hasil Keterangan Uji minyak atsiri (+) Terbentuk noda transparan pada kertas saring Uji saponin (-) Tidak terbentuk busa Tidak timbul endapan berwarna jingga. dan tanin. merah dan kecokelatan dengan pereaksi Uji alkaloid (-) HCl 2N.Optimasi Formula Matrik Patch Mukoadhesif Eka Indra. comparison. Verifikasi atsiri. dkk 125 Analisis Data dihasilkan sebanyak 37. putih. Mayer.16 gram ekstrak daun sirih kental. Hagen dan Wagner Timbul warna hijau hasil reaksi Liebermann- Uji glikosida (+) Burchard Tampak flurosensi kuning intensif di bawah UV Uji flavanoid (+) 366nm Tidak terbentuk cincin violet atau biru kehijauan Uji steroid (-) pada permukaan larutan Uji tanin (+) Terbentuk warna biru tua pada larutan uji . loss on drying dan proses maserasi dikarenakan sifat ketahanan lipatan disampaikan pada etanoln yang universal diharapkan tabel III. kuning. Evaluasi Fisik Patch HASIL DAN PEMBAHASAN Setelah patch dikeringkan maka dihasilkan pach dengan nilai Ekstraksi Serbuk Daun Sirih parameter fisik seperti bobot.

063 60 F3 5.0001 memiliki kemapuan untuk (<0.5 2..510 gr hingga 2. Formula dan hasil evaluasi fisik matrik patch mukoadhesif daun sirih Ekstrak Bobot Tebal LOD Lipatan Menthol PEG Etanol Daun HPMC 3% patch patch (%) RUN 1% b/v 400 Sirih 10% b/v (mL) (gr) (mm) (mL) (mL) b/v (mL) F1 5.837 1.3 0.7 dan hasil uji disampaikan pada PEG 400 akan memberikan tabel III.0 2.0 10. Dengan metode Simplex meningkatkan proses pembasahan Lattice Design (SLD) pengaruh dengan mengikat air sehingga akan penambahan mentol dan PEG 400 menyebabkan peningkatan bobot terhadap bobot matrik dapat patch (Jinghua dkk.0 10.0 2.36 0.099 500 F5 5..28 0.069 500 F8 5.0 1.073 80 F2 5.00 0. 11 No.0 2.083 350 F4 5..645 0.5 1.0 1.0 2. 2001). Hal kedelapan formula tersebut dengan tersebut disebabkan karena PEG nilai probabilitas sebesar 0. Pada persamaan 1 tersebut memiliki bobot berkisar memperlihatkan bahwa proporsi antara 0.074 500 Bobot patch Dari persamaan matematik Hasil pengukuran bobot patch yang dihasilkan (persamaan 1).0 0.(1) patch aklofenak mulai dari 1-5% memperlihatkan peningkatan bobot Keterangan: yang signifikan.0 1.0 1.0 0.81 0..0 1.52 0.096 100 F6 5. Vol..0 10. dianalisis dengan menggunakan memperlihatkan bahwa semakin bantuan software Design Expert besar proporsi baik mentol maupun ver.0 1. Hasil komponen PEG memberikan analisis Anova memperlihatkan pengaruh yang lebih besar perbedaan yang signifikan dari dibandingkan dengan mentol.2 September 2014 :120-132 Tabel III. Hasil digambarkan dengan persamaan serupa juga diperlihatkan oleh sebagai berikut: Gowda dkk. (2012) yakni penambahan mentol pada matrik Y= 0.68 0.96 0. Bobot patch yang peningkatan terhadap bobot matrik dihasilkan dari kedelapan formula tersebut.650 0.0 0.0 0.0 2.818 0.0 0.0 10.072 500 F7 5.85617B…….126 Media Farmasi.101 0.0 10.0 10. Nilai densitas dinyatakan dengan satuan gr/mL dan .0 1.05).0 2.0 0. Peningkatan bobot Y = bobot patch (gram) matrik oleh karena mentol A = proporsi komponen menthol disebabkan semakin besarnya nilai B = proporsi komponen PEG 400 densitas dari mentol.54483A + 2.510 0.837 g.5 1.531 0..512 0.0 10.0 10.5 0.0 0.

Pada persamaan 2 perbedaan yang signifikan dari memperlihatkan bahwa proporsi kedelapan formula tersebut dengan komponen PEG memberikan nilai probabilitas sebesar 0.05).97042B…… . ver. LOD patch yang dihasilkan memperlihatkan bahwa semakin dari kedelapan formula tersebut besar proporsi baik mentol maupun memiliki nilai %LOD berkisar antara PEG 400 akan memberikan 0.0001 menjadi cenderung lebih hidrofobik (<0.25708A + 0.7 dan hasil uji disampaikan pada Peningkatan bobot matrik cenderung tabel III. Matrik menjadi perbedaan yang signifikan dari cenderung lebih kental seiring kedelapan formula tersebut dengan bertambahnya jumlah PEG 400 dan nilai probabilitas sebesar 0. 2014). Hasil peningkatan terhadap tebal matrik analisis Anova memperlihatkan tersebut. Hasil berpengaruh terhadap viskositas dan analisis Anova memperlihatkan hidrofobisitas matrik.(2) berat dan tebal. Gowda dkk. tabel III. dkk 127 nilai densitas mentol sebesar 0.7 dan hasil uji disampaikan pada dihasilkan (persamaan 2). pada penelitiannya juga bantuan software Design Expert memberikan hasil yang serupa. terlihat bahwa semakin besar bobot matrik juga akan memberikan Tebal patch dampak terhadap peningkatan Hasil pengukuran tebal patch ketebalan matrik.00 mm. Dengan metode Simplex oleh karena adanya penambahan Lattice Design (SLD) pengaruh mentol. Tebal patch yang dihasilkan diiukuti dengan peningkatan dari kedelapan formula tersebut ketebalan matrik. Dengan metode Simplex dibandingkan dengan mentol. Penambahan memiliki ketebalan berkisar antara mentol dan PEG 400 akan 0. Selaras Lattice Design (SLD) pengaruh .05).28 mm hingga 1.099% mm.063% hingga 0. Air yang berada digambarkan dengan persamaan di dalam matrik akan sulit keluar sebagai berikut: sehingga tertahan di dalam matrik dan menyebabkan matrik bertambah Y= 0.89 dengan hasil pengujian bobot patch.. gr/mL (Anonim. . Hal tersebut akan berdampak penambahan mentol dan PEG 400 pada proses kehilangan air selama terhadap tebal matrik dapat pengeringan matrik.0288 pengaruh yang lebih besar (<0.. dianalisis dengan menggunakan (2012). Keterangan : Loss on drying (LOD) Y = tebal patch (mm) Hasil perhitungan LOD patch A = proporsi komponen menthol B = proporsi komponen PEG 400 dianalisis dengan menggunakan bantuan software Design Expert Dari persamaan matematik yang ver.Optimasi Formula Matrik Patch Mukoadhesif Eka Indra.

Hal tersebut disebabkan oleh Keterangan : karena interaksi antara mentol dan Y = LOD patch (%) A = proporsi komponen menthol PEG akan meningkatkan B = proporsi komponen PEG 400 permeabilitas matrik sehingga selama proses pengeringan baik air Dari persamaan matematik yang dan komponen lain yang mudah dihasilkan (persamaan 3)..5 1 1...(3) besar dibandingkan dengan faktor lainnya..071574A + 0...5 1 0..2 September 2014 :120-132 penambahan mentol dan PEG 400 PEG 400 akan memberikan terhadap %LOD matrik dapat peningkatan terhadap %LOD matrik digambarkan dengan persamaan tersebut.. menguap seperti mentol yang memperlihatkan bahwa semakin terkandung di dalam matrik akan besar proporsi baik mentol maupun lebih mudah menguap..5 1 1.5 0 Gambar 2..25 Actual Menthol 0 0.13647AB(A-B)………. Vol... Grafik hubungan antara proporsi menthol dan PEG terhadap bobot patch Des ign-Expert® Software Two Component Mix Tebal patch 1 Des ign Points X1 = A: Menthol X2 = B: PEG 0.. Pada persamaan 3 sebagai berikut: memperlihatkan bahwa interaksi antar komponen mentol dengan PEG Y = 0.1 0..068074B + 0.5 2 Actual PEG 2 1..4375 0.. Des ign-Expert® Software Two Component Mix Bobot patch 2.9 Des ign Points X1 = A: Menthol X2 = B: PEG 2.3 B o b o t p a tc h 1.5 2 Actual PEG 2 1...080471AB memberikan pengaruh yang lebih + 0.5 1 0.5 Actual Menthol 0 0. 11 No.625 0.128 Media Farmasi.. Grafik hubungan antara proporsi menthol dan PEG terhadap tebal patch ..7 1..5 0 Gambar 1..8125 T e b a l p a tc h 0.

09 0.92792A + 14.072 0..05).063 Actual Menthol 0 0. Y= 507.7 dan hasil uji disampaikan pada tabel 3.5 0 Gambar 3. Pada tersebut dengan nilai probabilitas persamaan 4 memperlihatkan bahwa sebesar 0.Optimasi Formula Matrik Patch Mukoadhesif Eka Indra.5 1 1.77458B…. LOD Dari persamaan matematik yang patch yang dihasilkan dari kedelapan dihasilkan (persamaan 4).5 1 0. Dengan komponen mentol memberikan metode Simplex Lattice Design pengaruh yang lebih besar (SLD) pengaruh penambahan mentol dibandingkan dengan PEG. Grafik hubungan antara proporsi menthol dan PEG terhadap %LOD patch Folding endurance Keterangan: Hasil percobaan ketahanan Y=ketahanan lipatan (jumlah lipatan) lipatan patch dianalisis dengan A = proporsi komponen menthol menggunakan bantuan software B = proporsi komponen PEG 400 Design Expert ver.(4) 2006) .081 0.0031 (<0. dkk 129 Design-Expert® Software Two Component Mix Loss on drying 0.5 2 Actual PEG 2 1. formula tersebut memiliki nilai memperlihatkan bahwa semakin berkisar antara 60 liptan hingga lebih besar proporsi baik mentol maupun dari 500 lipatan.099 Design Points X1 = A: Menthol X2 = B: PEG L o s s o n d ry in g 0. Hal dan PEG 400 terhadap folding tersebut disebabkan mentol akan endurance matrik dapat digambarkan menurunkan kristalinitas polimer dengan persamaan sebagai berikut: sehingga membuat matrik menjadi semakin elastis dan lentur (Sinko.. Hasil analisis Anova PEG 400 akan memberikan memperlihatkan perbedaan yang peningkatan terhadap jumlah folding signifikan dari kedelapan formula endurance matrik tersebut.

Grafik hubungan antara proporsi menthol dan PEG terhadap ketahanan lipatan patch Design-Expert® Sof tw are Two Component Mix Desirability 0. dihasilkan formula optimal sebanyak Dari data tersebut dapat disimpulkan dua macam yakni formula dengan bahwa tidak ada perbedaan yang komposisi menthol dan PEG 400 bermakna p-value > 0. Optimasi formula dilakukan Diantara kedua formula tersebut dengan bantuan software Design dipilihlah formula dengan nilai Expert ver.470 2 0.5 1 0.5 1 1. 11 No.5 2 Actual PEG 2 1.892:1.931 percobaan terhadap hasil prediksi dan formula dengan komposisi model persamaan matematik. observasi diolah dengan metode Simplex Lattice Design.000 3 Actual Menthol 0 0.705 D e s i r a b i l i ty 0.235 0.05 antara hasil (2:0) dengan nilai desirability 0.5 1 1.5 0 Gambar 5. Melalui Verifikasi Formula Optimal metode tersebut dengan pendekatan Hasil verifikasi formula optimasi secara numerik maka optimal dapat dilihat pada tabel IV.940 3 Design Points X1 = A: Menthol X2 = B: PEG 0. menthol dan PEG 400 (0.2 September 2014 :120-132 Des ign-Expert® Software Two Component Mix Folding endurance 520 Des ign Points 2 X1 = A: Menthol F o ld in g e n d u ra n c e X2 = B: PEG 405 290 175 60 Actual Menthol 0 0.130 Media Farmasi. Vol.453.5 1 0.108) .5 0 Gambar 4.5 2 Actual PEG 2 1. Data dari masing desirability yang paling besar yakni masing-masing respon hasil mentol dan PEG 400 (2:0).7. Grafik hubungan antara proporsi menthol dan PEG terhadap desirability Optimasi Formula dengan nilai desirability 0.

004 0. Sediaan Saran Galenik. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Verifikasi formula optimal Parameter Data Hasil Percobaan Prediksi p-value (Rata-rata ± SD) Bobot matrik (gr) 0.163 Folding endurance 511±5. pelepasannya.257 0. b.pp.6-7.. 2011. Chakraborty D dan Shah B. 400 (2:0). lanjut untuk mengetahui pelepasan Somashekara.htm)..3..Pharm. N. 2012. seperti bobot. Pengaruh penambahan mentol sebagai permeation enhancer DAFTAR PUSTAKA dan PEG 400 sebagai plasticizer dan interaksi dari kedua Anonim. and zat aktif yang terdapat dalam ekstrak Siddaramaiah.567 514 0.266±0.J. tebal. dihasilkan dari jumlah Int.015 0. loss on drying dan folding endurance.545 0. Vol. C.53±0.192- perbandingan mentol dan PEG 9.071 0. Formula optimum patch and antihemolytic activity of mukoadhesif ekstrak daun sirih piper betle leaf extracts.163 Tebal matrik (mm) 0.Optimasi Formula Matrik Patch Mukoadhesif Eka Indra.co m/ProductMSDSDetailCB7390 meningkatkan sifat fisik patch 694_EN. Formulasi patch mukoadhesif yang telah membiayai penelitian ini yang mengandung ekstrak daun sehingga dapat terlaksana dengan sirih dapat dibuat dengan baik dan seluruh pihak terkait menggunakan sistem matrik dimana penulis tidak dapat sebutkan dengan tehnik solven casting. Rajesh. Jakarta: Depkes RI. satu persatu.antioxidative c. D. . Sci.408 %LOD 0.chemicalbook. dkk 131 Tabel IV . 2014. Menthol.008 0. Perlu dilakukan penelitan lebih Gowda. Hal. diakses komponen tersebut memberikan tanggal 3 Desember 2014.V. Antimicrobial.449 KESIMPULAN DAN SARAN UCAPAN TERIMA KASIH Kesimpulan Peneliti mengucapkan terima kasih kepada PNBP Universitas Udayana a.066±0. Development and Evaluation daun sirih dari sediaan patch dan of Aceclofenac Loaded mempelajari lebih lanjut kinetika Transdermal Film.. 1986.N. pengaruh positif dalam (http://www.

8(2)..P.. dan Stephen. dan Mishra.N. p. 2011. and Abhishek.Pharm. P.C. P. G. L. Rana. Jurusan Farmasi Transdermal Films of Fakultas Kedokteran dan Ilmu Furosemide for Improved In Kesehatan Universitas Islam Vitro Skin Permeation. Origin. 2013. A. J. Morphology Penetration Enhancer: A Novel Thermomechanical Properties Strategy for Enhancing and Water Vapor and Trandermal Drug Delivery. William A. 437-442.P... Patel. p. Saini. Edisi kelima. 235-240. Mistry. Chemical Penetration Terhadap Karakter Fisik dan Enhancer for Transdermal Pelepasan Ketoprofen dari Drug Delivery System. p. D. S. Airlangga University Press.. Patel... Deug Delivery Enhancement Biofarmasetika dan by Compound of Natural Farmakokinetika Terapan. E.Pharm. Jeanetta. Sci. 2010.. V...... Kombinasi HPMC dan MC 2009. Pharm. Matrik Patch Transdermal. Parameters and Topical Drug Delivery from Marketed Products of Theory to Clinical Practice.. 2011.J.. 88.... C. London. Setyawan. A.. Inayanti. B.D.. Ekstrak Etanol 70% Daun Sirih Development and Evaluation (Piper Betle L) Secara In-vitro.2(12). Patel . dan Mulyono. Patel. Universitas Gadjah Mada. Setty. Moeljanto. Martin’s Physical 2003. L. Sinko. 2(4). C.K. G.. T.I.32- Film. D.C. Review.. Jakarta: Agro Sciences 6th ed.. Uji Efek Mistry.. Philadelphia.p. Negeri Syarif Hidayatullah.J. Rana.J.. Sumeet. Analagesik dan Antiinflamasi P. Y. R. Res. D..M. Surabaya : 10540. Pharm.37-84 p... 2006. of Ethyl Cellulose-Based Skripsi. Yogyakarta. Mallikarjuna.. Trop. P. .. 2001.C.. Peter. Tech.Pharm.. Tesis. p.132 Media Farmasi. G. H. Khasiat & Manfaat Pharmacy and Pharmaceutical Daun Sirih.K.. 2003.. Fakultas Farmasi p. transdermal patches: A Pharmaceutical Press. p. Jakarta.62-73.S.. S. Josias. Williams & Wilkins. Molecules. Pengaruh Inayat..173-179. Transdermal and Evaluation.10507. Vol.Tech.Tech. R. 11 No. Jinghua. 2005. A.. Parivesh. Lippincot Media Pustaka. 3(2). Pharm. 2009. Lizelle.. 2010... Singh.. Transdermal Shargel.Res. Minja.2 September 2014 :120-132 Int.J. 10(2). Effect of Singla. p.2224-2233.Res. Joshi B.J. and Yu.223.S. p. 36.. H. Polyetilenglycol on A. Design. Permeability Cellulose Acetate Int. S. T.S.B.