You are on page 1of 14

TIK KELAS IX.

5 SMPN 9 BANDUNG 2015

Hal Menarik
Seputar Tidur
Semua yang perlu anda ketahui seputar tidur.

Namira Ramadhani Rachmat

............................................. 3 Cara Mengatasi Ketindihan (Sleep Paralysis) ....................... 4 1) Apa yang Menyebabkan Sleep Paralysis? ................... 6 Posisi Tidur yang Baik—Kunci Tidur Nyenyak dan Sehat ............... 12 Hal Menarik Seputar Tidur| 1 ............ 11 2) Akibat Kebanyakan Tidur: Problem Kesehatan ......Daftar Isi Tidur—Mengapa Anda Butuh Tidur? ................... 5 2) Apa yang Bisa Dilakukan Ketika Sleep Paralysis Terjadi? .............................................7 1) 6 Posisi Tidur dan Kaitannya dengan Kepribadian .................... 2 1) Apa yang terjadi sewaktu tidur? .......................... 11 3) Dapatkan Manfaat dari Tidur Tanpa Kebanyakan Tidur! ........................ 3 3) Manfaat tidur bagi Anda ........................................................ 2 2) Fase-fase sewaktu tidur ....................................................10 1) Seberapa Banyak Tidur yang Termasuk Kebanyakan Tidur? ..................................................................... 9 Hobi Tidur? Inilah Akibat Kebanyakan Tidur yang Mesti Diwaspadai! ............................................

sewaktu seseorang dewasa ia hanya membutuhkan waktu 3 jam per hari-nya. ada pula yang merasa tidak ingin tidur. hal demikian menimbulkan beberapa pertanyaan seperti. salah satunya adalah melatonin yang dapat menyebabkan kantuk. adapula yang membutuhkan waktu 10 jam—variasi lamanya waktu tidur diatur oleh jam biologis dalam tubuh. Seberapa pentingkah Anda meluangkan waktu untuk tidur? Apa manfaatnya bagi kesehatan Anda? Apa yang terjadi sewaktu tidur? Kebiasaan tidur akan berubah seraya bertambahnya usia. Hal Menarik Seputar Tidur| 2 . Saat senyawa itu dilepaskan sensasi relaks yang ditandai dengan penurunan suhu tubuh. Jam biologis ini bergantung pada senyawa kimia tubuh.Tidur—Mengapa Anda Butuh Tidur? Cukup tidur-kah Anda? Beberapa orang merasa bahwa mereka sulit untuk beristirahat. berkurangnya aliran darah menuju otak. Senyawa ini dihasilkan oleh otak dan turut memengaruhi penurunan metabolisme tubuh menjelang tidur. otot tubuh mulai mengendur atau tidak tegang.

Anda akan mengalami beberapa fase seperti pergerakkan mata cepat yang berlangsung sepanjang malam. Jika Anda memiliki kondisi yang sehat. Manfaat tidur bagi Anda Selain itu. Hal demikian akan membuat Anda masuk dalam tahap awal tidur mikro (microsleep)—kondisi tertidur saat sedang mengendarai kendaraan dengan intensitas 10 hingga 60 detik. REM (rapid eye movement) dan non-REM (terdiri dari 4 tahap). istirahat cukup akan menjaga Anda terhindar dari masalah yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung. para peneliti memasukkan kategori ini dalam 2 fase utama. tubuh secara Hal Menarik Seputar Tidur| 3 . Faktanya sewaktu Anda kekurangan tidur. Jika siklus tidur normal terganggu. Fase-fase sewaktu tidur Selama tidur. Itu tidak akan membuat Anda benar-benar sadar sepenuhnya. Sedangkan pada fase non-REM tahap 3 maupun 4.Walaupun demikian. Fase tersebut memicu otak untuk aktif dalam memperbaiki diri dan memengaruhi fungsi otak. zat yang mengandung kafein dapat menghalangi kinerja senyawa kimia ini. tubuh akan bekerja semaksimal mungkin dalam menghasilkan hormon pertumbuhan—hal ini 50 kali lebih banyak pada remaja yang tidur pada malam hari. yaitu. Setelah 2 jam Anda tertidur fase yang disebutkan diatas terjadi. dengan intensitas 60 hingga 90 menit. karena otak memiliki jadwalnya sendiri saat ia mengalami kelelahan. tentu saja akan menyebabkan gangguan kesehatan. Para peneliti juga mengaitkan tidur dengan selera makan. Pada fase REM Anda cenderung mengalami mimpi dan relaksasi otot tubuh secara maksimum. kedua fase ini akan dialami secara berselingan hingga Anda tidur pulas. tidur membantu Anda memiliki ingatan jangka panjang. Secara keseluruhan.

Anda pasti merasa gelisah sebelum tidur karena memikirkan akan mengalami sleep paralysis. Cara Mengatasi Ketindihan (Sleep Paralysis) Apakah Anda sering mengalami ketindihan yang ditandai oleh ketidakmampuan untuk bergerak dan berbicara ketika terbangun dari tidur? Jika ya. Kurang tidur juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan sel T dan bermanfaat menumpas keberadaan bibit penyakit. sehingga Anda merasa lapar. Bayangkan jika hal ini sering terjadi di setiap malam selama berbulan-bulan. Sebaliknya jika Anda cukup tidur. mungkin sudah saatnya untuk mencari tahu cara mengatasi sleep paralysis—karena sedikit banyak pasti mengganggu kenyamanan tidur Anda. Sleep paralysis yang disertai halusinasi memang meresahkan. apalagi jika disertai dengan halusinasi yang menyeramkan.otomatis menanggapinya sebagai kekurangan asupan makanan. Hal Menarik Seputar Tidur| 4 . tubuh akan menghasilkan leptin yang memberi sinyal bahwa Anda cukup makan.

orang ini sudah sadar atau setengah sadar sehingga menyadari bahwa dia tidak bisa bergerak. Tidur yang rutin Sleep paralysis sering terjadi ketika siklus REM tidak berjalan mulus. Hal Menarik Seputar Tidur| 5 . Oleh karenanya Anda perlu tidur yang cukup dan teratur agar dapat mengurangi kemungkinan terganggunya siklus REM. otot-otot seolah dimatikan agar tidak bergerak ketika bermimpi. perhatikan beberapa cara mengatasi sleep paralysis berikut. Namun pada orang yang mengalami sleep paralysis. Yang pasti. hal ini biasanya dialami oleh orang yang kurang tidur. Normalnya saat siklus REM (rapid eye movement) terjadi. Penyebab lain mencakup stres dan jadwal tidur yang terganggu—misalnya karena jet lag. Oleh karena itu.Apa yang Menyebabkan Sleep Paralysis? Para peneliti percaya bahwa sleep paralysis disebabkan oleh terganggunya siklus REM saat tidur. Beberapa studi juga menemukan adanya hubungan antara gangguan kecemasan atau gangguan kepanikan dengan sleep paralysis. gangguan tidur ini dapat menyebabkan rasa gelisah serta resah karena Anda mungkin berpikir ‘Jangan-jangan malam ini saya ketindihan lagi’.

atau makanan manis. berjalan kaki di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah. Cari bantuan Karena sleep paralysis bisa saja diakibatkan oleh gangguan tidur lain. pola tidur pun akan membaik. Cari tahu apa cara terbaik bagi Anda untuk menenangkan diri. seperti narcolepsy. Olahraga secara teratur Anda tidak perlu pergi ke tempat fitness untuk berolahraga.Tidur miring Sekitar 60 persen kasus sleep paralysis terjadi karena orang tersebut tidur telentang. bermain dengan hewan peliharaan. Misalnya. ada baiknya untuk mencari bantuan dokter jika Anda mengalaminya setidaknya sekali seminggu dan berlangsung lebih dari 6 bulan. Ada banyak cara untuk menenangkan diri. beralkohol. Biasakan diri untuk tidur miring. dan membaca buku. Hal Menarik Seputar Tidur| 6 . Rileks Stres dapat berpengaruh pada pola tidur. cukup dengan olahraga ringan secara rutin. Pola makan yang baik Jika tubuh sehat. di antaranya yaitu mendengarkan musik. yang akhirnya berpotensi menimbulkan sleep paralysis. Kurangi atau hindari sama sekali makanan/minuman yang mempengaruhi tidur Anda—seperti makanan dan minuman berkafein.

cobalah untuk bernapas panjang dan dalam agar bisa lepas dari sleep paralysis. Beberapa orang mencoba menggerakan mata mereka ke depan dan belakang untuk bebas dari ketindihan dan berhasil. ada baiknya untuk berdoa sebelum tidur di malam hari. tetap tenang dan bayangkan diri Anda bisa bergerak bebas. Anda dapat merasa lebih tenang dan bisa dengan mudah mengatasi sleep paralysis. Tips ketiga. berfokuslah pada gerakan mata Anda. Hal Menarik Seputar Tidur| 7 . Dengan begitu. Selain keempat tips di atas.Apa yang Bisa Dilakukan Ketika Sleep Paralysis Terjadi? Tips pertama. Beberapa orang bahkan dengan sengaja memancing sleep paralysis agar bisa merasakan sensasi bergerak bebas dalam mimpi. Tips keempat. Tips kedua. jari tangan. atau lidah) dan gerakkan terus menerus untuk memaksa tubuh agar sepenuhnya bangun dari tidur. Sleep paralysis umumnya tidak mengganggu kemampuan Anda untuk membuka mata dan melihat sekeliling. cari anggota tubuh yang bisa digerakkan (jari kaki.

Jika Anda nyaman dengan tidur telentang. karena posisi ini tidak menambahkan rasa sakit di daerah-daerah tadi. telentang. Posisi tidur menyamping biasanya dianjurkan bagi mereka yang menderita nyeri punggung atau pinggul dan bagi ibu hamil. Bagi Anda yang memiliki masalah punggung. atau tengkurap. Tetapi Anda bisa membuat perubahan kecil agar bisa tidur lebih nyaman. entah itu menghadap ke samping. bagaimanakah posisi tidur yang baik untuk kesehatan? Meskipun ada banyak variasi posisi tidur namun posisi yang paling nyaman tampaknya adalah dengan lutut menekuk sedikit ke atas atau sedikit meringkuk. berhati-hatilah karena itu justru bisa menimbulkan nyeri punggung bawah dan bahkan apnea tidur. Manakah yang terasa paling nyaman bagi Anda? Para ahli berpendapat bahwa posisi tidur bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. mungkin bisa menempatkan bantal di antara kaki untuk mengurangi tekanan pada pinggul dan punggung bawah.Posisi Tidur yang Baik—Kunci Tidur Nyenyak dan Sehat Anda pasti sudah pernah tidur dalam berbagai posisi. Jadi. Cobalah taruh bantal lembut Hal Menarik Seputar Tidur| 8 .

Orang yang tidur seperti janin dapat terlihat tangguh di luar namun Hal Menarik Seputar Tidur| 9 . Lebih banyak wanita yang tidur dengan posisi ini dan ini merupakan posisi tidur yang paling umum (sekitar 41% partisipan). Dan bagi Anda yang suka tidur tengkurap.atau gulungan handuk di bawah lutut untuk memberikan lekukan alami dari tulang belakang. Jika Anda masih berkukuh tidur tengkurap. gunakanlah bantal yang sangat lembut atau tidak sama sekali pakai bantal agar posisi leher tidak tertekan. Para ahli tidak merekomendasikan tidur dengan perut di bawah karena bisa menimbulkan ketegangan pada punggung bawah dan sakit leher. 6 Posisi Tidur dan Kaitannya dengan Kepribadian Sebuah penelitian melibatkan 1000 orang untuk meneliti pengaruh posisi tidur. Lebih baik lagi bila Anda berhenti tidur tengkurap karena bukan posisi tidur yang baik. Posisi Janin—posisi agak meringkuk seperti janin. bersiaplah untuk kabar buruk.

Hal Menarik Seputar Tidur| 10 . Orang yang tidur seperti ini biasanya mudah bergaul. Sekitar 7% orang tidur seperti ini dan cenderung kurang ajar. tapi Anda bisa meningkatkan kualitas tidur dengan mengadopsi posisi tidur yang baik. Posisi ini membuat Anda lebih mungkin untuk mendengkur karena posisinya yang datar. percaya diri. tertutup. Sekitar 13% orang tidur seperti ini dan cenderung berpikiran terbuka namun tetap curigaan. Posisi Yearner—menyamping dengan kedua tangan di depan dan kaki lurus. Orang-orang ini biasanya pendengar yang baik. Posisi Bintang Laut—telentang dengan kedua lengan ke atas diantara bantal merupakan posisi tidur dari 5% partisipan. dan kurang suka jadi pusat perhatian. dan enggan mengubah pendirian. Kepribadian memang sulit diubah. Posisi tidur memengaruhi kesehatan dan mencerminkan kepribadian—Itulah yang disimpulkan oleh penelitian. posisi ini tampaknya adalah posisi tidur yang paling baik. dan tidak suka dikritik. suka membantu. Posisi ini bukanlah posisi tidur yang baik. dan punya standar tinggi. tenang.sebenarnya lembut di dalam. bersikap sinis. Seperti yang sudah dijelaskan. Posisi Prajurit—telentang dengan lengan dan kaki lurus ke bawah. dan mudah mempercayai orang sehingga sering ditipu. Hasil penelitian menunjukkan sekitar 15% partisipasi tidur begini. 8% orang yang tidur begini dikatakan pendiam. Posisi Terjun Bebas—tengkurap dengan tangan di bawah atau di sekeliling bantal dan kepala menghadap samping. easy-going. Posisi Batang Kayu—tidur menyamping dengan lengan dan kaki lurus ke bawah. Mereka juga lebih rentan mendengkur dan susah tidur nyenyak di malam hari.

bisa berubah jadi buruk. rekomendasi luas dari para ahli menyatakan bahwa orang dewasa sebaiknya tidur tidak lebih dari 7-8 jam setiap malam. para ahli secara gamblang menegaskan bahwa ada dua faktor yang kerap menyertai kebanyakan tidur—depresi serta status sosial ekonomi yang rendah. Sesuatu yang baik apabila kebanyakan. Anda kemungkinan merasa butuh banyak istirahat. dan bahkan meningkatkan risiko kematian. Waspadailah akibat kebanyakan tidur yang mungkin tidak Anda sadari! Kebanyakan tidur telah dituding sebagai salah satu penyebab berbagai problem kesehatan. Akan tetapi. Hal Menarik Seputar Tidur| 11 . gaya hidup. sehingga kebanyakan tidur. Tapi ada yang saking punya banyak waktu atau sangat suka tidur. Itu bergantung pada usia. Memang tidur yang cukup amat baik bagi kesehatan Anda. penyakit jantung. Meski begitu. Bisa saja kedua faktor itulah alasan adanya efek-efek Seberapa Banyak Tidur yang Termasuk Kebanyakan Tidur? Kebutuhan tidur dapat berubah-ubah secara signifikan sepanjang kehidupan Anda.Hobi Tidur? Inilah Akibat Kebanyakan Tidur yang Mesti Diwaspadai! Hampir semua orang pasti suka tidur. termasuk diabetes. tingkat aktivitas. Misalnya ketika sedang stres atau sakit. serta tingkat kebugaran seseorang.

Peneliti meyakini ini akibat kebanyakan tidur memengaruhi neurotransmiter serotonin di otak.  Kematian: Berbagai penelitian menemukan adanya kaitan antara tidur 9 jam atau lebih setiap malam punya dampak signifikan terhadap angka kematian. tidur lebih banyak di akhir pekan atau hari libur justru menyebabkan sakit kepala.  Obesitas: Akibat kebanyakan tidur yang satu ini telah dibuktikan dalam sebuah studi berkenaan dengan orang-orang yang tidur 9-10 jam per malam.  Sakit kepala: Bagi beberapa orang yang rentan sakit kepala. Meski begitu. Mereka yang banyak tidur siang sampai susah tidur malam juga diketahui kerap sakit kepala di pagi hari. Apapun penyebabnya. Jadi berupayalah untuk tidur tidak lebih dari 7-8 jam. Mereka 21 persen lebih mungkin menderita obesitas selama jangka waktu 6 tahun daripada mereka yang tidur sekitar 7-8 jam.  Depresi: Sekitar 15 persen penderita depresi menjadi lebih banyak tidur. Ini dapat membuat depresinya menjadi-jadi karena kebiasaan tidur yang baik sangat penting untuk mengatasi depresi. Hal Menarik Seputar Tidur| 12 .  Sakit punggung: Para dokter kini menganjurkan agar Anda yang suka sakit punggung untuk tidur secukupnya supaya sakitnya tidak bertambah. Dokter yang kompeten bisa membantu menentukan penyebab Anda kebanyakan tidur. Dapatkan Manfaat dari Tidur Tanpa Kebanyakan Tidur! Jika Anda terbiasa tidur lebih dari 8 jam setiap malam. Akibat Kebanyakan Tidur: Problem Kesehatan  Diabetes: Penelitian memperlihatkan bahwa kebanyakan tidur dan kekurangan tidur malam dapat meningkatkan risiko diabetes. alasan spesifik dari kaitan ini belum bisa dijelaskan.000 wanita mendapati wanita yang tidur 9-11 jam per malam punya kenaikan 38 persen risiko penyakit jantung koroner daripada mereka yang tidur 8 jam. mengurangi jam tidur juga dapat memberikan efek antidepresan sementara. akibat kebanyakan tidur tetap sama buruknya. dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.  Penyakit jantung: Sebuah studi yang melibatkan hampir 72. Adakalanya. Bisa jadi itu karena pengaruh obat atau penyakit tertentu.

[on line]. 2015. “Cara Mengatasi Ketindihan (Sleep Paralysis)”.Daftar Pustaka Irawan. [18 Januari 2015] Florencia. Tersedia: http://www. Tersedia: http://www. “ Tidur—Mengapa Anda Butuh Tidur?”. [on line]. 2015. [18 Januari 2015] Florencia.com/cara- mengatasi-ketindihan-sleep-paralysis. “Posisi Tidur yang Baik—Kunci Tidur Nyenyak dan Sehat”.com/tidur-mengapa-anda- butuh-tidur.html.deherba.com/hobi-tidur-inilah-akibat-kebanyakan-tidur- yang-mesti-diwaspadai.com/posisi- tidur-yang-baik-kunci-tidur-nyenyak-dan-sehat.deherba. Tersedia: http://www. [on line].html. [18 Januari 2015] Florencia. Cindy.html. Cindy. Tersedia: http://www. [18 Januari 2015] Hal Menarik Seputar Tidur| 13 . Ferry.deherba. “Hobi Tidur? Inilah Akibat Kebanyakan Tidur yang Mesti Diwaspadai!”. Cindy. [on line].html. 2015.deherba. 2015.