You are on page 1of 7

1.

Jelaskan Krakteristik dan Filosofi Rumah Gadang

Atap Rumah Gadang
Bagian atap biasanya terbuat dari ijuk yang dijalin, kemudian ujungnya meruncing membentuk
gonjong. Pemakaian ijuk sebagai simbol bahwa Rumah Gadang ramah lingkungan. Bentuk atap
seringkali diasosikan mirip dengan tanduk kerbau.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa atap rumah gadang meniru Siriah Basusun (daun sirih
yang disusun). Hal ini melambangkan rumah gadang sebagai tali penyambung silaturahim dan
kekeluargaan. Sebagaimana sirih yang biasanya digunakan sebagai simbol penyambung silaturahim.
Bangunan Rumah Gadang
Rumah Gadang dengan bentuk segi empat memanjang ini hampir semua bahagianya terbuat dari kayu
dan hasil alam lainnya. Dinding, lantai, tangga, loteng dll. Rumah Gadang dipercaya tahan gempa.
Tekonologi mutakhir yang digunakan sejak abad lalu ini berupa pasak.

Rumah Gadang aslinya tidak menggunakan paku untuk merekatkan dan menyambungkan dua
bahagian kayu. Namun menggunakan pasak. Jadi saat terjadi gempa, Rumah ini berayun mengikuti
ritme gempa. Jadi saat gempa rumah ini tidak akan roboh.

Bangunan Rumah Gadang digambarkan memiliki ruang ganjil antara 3 hingga 11. Diantaranya
terdapat ruangan lepas dan kamar-kamar. Jumlah kamar bervariasi tergantung besar kecilnya keluarga
yang bernaung di rumah tersebut. Selain orang tua, hanya anak perempuan yang berhak mendapat
kamar.

Ukiran Rumah Gadang
Untuk menambah unsur seni. Pada dinding Rumah Gadang biasanya dibuat ukiran-ukiran denan motif
asli minangkabau. Motif-motif ini kebanyakan terinspirasi oleh alam, misalnya kaluak paku, itiak
pulang patang, dll. Setelah itu ukiran akan dicat dengan warna warna khas minangkabau, kombinasi
merah, hitam, kuning dan hijau.

Bagian Depan Rumah Gadang
Rumah gadang selalu dibuat tinggi menyerupai rumah panggung, tujuannya agar ruang dibagian
bawah bisa digunakan. Pada bagian depan dibuatkan tangga. Pada zaman dahulu dibagian bawah
tangga ada batu dan cibuak untuk mencuci kaki.

RUMAH GADANG DAN BATIK 1

•Balok Merupakan pengikat antara tiang dengan tiang pada suatu rumah gadang yang membujur pada bagian atas maupun pada bagian bawah tiang. Elemen-elemen bangunan yang terdapat pada suatu rumah gadang adalah: •Tangga tangga pada sebuah rumah gadang terbuat dari bahan material kayu dan biasanya diawali dengan sebuah batu alam yang datar. yaitu dapur yang pada dahulunya merupakan dapur tradisional yang masih menggunkan kayu sebagai bahan bakarnya .Rumah gadang kebanyakan memiliki kolam ikan di depan rumah. Rangkiang adalah simbol survival masyarakat minangkabau. kolam merupakan sumber air yang vita untuk kegiatan sehari-hari.  Semi Privat. serta dinding samping. •Dinding Dinding pada rumah gadang terbagi atas tiga bagian. dinding sasak. seperti 5. yaitu kamar-kamar tidur yang terdapat di dalam rumah gadang yang dahulunya berdasarkan kepada jumlah anak gadis yang dimiliki oleh sipemilik rumah. •Bilik Bilik merupakan daerah privat bagi penghuni suatu rumah gadang. Bangunan ini dinamakan Rangkiang. yaitu ruang tamu atau ruang bersama yang merupakan sebuah ruangan lepas tanpa adanya pembatas apapun. Ada rangkiang yang berisi padi Abuan (bibit). Bangunan dengan 4 hingga 6 tiang dan pada salah satu sisi dibuatkan pintu kecil. Meskipun sama-sama tempat penyimpanan padi. Rangkiang Rumah Gadang Selain kolam. padi untuk persiapan masa paceklik dll sebagainya. pemberian nama pada setiap tiang pada suatu rumah gadang tersebut disesuaikan dengan fungsi dan letaknya pada rumah gadang. 7 dan 9. padi untuk makan sehari-hari. mandi dan mencuci. biasanya jumlah anak tangga ini berjumlah ganjil. •Ruang Ruang atau space pada suatu rumah gadang merupakan ruangan yang terbentuk oleh deretan tiang- tiang yang membujur didalam rumah gadang tersebut Pembagian ruang didalam rumah gadang adalah:  Publik. •Tiang Ada berbagai nama dan jenis tiang pada suatu rumah. Ada banyak macam rangkiang dan setiap rangkiang punya fungsi masing masing. di bagian halaman kita akan melihat bangunan tinggi dan ramping bergonjong. yaitu ruang peralihan seperti bandua yang terdapat didepan kamar tidur serta anjuang (ruang khusus) yang terdapat pada bagian ujung-ujung rumah gadang yang dapat kita temukan pada beberapa jenis rumah gadang. Secara umum dinding pada rumah gadang tersebut terbuat dari anyaman bambu RUMAH GADANG DAN BATIK 2 . yaitu dinding depan.  Privat.  Servis. bilik pada pangkal rumah gadang dihuni oleh orang tua dan anak-anak gadis yang belum menikah sedangkan bilik yang terdapat pada ujung rumah gadang dihuni oleh pasangan pengantin. Selain untuk memelihara ikan.

RUMAH GADANG DAN BATIK 3 . akar berjajaran. akar yang berdaun. berjalinan dan juga sambung menyambung. •Ukiran Pada dasarnya ukiran pada Rumah Gadang merupakan ragam hias pengisi bidang dalam bentuk garis melingkar atau persegi. ke atas dan ke bawah. Pola akar biasanya berbentuk lingkaran. walaupun pada masa sekarang penggunaan bahan ijuk ini sudah marak diganti dengan penggunaan material seng. •Atap Atap sebuah rumah gadang biasanya terdiri dari ijuk. Cabang atau ranting akar berkeluk ke luar. •Gonjong Gonjong merupakan ciri khas dari rumah tinggal tradisional masyarakat minangkabau. Motifnya umumnya tumbuhan merambat. berhimpitan. ke dalam. sehingga rumah tinggal masyarakat minangkabau ini juga dikenal dengan istilah rumah bagonjong. berbunga dan berbuah. yang diikat oleh papan-papan sebagai tulangannya.

Dan juga. tetapi berupa pasak sebagai sambungan membuat bangunan memiliki sifat sangat lentur. Nama rangkiang bermacam-macam. Selain itu kaki atau tiang bangunan bagian bawah tidak pernah menyentuh bumi atau tanah. Tipenya bersegi dan berdiri di atas empat tiangnya. Kaciak Simajo Kayo Disebut juga Kapuak Abuan Rang Mudo. yaitu rangkiang. digunakan pada masa paceklik. Sibayau-Bayau Disebut juga Kapuak Salang Tenggang. yang berguna untuk makanan sehari-hari anggota keluarga rumah gadang. Darmansyah. Hal ini terlihat pada pepatah berikut : RUMAH GADANG DAN BATIK 4 . seperti tagak panghulu. 2. kematian danlain-lain. nama lainnya adalah Lumbuang atau Kapuak. Rumah gadang di Sumatera Barat membuktikan ketangguhan rekayasa konstruksi yang memiliki daya lentur dan soliditas saat terjadi guncangan gempa hingga berkekuatan di atas 8 skala richter. dari sisi ilmu konstruksi bangunan rumah gadang jauh lebih maju setidaknya 300 tahun dibanding konstruksi yang ada di dunia pada zamannya. Konstruksi rumah gadang ternyata telah dirancang untuk menahan gempuran gempa bumi. Rumah gadang yang tidak menggunakan paku sebagai pengikat. ahli konstruksi dari Lembaga Penanggulangan Bencana Alam Nahdatul Ulama (LPBA NU) Sumatera Barat menyebutkan. sehingga tidak mempengaruhi bangunan di atasnya. Selain dari bentuk dan arsitektur. Tapak tiang dialas dengan batu sandi. Rangkiang adalah bangunan untuk menyimpan padi. hal ini menunjukkan rasa dan jiwa sosial yang dimiliki oleh orang Minangkabau terhadap orang lain. Kalau ada getaran gempa bumi. maka biayanya akan diambil dari rangkiang ini Dari bermacam-macam nama dan fungsi rangkiang. seperti untuk pernikahan. Sitinjau Lauik Disebut juga dengan Kapuak Adat Jo Pusako. digunakan untuk keperluan anak-anak muda yang ada dalam rumah gadang yang membutuhkan sesuatu. Berguna untuk hal-hal yang berkaitan dengan acara adat. Rumah Gadang hanya akan berayun atau bergoyang mengikuti gelombang yang ditimbulkan getaran tersebut. Beberapa rangkiang yang dikenal: 1. FILOSOFI : Para nenek moyang orang Minang ternyata berpikiran futuristik alias jauh maju melampaui zamannya dalam membangun rumah. Bentuk rumah gadang membuat Rumah Gadang tetap stabil menerima guncangan dari bumi. sesuai dengan kegunaan dari padi yang disimpan di dalam rangkiang tersebut. Batu ini berfungsi sebagai peredam getaran gelombang dari tanah. Bentuknya lebih langsing dibandingkan dengan yang lain. 4. Sitangka Lapa Disebut juga Kapuak Gantuang Tungku. ada hal lain yang khas dari rumah gadang. berdiri diatas empat tiang dan terletak ditengah diantara rangkiang yang lain. Getaran yang datang dari tanah terhadap bangunan terdistribusi ke semua bangunan. 3. hal tersebut mencerminkan kesejahteraan ekonomi orang Minangkabau di masa dahulu.

bila sedikit maka sama-sama sedikit pula. Hati tungau samo dicacah hati gajah samo Hasil yang diperoleh dibagi sama.bila diperoleh dilapah Indak samo dicari ado sama dimakan banyak makasama-sma mendapat banyak. Si Tinjau Lauik Si Tangguang Lapak Kaciak Si Bayau-Bayau RUMAH GADANG DAN BATIK 5 .

Kita tahu bahwa bangsa australia adalah bangsa aborogin. maka dengan sendirinya kita akan berusaha menjaga kekayaan kita tersebut. Identifikasi Manfaa Keberagaman Batik Bagi indonesia 1.pakaian dan lain-lain yang bisa mennarik wisatawan yang tidak hanya domestik namun juga wisatawan asing.Saat ini penyerapan tenaga kerja industri batik sekitar 3. Alat pemersatu bangsa Dengan mempunyai berbagai motif batik di setiap daerah. 5. batik juga membantu indonesia untuk mengenalkan negara kita kepada dunia internasional.Selain itu juga batik juga berkontribusi dalam hal pariwasata yang dapat mendatangkan wisatawan asing dan domestik. Karena merupakan suatu kekayaan dan bentuk seni yang sangat luar biasa makna dan manfaatnya RUMAH GADANG DAN BATIK 6 . 2. Hal ini sangat penting untuk dijadikan sumber pengetahuan. Dengan keanekaragam batik pula tentunya melahirkan berbagai macam ide yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.912 unit usaha yang bergerak di dalam industri batik adalah usaha mikro dan kecil. karena keanekaragam budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Batik mengajarkan kita akan nilai-nilai leluhur yang memiliki keunikan dan keunikannya masing-masing. Itu pun bisa menjadi ciri khas suatu bangsa. tentunya hal ini sangat signifikan dalam memberi kontribusi penciptaan lapangan kerja dan peningkatan penghasilan rakyat. Sehingga rasa nasionalisme. 2.. Memupuk sikap toleransi Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan dari keberagaman batik. sikap memiliki dan menghargai kekayaan bangsa akan timbul di dalam diri.5 juta orang yang menyebar di berbagai wilayah. batik sangatlah penting dan harus dilestarikan. Dengan keberagaman motif batik inilah kita akan mengenal berbagai makna dan nilai-nilai di berbagai daerah sekaligus merupakan suatu pengembangan kearifan masa lalu. Oleh karena itu pendapatan kita di dalam APBN akan bertambah dan bisa digunakan untuk pembangunan bangsa. Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman batik adalah suatu kekayaan. Tidak terkecuali batik sebagai salah satu budaya bangsa sekaligus komoditi ekspor yang mempengaruhi pendapatan negara. Pemanfaatan di bidang pariwisata ini secara tidak langsung dapat meningkatkan devisa negara. Bhineka Tunggal Ika adalah simbol kerukunan yang ada di Indonesia dan sangat menarik di mata dunia. Oleh sebab itu. dengan konsumen batik dalam negeri lebih dari 72. Disamping itu sebesar 99. Sebagai ikon pariwisata Dengan melestarikan serta terus membuat inovasi dari batik maka hal ini dapat menjadi magnet dalam bidang pariwisata. Menumbuhkan sikap nasionalisme Perbedaan budaya yang ada akan menciptakan rasa cinta tanah air. Menambah Pendapatan Nasional Hal ini adalah efek dari manfaat keberagaman batik dalam bidang Ekonomi kreatif dimana telah berkontribusi menggerakkan ekonomi nasional dengan nilai ekspor sebesar 69 juta dollar AS. 3.sendal. Kita tahu bahwa alat musik gitar akustik adalah ciri musik latin dari Amerika selatan.86 juta orang. Sumber pengetahuan bagi dunia Batik adalah nilai-nilai yang dimiliki suatu masyarakat dan dilembagakan dalam sberbagai macam bentuk dab motif yang bisa dinikmati oleh masyarakat dan generasi penerusnya. 6. Dengan adanya keberagaman motif disetiap daerah diharapkan mempertebal sikap toleransi dan rasa saling memiliki serta nasionalis. Bagi semua orang.39% dari 55. Berbgaia macam motif batik yang mencerminkan kearifan daerah yang kemudian di sulap menjadi barang-barang unik seperti tas. Faktor budaya juga menjadi daya tarik dan kekayaan yang bisa dimiliki suatu bangsa. 7. hal ini bukan berarti merupakan sebuah persaingan atau bahkan musuh dalam beberapa bidang namun keberagaman dan keunikan ini merupakan kekayaan yang mana tidak ada negara lain yang memiliki keanekaragaman baudaya khusunya batik seperti Indonesia. Identitas bangsa di mata internasional Dengan kemajemukan budaya yang ada bisa menjadi identitas diri suatu bangsa. hal itu adalah salah satu identitas negara australian di mata dunia. 4.

Contoh keberagaman batik : RUMAH GADANG DAN BATIK 7 .