You are on page 1of 4

Argumentasi

:

Pengertian Argumentasi :

Paragraf yang bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data/ fakta
sebagai alasan/ bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari
pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.

Contoh Argumentasi :

1. Telepon genggam sudah banyak dimiliki masyarakat bahkan dalam sebuah keluarga, hampir
semua anggota keluarga memilikinya. Di samping memang sudah merupakan alat komunikasi
yang mudah di bawa-bawa, pengoperasian telepon pun tidak sulit dan harga terjangkau pula.
Ada kemungkinan perkembangan alat ini pesat sekali karena hal-hal tersebut, di tambah pula
karena muncul variasi bentuk, merk dan model baru. Oleh sebab itu, sekarang barang-barang
tersebut sudah di anggap bukan barang mewah lagi.

Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan
tujuan untuk meyakinkan atau membujuk[butuh rujukan] pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi
dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan
contoh, analogi, dan sebab akibat.

Tujuannya adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar
dan terbukti.

Menurut Iskandar, sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulusan SMP tidak latah
masuk SMA. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi sebaiknya memilih SMK. Dia
mengingatkan sejumlah risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan melanjutkan sekolah. Misalnya,
lulusan SMP yang tidak mempunyai potensi bakat-minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi,
tetapi memaksakan diri masuk SMA, dia tidak akan lulus UAN karena sulit mengikuti pelajaran di
SMA. Tanpa lulus UAN mustahil bisa sampai perguruan tinggi. Pada akhirnya mereka akan menjadi
pengangguran karena pelajaran di SMA tidak memberi bekal untuk bekerja. [1]

Kesimpulan dari paragraf tersebut ialah memilih SMA tanpa pertimbangan yang matang hanya akan
menambah pengangguran.

 Kesimpulan atau ringkasan. disusun. penyusun fakta. Eksposisi: Pengertian Eksposisi : Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca. eksperimen. Ketiga posisi badan agak condong ke depan. bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan dalam paragraf argumentasi sehingga kesimpulan yang akan dicapai juga benar. dalam paragraf argumentasi akan ditemukan:  Pendahuluan. bertujuan untuk menarik perhatian pembaca. Untuk memperjelas uraian. gambar atau statistik.Dilihat dari struktur informasinya. Kebenaran yang disampaikan dalam tubuh argument harus dianalisis. Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses. Keempat posisi kaki agak sedikit dibuka. bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang ingin disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis. dapat dilengkapi dengan grafik. atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan. dan jalan pikiran yang logis. dan dikemukakan dengan mengadakan observasi. Pertama posisi menghadap kearah sasaran atau bola. . Tidak jarang eksposisi berisi uraian tentang langkah/ cara/ proses kerja.  Tubuh argumen. memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan. Contoh Eksposisi : Teknik menangkap bola dalam bermain basket dapat di lakukan dengan langkah-langkah berikut. Kedua posisi kedua tangan di julurkan lurus ke depan.

Contoh-contoh tulisan eksposisi adalah berita di koran dan petunjuk penggunaan. yaitu memberi penjelasan tentang bekerjanya sesuatu atau terjadinya suatu peristiwa  Urutan fungsional  Urutan atau analisis sebab akibat  Analisis perbandingan Langkah-langkah penulisan:  Menentukan tema  Menentukan tujuan karangan  Memilih data yang sesuai dengan tema  Membuat kerangka karangan  Mengembangkan kerangka menjadi karangan . akurat.Eksposisi Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat. dan padat.  Fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian Contoh urutan analisis:  Urutan kronologis/proses. dan sebagainya  Suatu analisis atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta. ada. yaitu suatu kondisi yang benar-benar terjadi. biasanya memaparkan proses. Poin-poin penting dalam paragraf/karangan eksposisi Contoh topik:  Data faktual. bagaimana suatu peristiwa terjadi. dan dapat bersifat historis tentang bagaimana suatu alat bekerja.

Berikut langkah penulisannya :  Penulis harus mengetahui perincian secara menyeluruh. Bila tahap-tahap kejadian ini berlangsung dalam waktu yang berlainan. di antaranya pola pengembangan proses. bagaimana barang itu disusun. bagaimana mengerjakan hal itu (membuat hal ini).  Membagi perincian atas tahap tahap kejadiannya. . Paragraf proses itu menyangkut jawaban atas pertanyaan bagaimana bekerjanya. bagaimana hal itu terjadi.Langkah-langkah Menyusun Paragraf Proses Pola pengembangan karangan eksposisi bisa bermacam-macam. penulis harus memisahkan dan mengurutkannya secara kronologis.