You are on page 1of 7

91. Pelanggaran HAM berat adalah pelanggaran HAM yang berupa...

a. Kejahatan genosida dan kejahatan terhadap individu
b. Kejahatan genosida dan kejahatan kelompok
c. Kejahatan individu dan kejahatan kelompok
d. Kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan terhadap kelompok
e. Kejahatan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan
92. Kasus Tanjung Priok terjadi pada tanggal...
a. 9 Mei 1993
b. 12 September 1984
c. 15 September 1984
d. 12 September 1994
e. 15 September 1994
93. Konferensi Dunia mengenai HAM yang berlangsung pada Juli 1993 diseleenggarakan di...
a. Berlin d. California
b. Amsterdam e. London
c. Wina
94. Mahkamah internasional ( International Criminality Court ) berkedudukan di...
a. Jakarta d. Kopenhagen
b. Berlin e. Hague
c. Wina
95. Mahkamah Internasional terdiri atas 18 hakim yang bertugas selama...
a. 5 tahun d. 8 tahun
b. 6 tahun e. 9 tahun
c. 7 tahun
96. Dalam bahasa Jerman, dasar negara memiliki padanan kata dengan...
a. Philosophi grondslag
b. Weltanschauuung
c. Gondslag
d. Philosophische
e. Weltgondslag
97. Ajaran dimana manusia dipandang sebagai makhluk yang bebas, rasional, dan mampu memperbaiki diri sendiri, disebut...
a. Liberalisme
b. Komunisme
c. Sosialisme
d. Kerakyatan
e. Komando
98. Pengakuan atas hak-hak asasi manusia seperti hak kebebasan, hak kemuliaan, dan hak hidup manusia merupakan...
a. Ajaran politik liberalisme
b. Ajaran liberalisme
c. Ajaran moral liberalisme
d. Ajaran ekonomi liberalisme
e. Ajaran politik sosialisme
99. Berikut merupakan tokoh liberalism politik, yaitu...
a. Adam Smith
b. Karl Mark
c. Robert Owen
d. John Locke
e. Moh. Hatta
100. Venezuela, Nikaragua, Bolivia, merupakan beberapa contoh dari negara penganut ajaran...
a. Liberalisme
b. Sosialisme
c. Marxisme
d. Kapitalisme
e. Komunisme
101. Komunisme adalah ajaran dari tokoh...
a. Adam Smith
b. Karl Mark
c. Robert Owen
d. John Locke
e. Moh. Hatta
102. Menurut ajaran komunisme untuk mencapai tujuan, kekerasan menjadi alat yang bersifat...
a. sah

a. Pancasila merupakan pokok pikiran dari UUD 1945 c... Makhluk keduniawian dan religius d.. Penjelasan 112. merupakan pokok pikiran dari . Pembukaan UUD 1945 alinea 3 d. Konstitusi dalam arti paling luas d. Pembukaan UUD 1945 alinea 2 c.. Konstitusi dalam arti sempit b. a. Mencetuskan UUD 110... Dasar pergaulan antarwarga negara e. Menegakkan keadilan b. Manusia bersifat mono-dualis. Hubungan antara dasar negara dengan konstitusi bersifat. UUD 1945 pasal 1 ayat 1 111. a. UUD 1945 merupakan pokok pikiran dari Pancasila b. Tidak ada hubungan jelas antara UUD 1945 dengan Pancasila 109. Kekeluargaan b. tidak sah c.. Dasar pembagian kedudukan 106. merupakan pengertian dari. Berikut merupakan fungsi dasar negara adalah. Sosialis e. b. Berikut merupakan tanggung jawab warga negara terhadap konstitusi dan dasar negara. a. melanggar hukum e. Dasar negara dalam arti sempit e. Konstitusi dalam arti menengah c. kecuali. UUD 1945 merupakan dasar dari Pancasila e. Isi e. Kerakyatan c. a.. a. Bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia dimotivasi juga oleh keinginan luhur untuk menjadi bangsa yang bebas dari penjajahan. terlarang d. Pembukaan UUD 1945 alinea 4 e.. Hukum tata negara.. a... Demokratis d. Memajukan kesejahteraan umum c. Renggang e.. Menyediakan pertahanan umum d. a. Berhubungan erat c. Sangat tidak berhubungan b. Pembukaan UUD 1945 alinea 1 b. Dasar berdiri dan tegaknya negara b. artinya. Pembukaan c. a. Hubungan antara Pancasila dan UUD 1945 yaitu. Makhluk egois dan sosialis e... keji 103.. Bertolak belakang 108. Dasar partisipasi warga negara d. a. Makhluk pribadi sekaligus sosial c. Semua salah 104. Dasar kegiatan penyelenggaraan negara c. kecuali. Berperan aktif dalam menegakkan dasar negara dan konstitusi . Tidak ada hubungannya d. Batang tubuh d. Dasar negara dalam arti luas 107. Menjamin keamanan dalam negeri e. Berikut merupakan fungsi-fungsi dasar yang harus dijalankan oleh pemerintah Amerika Serikat... Manusia merupakan makhluk yang memiliki rohani dan jasmani b. Memahami Pancasila dan UUD 1945 b... Pancasila merupakan kelanjutan dari UUD 1945 d. kecuali. Bagian dari UUD 1945 yang tidak boleh dirubah adalah. Kebersamaan 105. Sampul b. Sistem perekonomian Pancasila disebut sistem ekonomi.

. Ius Soil b.. Berdasarkan kelahiran dan golongan darah c. Pasal 30 120. Orang asing d. a. Berdasarkan kelahiran dan kematian 115. yaitu. 5 Persamaan Kedudukan Warga Negara 113.. Cara formal dan non-formal 118. Mengembangkan pola hidup taat pada aturan yang berlaku d. a. Orang-orang yang memiliki kedudukan resmi sebagai anggota penuh suatu negara adalah pengertian dari. Melalui pengangkatan d.. Apatride e. Semua salah 116. Cara umum dan cara khusus d. Pasal 26 b. kecuali a. disebut. Melalui permohonan pewarganegaraan e. c. a. Ius Siol c. Acuh tak acuh tterhadap UUD dan Pancasila Bab. UU No 19 Tahun 2006 d. kecuali. Di Indonesia..19 Tahun 2003 b. a. Melalui kematian c.. Menaati dan menhayati UUD 1945 dan Pancasila e. Ada 2 macam asas kewarganegaraan. Pasal 28 d. UU No. Bipatride b. Lateralisasi e. 12 Tahun 2009 e. Non-patride d. UU yang mengatur hal kewarganegaraan di Indonesia yaitu.. Rakyat e. masalah kewarganegaraan diatur dalam UUD 1945 pasal. Berikut merupakan sebab mengapa seseorang kehilangan kewarganegaraan Indonesia... Keadaan dimana seseorang tidak menjadi warga negara dari negara manapun. Ada 2 cara pewarganegaraan. yaitu... Semua salah 114. Maturalisasi c. Pasal 27 c.. Berdasarkan kelahiran dan pengangkatan b. Melalui perkawinan 122. Asas tempat kelahiran dapat disebut juga.. a. Multipatride c. Tidak menolak atu melepas kewarganegaraan lain c. Paturalisasi d. Pasal 29 e.. Pewarganegaraan dapat disebut juga. UU No. Memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauan sendiri b. Ius Silo e. Naturalisasi b. a. Melalui kelahiran b. Penduduk b. 12 Tahun 2006 121. Mengikuti kewarganegaraan asing suami . a.12 Tahun 2003 c. UU No. Semua salah 117. a. UU No.. Napatride 119. Berdasarkan kelahiran dan perkawinan e. a. Ius Soli d.. Warga negara c. Cara langsung dan tidak langsung b.. Memperoleh kewarganegaraan Indonesia dapat dilakukan melalui beberapa cara. Cara cepat dan cara lambat e. Cara aktif dan cara pasif c. Berdasarkan kelahiran dan pertalian d..

a.. disebut. Apabila ada penyimpangan peraturan yang dilakukan untuk menghambat peluang seseorang atas dasar karakteristik tertentu disebut.. Suprastruktur politik e. dan output e. Perbudakan 125. JJ.. dukungan... Pengucilan langsung d. Masukan. a. a. simpanan. Masukan. a. Demokrasi yang berlandaskan Markisme 132. proses. Penindasan langsung 126. Demokrasi yag menjunjung hak asasi manusia melalui hukum yang berlaku e. Legislasi. Hambatan c. Frans Magniz-Suseno 128. Demonstrasi. Fungsi komunikasi politik d. merupakan pengertian politik oleh. dan anggaran . dan cadangan d. yaitu : a. Fungsi perumusan kepentingan b. Laswell c. Kewajiban b. a. a. Fungsi pengawasan pelaksanakan kebijakan 130. Karl Mark e. Penindasan e. dan sikap apatis c. Demokrasi yang menjamin otonomi daerah demi persatuan dan kesatuan bangsa c... Secara sukarela masuk dalam dinas negara asing e. Karl Mark e. Input. dan tolakan e. kecuali. Diangkat sebagai anka oleh warga negara Indonesia 123. dan keluaran b. dan dukungan 129. akibat adanya karakteristik tertentu pada individu tersebut. kemauan... Ivanovsky 124. Austin Ranney b. Laski c. Input. federasi b. cadangan. Fungsi Pemantauan kepentingan e. simpanan. Diskriminasi langsung b. Pengucilan tidak langsung e. Aspirasi rakyat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis. Harold D. kontrol. dukungan. d. disebut. Demokrasi yang ber-Ketuhanan yang Maha Esa b. Lemabaga legislatif lazimnya memainkan 3 fungsi pokok sebagai berikut. Hak. tolakan d.. Diskriminasi tidak langsung c. Struktur politik dalam suasana pemerintahan.. Demokrasi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat d. Sosialisasi politik c.. a. Pengucilan d.. Berikut merupakan fungsi politik yang harus berjalan dalam sebuah sistem politik. Interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk menentukan kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam satu wilayah tertentu. Austin Ranney b. Tututan. Input. dan output 127. Diskriminasi b. Tuntutan. kecuali.. Harold J. Rekrutmen politik b. Tuntutan. Tuntutan. pengawasan. dukungan. Berikut merupakan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila. Dahl d. a. Sistem merupakan suatu proses yang terdiri dari. a... Fungsi pemaduan kepentingan c. Tidak adanya keistimewaan khusus dan kesempatan yang sama diberikan kepada setiap orang merupakan prinsip persamaan menurut. Fungsi pembuatan kebijakan d. kecuali. Tindakan yang tidak adil terhadap individu. Infrastruktur politik 131. Ramlan Subakti d. Legislasi.. cadangan dan proses c. Robert A.

Boikot e. Keadaan warga negara d. Karl Mark e. Saran pembentuk pendapat umum d. Demokrasi dan Otonomi e. Legislasi. Herbert Spencer b. dan hak angket d. Otoriter dan Totaliter 138. Hak budget. a. John Locke 139. Pembangkangan sipil tanpa kekerasan 141. c. angket dan interpelasi 135. a. Hak budget.. Konsultasi kepada rakyat e. a. Federasi b. kecuali. a. Austin Ranney c. MK . Terlibat dalam kegiatan kampanye b.. Prinsip pengambilan keputusan 142.. merpakan pendapat dari.. DPR memiliki hak-hak sebagai berikut: a.. Media penyalur berita objektif c. Empat prinsip dalam demokrasi adalah sebagai berikut. kecuali. Penciptaan iklim yang kondusif c. Guna menjalankan funsi legislasi dan anggaran. kecuali. Kedudukan warga negara dalam politik c. angket dan pendapat e. Pendidikan politik bagi anggotanya b. Demokrasi dan Otoriter d.. Persamaan politik b. Hak budget. Legislasi e. Kontrol d. Hubungan penguasa dengan rakyat e. Keputusan sepihak c.. Rekrutmen politik dalam proses pengisian jabatan 136.. Lembaga-lembaga yang termasuk ke dalam suprastruktur politik.. kecuali. Demokrasi dan Autokrasi b. Partisipasi politik warga negara d. Mogok d.. persamaan.. pengawasan. menyatakan pendapat dan amandemen c. Dalm UU. Legislasi. Pada dasarnya ada 2 macam sistem politik yaitu. dan kontrol d. undang-undang 133. Berikut merupakan peran media mssa dalam negara demokrasi. Berikut merupakan perbedaan pokok antar demokrasi dan otoriter. MPR b. anggaran.. Sebagi pelapor pertanggungjawaban 137. a.. Demonstrasi c. Hak budget. Pegawasan c.. Letak kedaulatan b. Saran peringatan dini e. konsultasi kepada rakyat dan pemerintahan yang mayoritas. Legislasi. Pemerintahn mayoritas 140. a.. Kedaulatan rakyat d. pengawasan. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang diorganisasikan berdasarkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat. Membentuk partai yang adikuasa e.. Membongkar semua kebohongan publik b. kecuali.. a. Implementasi 134. a. a. Partisipasi rakyat dalam demokrasi secara konvensional dapat berupa. JJ. dan Implementasi e. Otonomi dan Sentralisasi c. inisiatif dan amandemen b. Fungsi membentuk undang-undang disebut. politik. DPD c. Hak budget. partai politik berfungsi sebagai berikut. Rosseau d. hak inisiatif.

. Boikot c. Boikot b. Roma b. Kampanye c. Pemerintah daerah c. Mogok d. Amerika c. Demonstrasi d. Nonkonvensional c. Mogok 149. Jerman 150.. Boikot b. Aspirasi masyarakat b. Persia d. Diskusi politik e. Pembangkangan sipil 145. Penuangan masalah d. kecuali... kebijakan atau produk tertentu dalam rangka bernegosiasi dengan kelompok lain/badan pemerintah guna mencapai tujuan ekonomi/politik tertentu disebut. Proses membincangkan secara kritis berbagai isu politik yang berkembang disebut. a. a. Spanyol d.. DPR e. Demonstrasi d. a. a. Adolf Hitler adalah salah satu contoh diktator dari negara.. a. Demonstrasi e.. Mogok b. Pembangkangan sipil e. Italia b. Pengkajian aspirasi 146. Menteri 144. a. Diskusi politik c. d.. Austria e. Memberikan suara dalam pemilu merupakan contoh partisipasi a. Presiden e. Wakil Presiden b. Rahasia 148.. Kata diktator berasal dari kehidupan kerajaan. Pernyataan protes yang dikemukakan secara massal disebut.. Modern b. Tindakan sekelompok warga menolak secar terbuka tindakan. Berikut merupakan lembaga eksekutif negara. Pengambilan keputusan c. Arab c. Pribadi e. Konvensional d.. Diskusi politik 147.. MA d. Input dalam sebuah sistem politik adalah.. Bar-bar e. DPRD 143.. a. Troya . Penyelesaianmasalah e.

c 138. a 144. e 123. b 133. b 122. e 113. b 109. b 105. b 104. e 101. d 136. e 92. a 98. a 145. d 149. c 128. d 119. b 129.91. c 107. e 96. b 108. b 102. d 115. c 116. c 147. c 143. a 135. b 140. d 130. b 114. a 137. b 126. b 112. a 117. e 110. b 97. b 124. c 99. a 146. e 131. e 132. e 150. b 93. e 95. d 100. a 120. c 148. d 134. b 139. a 141. d 111. b 118. a 103. e 106. a . a 125. e 121. c 94. c 142. e 127.