You are on page 1of 7

Apa saja penyebab Kanker ?

Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti, karena merupakan gabungan dari sekumpulan faktor,
genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko kanker, sebagai berikut:

Faktor Keturunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi menderita kanker tertentu
dibandingkan keluarga lainnya.

Faktor Lingkungan
Merokok meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih. Faktor
lingkungan lainnya, yaitu Sinar Ultraviolet matahari serta radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan
dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom hingga menjangkau
jarak sangat jauh.

Faktor Makanan Berbahan Kimia
Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran
pencernaan.

Faktor Terserang Virus
Virus yang dicurigai dapat menyebabkan kanker antara lain : 1) Virus Papilloma; 2) Virus Sitomegalo; 3) Virus
Hepatitis B; 4) Virus Epstein - Bar; 5) Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan
kanker darah lainnya.

Infeksi
Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada
kandung kemih.

Faktor Perilaku
Perilaku yang dimaksud adalah merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging
yang diawetkan juga peminum minuman beralkohol. Selain itu, perilaku seksual yaitu melakukan hubungan intim
diusia dini dan sering ganti pasangan.

Gangguan Keseimbangan Hormonal
Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan
progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon

maupun biologis. Keadaan tegang terus menerus dapat mempengaruhi sel. 3) Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan. baik stress secara fsik. bisa menjadi pemicu kanker. Apa penyebab perubahan ini? dan bagaimana proses terjadinya kanker? .dharmais. psikologis.co. kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria. minuman.id/index. dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker. kanker leher rahim. gugus atom. atau molekul yang mempunyai electron bebas tidak berpasangan dilingkaran luarnya. udara yang terpolusi. Sumber-sumber radikal bebas yaitu : 1) Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolism. Radikal Bebas Radikal bebas adalah suatu atom.php/what-causes-cancer.html Beginilah Terjadinya Kanker Satu saja perubahan yang terjadi pada struktur DNA kita. Faktor Kejiwaan Stres berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. 2) Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan . http://www. dan sinar ultraviolet dari matahari.estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara.

Sebagian besar dari penyakit kanker. maka semakin besar pula zat- zat penyebab kanker yang dihisap oleh si perokok. Penyebab kanker Perubahan yang terjadi pada sel.muncul seiring perjalanan hidup seseorang. terutama disebabkan oleh sinar UV. sinar X dan bahan- bahan kimia penyebab kanker. yakni perubahan dari sel-sel sehat yang berfungsi normal menjadi sel-sel tumor. Yang termasuk bahan-bahan kimia penyebab kanker adalah Benzopyrene. Perubahan ini merugikan proses pembelahan sel dan sebaliknya menguntungkan proses “Mutasi. Jarang sekali kanker diwariskan dari orang tua kepada anak. Benzopyrene biasa ditemukan pada produk-produk yang dimasak dengan api atau pengasapan. yang tak lagi bisa diperbaiki.” Semakin lama seseorang mengkonsumsi tembakau. Satu dari 100 trilyun sel-sel yang ada dalam tubuh kita suatu saat bisa saja mengalami kemunduran. Setiap kanker yang timbul. Benzopyrene mengakibatkan timbulnya sebuah zat tertentu yang secara kimia bisa mengikat DNA dan ikatan inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya perubahan struktur DNA. sehingga semakin tinggi pula resiko- .Kanker muncul akibat adanya penumpukan perlahan sel-sel yang telah rusak.berasal dari “Mutasi“ atau perubahan gen. yakni zat berbahaya yang terjadi akibat adanya pembakaran.

Akibatnya. sehinga sel-sel tersebut mengalami degradasi atau kemunduran. dari Anderson Cancer Center. . dalam keadaan tertentu siklus sel-sel bisa keluar jalur.  10 GEJALA KANKER YANG SERING DIABAIKAN Gangguan Pencernaan Jika sistem pencernaan tidak bekerja sebagaimana mestinya atau ada kelainan bentuk tinja. Meski perubahan yang terjadi hanya dalam sekala ringan. hal ini sudah bisa menyebabkan sel tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. bahwa zat-zat penyebab kanker yang telah ia hisap tersebut. ini akan memungkinkan terjadinya perubahan struktur gen dalam skala ringan. "Ini bisa menandakan ada massa yang menghambat transit tinja dari usus besar. hal ini dikarenakan tubuh seseorang yang semakin berumur bekerja tak seoptimal dulu. Perubahan gen yang paling berbahaya adalah jika perubahan tersebut menimpa gen dan protein yang bertugas mengontrol pertumbuhan sel-sel. Inilah yang dengan mudah bisa memicu terjadinya kesalahan pada pembelahan sel. Sel-sel tumor ini tumbuh sendiri tanpa perintah dan bisa membelah tanpa kontrol. akan menjadi pemicu terjadinya perubahan struktur dalam gen. Resiko terjadinya “Mutasi” akan semakin bertambah seiring dengan pertambahan usia. Tumor baik dan tumor jahat Sel-sel yang gennya telah mengalami perubahan tersebut bisa berubah menjadi sel-sel tumor." 12345678910 Kesalah kecil berakibat besar Satu kesalahan saja yang terjadi dalam gen bisa menyebabkan tubuh tak lagi bisa memproduksi zat putih telur atau protein penting. Anda harus ke dokter dan menjalani kolonoskopi. ini bisa jadi gejala kanker usus. ujar Bartholomew Bevers MD. Akibatnya.

Benjolan kanker yang baru timbul tersebut akan memicu terjadinya pembentukan pembuluh darah baru disekeliling benjolan. Tapi tentu saja.Jika sel-sel yang rusak ini berkembang biak. adalah suatu kesalahan yang tak bisa dihindari. salah satu contohnya adalah protein. Dari pembuluh darah inilah tumor mendapat makanan.yang pada keadaan tertentu bisa memicu perkembangan kanker. Selain itu protein ini juga bertugas memusnahkan sel-sel yang telah rusak yang bisa berubah menjadi kanker.maka sel-sel ini akan menjadi tumor baik yang bisa dengan mudah diangkat melalui sebuah operasi.dw. Mekanisme perlindungan tubuh bisa juga tak berfungsi jika protein tersebut telah kelebihan beban.maka sel sel tersebut telah berubah menjadi sel sel tumor jahat. mekanisme perlindungan semacam ini bisa saja tak berfungsi. sehingga mekanisme perlindungan tubuh mengabaikan proses “Mutasi“. jika sel-sel dari tumor tersebut pecah kemudian menyebar ke tempat lain dalam tubuh lalu berkembang biak disana. Akan tetapi.com/id/beginilah-terjadinya-kanker/a-17407704 9 Faktor yang Terbukti Menjadi Penyebab Kanker by admin . Untuk menangkal hal semacam ini. tapi tetap tinggal di satu tempat. Perlindungan tubuh terhadap tumor Dalam sebuah sistem yang rumit perubahan struktur DNA semacam itu. Protein atau zat putih telur ini melakukan perbaikan dan kontrol terus-menerus terhadap DNA. http://www. Seberapa bagus kerja mekanisme perbaikan tubuh kita? Hal ini berbeda-beda pada tiap-tiap orang. sehingga tumor yag terletak di tempat-tempat terpencil dalam tubuh pun bisa tumbuh.contohnya jika kesalahan dalam rencana pembangunan DNA yang terjadi disebabkan sendiri oleh si penjaga kanker atau misalnya karena mekanisme perlindungan tersebut tak bisa lagi dengan baik menjalankan tugasnya. untungnya tubuh kita secara alami telah meyediakan mekanisme-mekanisme perbaikan.

namun hal ini berarti semakin anda berumur semakin anda harus memperbaiki faktor-faktor yang bisa merugikan kesehatan tubuh anda. Waktu yang sebagian besar dihabiskan di atas tempat duduk dihubungkan dengan peningkatan resiko terkena berbagai macam kanker. konsumsi alkohol yang berlebihan telah dikaitkan dengan kanker. Lokasi geografis. 3. Diet. . Asupan tinggi lemak dikaitkan dengan kanker payudara. ginjal.Saat ini. dan kualitas udara memainkan peranan dalam penyebab kanker sehubungan dengan wilayah geografis. Umur. Namun. Negara-negara industri memiliki tingkat resiko terkena kanker tertentu yang lebih tinggi dibandingkan negara berkembang. ovarium. paru-paru. menjadi lebih aktif adalah perbaikan yang bisa dengan mudah dilakukan oleh kebanyakan orang. Berikut adalah sembilan faktor risiko yang terbukti dapat menyebabkan kanker menurutCancer: Prevention and Politics: 1. air. 4. menggunakan obat-obatan terlarang juga memainkan peran dalam beberapa jenis kanker. Kurang olahraga. namun sebagian besar dapat dirubah. dan endometrium. Bukan berarti anda kebal jika berusia di bawah itu. Meskipun anda tidak bisa menghilangkan semua faktor risiko untuk penyakit ini. Kebiasaan buruk: merokok (meningkatkan resiko kanker paru-paru). seperti payudara dan endometrium. 6. 5. Kebanyakan kanker menyerang di atas usia 45 tahun. peningkatan asupan fitoestrogen dapat dikaitkan dengan tingkat resiko kanker payudara yang lebih rendah. Untungnya. diet. hampir semua orang khawatir tentang kanker. Tingginya kadar estrogen dapat menjadi pertanda meningkatnya risiko terkena kanker reproduksi. 2. diyakini bahwa faktor lingkungan seperti gaya hidup. usus besar. budaya. asupan serat yang rendah dikaitkan dengan tingkat resiko terkena kanker usus besar yang lebih tinggi.

Penelitian baru menunjukkan bahwa gaya hidup dan diet mungkin memainkan peranan dalam perubahan gen kanker. tetapi sejarah keluarga dan DNA hanyalah salah satu faktor. Tingkat pendidikan yang lebih rendah terkait dengan resiko terkena kanker yang lebih tinggi dan cenderung kurang memiliki akses pada informasi pencegahan kanker. dan kanker mulut. faring. laring. Jadi. kanker payudara.7. 8. sedangkan pendapatan yang lebih tinggi dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi pada kanker kulit. dan esofagus.com/9-faktor-yang-terbukti-menjadi-penyebab-kanker/ . http://www. Penghasilan. Para peneliti percaya bahwa banyak orang berpendidikan hanya lebih cenderung mengikuti berita kesehatan yang mengarah pada pilihan gaya hidup sehat. Pendapatan yang rendah dikaitkan dengan tingkat resiko yang lebih tinggi terkena kanker lambung. Siapa yang mengira bahwa menjadi kelas menengah adalah suatu hal yang beruntung? 9. faktor ini masih dapat dikelola. kanker prostat. kanker serviks (pada wanita).akuinginsukses. dan kanker usus besar (pada pria). Genetika. kanker paru-paru (pada pria). Anda tidak harus kembali ke sekolah untuk mengurangi faktor risiko ini. Pendidikan. Kebanyakan orang berpikir bahwa genetika adalah faktor risiko utama penyebab kanker.