You are on page 1of 14

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Wellnes adalah integrasi aktifitas fungsional yang berorientasi pada memaksimalkan potensi
kemampuan individu dalam lingkungannya. Tiap individu diharapkan mampu dalam hal: Mengatur
pola hidup, skala prioritas, dibutuhkan pengembangan diri & kemampuan dalam pekerjaannya, mampu
berinteraksi social. Wellness berdasarkan sudut pandang neuro-psikofisiologi- yang secara ilmiah
merupakan integrasi dari Neurology, Psikologi dan Fisiologi, secara sederhana adalah tentang
bagaimana meraih keseimbangan sebagai cara untuk menggapai kesehatan dan performa yang
optimal.

Pada tahun 1948, Organisasi Kesehatan Dunia mendefinisikan kesehatan sebagai, “Sebuah
keadaan fisik, mental dan kesejahteraan sosial dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau
kelemahan.” Jika seseorang berpikir tentang garis lurus yang menggambarkan skala, kesehatan ada pas
di tengah dan penyakit akan ke kiri. Dalam ilustrasi ini, apa yang akan berada di ujung kanan skala
tersebut? Jika kesehatan dipandang sebagai keadaan yang netral dan penyakit sebagai keadaan negatif,
bagaimana seseorang menggambarkan keadaan yang positif di luar kesehatan dasar? Karena proses
menjadi sakit disebut “penyakit” (ill-ness) dan lawan kata menjadi sakit adalah menjadi baik (to be
well), “well-ness” digunakan untuk menggambarkan keadaan di luar kesehatan dasar. Orang bisa
berbicara tentang “wellness” sebagai kebalikan dari “penyakit” tapi apa artinya dan bagaimana
seseorang bisa mengalami “wellness” dalam kehidupan mereka?

Pada akhir 1950-an, Halbert L. Dunn adalah pionir pertama yang dimulai secara luas berbicara
tentang wellness. Melalui serangkaian makalah dan ceramah yang diterbitkan sebagai buku berjudul
High-Level Wellness (Wellness Tingkat Tinggi) pada tahun 1961, Dunn menjadi dikenal sebagai
“bapak dari gerakan kesehatan.” Pada tahun 1972, Dr John Travis membaca buku Dunn dan sangat
berdampak. Dr Travis membuka “Wellness Resource Center”, di Mill Valley, California pada tahun
1975 untuk membantu orang mengubah paradigma mereka dari hanya mengobati penyakit untuk
mengambil tanggung jawab untuk kesehatan dan wellness mereka. Pada tahun 1977, Donald Ardell
menerbitkan buku High Level Wellness: An Alternative to Doctors, Drugs, and Disease (Wellness
Tingkat Tinggi: Sebuah Alternatif ke Dokter, Obat, dan Penyakit). Buku terlaris ini bersama dengan
segmen “60-menit” (program berita TV terkenal di USA) pada tahun 1979 tentang wellness dan klinik
Dr Travis, mempopulerkan konsep wellness supaya itu menjadi kata lumrah dalam bahasa sehari-hari.

Spiritualiti wellness termasuk juga mengembangkan pengertian yang kuat mengenai nilai. psikologikal. . occupational. berfikir positif. Spiritual wellness lebih dari sebuah agama. Komponen spiritual memberikan makna dan petunjuk hidup dan membolehkan untuk tumbuh. Namun pada kenyataannya. intelektual. dan enviromental. prinsip atau nilai-nilai yang menjadi panduan untuk hidup. Wellness dan sehat merupakan istilah yang sering dipertukarkan karena dianggap sama. Setiap orang memiliki persepsi masing-masing mengenai spiritualiti. mental. sedangkan sehat hanya sekedar menjelaskan kondisi seseorang.  Spiritual Wellness Spiritualiti adalah suatu kepercayaan terhadap suatu nilai yang menjadi sumber informasi yang melebihi batas kehidupan. Definisi Wellness Wellness didefinisikan sebagai suatu proses yang panjang untuk mendapatkan kehidupan yang baik. B. etika. khususnya karena sebagai spesialis/praktisi di bidang Neuro-psikofisiologi. Spiritual wellness adalah sebuah kepercayaan. BAB II PEMBAHASAN A. Regulasi maupun disregulasi yang terjadi pada salah satu sistem akan memiliki dampak yang jelas terhadap sistem lainnya. kedua kata ini sesungguhnya berbeda. Sehat artinya terbebas dari penyakit atau ketidaknormalan. Komponen Wellness Adapun beberapa komponen yang diperlukan untuk mendapatkan wellness yang tinggi dalam keseimbangan dan pemeliharaan yaitu spiritual. keadaan fisikal yang optimum. dan menemukan tantangan baru. diartikan sebagai keseluruhan proses menjaga atau mencapai kondisi sehat yang menyeluruh secara fisik. Wellness. sosial. Wellness melibatkan keputusan secara sadar dalam diri individu. baik secara positif maupun negatif. di sisi lain. emotional. kami yakin bahwa tubuh dan pikiran sangat berkaitan erat. dan fungsi social mengontrol dan meminimalisasi faktor eksternal dan internal berupa penyakit ataupun kondisi kesehatan yang buruk. dan emosional. Sangat menarik melihat bahwa definisi wellness meliputi pemeliharaan kesehatan fisik dan mental. dan moral. belajar. fisikal.

dan mengurangi penyalahgunaan alkohol dan obat- obatan atau penggunaan produk tembakau. mengikuti gereja. penyelidik memonitor kesehatan 7000 partisipan lebih dari 17 tahun. dan melindungi kesehatan dari penyakit. Bolehkah Spiritualiti Meningkatkan Kesihatan Fizikal ? . masyarakat sekitar) mendapat 4. rendahnya dapatan vitamin C. rakankerja. Sosial Wellness Kesehatan sosial adalah kemampuan untuk mengembangkan dan memelihara kerapatan hubungan dengan orang lain. Kajian menegaskan hubungan berbicara dengan orang lain sekurang-kurangnya setiap dua minggu. hasil investigasi mengungkapkan kurangnya kontak sosial berisiko besar terhadap selsema dibandingkan dengan menghisap rokok. mencegah infeksi. atau bermain games. Penyelidik berpendapat bukan masalah jumlah kawan. rakan sebilik. Sukarelawan yang mempunyai hubungan sosial yang luas lebih sedikit terkena infeksi dan memperlihatkan tanda selsema dibandingkan dengan sukarelawan yang sedikit berhubungan sosial. Contoh kajiannya. respek terhadap orang lain. Penyelidik dari universiti Carnagie Mellon memberikan spray hidung yang mengandung dua virus selsema kepada 276 sukarelawan yang sehat. bermain. Orang yang mempunyai enam atau lebih jenis hubungan (orang tua. mengikuti event olahraga. Aktiviti sosial diantaranya adalah berkunjung ke rumah kawan. dan kecergasan otot. kesihatan fisikal adalah investasi dalam kebiasaan hidup sehat. Secara umum. meningkatkan kardiorespiratori. saudara kandung. tetapi jenis hubungannya. mempertahankan kecukupan nutrisi dan lemak sihat dalam tubuh. dan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat dan kepercayaan.  Physical Wellness Komponen fisikal dari wellness meliputi kemampuan untuk mengerjakan tugasan harian.2 kali lebih sedikit selsema dibandingkan orang yang hanya mempunyai satu sampai tiga jenis hubungan sosial. Kajian yang sama juga menemukan orang dewasa yang memiliki hubungan sosial dengan orang lain dengan sukarela hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak sukarela. kawan sekolah. atau menaikkan hormon stress. Penyelidik menemukan bahawa partisipan yang kurang hubungan sosial kemungkinan besar dua atau tiga kali ganda akan mengalami kematian awal dibanding rekan sebaya yang mempunyai hubungan sosial yang bagus. nonton.

Hubungan dalam antara minda dan badan adalah asas dari berbagai jenis alternatif latihan kesihatan. perilaku.  Tehnik ini digunakan untuk pengobatan pelbagai macam penyakit. seperti epilepsi. The National Institute Of Health memberikan saran untuk melakukan latihan spiritual di bawah ini :  Psychotheraphy. mengawal rasa sakit. menggunakan seluruh panca indera untuk mendorong perubahan sikap. fokus tehadap kesihatan mental dan emotional pasien dan telah terbukti mengurangkan waktu penyembuhan setelah sakit. psychologists. migran. adalah suatu bentuk latihan kuno yang cocok untuk keperluan moden. dentist. membangkitkan pengharapan.  Hypnosis. Setakat ini physicians.  Biofeedback.  Meditation.  Imagery. atau respon psikologis.  Support group. sebuah disiplin latihan mengenai perubahan mental dan proses psikologis yang . memberikan gambaran psikologis kepada pasien mengenai apa yang mereka pikirkan dalam badan mereka dan memahami penyesuaian proses mental trial and error yang memberi kesan terhadap perilaku psikologis. dan hipertensi. dan kesihatan mental profesional menggunakan hypnosis untuk membantu mengatasi kecanduan. penyakit pernafasan. memberikan penghiburan kepada pasien bahawa orang lain juga mengalami tantangan kesihatan dan melakukan pertahanan hidup. Latihan meditasi secara regular dianjurkan untuk mengurangi tekanan darah dan anxiety dan meningkatkan kualiti hidup dan umur panjang. adalah latihan penguasaan diri untuk relaksasi. penyakit vascular. dan yang berhubungan dengan phobia.  Yoga. Penggunaan imagery termasuk boleh mengawal rasa sakit pada penderita kanser dan meningkatkan kekebalan tubuh pada pasien yang sudah tua.

mengurangi kematian akibat stroke atau penyakit jantung. emosi yang kuat di temukan dapat menyebabkan risiko serangan jantung. rendahnya kasus bunuh diri. Perubahan ini. menggunakan peregerakan tubuh untuk keperluan terapi. kecanduan terhadap obat.  Intellectual Wellness Komponen intelektual wellness adalah kemampuan untuk mempelajari dan . dan pasien yang sedang luka. Therapy seni digunakan pada pasien yang sedang dalam pengubatan luka. conohnya. dan mengurangi depresi.  Prayer and mental healing. termasuk komunikasi dengan Tuhan. masalah emotional. Stress ini mengganggu keseimbangan hormon. dan mengurangkan depresi. dan meningkatkan efisiensi fungsi jantung. Telah terbukti efektif mencapai tujuan seperti menaikkan konsep diri dan kepercayan diri. secara fizikal melakukan aktiviti keagamaan atau pegalaman penyembuhan melalui doa secara peribadi atau mengikuti gereja. tekanan darah rendah. mengurangkan rasa takut. ia juga kemampuan mengenali dan menerima perasaan dan tidak mengalah pada penderitaan dan kegagalan. dilakukan dengan asas yang regular. ialah hal yang sangat bagus menepatkan kekuatan musik ke dalam jiwa. mengurangkan ketegangan tubuh. Banyak kajian mengenai hubungan antara wellness dan kesihatan mental. brain injury. kanser. mengekspesikan diri melalui seni untuk membantu meningkatkan penyembuhan. pengubatan radang sendi. keadaan ini boleh menggerakkan kepada pelbagai masalah kesihatan. begitu pula dengan stroke.  Art therapy.  Dance therapy.  Music therapy. boleh mengurangkan anxeity. anxeity. tekanan darah rendah. sebelumnya tidak terkawal oleh individu. Sebagai contoh. Banyak masalah bersumber dari tekanan emosional. dan penyalahgunaan sexual. Apabila anda merasa lebih baik ketika mendengarkan musik.  Emotional Wellness Emotional wellness adalah kemampuan untuk mengawal stress dan mengekspresikan emosi secara tepat dan selesa. penyembuhan penyakit. parkinson’s. cerebral palsy.

Peningkatan lain dari intelektual wellness adalah self eficacy. karir. orang harus melihat dirinya sebagai orang yang sukses dan percaya bahawa ia boleh menyelesaikan segala tugasa yang diberikan kepadanya.  Occupational Wellness Occupational wellness adalah kemampuan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan waktu luang. dan kondisi lain yang merugikan kesihatan. The National Institue of Health telah mengidentifikasi enam daerah diskriminasi dan etnik minoriti yang mempunyai pengalaman perubahan yang sirius dalam akses hasil kesihatan : . Locus of control adalah ukuran yang sederhana tetapi memiliki kekuatan mengukur hubungan antara persepsi kesihatan dengan kematian. beban penyakit. Orang yang merasa sangat sehat dan percaya bahawa meningkatkan kesihatan itu boleh berkesan umur panjang mengalami kematian lebih lama rata-rata 2 sampai 3 kali ganda apabila dibandingkan dengan orang yang sedikit meningkatkan kesihatannya. sekolah. kesan yang besar dari pekerjaan dan prestasi sekolah dan hubungan dengan orang lain. Bekerja keras untuk mendapatkan occupational wellness menambahkan pemusatan terhadap kehidupan dan membolehkan kita menemukan kepuasan tersendiri dalam hidup melalui bekerja. Dengan intelektual yang baik. menjelaskan pada seseorang yan mempercayai akan kemampuan untuk menyelasaikan pekejaan atau perilaku khas. Locus of control menjelaskan kepada pandangan atau sikap seseorang mengenai peranan mereka dalam wellness atau illness. orang boleh memahami dan mengaplikasikan locus of control dan self efficacy. termasuk undang-undang dan agen yang menjaga alam sekitar. dan tujuan karir. Perubahan kesihatan menunjukan kepada perubahan timbulnya penyakit. Sikap terhadap kerja. dan perkembangan karir. Intelektual wellness berarti suatu usaha untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dan pembelajaran mengatasi tantangan secara efektif. kematian. keluarga.  Environmental Wellness Adalah kemampuan meningkatkan kesihatan yang mengukur peningkatan standar hidup dan kualiti hidup dalam masyarakat.menggunakan informasi secara efektif untuk peribadi. Untuk mendapatkan wellness yang tinggi. kelaziman.

Infant mortality 2. Ketika semua itu bekerja dalam satu kesatuan penuh. Meskipun hubungan antara penyakit dan penyebab secara jasmani sangat jelas. sosial. dan spiritual. wellness terancam. . Tubuh.1. HIV infection/AIDS 6. minda. Cardiovascular disease 4. Cancer screening and management 3. Diabetes 5. dan jiwa tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Ketika salah satu komponen ini tidak berfungsi. Immunizations Asumsi yang penting dari pendekatan mengenai wellness terhadap kehidupan adalah kesihatan yang baik akan tarcapai apabila menjaga keseimbangan dari 7 komponen wellness. beberapa orang enggan menerima hubungan penyakit dengan aspek mental. penggabungan sistema biologikal. tubuh boleh menangkal dan mengatasi segala penyakit.