You are on page 1of 24

Halaman 1

arXiv: hep-ph / 0305062v2 29 Jun 2003
hep-ph / 0305062
direvisi, Juni 2003
Pemusnahan Bom Nuklir Menggunakan
Ultra-High Energy Neutrino Beam
- didedikasikan untuk Profesor Masatoshi Koshiba -
Hirotaka Sugawara *
Hiroyuki Hagura †
Toshiya Sanami ‡
Abstrak
Kami membahas kemungkinan penggunaan sinar ultra violet ultra-energi tinggi (≃
1000TeV) untuk mendeteksi dan menghancurkan bom nuklir dimanapun mereka
berada dan siapa pun
memilikinya
* E-mail: sugawara@phys.hawaii.edu,
Departemen Fisika dan Astronomi, Universitas Hawaii di
Manoa, HI, USA
† e-mail: hiroyuki.hagura@kek.jp,
Pusat Ilmu Radiasi KEK, Tsukuba-shi, Jepang
‡ e-mail: toshiya.sanami@kek.jp,
Pusat Ilmu Radiasi KEK, Tsukuba-shi, Jepang
1

Halaman 2
1. Perkenalan
Fisikawan abad ke-20 menghasilkan salah satu senjata paling kuat di bumi [ 1]
dan mereka digunakan dua kali sebagai senjata aktual dengan "Hasil
Unggulan." 1 Jumlah
negara yang memiliki atau akan memiliki senjata nuklir bisa meningkat meski ada
eksistensi
Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT). Tidak ada jaminan itu
Negara-negara yang sudah memiliki senjata nuklir ini selalu berperilaku
humanis. Senjata
negosiasi kontrol dapat menstabilkan dunia sementara tapi, sekali lagi, tidak ada
jaminan
bahwa kedamaian abadi di bumi akan terwujud di masa depan. Kita bahas dalam
artikel ini a
agak futuristik tapi belum tentu teknologi yang tidak mungkin akan mengekspos
para pemiliknya
senjata nuklir dalam bahaya yang ekstrim dalam beberapa kasus.
Ide dasar kami adalah menggunakan sinar neutrino energi yang sangat tinggi yang
menembus

bumi dan berinteraksi hanya beberapa meter dari senjata nuklir yang
disembunyikan. Itu
Energi yang tepat ternyata sekitar 1000 TeV. Inilah energi dimana neutrino
berarti jalur bebas menjadi kira-kira sama dengan diameter bumi. Neutrino
balok menghasilkan mandi hadron dan kamar mandi menyentuh plutonium atau
uranium di
bom dan menyebabkan reaksi fisi. Reaksi ini akan memanaskan bom dan
melelehkannya
bawah atau nyalakan reaksi nuklir jika bahan peledak sudah mengelilingi
plutonium. Kita
akan menghitung intensitas sinar neutrino yang dibutuhkan dan durasi waktu yang
mana
seluruh proses akan berlangsung untuk intensitas tertentu.
Kami tekankan bahwa keseluruhan teknologi itu futuristik dan alasannya harus
jelas
semua ahli akselerator. Sebenarnya, bahkan prototipe proposal kami yang paling
sederhana sekalipun, yaitu
Pabrik neutrino dari jajaran GeV membutuhkan pekerjaan litbang yang
substansial. Kami juga mencatat bahwa 1000 TeV
Mesinnya membutuhkan keliling akselerator dari urutan 1000 km dengan magnet
dari ≃ 10 Tesla yang benar-benar menggelikan. Hanya jika kita bisa menciptakan
magnet yang bisa dijangkau
hampir satu urutan medan magnitudo lebih tinggi dari magnet yang ada saat ini,
proposal
bisa mendekati kenyataan Bahkan jika itu menjadi kenyataan, biaya
pembangunannya adalah
pesanan atau lebih dari 100 miliar US $. Juga kita perhatikan bahwa kekuatan yang
dibutuhkan untuk
pengoperasian mesin bisa melebihi 50 GW dengan mempertimbangkan
efisiensi. Ini di atas
kekuatan total Inggris Raya. Ini menyiratkan bahwa tidak ada satu negara pun yang
mampu membelinya
konstruksi mesin ini dan juga waktu operasi harus dibatasi secara ketat. Kita
percaya satu-satunya cara mesin ini bisa dibangun adalah ketika semua negara di
dunia setuju
lakukanlah dengan membuat sebuah organisasi yang bisa disebut "Pemerintah
Dunia" yang dengannya
Perangkat ini menjadi sarana penegakan hukum.
Bagian 2 memberikan perkiraan kasar dan bagian 3 membahas simulasi komputer
dengan menggunakan
1 Pesan kode dikirim ke Presiden Harry S. Truman dari Richard Nelson, awak termuda dari
Enola Gay, yang meninggal pada tanggal 7 Februari 2003 karena komplikasi
emfisema (New York Times, 7 Februari 2003).
2

Pada lampiran B. sebagian besar muon membusuk menjadi dua arah berlawanan dari lurus bagian. Halaman 3 sebuah generator Monte-Carlo MCNPX [2] . Dari ara. bagian lurus di ring akan menyebabkan radiasi "hot spot" dimana semua garis melintang menjadi balok pensil. kami juga menjelaskan skema akselerator yang mungkin. Secara khusus. 3 menunjukkan mean Jalur bebas (anti-) neutrino vs energinya dihitung dengan asumsi bahwa silang inelastis yang dalam bagian mendominasi di wilayah energi yang relevan 2 . Di sini kita ingin mempertimbangkan situasi di mana salah satu garis lurus diarahkan menuju bom nuklir yang terletak di suatu tempat di sisi berlawanan bumi (ara . 1 . kami memberikan perhitungan jalur bebas rata-rata neutrino di dalam bumi di Indonesia lampiran A . 3 kita menyimpulkan bahwa energi dari . Van Ginneken [4] sehubungan dengan studi tentang penghasil muon. Pembusukan muon akan menghasilkan radiasi neutrino yang keluar secara tangen di mana - mana dari cincin. Kita harus memilih energi sinar neutrino sedemikian rupa sehingga rata- rata Jalur bebas neutrino kompatibel dengan diameter bumi. Bagian 4 memberikan kesimpulan dengan berbagai komentar. 2). Jika seseorang membuat trek balap berbentuk cincin penyimpanan muon seperti yang ditunjukkan pada gambar. Kedua arah ini adalah arah yang paling berbahaya ("hot spot") tapi Bagian melingkar juga memancarkan neutrino yang mungkin juga berbahaya di sekitar cincin penyimpanan cincin penyimpanan muon μ μ bagian lurus radiasi neutrino "hot spot" radiasi neutrino "hot spot" Gambar 1: Radiasi neutrino dari jalur balap berbentuk cincin penyimpanan muon. Gambar . 2 Perkiraan kasar Sinar neutrino sudah berbahaya bagi energi beberapa TeV seperti yang telah terjadi dianalisis oleh BJ King [ 3] dan NV Mokhov dan A. Selain itu.

1). Sinar dipancarkan ke hilir dari salah satu bagian lurus muon cincin penyimpanan (lihat gambar . Kisaran neutrino adalah 10 7 meter dan interaksi neutrino yang efektif dibatasi dalam jarak beberapa meter dari bom karena jarak interaksi antara hadron Oleh karena itu. Sinar neutrino harus sekitar 1000 TeV untuk memiliki sekitar satu interaksi sebelumnya balok neutrino menghantam bom itu. probabilitas mendapatkan reaksi efektif dari balok adalah 1/10 7 . Misalnya. dan mencapai bom setelah melewati bagian dalam bumi.1 (GeV) × 10 7 (m) 10 6 (GeV) = 1 (m). 3. deposit energi dari balok untuk luas unit (m 2 ) diberikan oleh E dep = 10 15 × 10 -7 × I = 10 8 I (eV / detik · m 2 ). Ukuran balok pada titik bom diberikan oleh r= mμc2 Eν d≃ 0. (1) dimana saya berdiri untuk intensitas sinar neutrino.2 Lihat lampiran A untuk perhitungan rinci dari jalur bebas rata-rata yang ditunjukkan pada gambar. (2) Ini setara dengan sekitar 1 S V / detik. Kami mencatat bahwa nilai dosis radiasi ini sangat besar. Sinar menyebar karena momentum transversal balok tersebut diabaikan pada energi ini jika nilai arus pendinginan ionisasi P t = 1 (MeV) adalah diadopsi. 3 Estimasi di atas dapat diringkas dalam rumus berikut: E dep = E ν · ( R h . 3 Halaman 4 bom nuklir cincin penyimpanan muon ν balok neutrino di dalam bumi Gambar 2: Sinar neutron ditujukan pada bom nuklir yang ditempatkan di sisi yang berlawanan di bumi. dan d adalah jarak dari Cincin penyimpanan muon ke posisi bom yang kita ambil menjadi diameter bumi (≃ 10 7 m). Akibatnya. kita dapatkan E dep ≃ 1000 (Joule / detik · m 2 ) untuk intensitas I = 10 14 (1 / detik). dibandingkan dengan batas off-site US Federal sebesar 1 mS V / tahun. dimana m μ dan c berdiri untuk massa muon dan kecepatan cahaya.

di unit alternatif. Untuk Rincian perhitungan. Ini dihitung berdasarkan Asumsi bahwa di wilayah energi ini bagian penampang inelastis yang dalam mendominasi. R ν adalah . 4 Halaman 5 10 -1 10 0 10 1 10 2 10 3 Energi anti-neutrino [TeV] 10 3 10 4 10 5 10 6 10 7 10 8 Jalur bebas rata-rata [km] berarti jalan bebas dari berarti jalan bebas dari ¯ν μ νμ Gambar 3: Jalur bebas rata-rata (anti-) neutrino vs energinya. lihat Lampiran A. sampai 100 rem. dimana Rh dan R ν berdiri untuk rata-rata hadron dan neutrino berarti jalur bebas.R ν ) · Saya · ( m μ c 2 Eν d ) -2 (eV / detik · m 2 ). (3) 3 Unit S V sesuai.

N fisi . reflektor dan bahan peledak (gbr. Seluruh profil dari Bom itu berbentuk badan bola. dikelilingi oleh 238 U tamper. 6] dan tidak berkelas makalah [ 7 ] tentang masalah ini. SEBUAH Parameter krusial dalam kasus terdahulu adalah jumlah fisi dalam sistem yang disediakan suhu naik cukup untuk menyalakan bahan peledak di sekitarnya. 5 Halaman 6 uranium tamper pemrakarsa reflektor peledak A plutonium inti memicu perangkat peledak B Gambar 4: Sebuah model untuk bom plutonium tipe implosasi [ 6 ] . . yang dibutuhkan ternyata sekitar 10 16 per 10 kg plutonium [ 7 ]. oleh karena itu.sebanding dengan E -1 ν di bawah 1000 TeV yang sesuai dengan σ tot ν (cm 2 ) ~ 10 -38 E ν (GeV) yang mana mengarah ke E dep ~ E 4 ν. Jika kita berasumsi bahwa Bahan peledak memiliki suhu pengapian 300 ◦ C (TNT (TriNitroToluene) yang memiliki pengapian suhu 210 ◦ C). Kami juga mempertimbangkan sebuah sistem tanpa bahan peledak mengelilingi bola plutonium karena kita tidak memiliki cara untuk mengetahui bagaimana bom ini disimpan. E dep turun tajam menjadi 0. Hal ini. Sebagai model bom yang mungkin kita anggap sebagai bola seberat 10 kg 239 Pu yang memiliki massa kritis 15 kg. 4). Untuk melangkah lebih jauh kita perlu tahu sedikit tentang struktur bom nuklir. jumlah fisi. agak penting untuk menjaga energi setinggi 1000 TeV. Satu urutan besarnya nilai lebih besar 10 17 harus cukup meleleh turunkan sistem dalam kasus yang terakhir. kami mengandalkan buku-buku populer [ 5. Karena tidak ada informasi resmi yang tersedia bagi kami.1 Joule / s untuk 100 energi neutrino TeV.

von Hippel dan E.e -cn spon . Karena tamper 238 U juga bisa dianggap sebagai sumber pembelahan ketika energi neutron setinggi 10 MeV. Analisis ini menunjukkan bahwa neutron dari fisi spontan yang mengkontaminasi 239 sistem Pu memberikan probabilitas terjadinya “ledakan fizzle” yang diberikan oleh P = 1 . waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan bahan peledak N fisi n sp = 10 16 10 14 = 100 (detik). yang mana adalah energi khas.1 (m 2 ). kita mengambil area yang terpapar hadron mandi menjadi 0. Dalam hal ini total deposit energi dalam sistem fisi bom adalah ET dep = 0. Lyman. Kita bisa mengganti angka n spon ini dengan jumlah neutron spallation yang ditimbulkan . sama dengan n sp = ET dep ǫ sp = 10 21 10 7 = 10 14 (1 / det). dari neutron spallation. [ 7] oleh F. oleh karena itu. ǫ sp . Jika kita asumsikan neutron spallation menyebabkan pembelahan tunggal dan tidak ada yang hilang.1 × 10 8 I = 10 21 (eV / detik) untuk I = 10 14 (1 / detik).Mari kita perkirakan berapa banyak waktu yang dibutuhkan agar proses ini terjadi saat energi deposit dari sinar neutrino diberikan oleh persamaan ( 1 ). Pertanyaan selanjutnya adalah apakah kita akan melakukannya memiliki ledakan penuh atau semacam "ledakan mendadak" jika terjadi ledakan dinyalakan Masalahnya dipelajari pada lampiran ref. Jumlah neutron spallation. (4) 6 Halaman 7 Dimana n spon adalah jumlah netron dari emisi spontan dan c adalah tertentu konstan. dan melelehnya waktu sekitar 1000 detik.

probabilitas "ledakan mendatar" praktis sama dengan 1 dalam kasus ini. 6). balok neutrino titik interaksi ≤ 100 m tanah mandi hadron permukaan bumi Gambar 5: Mandi Hadron muncul di dekat bom target. Dalam Proses terakhir. kemudian. Yang kedua mengikuti yang pertama untuk menghitung reaksi nuklir di bom target (lihat ara. kita mensimulasikan interaksi antara pancuran hadron dengan nukleus dari tanah dengan menggunakan generator lain GEANT4 [ 9 ] dan MARS [10].oleh balok neutrino.2. 3. Kami membagi prosedur simulasi menjadi dua bagian: Bagian pertama membahas sinar neutrino dan perkembangannya menjadi pancuran hadron (lihat gambar 5) . 3 Simulasi Setelah membahas perkiraan kasar. seperti yang ditunjukkan pada gambar. 7 Halaman 8 Proses yang pertama dapat disimulasikan dengan generator HERWIG [8 ]. Oleh karena itu. Sinar neutrino melewatinya tanah berinteraksi dengan nukleus di dekat permukaan bumi. seperti ν + p (atau n) → hadron + lepton. mari kita simak simulasi numerik untuk dipelajari Sistemnya lebih tepat.1 dan 3. di mana kita dapat memasukkannya Proses dengan berkas neutrino kejadian. 5. Kami memberikan pembahasan rinci tentang dua bagian secara terpisah pada bagian selanjutnya 3. yaitu 9 urutan besarnya lebih besar dari jumlah neutron dari emisi spontan 240 Pu. Tujuan ini . Kita mensimulasikan proses balok neutrino yang menabrak nukleus target di tanah dan mengikuti perkembangan mandi hadron yang diprakarsai oleh interaksi neutrino. Hal ini menghasilkan hasil energi ledakan oleh sinar neutrino menjadi sekitar 3% dari ledakan penuh. menghasilkan mandi hadron di a Tempatkan beberapa meter di dekat bom.1 Insiden sinar neutrino dan pancuran hadron Bagian pertama adalah memulai dari sinar neutrino tertentu dengan energi dan intensitas tertentu.

Kami mempertimbangkan sebuah sistem yang ditunjukkan pada gambar. 8 Halaman 9 kejadian neutron 1 3 2 5 7 4 . seperti yang ditunjukkan pada gambar. Oleh karena itu. Ini akan menginduksi fisi reaksi di dalam sistem plutonium dan menyebabkan kenaikan suhu sebagai hasilnya. Kami Perhitungan bagian ini dilakukan dengan menggunakan kode MCNPX 4 . sistem yang ditunjukkan pada gambar. 6 . Hasil dari bagian ini akan muncul dalam publikasi terpisah [ 12] . kita ganti paralelnya shower wasron dari ara 6 oleh sumber neutron yang terletak di pusat inti Pu 239 . Itu 4 MCNPX telah digunakan secara luas dalam fisika reaktor nuklir dan aplikasinya. Untuk memperjelas algoritma kode MCNPX. 3. dimana tumbukan pertama terjadi pada event 1 di Pu core. Interaksi neutrino yang terjadi di dekat permukaan bumi adalah relevan. dan dikembangkan untuk sejak lama 1940-an [2 ]. Selanjutnya.2 Reaksi nuklir di dalam target Bagian kedua dari simulasi kami adalah menghitung kenaikan suhu dari plu- Sistem tonium yang disebabkan oleh pancuran hadron. 5. 239 Pu mandi hadron tamper 238 U eksplosif Gambar 6: Mandi hadron masuk ke dalam bom plutonium. banyak fisikawan dan pemrogram masih mengembangkannya perbaikan bahkan saat ini.Bagiannya adalah untuk mendapatkan multiplisitas shower saat mandi sedang keluar dari bumi. Untuk menyederhanakan sistem dan menghemat waktu komputasi. Kami juga berasumsi bahwa neutron kejadian energinya 1 GeV dimulai dari sebuah titik di dalam inti. Kami mempertimbangkan. kami menggambarkan contoh sederhana dari reaksi nuklir pada ara 7. 7.

Neutron ambil di tamper. dihitung secara bersamaan dengan perkiraan ketepatan statistik hasil. jika kita mempersiapkan N di 9 Halaman 10 Kejadian neutron pada inti Pu 239 . Neutron bocor keluar dari tamper. Sisanya foton yang dihasilkan pada event 1 sekarang diikuti dengan capture pada event 7. bocor keluar dari inti pada acara 4. Fisi pertama ditangkap pada acara 3 dan dihentikan. Foton bocor keluar dari tamper. mengakibatkan penghentian neutron yang masuk dan kelahiran dua neutron keluar dan satu foton. Ini adalah kontribusi rata-rata dari satu kejadian neutron. Sejarah neutron ini dalam inti dan tamper sekarang sudah lengkap.6 239 Pu 238 U melacak neutron melacak foton Gambar 7: Sejarah insiden neutron pada inti Pu 239 yang dapat mengalami pembelahan nuklir.6260 ± 0. Produksi fisi dan foton dalam 238 U tamper. kita bisa memperoleh nilai rata-rata. Makanya. Foton tersebar di tamper.0032 (MeV / g). 3. 1. seperti energi total yang timbul dalam reaksi. kenaikan suhu dapat diperkirakan sebagai ΔT = N di ǫ fisi . 4. Jadi. Perhatikan bahwa MCNPX Partikel yang diambil diambil sedemikian rupa sehingga partikel terakhir yang tersimpan di bank adalah partikel pertama dibawa keluar. secara acak. atau diikat. distribusi neutron dan foton menjadi lebih dikenal. 2. 5. setelah mengulangi hal serupa Perhitungan. Foton capture dalam tamper Neutron tersebar pada arah yang ditunjukkan. The foton yang diproduksi fisi mengalami tabrakan pada event 5 dan bocor pada event 6. dari deposisi energi fisi: ǫ fisi = 0. 7. yang dipilih secara acak dari fisik menyebarkan distribusi Sebuah foton juga diproduksi dan disimpan sementara. ǫ fisi . untuk analisis nanti Pada event 2. Satu neutron dan fotonnya Diambil untuk analisis selanjutnya. Neutron scattering dan foton production pada intinya. Itu jumlah minat. Banked neutron sekarang diambil dan. terjadi fisi. Seperti semakin banyak Sejarah seperti itu diikuti. 6.

Kita mungkin saja memecahkan bom atau bisa menyebabkan ledakan penuh. itu akan menyebabkan ledakan mendadak dengan 3% kekuatan penuh. Untuk memverifikasi hasil simulasi kami. Kesimpulan Kami telah menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menghilangkan bom nuklir dari permukaan bumi memanfaatkan sinar neutrino energi yang sangat tinggi.602 × 10 -13 (J / MeV) = 6. Oleh karena itu. percobaan dapat dilakukan di mana berkas hadron Energi GeV menyentuh bola plutonium (tidak harus dari nilai senjata) dan meningkatkannya suhu. yang sesuai dengan suhu pengapian TNT. Sepertinya tidak Kemungkinan untuk menurunkan besarnya ledakan lebih kecil dari jumlah ini pada tahap ini. Penting untuk mengurangi jumlah ini untuk menghancurkan bom dengan aman. dan ternyata tidak tidak realistis dalam teknologi masa depan dari para penghuni muon. Kami tidak yakin apa ini Berarti bila plutonium atau uranium digunakan untuk menyalakan bom hidrogen. untuk mendapatkan kenaikan suhu ΔT = 250 (K). (6) Nilai N di ~ O (10 14 ) ini mendekati nilai perkiraan di bagian 2 . Percobaan ini sama dengan yang dilakukan untuk mempelajari target bahan untuk sumber spallation neutron.9547 × 10 -12 N dalam (K). yang nilai numeralnya diberikan oleh C Pu = 4. (5) dimana C Pu adalah panas spesifik 239 Pu.9547 × 10 -12 = 2.186 (J / cal) × (6. Saat balok neutrino menyentuh a bom. 4.C Pu = 0.557 × 10 11 (MeV / g · K). tentu saja. Seluruh proses memakan waktu sedikit Beberapa menit dalam kasus yang dipertimbangkan dalam tulisan ini walaupun. Saat bom tersebut disimpan dalam bentuk bola plutonium yang terpisah . jumlah total neutron insiden seharusnya N dalam = 250 0.0 / 239) (kal / g · K) 1.619 × 10 14 . hal itu tergantung pada intensitasnya dari sinar neutrino.

fase pelanggaran CP. neutron di kamar mandi akan menyerang 239 Pu inti. kita miliki dilakukan simulasi numerik menggunakan MCNPX di bawah kondisi yang disederhanakan. yang bisa kita lakukan adalah melelehkannya atau menguapnya. dibutuhkan bahkan satu abad untuk mencapai tujuan. Itu energi harus melampaui 10 TEV. Kami menggambarkan di bawah skenario yang mungkin untuk keseluruhan proyek: (1) Pertama. properti Majorana dan interaksi dengan partikel lain [ 15] . Sebagai Konsekuensinya. Untuk memperkirakan jumlah neutron kejadian yang cukup besar 10 Halaman 11 membuat suhu TNT yang mengelilingi inti meningkat menjadi satu pengapiannya. Untuk membenarkan pernyataan di atas. (2) Langkah selanjutnya adalah membangun sebuah muon collider di kisaran energi multi-TeV. Kami menggunakan balok neutrino 1000 TeV 5 untuk keperluan kami dan kami tidak memiliki teknologinya belum menghasilkan neutrino energi tinggi. kita harus membangun pabrik neutrino yang secara substansial bisa lebih rendah energi dari pada bahkan 1 TeV. dan diharapkan realistis dalam teknologi masa depan. ia menyebabkan mandi hadron dekat permukaan bumi. Setelah sinar neutrino energi tinggi melewati tanah. dan kemudian.sifat neutrino termasuk massa.Dari bahan peledak. (3) Langkah ketiga adalah membangun sebuah muon collider dengan energi lebih dari 100 TeV dan . Kedua langkah ini masih memerlukan cukup banyak litbang tapi kami percaya bahwa mereka berada pada perpanjangan langsung dari yang tersedia saat ini teknologi. Nilai ini konsisten dengan Diperkirakan diperoleh secara kasar. kami melakukan perhitungan simulasi terperinci dan Bagian dari hasilnya dijelaskan dalam makalah ini walaupun konten lengkap akan dipublikasikan nanti. Kita bisa memulai litbang sekarang dan lanjutkan langkahnya demi langkah Namun. Tujuannya adalah untuk memahami sifat . sudut pencampuran. Dibutuhkan Waktu yang jauh lebih lama untuk proses ini terjadi. kami memperoleh nilai N dalam ~ O (10 14 ).

karenanya. Kita mungkin membutuhkan magnet dengan satu atau dua urutan bidang yang lebih tinggi dari yang ada saat ini tersedia satu untuk membangun sebuah mesin dengan skala yang masuk akal. Selain itu. kami tidak memasukkan kontribusi quark yang lebih berat. kami melakukannya tidak mempertimbangkan "teori transportasi neutrino" [11 ] sama sekali di sini.bahkan mencapai 1000 TeV. Kami belum memiliki teknologi untuk jenis mesin ini. Sinar neutrino juga bisa digunakan untuk mendeteksi bom nuklir dengan energi lebih sedikit dan dengan intensitas yang jauh lebih sedikit. Dimasukkannya efek yang ada Pada penampang inelastis yang dalam akan mengarah pada jalur bebas rata-rata yang hampir 1/3 dari nilai yang kita miliki digunakan dalam tulisan ini Perubahan ini akan menghasilkan energi 300 TeV dan. 11 Halaman 12 teknologi yang diperlukan Juga benar bahwa wajarnya sumber daya keuangan dan sumber daya manusia harus diperkenalkan untuk menyelesaikan dua langkah terakhir. Tentu saja. penargetan bom menjadi lebih mudah. Kami ingin menekankan pentingnya mewujudkan dua langkah pertama sejak teknologi berada dalam jangkauan dan kontribusinya terhadap sains dasar sangat besar. Dalam hal ini kita tidak perlu pergi sejauh 1000 TeV ke mencapai tujuan kita Dua langkah terakhir membutuhkan sejumlah besar upaya dalam pengembangan 5 Sebenarnya neutrino berarti jalan bebas yang membawa kita untuk mempertimbangkan 1000 TeV tidak cukup akurat. Teknologi yang diperlukan adalah pendeteksian produk fisi dari jarak yang cukup jauh. Pendekatan yang sama sekali baru mungkin perlu untuk membuat ini mungkin. Bisa jadi agak sulit jika bom tersebut tersimpan dalam kedalaman . Penelitiannya mungkin Bahkan menunjukkan bahwa interaksi neutrino meningkat lebih cepat dengan energi yang disebabkan oleh dimensi ekstra seperti pada beberapa model [ 16] . maka langkah keempat adalah membangun 1000 TeV muon collider dengan bagian lurus bergerak. Dengan adanya yang disebutkan dalam Lampiran A . kita perlu 27 kali lebih tinggi intensitas dari pada bagian yang dipertimbangkan 2. (4) Jika langkah ketiga menjadi nyata.

Mereka termasuk yang paling mendasar kegiatan penelitian ilmiah Struktur organisasi yang sesuai untuk melakukan penelitian semacam itu. Studi terperinci sedang dilakukan pada subjek ini dan kami akan menjelaskannya dalam publikasi yang akan terbit. Itu sangat penting di mana seseorang membangun mesin. kami ingin menunjukkan bahwa setidaknya dua langkah pertama yang dijelaskan dalam hal ini Bagian tidak ada kaitannya dengan penelitian senjata. Kami sangat keberatan dengan Ketidaksukaan khawatir bahwa perangkat semacam ini. seperti ditekankan pada pendahuluan dan juga pada lampiran B. Kita mungkin tidak memerlukan energi neutrino setinggi 1000 TeV pada kasus ini. Oleh karena itu.lokasi bawah tanah Aplikasi lain yang berguna dari sinar neutrino energi tinggi adalah studi tentang inner struktur bumi [17 ]. Dibutuhkan waktu lebih dari setahun untuk menempuh jarak 10 km 2 dengan nilai dosis per luas unit Sangat tidak mungkin tidak ada tindakan yang diambil setelah beberapa menit terpapar semacam ini Selain itu. sayangnya. Sebaliknya. Kekhawatiran lain bisa diungkapkan di bahaya neutrino di sekitar mesin. biaya konstruksi dan daya yang dibutuhkan untuk operasi membuatnya hampir tidak mungkin bahkan untuk negara terkaya sekalipun untuk membangun dan mengoperasikannya dengan sendirinya. bahkan versi downgradenya bisa digunakan oleh organisasi tak bertanggung jawab tertentu sebagai senjata pemusnah massal. . Terakhir. Kita tentu sadar akan fakta bahwa perangkat semacam ini tidak hanya bisa menargetkan nuklir bom tapi senjata pemusnah massal lainnya dan juga. Tapi kita harus menekankan bahwa perangkat itu sendiri tidak senjata pemusnah massal Alasannya adalah sebagai berikut: Perhitungan di bagian 2 dan bagian 3 menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu 1 detik agar alat ini bisa menutupi 1 m 2 dengan dosis radiasi dari 1 S V. kita dengan tulus berharap bahwa proposal kami akan memotivasi dan merangsang kebangkitan gagasan lama "Pemerintah Dunia" yang sejauh ini telah dibuang sebagai tidak realistis. apapun benda hidup termasuk manusia. melalui kolaborasi di seluruh dunia.

Durasi waktu operasi harus diminimalkan untuk alasan keamanan dan juga untuk alasan konsumsi daya.y) 2 ( Z¯u (x) + N ¯ d (x) ) }. mendominasi di wilayah energi multi TeV ~ 10 3 TeV. T.Proposal konkrit yang dijelaskan di Lampiran B memiliki dua bidang berbahaya dan dua berbahaya (P 3 P 4 dan Q 3 Q 4 ) petunjuk arah. kita asumsikan bahwa hamburan inelastis yang dalam. Abe. 12 Halaman 13 Lampiran Jalan bebas rata-rata (anti-) neutrino Bagian ini dikhususkan untuk derivasi jalur bebas rata-rata pelepasan neutrino (anti-neutrino) melalui bagian dalam bumi. Disini kita membahas asumsi secara rinci dan selanjutnya memperoleh berarti jalan bebas dengan cara numerik. "Tidak ada zona terbang" yang harus diatur untuk menghindari daerah-daerah berbahaya ini. yang berada di staf Laboratorium Akselerator PT KEK. termasuk kontribusi keduanya arus bermuatan dan netral. itu Penampang yang relevan diberikan pada tingkat pohon [ 13] sebagai d2σν cc dxdy = G2 FmNEνx π ( M2 W -q 2 + M 2 W) 2 { Zd (x) + Nu (x) + (1 . (7) d 2 σ ¯ν . Pertama. 3 di bawah beberapa asumsi. terutama berkontribusi pada perhitungan berikut dan benar-benar membuat ara.

(8) d2σν nc dxdy = G2 FmNEνx π ( M2 Z -q 2 + M 2 Z) 2 × [ (1 .y) 2 {( 2 3 dosa 2 θ W ) 2 ( Zu (x) + Nd (x) ) + ( 1 3 dosa 2 θ W ) 2 ( Zd (x) + Nu (x) ) +(- 1 2 + 2 3 dosa 2 θ W ) 2 ( Z¯u (x) + N ¯ d (x) ) + ( 1 .y) 2 ( Zu (x) + Nd (x) ) }.cc dxdy = G2 FmNEνx π ( M2 W -q 2 + M 2 W) 2 {Z ¯ d (x) + N¯u (x) + (1 .

m N dan E ν berdiri untuk konstanta kopling Fermi.y) 2 dengan faktor 1 pada ungkapan di atas ( 9 ) ) . nu- cleon mass dan kejadian energi neutrino. (9) d 2 σ ¯ν nc dxdy = ( tukar faktor (1 . dan q menunjukkan momentum transfer untuk proses yang dipertimbangkan. θ W .2 - 1 3 dosa 2 θ W ) 2 ( Z ¯ d (x) + N¯u (x) ) } + {( 2 3 dosa 2 θ W ) 2 ( Z¯u (x) + N ¯ d (x) ) + ( 1 3 dosa 2 θ W ) 2 ( Z ¯ d (x) + N¯u (x) ) +(1 2 - 2 3 dosa 2 θ W ) 2 ( Zu (x) + Nd (x) ) + ( - 1 2 + 1 3 dosa 2 θ W ) 2 ( Zd (x) + Nu (x) ) }] . (10) dimana G F . Di sini variabel x dan y didefinisikan sebagai x= . Z dan N berdiri untuk nomor proton dan nomor neutron di dalamnya sebuah nuklei tertentu. u (x) dan d (x) adalah densitas distribusi parton untuk quark u dan d. sudut Weinberg.

5. N n .-q 2 2m N (E ν . ¯ν μ + ¯q → ¯ν μ + ¯q.y= (E ν . di persamaan. Akhirnya. Demikian pula. kita mendapatkan jalur bebas rujukan neutrino R ν dan anti-neutrino R ¯ν dalam a cara biasa Untuk itu pertama-tama kita harus mengetahui jumlah kerapatan proton. ρ bumi . N p . ¯ν μ + u → μ + + d. didalamnya bumi dan neutron. seseorang dapat memperoleh jumlah kerapatannya: N hal . ν μ n. Memang. kita bisa dengan mudah mendapatkan kerapatan ini. ¯ν μ + ¯d → μ + + ¯u. kita mengadopsi satu set distribusi parton yang disebut CTEQ5L [14 ] sebagai struktur func- tion proton dan neutron.5 sampai 50.52 × 10 3 (kg / m 3 ). kita punya Perhitungan ini dilakukan dengan metode Monte-Carlo dengan presisi tinggi sebesar 0.+ u. σ tot νn . kepadatan massa rata-rata bumi. kami menghitung total penampang σ tot νp . dimana E μ berarti energi muon pada keadaan akhir. Oleh karena itu. Kedua. ν μ + ¯q → ν μ + ¯q. ν μ + ¯u → μ .E μ ) Eν . masing-masing. dimana q = u atau d. Dengan menggunakan himpunan.E μ ) . karena kita tahu bahwa jumlah proton dan neutron rata-rata dalam rasio dari 49. Sebenarnya. σ tot ¯νp dan σ tot ¯νn untuk ν μ p.1%. diukur 5. dan sekali lagi kita tidak menyertakan kontribusi quark s sama sekali. ¯ν μ + q → ¯ν μ + q. (9 ) dan ( 10 ) kita memasukkan scatterings arus netral berikut ini: ν μ + q → ν μ + q. Dalam eqs (7 ) dan (8) kita ambil 13 Halaman 14 Proses hamburan berikut menjadi pertimbangan di tingkat pohon: ν μ + d → μ . ¯ν μ p dan ¯ν μ n proses hamburan. Selain itu.+ ¯d. Di sini kita mengabaikan kontribusi quark aneh untuk kesederhanaan.

5 + 50. koreksi QCD dan "proses regenerasi" [ 11] juga akan memiliki efek lain pada penampang melintang.5 49. Jadi. kami tidak memasukkan order cor- ransum sama sekali Namun. Nn = ρ bumi mn × 50.= ρ bumi mp × 49. yang masih harus dipecahkan .5 (1 / m 3 ). masuk akal jika kita menyertakan quark lain dan yang lebih berat ke dalam Parton distribusi.5 (1 / m 3 ). (12) Sepanjang proses perhitungan di atas. Langkah selanjutnya adalah mengambil efek ini pertimbangan berdasarkan studi Monte-Carlo yang terperinci. total penampang mungkin akan menjadi beberapa kali lebih besar dari yang didapat disini Selanjutnya. dimana m p dan m n berdiri untuk proton dan massa neutron.5 + 50. (11) R ¯ν = 1 N p σ tot ¯νp + N n σ tot ¯νn (m). kita mendapatkan meannya jalur bebas (anti-) neutrino Rν = 1 N p σ tot νp + N n σ tot νn (m).5 49.

P 3 P 4 . pesawat berbahaya pesawat berbahaya sinkrotron A sinkrotron B sistem injeksi P4 Q4 P1 Q1 Q3 P3 . Sistem injeksi bisa dipasang di terowongan di gunung. Bagian lurus P 1 P 2 . Dari pembahasan yang diberikan di teks yang dibutuhkan ketepatannya adalah 10 -7 . balok adalah baik μ + atau μ . Pertanyaan selanjutnya adalah seberapa tepatnya kita bisa mengarahkannya. Q 1 Q 2 atau Q 3 Q 4 . Kita mungkin harus mempersiapkannya beberapa ruang untuk menutup dari minimum sampai panjang maksimum terus menerus. Teknologi masa depan pasti akan sampai pada kebutuhan kita nomor cepat atau lambat.masa depan yang dekat. Kemudian disimpan baik di jalur P 2 P 3 P 4 P 1 P 2 atau Q2Q3Q4Q1Q2 tergantung pada arah sinar di sinkrotron A. Ini 1/10 mikron per meter.. A harus lebih besar dari berkas B. P 3 P 4 . Kapan Kami memutar A atau B bilik harus mengikuti sampai kami mengarahkan bagian lurus ke yang diberikan Target. 8 yang permukaannya tidak banyak menyentuh Garis lurus digambarkan sebagai P 1 P 2 . Kami membangun dua sinkrotron A dan B yang keduanya dapat diputar ulang. Kami percaya ini bukan sebuah angka keterlaluan Upaya saat ini menuju pembangunan collider linier adalah bertujuan sekitar 1 mikron per meter. Q 1 Q 2 dan Q 3 Q 4 terbuat dari ruang yang dipisahkan oleh banyak di bawah struktur sehingga bisa memiliki panjang yang fleksibel. 14 Halaman 15 B Kemungkinan skema akselerator Kami pertama kali mencari gunung seperti di Ara . Muon yang disuntikkan ke dalam Synchrotron A pertama dan dipercepat untuk energi yang cukup.

8 15 Halaman 16 yang tidak boleh disilangkan oleh siapapun selama operasi dan satu arah ke arah langit dimana tidak ada yang bisa disentuh Arah lainnya tentu saja menuju target. Tokushi Shibata dan anggota Divisi Teori KEK. Kita dapat melakukan μ + μ +. Kami menghargai Yoshinobu Takaiwa untuk sarannya yang bermanfaat dari beberapa generator Monte Carlo. Hampir semua energi hilang di bumi dan hanya 10-7 kali seluruh energi hits target. Kami berterimakasih Masayoshi Kawai untuk komentar bergunanya di MCNPX.bertabrakan percobaan dalam skema ini dengan menyuntikkan dua balok secara bersamaan meskipun detektor harus ditempatkan pada lereng yang sangat curam antara sinkrotron A dan B. Sebenarnya.dan μ + μ . Orang yang bekerja di dekat target harus diberi peringatan kecuali mereka berusaha menyembunyikannya senjata. Sydney Drell. Tapi energinya Konsumsi bisa sekecil 10 2/10 8 = 10 -6 kali seluruh konsumsi 50 GW kekuasaan. The questions and comments by Yoshitaka Kimura. Ini harus cukup ditoleransi. Kami percaya tidak beralasan untuk membangun jenis ini kompleks akselerator pertama dengan sinar energi jauh lebih rendah untuk mempelajari bagian dalam bumi dan sekaligus melakukan percobaan muon collider dan juga eksperimen neutrino. Burton Richter and colleagues of HS at the University of Hawaii are deeply dihargai. Masalah lainnya adalah konsumsi daya dan bahaya radiasi. μ . Pengakuan Kami berterima kasih kepada Tetsuo Abe karena telah memberi kami ara . Referensi . 3 jalur bebas rata-rata. Kami ingin mengakui diskusi berharga dengan Prof. kita mungkin butuh sesuatu seperti 50 GW (mempertimbangkan efisiensi) yang merupakan keseluruhan kapasitas tenaga nuklir Jepang.μ . Daya yang dibutuhkan adalah 10 14 × 10 -19 × 10 15 W ≃ 10 GW. Untuk bahaya radiasi kita memiliki dua bidang pada gambar.Q2 P2 Gambar 8: Skema akselerator. Sakuei Yamada. Frank von Hippel.

1999. Server. Marchesini. March 1997. Craig and John A. editor. Paul P. New York (1986). S. September 27-October. NY. Richard Rhodes. Tokyo (1996). Briesmeister. Critical Assembly . New York: Fromm International Publishing Corp. Robert Oppenheimer: 'Shatterer of Worlds' . [5] R. P. (1985). “Explosive Properties of Reactor-Grade Plutonium” . “Neutrino-Induced Radiation at Muon Colliders” . Technology and Society. HECM'99 Workshop – Studies on Colliders and Collider Physics at the Highest Energies: Muon Colliders at 10 TeV to 100 TeV. “HERWIG 6: an event generator for Hadron . J. Henriksen. 16 Halaman 17 [4] NV Mokhov and A. Odagiri. The Making of The Atomic Bomb . in Proc. The Los Alamos Primer . Montauk. LA-12625-M. Moretti. [8] G. G. 1. MCNP TM – A General Monte Carlo N-Particle Transport Code Version 4B . Jungerman. Richardson. March 9-April 2. University of California Press (1992). Bluebacks B- 1128. [3] Bruce J. April 2002. [7] J. avail- able form LANL preprint archive as physics/9908017 . Corcella. NY. Cambridge University Press (1993). K. New York.3. “Neutrino Radiation Challenges and Proposed Solutions for Many-TeV Muon Colliders” . FERMILAB-Conf-99/067. Kodansha. Genshi Bakudan – Sono Riron to Rekishi (in Japanese). Simon & Scuster. LA-UR-02-2607. Science & Global Security Vol. King. New York (1988). [2] Laurie S. at the 1999 Particle Accelerator Conference . McGraw-Hill Book Company. Carson Mark. UC 705 and UC 700. MH Seymour and BR Webber. 4 (1993) 111-128. A technical History of Los Alamos during the Oppenheimer years 1943-1945. Hoddeson. [6] Katsuya Yamada. editor.[1] Peter Goodchild. MCNPX TM User's Manual Version 2. Meade and Westfall. Van Ginneken. 1999. IG Knowles. Waters. “Potential Hazardous from Neutrino Radiation at Muon Colliders” . Judith F. Nuclear Arms Race .0 .

see the following reference. Proceedings of the 1994 International Linac Conference. “Global QCD analysis of parton structure of the nucleon: CTEQ5 parton distributions” . Cavendish-HEP-99/03. 17 Halaman 18 [16] J. hep-ph/0010069. the University of Sussex Press (1982). Physics and Astrophysics of Neutrinos . Naumov and Lorenzo Perrone. 27 July-2 August 2000. Phys. 10 (1999) 239. talk given at 30th International Conference on High-Energy Physics (ICHEP 2000). [19] There are studies on the shock wave inside the mercury target. RR Wilson and G. [12] Our calculation is now in progress on the basis of the algorithm adopted in the generator HERWIG or MARS. Rep. M. The study must be . Osaka. 6 (1983) 341-396. Tokyo (1994). [18] This is a modified version of “Flying Linac” which was discussed many years ago. [9] Source codes of GEANT4 are available from the following site: http://wwwinfo. Fisik. J. pp. Zoupanos. H. “Neutrino Propagation Through Matter” . we must take the neutrino transport theory into pertimbangan. “Neutrino Exploration of the Earth” . [10] Information on the generator MARS is available from the following site: http://www-ap. RAL-TR-2000-048.fnal. 99. C12 (2000) 375. Charpak. “Running couplings in extra dimensions” . Springer- Verlag. hep-ph/9804301. Phys. and references therein. 664 and the references therein. Heighway (LANL). Suzuki. Kubo.html and also see references therein. Gauge Theories in Particle Physics – A Practical Introduction . ”An Accelerator Technology Legacy” . [15] For a detailed review of neutrino physics. Fukugita and A. [13] Ian JR Aichison and Anthony JG Hey. CERN-TH/2000-284. SL Glashow. Japan. De Rújula. [17] A.ch/asd/geant4/source/source.Emission Reactions With Interfering Gluons (including supersymmetric processes)” .cern. [11] Vadim A.gov/MARS/ and also see references therein. The result will be reported in the near future. Terao and G. [CTEQ Collaboration]. [14] HL Lai et al. See: Edward A. No. Astropart. In addition. Eur.

Kikuchi. Kogawa. Arakawa. See the following references: LJ Briggs. Appl. . M.extended to the solid target for our proposal. 24-4 (1953) 488. “Bubble dynamics in the thermal shock problem of the liquid metal target” . Special volume of the Journal of Nuclear Materials (2003). R. Hiro and C. S. in Proceedings of the Fifth International Workshop on Spallation Materials Technology . Ishikura. Futakawa. Phys. H. K. J.