You are on page 1of 16

0

dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. dan mencegah orang tidak terauthorisasi melakukan perubahan sistem atau membuka kelemahan keamanan. Namun tetap ada software proprietary yang dapat berjalan di Ubuntu. memodifikasi. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi. perangkat sudo dapat meningkatkan privilage secara sementara untuk melakukan tugas administratif. kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi. Namun. Dalam hal keamanan. namun versi server Ubuntu juga tersedia. keamanan dan stabilitas.04 (yang disarankan) Kebutuhan Minimal Server Desktop Processor 300 MHz 700 MHz Memory (RAM) 128 MiB 384 MiB Hard Drive (ruang kosong) 1 GB 5 GB Monitor Resolution 640×480 640×480 1 . beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". sehingga akun root dapat terus terkunci. menggandakan. dan telah dipakai secara luas. mempelajarai.Pendahuluan Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan. Fitur Ubuntu terdiri dari banyak paket. Ubuntu juga berfokus pada internasionalosasi dan aksesibilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL). Persyaratan Sistem Spesifikasi minimal Ubuntu12.

CD Ubuntu 12.Langkah Instalasi Alat dan Bahan : . pada saat menyalakan komputer (booting) biasanya akan muncul tulisan yang memberikan keterangan tombol apa yang akan menuju ke BIOS. atur agar booting yang terbaca pertama kali dari CD/DVD Rom  Ketika mengatur BIOS masukkan juga CD Ubuntu 12.04 ke CD ROM 2 . Komputer atau Notebook .04 Langkah instalasi :  Masuk ke BIOS.

04 terbaca tunggu beberapa saat sampai loadingnya selesai 3 . pilih yes. Simpan konfigurasinya dengan cara menekan f10.04 dibaca  Setelah Ubuntu 12. tunggu CD Ubuntu 12.

Pilihan download akan bisa dilakukan jika tersambung ke Internet. Jika ingin mendownload update tandai download update while installing jika tidak biarkan kosong lalu klik continue 4 . klik Try Ubuntu untuk mencoba menggunakan Ubuntu tanpa harus menginstal(booting langsung dari CD) atau klik Install Ubuntu untuk menginstal Ubuntu  Disini anda diminta memilih untuk mendownload update untuk Ubuntu selama proses instalasi atau tidak. Pilih bahasa yang akan digunakan.

Jika terdapat sistem operasi lain maka akan ada pilihan untuk menginstal Ubuntu bersamaan dengan sistem operasi yang kita punyai (dual boot). o Something else Perintah ini Digunakan bila kita ingin membuat partisi sendiri untuk Ubuntu sesuai dengan keinginan kita. Bila sudah selesai mengatur klik continue 5 . jika anda baru pertama kali menginstal sistem operasi pada komputer maka akan ada 2 pilihan : o Erase disk and install Ubuntu Perintah ini akan menghapus segala macam file di harddisk dan akan menginstal Ubuntu setelah proses penghapusan. Tipe installasi : Disini terdapat beberapa pilihan.

data di partisi home tidak ikut terformat ). dan home ( bila harus memformat ulang sistem.  Partisi : o Swap area :  partisi yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada saat komputer aktif 6 . Klik New Partition Table untuk membuat partisi baru  Klik Add untuk memasukkan partisi baru. yang dibutuhkan minimal adalah partisi untuk swap. root( / ).

 Memori minimal 2 GB. yang direkomendasikan diatas 5 GB o Home :  partisi tempat menyimpan berkas-berkas dari semua pengguna dari sistem operasi Ubuntu  memorinya terserah atau sisa dari root dan swap jika sudah selesai klik Install now  masukkan lokasi dimana anda tinggal 7 .  seperti virtual memory  memori yang dimasukkan 2 kali dari RAM yang digunakan o / :  disebut juga partisi root yang akan digunakan untuk menyimpan semua berkas-berkas utama dari sistem operasi Ubuntu.

atau bisa juga dengan detect keyboard lalu klik continue  masukkan nama user yang anda kehendaki dan password(opsional) lalu klik continue 8 . pilih jenis keyboard yang anda gunakan.

klik restart now 9 . Tunggu sampai proses instalasi selesai (memakan waktu cukup lama)  Bila proses instalasi sudah selesai akan keluar perintah yang menyuruh untuk merestart komputer anda.

04 telah berhasil Pengoperasian Cara mengganti gambar background dan tema 10 . atau guest session sebagai tamu (kuasa dibatasi)  Proses instalasi Ubuntu 12.  Masukkan password untuk user.

Klik kanan pada dekstop pilih change desktop background Pilih gambar untuk menggantikan gaambar background yang dipakai sekarang 11 .

Pilih theme untuk mengganti tema Tema dan Background telah berhasil diganti Cara mengganti shortcut keyboard Klik control gear pilih system setting 12 .

lalu ketikkan shortcut yang baru 13 .Pilih keyboard Klik shortcut lalu klik shortcut yang ingin diganti. ketika di klik akan muncul tulisan new accelerate.

Shortcut telah berhasil diganti Cara mematikan komputer Klik control gear  shut down 14 .

6 / Xorg Server v 1.11. dll). HUD dapat diaktifkan dengan menekan tombol ALT. Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin dilengkapi dengan LibreOffice 3. Vimeo. baik lokal maupun online (YouTube.  Adapun aplikasi standar.org/ 15 .org v 7.2.x yang membawa dukungan perangkat lebih dan perbaikan kinerja.  X.com/2012/05/kelebihan-ubuntu-1204.10) yang membawa kinerja yang lebih baik dan pengguna sekarang dapat menggunakan Dash untuk mencari video.wikipedia.4. Banshee diganti dengan Rhythmbox karena masalah stabilitas. Firefox 11.Klik shutdown untuk mematikan Kelebihan Ubuntu 12.4. Nautilus 3.4 / GNOME 3.1.5.0. dll.blogspot. Thunderbird 11.  Peningkatan dukungan multi-monitor.  Rilis ini didasarkan pada kernel 3.2. Daftar Pustaka http://ruchybloganimex4.html http://www.1.1  The HUD baru memungkinkan pengguna untuk lebih cepat melakukan tindakan yang diinginkan tanpa mencari di dalam menu.04 :  Peningkatan antarmuka untuk Unity (versi 5.