You are on page 1of 12

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Manusia memiliki berbagai macam kebiasaan.Mulai dari berolahraga,membaca,menulis,
mengarang,dan sebagainya.Di antara sekian banyak kebiasaan manusia,ada salah satu
kebiasaan manusia yang sangat merugikan bagi kesehatan mereka.Anehnya,kebiasaan
yang tidak baik ini sering dilakukan oleh masyarakat kita,yakni kebiasaan
merokok.Merokok sendiri bukanlah hal yang dianggap tabu oleh masyarakat
kita,meskipun yang melakukannya adalah anak yang masih duduk di bangku sekolah.Hal
ini sangat memprihatinkan,karena sebagaimana kita ketahui bahwa di dalam rokok terdapat
banyak zat beracun yang nantinya akan mengganggu kesehatan tubuh kita.
Untuk itu dengan dibuatnya karya ilmiah ini diharapkan warga masyarakat dapat
sadar dan segera meninggalkan atau mengurangi kebiasaan mereka yang tidak baik.Karena
bagaimanapun juga dampak rokok bagi kesehatan pelaku(perokok aktif) maupun
kesehatan orang yang terkena paparan asap rokok perokok aktif (perokok pasif) sangat
besar, karena zat beracun yang terkandung di dalamnya.

B. Maksud Dan Tujuan Penulisan
 Untuk menyadarkan para perokok akan bahaya merokok.
 Agar para perokok tahu tentang bahan kimia yang terdapat pada rokok.
 Untuk membiasakan para perokok jauh dari rokok.

1

B. BAB II PERMASALAHAN A. RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan. Apa alasan remaja mulai merokok ? 4.tapi bila seluruh pabrik rokok di Indonesia di stop peroperasiannya.banyak sekali yang akan menggangur dan banyak pula pengeluaran pemerintah kita untuk menunjang masyarakatnya. Apa saja zat zat kimia yang terkandung dalam rokok ? 3. Apa saja cirri-ciri remaja perokok ? 6. BATASAN MASALAH Agar pembahasan masalah lebih terfokus penulis memberikan batasan yaitu:  Karya ilmiah ini di batasi oleh pokok bahasan bahaya merokok bagi remaja.serangan jantung.karena pada setiap bungkus rokok sudah terdapat tulisan peringatan akan penyakit yang akan muncul. Bagaimana cara agar orang perokok berhenti merokok ? 2 . MASALAH “Merokok dapat menyebabkan kanker.impotensi dan gangguan kehamilan dan janin”.Kata-kata ini yang sering kita dengar ataupun jumpai. Banyak orang tahu bahaya merokok. Apa pengertian dari rokok? 2.penulis dapat merumuskan masalah yang akan di bahas dalam laporan karya ilmiah ini.  Agar perokok mengetahui bahaya-bahaya merokok dan zat-zat yang terdapat pada rokok C.tapi tidak banyak yang peduli.Masalah tersebut adalah sebagai berikut : 1. Apa saja penyakit-penyakit akibat merokok? 5.

tekanan darah tinggi.Di Indonesia tembakau ditambah cengkeh dan bahan – bahan lain dicampur untuk dibuat rokok kretek.Tembakau terdiri dari berbagai bahan kimia yang dapat membuat seseorang ketagihan.Banyak penelitian membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah.Apalagi orang yang merokok untuk mengalihkan diri dari stress dan tekanan emosi.Pada kenyataannya kebiasaan merokok ini sulit dihilangkan dan jarang diakui orang sebagai suatu kebiasaan buruk.lebih sulit melepaskan diri dari kebiasaan ini dibandingkan perokok yang tidak memiliki latar belakang depresi. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas.Selain kretek tembakau juga dapat digunakan sebagai rokok linting.walaupun mereka tidak ingin mencobanya lagi.rokok putih.D. kanker laring.kanker paru . Pengertian Rokok Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70-120 mm dengan diameter 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah di cacah.cerutu. kanker osefagus.paru.impotensi serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin. PEMBAHASAN 1. Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang. Merokok sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum dan meluas di masyarakat. bronkhitis.Rokok dibakar disalah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dihirup melalui mulut pada ujung lain. Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari second hand smoke yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok atau bisa disebut juga dengan perokok pasif.Rokok tidak dapat dipisahkan dari bahan baku pembuatannya yakni tembakau. 3 .kanker rongga mulut. Bahan dasar rokok adalah tembakau.Hal inilah yang nantinya akan membuat suatu malapetaka yang besar bagi kesehatan tubuh kita. rokok pipa dan tambakau tanpa asap (tembakau kunyah). Dari hari ke hari jumlah perokok kian bertamabah.

Selain itu zat ini paling sering dibicarakan dan diteliti orang.  Benzene.  Karbon monoksida.yang dapat mengurangi jumlah oksigen yang dapat di ikat darah. bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil. merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.sehingga menambah resiko terkena penyakit jantung.dan dapat menyebabkan kanker paru-paru. Kadar nikotin 4-6 mg yang dihisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan. racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur- unsur tertentu.  Formaldehida. senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna. cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.  Arsenik.mempengaruhi sistem syaraf. bahan yang terdapat dalam racun tikus.2.karena dapat meracuni saraf tubuh. 4 3.menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya. Alasan remaja mulai merokok .  Metanol (alcohol kayu). alcohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.  Amonia. sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.  Cadmium.  Hidrogen sianida.meningkatkan produksi dahak atau lender di paru-paru.  Sianida. senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano. Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok:  Nikotin Adalah suatu zat yang dapat membuat kecanduan. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.  Asetilena.dan dan mengurangi transportasi darah dalam tubuh.mempercepat detak jantung ( melebihi detak normal ) dan yang menyebabkan perokok merasa rileks.menyebabkan kerusakan pada sel paru-paru.meningkatkan tekanan darah. juga dikenal sebagai bensol.  Tar. dapat ditemukan di mana-mana.

yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainya menyebabkan kanker bagi tubuh ( ada pada bahan-bahan yang terkandung di dalam rokok ). dan mereka Ingin dianggap sudah besar.Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan lima puluh kali mengandung bahan pengiritasi mata dan pernapasan. 8) Tak ada yang menegur dan mengingatkan ketika melihat anak kecil atau remaja Merokok di tempat umum. Dengan pemahaman. sehingga Menganggap ini perbuatan normal.siapatahu malah bisa menghindari anak dari rokok sejak awal. 4) Merasa rendah diri. Punya pandangan ini adalah tindakan pemberontakan Terhadap orang tua. dan merasa lebih asyik dengan merokok. 6) Menganggap merokok adalah kegiatan yang keren. 5 . Tekanan teman sebaya yang sudah mencobanya dan anak takut dianggap Tidak bergaul kalau tidak ikut merokok. 5) Mengira merokok adalah kegiatan orang orang yang sudah dewasa. 2) Terbiasa melihat anggota keluarga dan orang-orang di sekelilingnya merokok. Sebelum memutuskan apa yang akan dilakukan pada anak yang ketahuan merokok. jadi Sponsor kegiatan anak-anak muda seperti konser music dan sebagainya. Alasan rokok tidak boleh di konsumsi oleh para remaja adalah Para remaja tidak di perbolehkan mengonsumsi rokok dikarenakan asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia. Para perokok biasanya mulai merokok sejak usia remaja. sebaiknya pahami dulu mengapa mereka memulainya. bahkan anak dan remaja bisa mengeteng per batang. poster. 7) Terpengaruh gencarnya iklan rokok yang masuk lewat film. 9) Murahnya harga rokok. seperti halnya para idola mereka Seperti selebritas dan sebagainya. 3) Diajak teman. Bahkan ada beberapa yang sudah memulainya sejak kanak-kanak. 10) Tak cukup paham dampak rokok pada kesehatan diri sendiri dan orang sekitar. media massa. Berikut beberapa alas an mengapa remaja/anak-anak mulai merokok: 1) Sekadar coba-coba lalu ketagihan.

Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual 5) Kanker kerongkongan Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. 3) Kanker payudara Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara.Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanke r payudara.yaitu: 1) Kanker Paru Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. penyakit-penyakit akibat merokok Rokok dan asapnya diketahui bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang beberapa diantaranya bahkan terbilang mematikan. 4) Kanker serviks Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok .Hal ini karena di dalam satu batang rokok mengandung 4.Sekitar 80 persen kasus kanker esophagus telah dikaitkan dengan merokok.Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.Umumnya tidak ada satu pun organ di dalam tubuh yang tidak terpengaruh oleh asap rokok. Berikut ini daftar 15 penyakit yang disebabkan oleh rokok.Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru.karenanya hampir semua bagian tubuh bisa rusak oleh rokok.Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal.000 senyawa kimia yang 40 diantaranya termasuk racun (toksik) atau karsinogenik (bisa menyebabkan kanker). 6 .Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih. 2) Kanker kandung kemih Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok.4.

Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker. 7 . 8) Kanker mulut Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut.maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh.Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi.karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.6) Kanker pencernaan Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru. 12) Aterosklerosis Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. 9) Kanker tenggorokan Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan.tetapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung.Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. 11) Penyakit jantung koroner (PJK) sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes mellitus. 7) Kanker ginjal Ketika seseorang merokok. 10) Serangan jantung Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. maka bisa menyebabkan serangan jantung.Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal.pernapasan sirkulasi dan tekanan darah.dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak.

jika tidak maka akan menimbulkan dampak yang berkelanjutan.Pada umumnya masa remaja yaitu antara 12-21 tahun.Jika seseorang sudah mengalami impotensi. Ciri-ciri seorang perokok.maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.memperburuk asma dan radang saluran napas.menjadi lebih sering sakit-sakitan. Ciri-ciri orang yang perokok Masa remaja yaitu masa di mana terjadinya kelabilan jiwa karena telah memasuki fase dari anak-anak menuju fase dewasa.maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen.terdapat tuntutan – tuntutan psikologis yang harus dipenuhi.dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok.jika tuntutan itu tidak dipenuhi. maka akan menimbulkan dampak yang signifikan dalam perkembangannya menuju kedewasaan.13) Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas.Remaja pun juga seperti itu.Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronchitis kronis (batuk dengan banyak lender yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis.menimbulkan noda di gigi dam gusi.Pada perkembangan manusia.berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula(hilangnya penglihatan secara bertahap). mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan. 15) Gangguan medis lainnya Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi). 14) Impotensi Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun.gangguan kesuburan. 5.katarak.Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah.sebagai berikut: 1) Bibir dan gusi menjdi hitam 2) Kulit jadi hitam 3) Mata merah 8 4) Kuku membiru .

9 dengan menyadari bahwa mungkin diperlukan tiga sampai empat kali percobaan sebelum menemukan cara yang sesuai.yang sangat berkeinginan untuk untuk menghentikan kebiasaan merokok. Perokok menyadari bahwa upaya awal untuk menghentikan kebiasaan merokok seringkali tidak berhasil sehingga perokok yang ingin berhenti harus siap untuk melakukan usaha berkali kali. Setiap orang yang ingin berhenti merokok memerlukan suatu cara yang sesuai untuk masing-masing.Upaya berulang kali ini penting artinya karena akan berupa intervensi awal.Nikotin adalah zat yang paling membuat orang ketagihan sehingga berhenti merokok tidaklah mudah walaupun motifasinya amat tinggi. Cara agar orang yang perokok berhenti merokok Sebagian besar perokok yang udah atau berniat untuk menghentikan kebiasaan merokok perlu menggunakan cara mereka sendiri.Setiap orang harus mencoba berbagai teknik intervensi untuk menentukan mana yang paling sesuai. akan dapat berhasil dalam usaha mereka bila menggunakan cara mereka sendiri yang paling sesuai untuk mereka. .5) Pipi perokok terlihat kempok 6) Mudah terserang penyakit batuk 7) Nafas bau 8) Perokok terlihat tenang dengan asiknya mengisap rokok Efek dari rokok juga menimbulkan 1) Gigi menjadi kuning karena noda dari nikotin 2) Mengganggu penciuman 3) Mengganggu pengecapan 4) Infeksi pada tenggorokan 5) Kanker paru-paru 6) Borok pada usus 7) Impotensi 8) Gangguan kehamilan dan janin 6.Para perokok ringan.

10 BAB III PENUTUP A. bahas cara pengobatan dan strategi untuk mengatasi keinginan merokok kembali. 8) Pelajari bagaimana menghindari atau mengatasi keadaan dan perilaku yang membuat Anda berhenti merokok.kesimpulan . sadarilah contoh yang Anda berikan kepada anak-anak.program umum yang dapat direkomendasikan oleh para profesional pemeliharaan kesehatan tidak memerlukan biaya atau tambahan. jangan pergi ke tempat-tempat yang menimbulkan godaan untuk merokok. 7) Sebagai orang tua. selain keinginan kuat dari para perokok serta keluarga dan teman-teman. pelajari dan tetapkan motivasi tertentu dan keinginan untuk berhenti. segeralah berhenti merokok di rumah dan di dalam mobil. 6) Pastikan dan minta dukungan dari rekan sekerja. 3) Tetapkan hari untuk berhenti merokok.melainkan hanya suatu hambatan kecil menuju suatu langkah yang akhirnya menuju keberhasilan. keluarga dan teman menjadi mekanisme pendukung bagi sebagian besar perokok yang ingin berhenti merokok. Strateginya adalah sebagai berikut: 1) Tetapkan hati untuk berhenti merokok. maksimalkan kesempatan untuk berhasil. tetapi berhenti total setelah tanggal yang telah ditetapkan. Harus dijelaskan kepada setiap perokok yang berupaya untuk menghentikan kebiasaannya bahwa gagal sekali dan mengulangi kembali bukanlah berarti kegagalan program. 4) Singkirkan semua peralatan yang berkaitan dengan tembakau dan bersihkan semua pakaian dan mobil sebelum tanggal yang ditetapkan. teman dan keluarga untuk mendorong upaya berhenti merokok dan terus berhenti. jangan berusaha mengurangi rokok secara bertahap. 5) Jangan kuatir diet sampai sepenuhnya berhenti merokok. Seringkali program menghentikan kebiasaan merokok mahal biayanya atau tidak dapat dijangkau oleh sebagian besar penduduk. 2) Bicara dengan seorang klinisi. Oleh karena itu para petugas pemeliharaan kesehatan.

Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. Rokok merupakan benda yang sudah tak asing lagi bagi kita. 11 C.Lampiran-lampiran . B.Dari segi ekonomi merupakan pengeluaran anggaran yang tidak perlu atau memboroskan.semoga perokok dapat tersadarkan akan bahaya rokok bagi kesehatan mereka dan segera meninggalkan kebiasaan merokoknya.dan sebagainya ).Merokok sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum dan meluas di masyarakat.Dapat dikatakan rokok itu lebih banyak dampak negatifnya dari pada dampak positifnya.gangguan pernafasan. sedangkan dari segi kesehatan akibat kebiasaan merokok akan menyebabkan berbagai penyakit (serangan jantung.Namun hal itu masih sulit dilakukan di Indonesia. Sebaiknya pemerintah mengadakan seminar atau penyuluhan mengenai bahaya merokok agar para remaja terhindar dan sadar akan bahaya merokok. Dipandang dari segi pendidikan sudah jelas bahwa hal ini akan mengganggu studinya.Saran Setelah membaca karya ilmiah ini.supaya kesehatan mereka tetap terjaga dan nantinya menjadikan tubuh mereka sehat bugar dan terhindar dari penyakit yang mengancam jiwa mereka. maka akan mengakibatkan permasalahan yang serius pada kesehatan tubuh manusia.Dan seharusnya masyarakat sadar akan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh mereka.Apabila hal ini dibiarkan terus berlangsung.Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang.

id/2014/11/makalah-bahaya-rokok-bagi-kesehatan.html .detik.blogspot.com/2013/06/karya-ilmiyah-bahaya-merokok- pada.com/2013/02/karya-tulis-ilmiah-bahaya-merokok_12.html http://pratiwirandukan.html http://aviscena-ary.html http://health.html http://frackasyster.com/2013/01/contoh-karya-tulis-ilmiah-tentang.blogspot.com/read/2011/07/07/174913/1676916/763/3/15-penyakit-akibat-rokok http://yonassnevert. 12 DAFTAR PUSTAKA http://mohammadqadarusman.blogspot.blogspot.co.com/2010/05/dampak-rokok-dan-penyakit-yang.blogspot.