You are on page 1of 7

TUGAS PRAKARYA

ANGGOTA KELOMPOK :
1. AHMAD MAULANA
2. M. ADIIB MUYASSAR
3. M. ALFARIZI
4. M. DHIA RAMADHAN
5. FARDEN RAZY MUHARRAM
6. M. DHIA RAMADHAN

1. NIC ini berupa papan elektronik yang biasanya sudah terpasang pada setiap komputer atau laptop masing-masing. NIC (Network Interfaces Card) NIC atau Network Interfaces Card yang lebih sering disebut LAN Card merupakan sebuah kartu yang mempunyai fungsi untuk menjembatani komputer dengan sebuah jaringan yang tersedia. 2. Alat ini dibuat untuk jaringan yang sederhana karena hanya bisa . HUB HUB merupakan suatu alat yang menghubungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan local.Alat Jaringan Komputer macam-macam alat jaringan komputer dan fungsinya. Jaringan yang dimaksud tidak hanya terbatas untuk LAN (Local Area Network) saja. tetapi bisa juga untuk jaringan yang lebih luas.

menyambungkan beberapa komputer dalam satu IP saja. 4. jika agan belum mengenal SWITCH jangan khawatir. dan satu IP pula. VDSL (Very high-bit rate Digital Subscriber Line port) VDSL merupakan alat yang digunakan sebagai converter dari kabel UTP (RJ45) ke kabel telepon RJ11. karena banyak warnet juga yang menggunakan alat bantu sejenis yaitu SWITCH. itu pun tak semua warnet menggunakan HUB. bahkan seiring . Switch ini mempunyai prinsip yang sama dengan HUB yaitu menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan. Untuk masalah transfer data tergantung dari merk VDSL nya sendiri. SWITCH Seperti yang sudah dijelaskan diatas. untuk perbedaan antara dua alat ini hanya ada pada switch yang lebih pintar dan harganya yang sedikit lebih mahal dibandingakan HUB. alasan penggunaan SWITCH biasanya karena HUB mempunyai kecepatan transfer yang lebih lambat jika dibandingkan dengan SWITCH. HUB bisa kita jumpai di warnet-warnet. akan admin jelas dibawah. Nah jika agan menggunakan jaringan LAN yang jarak antar gedungnya sekitar 500 meter maka masih memungkinkan untuk menambahkan alat ini. Cara kerja nya pun sama. 3.

ROUTER . 7. BRIDGE Bridge merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penghubung beberapa jaringan yang terpisah. REPEATER Repeater merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal. 6.kemajuan teknologi sekarang ini banyak beredar jenis VDSL dengan kecepatan yang bisa diatur sesuai keinginan (Manageble). Bridge ini memetakan suatu alamat Ethernet dalam setiap node (titik) pada masing-masing segmen jaringan dan hanya membolehkan lalu lintas data yang diperlukan untuk melintasi bridge. sehingga Repeater ini dapat memperluas jarak antara dua jaringan komputer. 5. Sinyal yang diterima dari satu jaringan LAN ke jaringan LAN lainnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli seperti pada jaringan LAN pertama. baik jaringan yang sama maupun berbeda (Seperti Ethernet dan Fasthernet).

Dalam menjalankan tugasnya. 8.Router merupakan alat yang digunakan untuk menyaring atau memfilterkan data yang ada dalam jaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu. Tidak jauh beda dengan HUB/Switch. Kabel Twisted Pair . Perangkat Kabel Dalam Alat Jaringan 1. modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia maupun sebaliknya. MODEM Modem merupakan alat yang digunakan sebagai penghubung jaringan personal atau local dengan internet. Router juga dapat memberikan gateway pada setiap jaringan yang terhubung dengan Router guna menjangkau jaringan yang lebih luas. alat ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan yang lebih luas seperti MAN dan WAN.

2. Kabel ini cocok untuk jaringan kecil ataupun besar. Jika menggunakan repeater maka kabel ini pun dapat menjangkau jarak 2500 m. 3.Kabel Twisted Pair merupakan kabel jaringan yang berfungsi menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair). sehingga dapat digunakan untuk komunikasi broadband. Kabel Coaxial Kabel Coaxial ini mempunyai cara kerja yang sama dengan Twisted Pair yaitu menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45. Kabel Fiber Optik . Perlu diketahui bahwa Twisted Pair ini terbagi kedalam dua jenis. Kabel Coaxial merupakan suatu jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar yang mana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikelilingi oleh penghantar dan satu nya lagi dengan pola yang menutupi secara melingkar. atau 500 m tanpa repeater. Selain itu kabel ini juga merupakan kabel jaringan yang mana didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan dengan warna yang berbeda. Jadi untuk kabel ini memiliki bandwith yang lebih lebar.

guna menjaga kabel tersebut agar tidak putus. banyak kabel telepon yang digunakan untuk jaringan komputer LAN. sehingga kecepatan data yang ditransfer pun tak perlu diragukan lagi. Kabel Telepon Untuk sekarang ini.Untuk kabel ini sedikit berbeda dengan dua jenis kabel sebelumnya yang menggunakan tembaga sebagai media penghantarnya. Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan satu gedung ke gedung lainnya. Jika kabel ini tertekuk walaupun sedikit maka akan mengalami gangguan. ini salah satu kelemahan dari fiber optik yang sangat sensitif. Biasanya kabel ini digunakan di luar gedung (out door) dengan dilengkapi kawat. Karena terbuat dari kaca maka sinyal yang dikirim pun berupa cahaya dari sumber ke tujuan. Bagian dari kabel fiber optik ini terdiri dari :  Pelindung kabel  Pelindung fiber  Lapisan plastic  Lapisan tipis  Fisik medium utama 4. Fiber Optik ini menggunakan serat kaca atau plastik yang sangat tipis. .