You are on page 1of 8

LAPORAN KEGIATAN PRA AKADEMIK

PROGRAM STUDI ILMU KEBIDANAN PROGRAM MAGISTER (S-2)
TAHUN AKADEMIK 2017/2018

Prodi Ilmu Kebidanan Program Magister (S-2)

FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA
TAHUN 2017

i

Pelaksana Prodi Magister Ilmu Kebidanan (S-2) ii . Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat menjalankan segala aktivitas keseharian kita. khususnya kelancaran aktivitas kita dalam menyelenggarakan kegiatan di Program Studi Ilmu Kebidanan Program Magister (S-2) dan kelancaran dalam menyusun laporan kegiatan ini. KATA PENGANTAR Alhamdulillahirabbil'alamin segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Pada kesempatan ini pula kami mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan evaluasi diri ini teriring doa jazakumullah khairan katsira. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.

.....................i KATA PENGANTAR................................................................................................................ Sasaran Tujuan Kegiatan................................................................................................................................................... Pendahuluan...... Pelaksanaan Kegiatan......................................................................................................................................................ii DAFTAR ISI..... Dasar Pemikiran..............1 B............................................................................................ Peserta Kegiatan......6 G..........................2 D.......................................................................iii A... DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL...................................................4 E Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan.............................................................................................................................8 Lampiran iii ........2 C.................5 F. Penutup...........................

pelayanan kebidanan maupun dalam pengabdian kepada masyarakat. sehingga perkuliahan itu mencapai hasil yang optimal baik di pendidikan kebidanan. memiliki wawasan islam berkemajuan dan tentunya menguasai Health Technologi Assessment. dan harus dilaksanakan secara bertahap. Hal tersebut tentunya membutuhkan proses. Mahasiswa hendaknya mampu mengembangkan kemampuan akademik maupun non-akademik.A. kegiatan pengenalan akan memberikan bekal kepada mahasiswa baru dalam mengenal lingkungan barunya di kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dan Prodi S-2 Kebidanan. Dasar Pemikiran 1 . Secara praktis. Kegiatan Pra Akademik Prodi S-2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta memiliki peranan yang sangat berarti dalam mengawali proses pengembangan potensi mahasiswa selama perkuliahan dan kegiatan akademik. B. Dengan di adakan Kegiatan Pra Akademik Prodi S-2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta ini diharapkan agar bisa menjadi mahasiswa yang berkarakter islami. Bekal tersebut digunakan untuk menghadapi masa perkuliahan yang akan mereka tempuh. Pendahhuluan Kegiatan Pra Akademik Prodi S-2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Kegiatan awal berupa pengenalan merupakan kegiatan yang sangat diperlukan bagi mahasiswa baru.

. kegiatan..” (H. dan kalian akan ditanya tentang kepemimpinan kalian. berkemajuan dengan nilai nilai islami dan berwawasan Health Technology Assessment. beretika sehingga mencerminkan pribadi mahasiswa yang baik. Sasaran Kegiatan Kegiatan Pra Akademik Prodi S-2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta ini ditujukan kepada seluruh Mahasiswa baru Prodi S-2 Kebidanan agar menjadi mahasiswa yang berkarakter. 2 .” (Q.R Bukhari) C. Tujuan  Mengenalkan lingkungan. 2. “Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meningggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat.. Pemimpin diantara manusia akan ditanya tentang kepemimpinannya. kurikulum serta kehidupan kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta kepada seluruh mahasiswa baru Prodi S-2 Kebidanan.  Mengenalkan dan menjelaskan tentang sarana dan prasarana akademik yang tersedia di kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta agar dapat digunakan dengan baik dan maksimal oleh mahasiswa baru..S Al-An’am : 165) ”Ketahuilah bahwa kalian semua adalah pemimpin. Sasaran Dan Tujuan 1. untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu……..

M. Kegiatan Akademik. M. Pelaksanaan Kegiatan Tanggal 15 September 2017  Pembukaan. Mufdlilah. MPH  Pengenalan Kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.  Menanamkan etika dan tata krama yang santun dan wawasan islami sebagai seorang mahasiswa yang bermoral dan memiliki pribadi yang baik di masyarakat dan lingkungan sekitarnya. SKM. PhD serta diskusi di akhir sesi  Pengenalan Fakultas Ilmu Kesehatan. S. kegiatan akademik serta kurikulum Dr. nyaman. kegiatan akademik serta penyampaian Visi Misi oleh Rektor Warsiti. dan tertib.. Sp.Sc 3 . kegiatan di buka dengan bacaan basmalah dan Do’a  Pengenalan Kebijakan Akademik di Kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta oleh Wakil Rektor I Taufiqurahman.Mat  Pengenalan Prodi S-2 Kebidanan. sejarah pendidikan kesehatan di ‘Aisyiyah serta kurikulum oleh Dekan Ismarwati. D.  Menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling memiliki sehingga kehidupan kampus menjadi aman.Kep.  Menjelaskan peraturan dan hukuman yang berlaku di kampus Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dan mahasiswa agar senantiasa tunduk dan patuh pada hukum yang sudah ada.ST.

Penutup Mahasiswa dapat mengetahui dan mengenai Kampus Universitas ‘Aisyiyah.  Pengenalan Sistem Informasi Mahasiswa di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta oleh Kepala Pusat data dan informasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Basit Adhi Prabowo. kurikulum dan juga sebagai pribadi mahasiswa yang terpelajar berkemajuan dan berwawasan islami. tata krama. Kegiatan Pra Akademik juga dapat memberikan rasa memiliki terhadap kampus sehingga memotivasi mahasiswa agar selalu berbuat baik 4 . aturan. materi. Kegiatan diakhiri dengan bacaan hamdalah dan Do’a E. Selain mengetahui mahasiswa juga agar selalu mematuhi peraturan yang ada serta tunduk pada hukum yang berlaku.T  Pengenalan Kebijakan Akademik oleh Kepala Biro Akademik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta oleh Ibu Arum  Penutupan. S. Kegiatan diakhiri dengan bacaan hamdalah dan Do’a Tanggal 16 September 2017  Pembukaan kegiatan di buka dengan bacaan basmalah dan Do’a  Pemberian Materi oleh Bapak Agus Samsudin Sesi I Pemberian Materi mengenai Leadership Sesi II Pemberian Materi mengenai Talent Sesi III Pemberian Materi mengenai PDCA Sesi IV Pemberian Materi mengenai Networking  Penutupan.

dan membuat prestasi baik di pendidikan maupun pelayanan kebidanan yang nantinya akan membawa nama baik kampus. 5 . Mahasiswa juga akan memiliki pemikiran yang berkemajuan.