You are on page 1of 12

CALL FOR PAPER

SHARIA ECONOMIC LEARNING FORUM XV (SELF XV) 2018 KSEI ICON! UDAYANA “Peluang Dan Tantangan Ekonomi Indonesia Di Era Digital” .

Digital dapat pula dipandang sebagai suatu tantangan. LATAR BELAKANG Ekonomi digital adalah suatu hal yang kompleks dan merupakan fenomena yang baru muncul terkait dengan aspek-aspek ekonomi mikro. Di Indonesia. Dalam konteks digital sebagai tantangan merupakan cara pandang yang optimistis. Perdagangan bebas adalah suatu situasi di mana arus lalu-lintas barang. Seperti penggunaan E-banking dalam transaksi ekonomi semakin berkembang pesat. lingkungan bisnis. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia juga ikut bersaing dalam dunia ekonomi digital. distribusi digital barang-barang dan jasa-jasa. dengan adanya kemajuan teknologi di era digital ini maka akan dapat membantu negara Indonesia dengan negara lainnya untuk saling berkomunikasi dengan mudah. sehingga perdagangan di pasar bebas ini akan berjalan dengan sebagaimana mestinya sesuai dengan tujuan. Perdagangan atau pasar bebas. dan teori organisasi dan administrasi. Economist Intelligence Unit merilis urutan negara-negara berdasarkan perkembangan ekonomi digital suatu negara.I. Indonesia menempati urutan 65(enam puluh lima) dari 70 (tujuh puluh) negara. dan manusia dari dan ke suatu negara di dunia ini tidak mengalami hambatan yang berarti. transaksi digital semakin berkembang. dukungan pada penjualan-penjualan barang- barang terutama sistem dan jasa-jasa yang menggunakan internet. lingkungan sosial dan budaya. Pengurutan ini didasarkan beberapa segi yakni. jasa. ekonomi makro. Sesuatu yang menantang mengandung makna bahwa sesuatu tersebut harus disikapi dan dihadapi dengan barbagai upaya dan strategi. dimana memandang digital sebagai suatu yang menantang. dapat dikatakan sebagai tantangan. Dengan bantuan Digital dalam bidang ekonomi dapat mendorong munculnya perdagangan bebas lintas negara dengan kemajuan digital sehingga memudahkan dalam bersaing di pasar bebas. Demikian pula halnya dengan Indonesia. Tantangan yang terkandung pada sistem pasar bebas adalah . Komponen ekonomi digital yang berhasil diidentifikasi pertama kalinya adalah industri TIK. Ekonomi digital akan menjelaskan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi beberapa dekade yang akan datang. lingkungan teknologi. aktivitas e-commerce antarperusahaan dan individu.

Kemajuan di era digital tidak bisa ditolak atau dihindari. Salah satu faktor yang menentukan dalam daya saing suatu produk adalah mutu produk. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. dia hadir seiring perkembangan peradaban manusia. yang harus dilakukan adalah menghadapinya dengan seksama. inilah yang akan di hadapi bangsa Indonesia kelak. dan masih banyak lagi budaya-budaya lokal yang mewarnai bangsa ini.bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan sebaik-baiknya setiap peluang untuk mengembangkan industri dan menghasilkan produk-produk yang dapat bersaing dan diserap pasar internasional. Ekonomi c. II. KSEI ICON! Udayana ingin mengoptimalisasikan berbagai sumber daya untuk menghadapi masa depan Indonesia di era digital dalam upaya mengisi pembangunan nasional pada era digital. Bangsa indonesia terdiri dari berbagai suku-suku atau golongan-golongan. Bangsa indonesia kaya akan budaya. Oleh karena itu. turut serta memainkan peran dalam setiap tantangan dan peluang yang tersedia. SUB-TEMA a. kami Kelompok Studi Ekonomi Islam ICON! Udayana mengadakan kegiatan SELF XV KSEI “Peluang Dan Tantangan Ekonomi Indonesia Di Era Digital”. Indonesia harus mampu berdiri tegak menjadi negara maju tanpa melupakan budaya yang dimiliki. Sosial Budaya . tetapi alangkah baiknya jika kita dapat menjaga nilai-nilai luhur dan melestarikan budaya kita ini di era globalisasi ini. Berdasarkan hal tersebut. Kita dituntut untuk selalu berkembang dengan mengikuti perkembangan zaman. Teknologi b. Mutu merupakan bagian isu kritis yang menantang dalam persaingan global. Tantangan lainnya adalah bagaimana negara Indonesia mampu bersaing dan melawan tantangan di era digital dalam sosial budaya.

III. Dengan Teknis acara : . belum pernah dimuat dan belum pernah dilombakan. (softcopy dikirim menggunakan email ketua tim). 2. Mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran (terlampir) beserta scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) ke self. Call For Paper ini terbuka untuk seluruh mahasiswa aktif. Peserta diizinkan berasal dari Fakultas lain. 3.Tuan B. 4. Peserta yang terdaftar dalam satu tim WAJIB terdiri dari 3 orang di jenjang Diploma/Strata 1. Satu tim hanya diperbolehkan mengirim satu karya sesuai dengan subtema yang dipilih.Nyonya C_Universitas Udayana_ Ekonomi. 5. Anggota 2_Asal Perguruan Tinggi_Subtema ke 0812-1685-6148 (ERI EKO PUTRANTO) paling lambat 22 Maret 2018.com dan melakukan konfirmasi SMS format: Call For Paper_Nama Ketua. 6. Peserta harus mengirimkan softcopy dan hardcopy paling lambat cap pos pada 23 Maret 2018. Peserta yang telah lolos Seleksi Paper karya wajib mengikuti rangkaian acara Sharia Economic Learning Forum (SELF) XV 2018 yang berlangsung dari 26 April – 29 April 2018.Karya yang dikirim harus original. namun tetap berada dalam Universitas yang sama. 7.kseiiconudayana@gmail. Karya tulis akan diseleksi untuk menentukan 30 tim terbaik untuk melakukan presentasi dihadapan Juri secara langsung. Anggota 1. Ex. Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang ada di Indonesia dari berbagai macam disiplin ilmu.: Call For Paper_Tuan A. PERSYARATAN LOMBA 1.

Karya tulis diketik 1. Karya ditulis dengan batas minimal 15 halaman dan batas maksimal 30 halaman sudah termasuk cover dan biodata. Hari Kedua : Presentasi Proposal yang dibuat peserta kemudian dilanjutkan dengan Case Study dimana setiap tim akan diberikan 3 studi kasus sesuai sub-tema dari acara. Hari Ketiga : Field Trip. Adapun struktur penulisan karya ilmiah tersebut antara lain: Halaman Judul Lembar Pengesahan (jika diperlukan) . Batas pengetikan : • Samping kiri 4 cm • Samping kanan 3 cm • Batas atas 3 cm dan bawah 3 cm Seluruh karya ilmiah yang akan diseleksi harus mengikuti standar penulisan karya ilmiah yang berlaku. 3.Hari Pertama : Melakukan Technical Meeting. FORMAT PENULISAN 1. satu kesatuan. Menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan. 2. dan tidak menggunakan singkatan. jelas. mengutamakan istilah yang mudah dimengerti. Hari Keempat : Seminar Nasional IV. Times New Roman) 4. sederhana.5 spasi pada kertas berukuran A4 (font 12.

1.4. Curriculum Vitae yang wajib disertai dengan alamat lengkap. nomor telepon yang bisa dihubungi dan foto 3x4 yang ditempelkan pada Curriculum Vitae peserta.Nama penulis dibuat dengan font Times New Roman Bold size 16. Metode Penelitian IV. Tujuan 1.1.Simpulan 5. Manfaat Penulisan II.2. • Lambang universitas (mahasiswa) diletakkan setelah judul karya. Pendahuluan 1. Untuk Cover : • Judul karya dibuat dengan font Times New Roman Bold size 20 .Daftar isi. • Ketentuan warna cover untuk tiap – tiap subtema: . Daftar Gambar dan Daftar Tabel Abstrak I.2. Rumusan Masalah 1. Latar Belakang 1.Saran Daftar Pustaka Lampiran Daftar Riwayat Hidup Penulis (terlampir). Landasan Teori III.3. Penutup 5. alamat email. Pembahasan V.

4. VI.Teknologi = Hijau .Sosial Budaya = Kuning V. Eri Eko Putranto JALAN COKROAMINOTO NO. Kesesuaian tema. 3. DENPASAR UTARA. BALI.Ekonomi = Orange . . 63 (WARUNG DEPAN SOUROOM MOBIL HONDA COKRO). 2. Ketajaman Analisa. PENGIRIMAN KARYA • Peserta harus mengirimkan softcopy ke self. Format nama file yang dikirim melalui email sebagai berikut : “Nama Ketua Tim_Asal Perguruan Tinggi_Sub-Tema_Judul Karya Tulis” Alamat Pengiriman a. . Kreativitas. Keaslian karya dan pemilihan judul.com dan 3 hardcopy paling lambat 23 Maret 2018.n. KRITERIA PENILAIAN 1. Implementasi dalam dunia nyata (Hasil keputusan juri tidak dapat diganggu gugat).kseiiconudayana@gmail. 5.

akan digantikan dengan peserta lain. almamater. dan transportasi selama kegiatan SELF XV 2018. 6. Peserta yang lolos seleksi karya ilmiah wajib membayar akomodasi sebesar Rp 550. 5. Penginapan disediakan selama 4 hari 3 malam mulai tanggal 26 April 2018 sampai dengan 29 April 2018. 4.N FAQIHUDDIN SHALIH dan mengirimkan scan bukti transfer melalui email SELF self. Selama kegiatan berlangsung peserta diwajibkan memakai sepatu. 7.00 per orang (baik yang hadir maupun yang tidak dapat hadir). KETENTUAN PESERTA FINALIS 1.000. Peserta yang tidak memberikan konfirmasi kedatangan sampai batas akhir yang ditentukan. . Panitia tidak menyiapkan akomodasi diluar dari tanggal dan jam yang telah ditetapkan. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer BNI SYARIAH : 0503016066 A. Membawa kelengkapan administrasi antara lain: • Fotokopi bukti pembayaran biaya kontribusi peserta • Kartu Tanda Mahasiswa 3. Segala macam bentuk transportasi dari titik penurunan oleh angkutan umum menuju tempat menginap menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing peserta (tidak ada penjemputan).com dan konfirmasi kepada panitia.VII. serta berpakaian sopan dan rapi. konsumsi. Konfirmasi keikutsertaan dilakukan paling lambat tanggal 07 April 2018 2. 8. Kontribusi panitia hanya menyangkut akomodasi berupa penginapan.kseiiconudayana@gmail.

HADIAH Juara diambil tiga tim terbaik menurut hasi penilaian juri.VIII. Tim tersebut berhak mendapatkan trophy. ❖ Juara II Sub Tema Sosial Budaya: Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah. . ❖ Juara I Sub Tema Ekonomi : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah. ❖ Juara II Sub Tema Ekonomi : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah. ❖ Juara III Sub Tema Teknologi : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah. ❖ Juara III Sub Tema Ekonomi : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah. • Juara Umum II : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Jutaan Rupiah. ❖ Juara I Sub Tema Sosial Budaya : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah. • Juara Umum III : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Jutaan Rupiah. sertifikat dan uang tunai senilai : • Juara Umum I : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Jutaan Rupiah. ❖ Juara II Sub Tema Teknologi : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah. ❖ Juara III Sub Tema Sosial Budaya: Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah. ❖ Juara I Sub Tema Teknologi : Trophy + Sertifikat + Uang tunai Ratusan Ribu Rupiah.

TIMELINE LOMBA • 23 Februari 2018 – 23 Maret 2018 : Registrasi Tahap I & Pengumpulan Paper • 24 Maret 2018 – 05 April 2018 : Penilaian Tahap I • 07 April 2018 : Pengumunan Finalis • 07 April 2018 – 14 April 2018 : Registrasi Tahap II • 26 April 2018 – 29 April 2018 : Final Presentasi LKTI & Case Study .VIII.

Fakultas : Asal Universitas : Alamat E-Mail : Nomor Handphone : C. Tanggal Lahir : Jurusan. ANGGOTA Nama Lengkap : Tempat. KETUA TIM Nama Lengkap : Tempat. Tanggal Lahir : Photo 3x4 Jurusan. ANGGOTA Nama Lengkap : Photo 3x4 Tempat. Tanggal Lahir : Photo 3x4 Jurusan. Fakultas : Asal Universitas : Alamat E-Mail : Nomor Handphone : . Fakultas : Asal Universitas : Judul Karya : Sub Tema : Alamat E-Mail : Nomor Handphone : B. FORMULIR PENDAFTARAN CALL FOR PAPER “SELF XV 2018” A.