You are on page 1of 4

qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui

opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfgh
jklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvb
nmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwer
tyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas
dfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzx
MANFAT BERIMAN KEPADA
MALAIKAT DAN TUGAS-TUGAS PARA
cvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq
MALAIKAT
Agama Islam
wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuio
pasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghj
Anggota :

 Cynthia Ayu M
klzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbn
 Dania Sasqia P
 Dara Fathisya D H
mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty
 M Kurnia

uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdf
ghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc
vbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrty
uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdf
ghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc

S Al-Baqarah 285: Artinya: “Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya. kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.” . keras. dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat. peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. malaikat-malaikat-Nya." (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali. Semuanya beriman kepada Allah . Indikator dari orang beriman adalah memiliki keyakinan yang kuat dalam hatinya bahwa di alam semesta ini terdapat Malaikat dan keyakinan tersebut diucapkan melalui lisannya. penjaganya malaikat-malaikat yang kasar.Iman kepada Malaikat itu sendiri mengandung makna bahwa kita harus percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Malaikat diciptakan dari cahaya (nur) yang diberi tugas oleh Allah dan melaksanakan tugas-tugas tersebut sebagaimana perintah-Nya. demikian pula orang-orang yang beriman. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya". dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.  DALIL NAQLI IMAN KEPADA MALAIKAT a) Q. MANFAAT BERIMAN KEPADA MALAIKAT  PENGERTIAN IMAN KEPADA MALAIKAT Iman kepada Malaikat merupakan rukun iman yang kedua. Wujud kongkrit dari iman tersebut adalah dibuktikan seorang muslim dalam perbuatan sehari-harinya." b) QS AT Tahrim 6 : Artinya: “Hai orang-orang yang beriman.

Barangsiapa yang kafir kepada Allah. . kekuatan dan kemahakuasaan Allah SWT. c) Q. karena mengetahui ibadah para malaikat. 4. Menumbuhkan cinta kepada amal shalih. Semakin meyakini kebesaran. maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.S An-Nisa’ ayat 136: Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman.”  MANFAAT IMAN KEPADA MALAIKAT 1. malaikat-malaikat-Nya. 3. dan hari kemudian. dan karena mereka selalu membantu dan mendoakan kita. Bersyukur kepada-Nya. tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. rasul-rasul-Nya. 5. karena telah menciptakan para malaikat untuk membantu kehidupan dan kepentingan manusia dan jin. Cinta kepada malaikat karena kedekatan ibadahnya kepada Allah SWT. kitab-kitab-Nya. Merasa takut bermaksiat karena meyakini berbagai tugas malaikat seperti mencatat perbuatannya. mencabut nyawa dan menyiksa di naar. 2.

yaitu : No Nama Malaikat Tugas 1 Jibril Menyampaikan wahyu 2 Mikail Membagi rejeki 3 Izrail Pencabut nyawa 4 Israfil Peniup sangkakala 5 Raqib Pencatat amal baik 6 Atid Pencatat amal jelek 7 Munkar Penanya orang mati 8 Nakir Penanya orang mati 9 Malik Penjaga neraka 10 Ridwan Penjaga surga . sehingga Malaikat bersifat abstrak dan immaterial. tetapi yang wajib diimani berjumlah 10. Jumlah malaikat tidak terbatas. TUGAS-TUGAS PARA MALAIKAT Malaikat merupakan ciptaan Allah yang berwujud sebagai makhluk halus dan ghaib.