You are on page 1of 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/semester : XI/Genap
MateriPokok : Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global
Alokasi waktu : 1 x45 menit (pertemuan ke-2)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Moutong

A. KompetensiInti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotongroyong, kerjasama, cintadamai, responsive dan pro-aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, procedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifiksesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. KompetensiDasardanIndikator
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui
pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
1.1.1 Mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dengan bertumbuh menjadi
individu yang mempunyai percaya diri.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.2.1Melaksanakankerjasamakelompokdalam proses pembelajaran.
3.9 Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan
lingkungan.

3.4 Menuliskan kembali paling sedikit tiga contoh gas-gas rumah kaca.9.9. 3. D. limbah.9. 3. 3.3 Menjelaskan penyebab terjadinya efek rumah kaca. Karbondioksida adalah gas rumah kaca alami banyak terdapat dalam atmosfer setelah uap air. Efek rumah kaca Efek rumah kaca sangat dibutuhkan karena jika tidak ada nantinya bisa mengakibatkan bumi menjadi sangat dingin atau bisa keseluruhan akan tertutupi es.9. MateriPembelajaran Atmosfer bumi terdiri dari bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda.1 Mengidentifikasi gejala pemanasan global. Karbondioksida (CO2). Namun jika gas-gas rumah kaca jumlahnya berlebihan di atmosfer maka akan mengakibatkan meningkatnya suhu permukaan bumi sehingga terjadi perubahan iklim yang sangat ekstrem di bumi. Karbondioksida meningkat seiring dengan bertambahnya pembakaran bahan bakar fosil. danau dan sungai.9. 3. dengan begitu tanaman di dalamnya pun akan dapat tumbuh dengan baik karena memiliki panas matahari yang cukup. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetaphangatdikenaldenganistilah “gas rumah kaca”.9.Mengapa disebut gas rumah kaca? Hal ini disebabkan oleh sistem kerja gas-gas tersebut di atmosfer bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca pada tumbuhan yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu di dalam rumah kaca tetap hangat.2 Menjelaskan proses terjadinya efek rumah kaca 3.9.2 Menjelaskan proses terjadinya efek rumah kaca 3.4 Menuliskan kembali paling sedikit tiga contoh gas-gas rumah kaca.1 Mengidentifikasi gejala pemanasan global.9. Gas rumah kaca yang paling banyak adalah uap air yang mencapai atmosfer akibat penguapan air dari laut.Apasaja yang termasuk gas rumah kaca ? 1. Penggunaan . Uap air (H2O). dan sebagainya. 2.3 Menjelaskan penyebab terjadinya efek rumah kaca. C. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya pemanasan global. Gambar 1. TujuanPembelajaran Setelah mempelajari subbab ini diharapkan siswa dapat: 3.

AmerikaSerikat. Meskipun ada di atmosfer dalam jumlah yang kecil. M. Gas-gas fluorin (HFC. Ceramah. Dinitrogenoksida (N2O). Toples kaca b. Sebagai contoh banjir di Eropa Timur. alat-alatlistrik. 4. . E. 2014. Demonstrasi F. Apa yang ditimbulkan akibat jumlah gas rumah kaca yang semakin bertambah di atmosfer? Gas rumah kaca tersebut dapat menyebabkan perubahan iklim yang ekstrim. Simulasi gas rumah kaca (PhET) 2. Gas metana adalah gas alami yang timbul akibat pembuatan bahan bakar fosil. Alat a. SF6). karet gelang 3. gelombang hawa panas di Canada. dan Australia. 5. PFC (Perflourocarbon) dihasilkan akibat pembuatan barang alumunium dan semikonduktor. PFC. dan peternakan.MetodePembelajaran a. MetodePembelajaran : Diskusi kelompok. Gas ini juga dapat ditimbulkan dari penggunaan nitrogen yang berlebihan dalam pertanian (untuk pupuk sintetis) dan industri. Alat. Laptop b. Gas-gas ini merupakan gas-gas buatan manusia. HFC (Hydroflourocarbon) digunakan sebagai pengganti gas CFC yang dinilai dapat merusak ozon. Handuk d. Media. Model Pembelajaran : Pembelajaran Berbasis Masalah b. 3. banjir dan kekeringan di India danCina. dan industri menjadi penyumbang terbesar meningkatnya karbondioksida. Metana (CH4). Termometer c. Karena itulah gas ini banyak ditimbulkan oleh industri. SumberBelajar a. gas-gas ini memiliki dampak yang cukup besar bagi efek rumah kaca. Gas ini juga timbul dari limbah dan kotoran hewan ternak. Jakarta: Penerbit Erlangga. pertanian. Plastik e. Pendekatan : Scientific c. Gas alami ini juga ditimbulkan dari pembakaran bahan bakar fosil. Fisika untuk SMA/MA Kelas XI. Buku : Kanginan. Tanya Jawab. dan Sumber Belajar 1. Whiteboard d. Sedangkan SF6 (Sulfur heksaflorida) digunakan dalam berbagai peralatan transmisi tenaga listrik. awan asap raksasa di Asia. LCD c. transportasi. Media a.

Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan. Guru melakukan penilaian dengan menggunakan instrumen yang terlampir. Exploration Mengumpulkan informasi 25menit 1. Menanya Guru mengarahkan murid untuk bertanya mengenai gejala apa saja yang terlihat di foto dan kaitannya dengan efek rumah kaca. Guru menginstruksikan peserta didik untuk mencatat data-data hasil percobaan. Guru membimbing peserta didik dalam menyusun prosedur percobaan 4. Guru membagikan LKS untuk tiap kelompok dan menugaskan peserta didik untuk melakukan percobaan sesuai LKS. . 2. Guru mengintruksikan peserta didik untuk: a. Explanation Mengasosiasikan / mengolah informasi 6. b. 5. KEGIATAN INTI 1. 2. LKS c. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok heterogen terdiri dari 3-4 orang. 3. Internet G.  Guru mengemukakan tujuan dan langkah pembelajaran.LangkahPembelajaran Tahap Kegiatan Waktu KEGIATAN PENDAHULUAN 10menit  Guru memberikansalampembuka  Guru memulaipembelajarandenganberdo’a  Guru mengecekkehadiranpesertadidik Mengamati Mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan tentang pemanasan global  Guru memperlihatkan foto-foto mengenai keadaan lingkungan saat ini.

Guru menginstruksikan perwakilan kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil percobaan dan diskusinya. Guru memberikan penguatan dan meluruskan miskonsepsi peserta didik. Guru menginstruksikan kelompok lain untuk memperhatikan. Membuat kesimpulan yang berkaitan dengan pemanasan global dan efek rumah kaca. Guru melaksanakan penilaian proses diskusi dengan menggunakan instrumen yang terlampir. KEGIATAN PENUTUP 4. Lembar Kerja Peserta DIdik (LKPD) Pemodelan Efek Rumah Kaca I. Guru memberikan soal untuk menilai pemahaman peserta didik 10menit 2. Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di LKS. Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk mencari literatur materi petemuan selanjutnya. Elaboration Mengkomunikasikan 1. memberikan tanggapan terhadap kelompok yang presentasi. 7. 2. 4. Guru memotivasi kelompok jika terdapat kelompok yang mengalami kesulitan dan pasif. Cara kerja . Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menarik kesimpulan dari pembelajaran 3. 8. Guru melakukan penilaian presentasi terhadap kelompok peserta didik yang presentasi dan audiens. c. b. H. 3. Evaluation 1. Alat dan Bahan Alat Bahan 2 Toples kaca Air hangat 2 Termometer 2 Handuk plastik karet gelang II. 3.

Setelah 15 menit jauhkan kedua toples tersebut dari sumber energi panas dan amatilah yang terjadi III. Catat hasil pengamatanmu dalam tabel. Termpmeter pada toples manakah yang menunjukkan suhu lebih tinggi? Mengapa? 2. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan 2. 1. Letakkan toples A dan B dibawah energi panas (sinar matahari atau lampu). 8. Pertanyaan 1. Pengamatan Temperatur 0C No Waktu (menit) Toples A Toples B 1 2 3 4 5 Dari data yang diperolah. Berilah label pada toples A dan toples B 3. kemudian rapatkan dengan karet gelang 6. Tutuplah toples A dengan plastik. buatlah grafik hubungan anatar waktu dan suhu pada toples A dan toples B Suhu oC waktu (menit) V. Masukkan handuk yang telah direndam air hangat selama 3 menit pada masing - masing toples 4. Apakah yang terjadi ketika kedua toples tersebut dijauhkan dari sumber energi panas? . pastika keduanya menerima energi panas yang sama 7. Masukkan termometer pada masing – masing toples 5. Amatilah suhu pada kedua toples setiap 3 menit selama 15 menit.

Kesimpulan Apa yang kalian simpulkan jika ruang dalam toplas tersebut dianalogikan sebagai bumi dan tutup plastik dianalogikan sebagai gas rumah kaca? I. Coba kaitkan percobaan ynag telah kalian lakukan dengan prinsip kerja gas –gas rumah kaca! VI. Penilaian Sikap Sikap belajar tinggi Percaya diri Rasa Ingin Kerjasama Total skor Tanggung Semangat Peduli jawab tahu No Nama 1 2 3 4 5 6 dst Rubrik Penilaian Sikap Sikap 1 2 3 4 Tanggung Tidak ikut serta Tidak ikut serta Mengikuti diskusi Aktif dalam jawab dalam diskusi dan dalam diskusi hanya sebagai kegiatan diskusi mengganggu anggota pasif aktivitas diskusi Bekerja Siswa tidak Siswa tidak Siswa mampu Siswa mampu sama bekerja sama mampu bekerja bekerja sama bekerja sama dengan anggota sama dengan dengan sebagian dengan semua . Penilaian 1. Jelaskan! 3.

Penilaian Keterampilan Skor No. kelompok anggota anggota kelompok anggota sehingga tidak kelompok sehingga tugas kelompok mengerjakan sehingga tugas terselesaikan sehingga tugas tugas tidak dapat kurang maksimal dapat terselesaikan terselesaikan dengan maksimal Rasa Ingin Siswa terlihat Siswa terlihat Siswa antusias Siswa antusias Tahu tidak melakukan tidak antusias dalam melakukan dan aktif dalam pengamatan dalam pengamatan tetapi melakukan melakukan cenderung pasif pengamatan pengamatan Peduli Siswa acuh tak Siswa acuh tak Siswa kurang peduli Siswa peduli acuh dan acuh tehadap terhadap kegiatan terhadap kegiatan mengganggu kegiatan pembelajaran pembelajaran tehadap kegiatan pembelajaraan pembelajaraan Semangat Siswa tidak Siswa tidak Siswa kurang Siswa terlihat belajar terlihat semangat terlihat terlihat semangat semangat saat tinggi malas dalam semangat saat saat menerima menerima menerima menerima pembelajaran pembelajaran pembelajaran pembelajaran Percaya Siswa terlihat Siswa tidak Siswa kurang Siswa terilhat diri tidak percaya diri terlihat percaya terlihat percaya diri percaya diri dan pasif seat diri saat selama selama pembelajaran pembelajaran pembelajaran pembelajaran berlangsung berlangsung berlangsung berlangsung Jumlah Skor Nilai   100 Skor Maksimal 2. Aspek yang Dinilai 1 2 3 4 1 Menyusun rencana percobaan untuk menyelidiki efek rumah kaca 2 Melaksanakan percobaan efek rumah kaca 3 Melengkapi data hasil percobaan efek rumah kaca 4 Menganalisis data hasil pengamatan percobaan efek rumah kaca .

100 cukup = 56 . Dinilai 1 2 3 4 1 Menyusun Tidak Menyusun Menyusun Menyusun rencana percobaan menyusun rencana rencana rencana untuk menyelidiki rencana percobaan percobaan percobaan efek rumah kaca percobaan dengan tidak dengan kurang dengan benar efek rumah benar benar kaca 2 Melaksanakan Tidak Melaksanakan Melaksanakan Melaksanakan percobaan efek melaksanakan percobaan percobaan percobaan rumah kaca percobaan efek rumah efek rumah efek rumah efek rumah kaca dengan kaca dengan kaca data kaca tidak tepat kurang tepat dengan tepat 3 Melengkapi data Tidak Melengkapi Melengkapi Melengkapi hasil percobaan melengkapi data hasil data hasil data hasil efek rumah kaca data hasil percobaan efek percobaan efek percobaan efek percobaan rumah kaca rumah kaca rumah kaca efek rumah dengan benar dengan dengan benar kaca bantuan guru secara mandiri . 5 Mempresentasikan hasil diskusi percobaan ef Jumlah Skork rumah kaca Kategori Jumlah Skor Nilai   100 20 Kategori : baik = 76 .75 kurang = < 56 Rubrik Penilaian Psikomotor (Proses Kerja Kegiatan Praktikum) : Aspek yang Penilaian No.

Apa itu pemanasan Pemanasan global merupakan peristiwa 20 global? Mengapa pemanasan meningkatnya suhu rata-rata bumi yang global bisa terjadi? diakibatkan oleh meningkatnya penggunaan teknologi dan aktivitas manusia sehingga menyebabkan meningkatnya gas-gas rumah kaca. Radiasi infra merah tersebut di atmosfer akan diserap oleh gas- . Bagaimana proses Proses terjadinya efek rumah kaca di 30 terjadinya efek rumah kaca di atmosfer adalah pancaran sinar matahari atmosfer? yang sampai ke bumi (setelah melalui penyerapan oleh berbagai gas di atmosfer) sebagian dipantulkan dan sebagian lain diserap oleh bumi. Bagian yang diserap akan dipancarkan lagi oleh bumi sebagai radiasi infra merah yang panas. Penilaian Kognitif Soal jawaban skor 1. 2. 4 Menganalisis data Tidak mampu Menganalisis Menganalisis Menganalisis hasil pengamatan menganalisis data hasil data hasil data hasil percobaan efek data hasil pengamatan pengamatan pengamatan rumah kaca pengamatan percobaan efek percobaan efek percobaan efek percobaan rumah kaca rumah kaca rumah kaca efek rumah dengan dengan benar dengan benar kaca bantuan guru dengan secara mandiri bantuan teman 5 Mempresentasikan Tidak Mempresentasi Mempresentasi Mempresentasi hasil diskusi mempresentas kan hasil kan hasil kan hasil percobaan efek ikan hasil diskusi diskusi diskusi rumah kaca diskusi percobaan efek percobaan efek percobaan efek percobaan rumah kaca rumah kaca rumah kaca efek rumah kaca 3.

4. uap air (H2O). terjadilah efek rumah kaca ini. b. Sampah. dan cloroflurocarbon (CFC). pembangkit tenaga listrik. dan penggunaan pada rumah tangga dan perkantoran. Kegiatan pertanian dan peternakan yang mengeluarkan emisi antara lain karbon dioksida (CO2). Maka. Kebakaran dan penggundulan hutan. Komsumsi bahan bakar fosil (minyak tanah. 3. dan batubara) pada industri. dan metana atau metan (CH4). a. gas rumah kaca seperti uap air (H2O dan karbon dioksida (CO2) sehingga tidak terlepas ke luar angkasa dan menyebabkan panas bumi terperangkap dan akhirnya mengakibatkan peningkatan suhu lapisan troposfer dan bumi. c.apa itu gas rumah kaca? Gas-gas rumah kaca adalah gas-gas yang 20 Apa saja gas yang termasuk menyebabkan terjadinya efek rumah kaca. gas rumah kaca Gas yang termasuk gas rumah kaca adalah karbon dioksida (CO2). transportasi. d. gas. dinitrogen oksida (N2O). Apa saja faktor yang Faktor-faktor yang menyebabkan 30 menyebabkan meningkatnya meningkatnya gas rumah kaca antara lain gas rumah kaca? sebagai berikut. dinitrogen oksida (N2O). metana atau metan (CH4). .