You are on page 1of 11

MAKALAH GEOLOGI TEKNIK

Longsor Non-Vulkanik (Utah Bingham Canyon Mine)

Disususun Oleh:

Bevianto Demas Putranda (11313719)

Muhamad Luthfanca Januaryana (15313742)

Rifki Ali (17313665)

Siti Jaenab (18313553)

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Program Sarjana Magister Teknik Sipil

UNIVERSITAS GUNADARMA

2014

Mata Kuliah : Geologi Teknik

i

................ Partikel Longsor ………………………………………..………………… ..............9 A...................6 E........…………………….........2 Latar Belakang ................................................................................ Saran.....................................................................................................................................3 B........9 DAFTAR PUSTAKA………………………………………………......i DAFTAR ISI ............................................................. Kesimpulan ............. Peristiwa Longsor..........................................……..................…................................................................................................7 BAB III PENUTUP…………………………………………………………………....................... DAFTAR ISI COVER………………………………………………........ Pengertian Lonsor................................................................................................................ Dampak Longsor...5 D.....................................................4 C........................................10 ii .......................ii BAB I PENDAHULUAN ..........................……...............................9 B.... Penyebab Longsor .........................7 F...3 A.................................2 BAB II PEMBAHASAN ................................................ Gejala Longsor.........................................................................................................................................

Bingham Canyon Mine adalah salah satu kawasan pertambangan terbuka yang terbesar di dunia. Amerika Utara. perak dan molybdenum. 2 . Bencana tersebut mengakibatkan 65-70juta meter kubik tanah yang terdeteksi oleh jaringan seismik lokal. BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Bencana alam sedimen (tanah longsor) ini terjadi di daerah Amerika seperti di Bingham Canyon Mine. Tambang ini menghasilkan biji tambang terbaik seperti emas.

Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri. sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam  lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat  gempa bumi menyebabkan getaran. dan bahkan petir  berat yang terlalu berlebihan. BAB II PEMBAHASAN A. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju 3 . tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut  gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam. sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. lalu lintas. penggunaan bahan-bahan peledak. namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh:  erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan. hujan lebat dan aliran debu-debu  getaran dari mesin. Pengertian Longsor Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

B. 4 . Karena struktur tanah yang sudah tidak stabil mengakibatkan batu-batu berjatuhan. Gejala Longsor Struktur tanah di sekitar tambang sudah tidak stabil sejak berbulan-bulan sebelum kejadian karena usia tambang yang tergolong tua yaitu 107 tahun.

9 -5. Peristiwa Longsor Peristiwa longsor di Bingham Canyon Minemerupakan peristiwa longsor non-vulkanik terbesar di kawasan pertambangan Amrika Utara.30 malam dan 11. Kecepatan tanah longsor ini rata-rata 90 mil per jam dan mencapai 5 . Alaska pada 2005 lalu. longsor ini termasuk longsor nonvulkanik. sebanyak 65-70juta meter kubik tanah terdeteksi oleh jaringan seismik lokal.05 malam. kedahsyatan longsoran ini mengalahkan peristiwa longsor yang terjadi di Gunung Steele. Pada setiap longsor terjadi gempa sebesar 4.1 skala ritcher yang tergolong gempa cukup besar yang diseabkan oleh tanah longsor. tepatnya di Utah Bingham Canyon Mine yang terjadi pada 10 April lalu Dalam hal ini longsor yang terjadi di Bingham Canyon Mine tepatnya di daerah Amerika Utara. Menurut NASA Earth Observatory. Di mana keduanya memiliki volume longsoran sekira 50 juta meter kubik. Kanada pada 2007 dan di Gunung Stellar. Longsor ini terjadi sebanyak dua kali pada pukul 10. Dan longsor ini juga menyebabkan 16 kali gempa kecil.C. Ketika longsor terjadi. Longsor ini menyebabkan 16 kali gempa bumi kecil.

Batu 4. Partikel Longsor Partikel yang diwawa pada saat terjadinya longsor adalah : 1. Emas 6. Molybdenum 8. Es 3. Perak 7. Tak hanya itu. longsoran di Utah Bingham Canyon Mine beberapa waktu lalu ini juga melebihi kejadian di Daguangboa pada 2008 lalu yang disebabkan oleh gempa bumi di Wenchuan. Jumah partikel yang dibawa oleh tanah longsor ini bila digabungkan dapat mengisi 21 piramid di Gaza. Tembaga 6 . Tanah 2. D. Kejadian tersebut terjadi pada 40 juta tahun lalu. China. peristiwa longsor terbesar yang diketahui terjadi di jantung gunung Wyoming yang menjatukan hingga 3. Senin (17/6/2012). Mesir.120 mil per jam pada kecepatan maksimalnya. Pasir 5.4 miliar meter kubik batu dan tanah. Demikian disadur Discovery. Hal ini memicu satu miliar kubik tanah jatuh dari pertambangan tersebut. Atau bias juga menutup Central Park di New York dengan kedalaman 65 kaki. Sebagai informasi.

perubahan musim 5. Tidak ada vegetasi F. Dampak Longsor Dampak langsung dari bencana alam tersebut adalah : 1. 2. lalu lintas pertambangan 3. Pengurangan jumlah pekerja 7 . perubahan dinding tambang di bagian bawah tanah 6. Traumatis pada pekerja 4. namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh: 1. Berkurangnya produktifitas hasil tambang 3. getaran dari mesin pertambangan 2. Berkurangnya lapisan tanah permukaan (top soil) yang subur. Penyebab Longsor Penyebab utama kejadian longsor adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam. Tertutupnya lahan tambang Dampak jangka panjang : 1. Penutupan tambang 2. berat yang terlalu berlebihan 4. Kerugian material yang sangat besar 3.E.

8 .

supaya nanti dikemudian hari kita dapat meminimalisir dampak yang akan terjadi tersebut dan lebih menjaga alam . Saran Longsor di Bingham Canyon (Amerika Utara) merupakan peristiwa alam yang tidak dapat kita hindari namun kita dapat mengurangi kemungkinan buruk yang terjadi dengan menganalisa gejala alam yang terjadi di sekitar. tepatnya di Utah Bingham Canyon Mine yang terjadi pada 10 April 2013. 9 . yang menyebabkan banyak kerusakan dan kerugian baik materi maupun psikis. BAB III PENUTUP A. B. Dari kejadian tersebut kita dapat mengetahu bahwa penyebab logsor di Bingham Canyon terjadi karena sudah tidak stabilnya tanah yang adi pertambangan tersebut juga tidaknterdapatnya vegetasi untuk menahan terjadinya pengikisan tanah sehingga menyebabkan runtuhnya tanah dan batuan. Kesimpulan Peristiwa longsor yang terja di Bingham Canyon (Amerika Utara) Merupakan peristiwa longsor non-vulkanik terbesar di kawasan pertambangan Amerika Utara. Dari semua kejadian yang terjadi kita dapat mempelajari dampaknya dan menjadikannya acuan.

agu.edu/news_releases/mine-landslide-triggered-quakes/ http://id.com/read/2013/06/17/56/823094/longsor-raksasa-yang- tertangkap-dari-luar-angkasa 10 . DAFTAR PUSTAKA http://www.org/wiki/Tanah_longsor http://techno.utah.org/landslideblog/2013/05/17/was-the-bingham-canyon-landslide-the- largest-ever-non-volcanic-landslide-in-north-america/ http://unews.wikipedia.uk/news/article-2334139/Pictured-The-largest-landslide-EVER- copper-Utah-dropped-165-MILLION-tons-half-mile-down.dailymail.co.html http://blogs.okezone.