You are on page 1of 9

ANALISIS KEMAMPUAN KAYU APU (Pistia startiotes L.

) UNTUK
MENURUNKAN KONSENTRASI ION LOGAM Cd PADA AIR LIMBAH
Proposal

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Seminar
Yang dibimbing oleh Bapak Dr. Sueb, M.Kes,

Disusun Oleh:
Rina Fiji Lestari (150342602674)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
BIOLOGI
Januari 2018

Salah satu pencemaran yang diakibatkan oleh pembuangan limbah industri yang berbahaya. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO. Bioakumulasi berarti peningkatan konsentrasi bahan kimia dalam organisme biologis dari waktu ke waktu. 2002). pengecatan. dibandingkan dengan konsentrasi di lingkungan. Sebagian besar unsurnya termasuk dalam kategori ini sangat larut dalam air. 2014). kadmium semakin banyak digunakan dalam proses industri (Aldor et al. 2015). 2014). BAB I PENDAHULUAN A. merkuri dan nikel. yaitu pencemaran oleh logam berat Cadmium (Cd). pembuatan mobil. Sedikitnya mereka masuk ke tubuh kita melalui makanan. Latar Belakang Air dianggap tercemar jika beberapa zat atau kondisi hadir sedemikian rupa sehingga air tidak dapat digunakan untuk tujuan tertentu (Owa. Sedangkan penggunaan timbal dan merkuri menurun. mengubah kualitas air dan berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. pelapisan mental. kromium. timbal. atau bahkan dari hujan asam yang menghancurkan tanah . Logam berat dapat memasuki pasokan air oleh limbah industri dan konsumen. 1995 dalam Stirk & Staden. Cadmium (Cd) ada di air limbah dan limbah industri menjadi perhatian utama pencemaran lingkungan. Cadmium (Cd). tembaga. dinilai sebagai salah satu dari tiga logam yaitu antara timbal dan merkuri yang paling berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Mereka tidak bisa terdegradasi atau hancur. minum air dan udara. 2017). dan kegiatan pertanian seperti penggunaan pupuk dan fungisida intensif merupakan sumber utama limbah yang mengandung Cd (Daniel et al. kaya racun dan zat karsinogenik (Gunatilake. 2006) di antara logam berat yang paling beracun adalah kadmium. Air adalah sumber daya alam yang penting yang digunakan untuk minum dan tujuan perkembangan lainnya dalam kehidupan (Haseena et al. Logam berat berbahaya karena cenderung bioakumulasi. Pencemaran air terjadi bila bahan yang tidak diinginkan masuk ke air. Kegiatan industri seperti pertambangan.

kayu apu dapat dimanfaatkan sebagai sebagai alat penjernihan air. 2005). baik tanaman pada habitat tanah atau air. Oleh sebab itu. sungai dan air tanah (Encarta. 2014). mulai dari unsur yang berlimpah sampai dengan unsur yang sangat kecil dibutuhkan tanaman dan ternyata dapat diakumulasikan oleh tanaman (Hermawati et al. Mikroba rhizosfer ini memiliki kemampuan untuk melakukan penguraian terhadap benda-benda organik ataupun benda anorganik yang terdapat pada limbah (Waluyo. Semua tumbuhan mempunyai kemampuan menyerap yang memungkinkan pergerakan ion menembus membran sel. 2009 dalam Daniel et al. yang kehadirannya secara khas tergantung pada akar tersebut. salah satunya yaitu menggunakan biofilter. 2014). 2014 dalam Farnese et al.). 2014). Kayu apu mudah tumbuh dan bisa mentolerir berbagai suhu dan pH (Lima et al. Spesies ini memiliki distribusi di seluruh dunia di daerah tropis dan subtropis (Parsons & Cuthbertson 2001 dalam Kurugundla. Beberapa cara telah digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi kadar logam berat. termasuk As (Farnese et al. Pada umumnya tumbuhan akan menyerap unsur-unsur hara yang larut dalam air dan dari tanah melalui akar-akarnya. Biofilter merupakan salah satu cara dalam pengolahan limbah cair dengan menggunakan tanaman yang memiliki kelompok mikroorganisme rhizosfer. Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Ulfin & Widya. Berdasarkan masalah yang ada. 2005 dalam Suastuti et al. Dengan metode regenerasi konsentrasi logam Cr yang tersisa sebesar 6. Pistia stratiotes adalah macrophyte air tahunan yang tersebar luas di seluruh dunia dan mampu mengeluarkan beberapa logam berat dari air. Mikroorganisme rhizosfer merupakan kelompok mikroba yang hidup bersimbiosis di sekitar akar tanaman. maka tujuan yang ingin dicapai .dan melepaskan logam berat ke sungai. danau. 2013). (2005) menyimpulkan (ditambah dan disingkat) Pada penelitiannya digunakan kayu apu (Pistia stratiotes Linn) untuk menyerap logam berat yaitu kromium dalam larutan media tanam sintetis. Tanaman yang digunakan yaitu kayu apu (Pistia startiotes L.6963 %. 2015)..

) berpengaruh terhadap penurunan konsentrasi ion logam Cd pada air limbah. 2.) dengan lama hari perendaman kayu apu berpengaruh terhadap penurunan ion logam Cd pada air limbah. . B. 3. Apakah ada perbedaan konsentrasi ion logam Cd berdasarkan lama hari perendaman kayu apu (Pistia stratiotes L. Ada pengaruh lama hari perendaman kayu apu (Pistia startiotes L. Untuk mengetahui Jumlah kayu apu (Pistia stratiotes L. Ada pengaruh hubungan jumlah kayu apu (Pistia startiotes L. Untuk mengetahui lama hari perendaman kayu apu (Pistia stratiotes L.) berpengaruh terhadap penurunan konsentrasi ion logam Cd pada air limbah.) berpengaruh terhadap penurunan ion logam Cd pada air limbah. Apakah Jumlah kayu apu (Pistia stratiotes L. Ada pengaruh Jumlah kayu apu (Pistia startiotes L. Manakah yang dapat menurunkan Cd paling tinggi diantara jumlah kayu apu 4. Untuk mengetahui hubungan jumlah kayu apu (Pistia stratiotes L. D.) berpengaruh terhadap penurunan ion logam Cd pada air limbah.) berpengaruh terhadap penurunan konsentrasi ion logam Cd pada air limbah? (dilampirkan latar belakang) 2. Manakah yang dapat menurunkan Cd paling tinggi diantara lama perendaman kayu apu C.) dengan lama hari perendaman kayu apu berpengaruh terhadap penurunan ion logam Cd pada air limbah. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam laporan penelitian ini sebagai berikut. 3. 1. Tujuan Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah. 1. Hipotesis 1. pada penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan kayu apu dalam menyerap logam Cd pada air limbah.) berpengaruh terhadap penurunan ion logam Cd pada air limbah? (dilampirkan latar belakang dan di kajian) 3. 2.

Ordinal - (Pistia startiotes L.) () konsentrasi ion . Kondisi air limbah dianggap sama 2.) (Variabel Bebas) lama perendaman kayu apu (Pistia startiotes L. 3.). Pengamatan dilakukan pada penyerapan logam berat oleh AAS (Spektofometer Atom Serapan). yaitu: 1. Semua kondisi lingkungan seperti suhu. Logam berat yang di serap yaitu logam Cd. Umur kayu apu (Pistia startiotes L. Batasan Masalah & Asumsi Penelitian Batasan masalah dari penelitian ini. 3.E. Anggapan dasar penelitian adalah sebagai berikut: 1. Tanaman ini dibatasi pada jenis tanaman mengambang yaitu kayu apu (Pistia startiotes L. Ruang Lingkup Variable Indikator Skala Variabel Cara Pengukuran/alat Jumlah kayu apu . cahaya. rasio AAS logam Cd yang (Spektrofotometer terserap (Variabel Serapan Atom) Terikat) . 2. F.) dianggap sama. kelembapan selama perendaman dianggap sama.

2015). pistillate dengan ovarium unilokuler yang memiliki banyak ovula.1-0. Kadmium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cd dan nomor atom 48. buah dengan banyak biji tipis. Perkecambahan juga bisa terjadi saat gelap. (konsentrasi ion logam Cd) KAJIAN PUSTAKA A. Lebar daun tumbuhan ini antara 5-14 cm dan jarak antar nodusnya 0.5 cm sehingga membuat susunan daun pada tumbuhan ini terdapat pada tiap bagian rosetnya (Don.) Pistia stratiotes berasal dari Amerika Serikat (Yates & Kordecki. G. Dapat tumbuh setinggi 15 cm dan lebar 30 cm. seng dan raksa. Defenisi Operasional 1. P. 2014). diangkut oleh arus dan unggas air. stratiotes tidak bertahan pada suhu beku. air dan melayang ke permukaan dalam waktu 5 hari. Tanaman induk dan anakan dilekatkan oleh stolon (struktur seperti akar putih yang menghubungkan tanaman bersama) sampai 60 cm (Osmond & Johnson. (variable jumlah dan lama perendaman) 2. Benihnya berkecambah di tanah. sebelum mereka tenggelam ke bawah (Tulika & Mala. kayu apu digunakan sebagai alat penyerapan logam berat. Pada penelitian ini logam Cd dari air limbah akan diserap oleh kayu apu diukur menggunakan AAS. stamen dengan dua benang sari. 2006 dalam Oktaviani et al. Pada penelitian ini. 2006). ramping dan stigma penicillate. Taksonomi dari kayu apu menurut Tripathi et al. Kayu Apu (Pistia startiotes L. Perkecambahan tidak terjadi di bawah 20°C. Kayu apu merupakan tumbuhan air yang biasa dijumpai mengapung di perairan tenang atau kolam. Bunga bersifat uniseksual. Selada air adalah tanaman mengambang bebas yang memiliki bentuk sangat mirip dengan kepala selada terbuka. Benih mengapung di permukaan selama beberapa hari. Berbunga di musim panas dan berbuah pada akhir musim panas. 2005). (2010) yaitu: Kingdom: Plantae . Logam lunak dan putih kebiruan ini secara kimiawi serupa dengan dua logam stabil lainnya pada golongan 12.

dan mengubah kualitas air dengan mengatur keseimbangan oksigen. merupakan tumbuhan makrofit. Species: P. METODE . Makrofita air memainkan peran penting dalam aspek struktural dan fungsional ekosistem perairan dengan mengubah rezim gerakan air. dan mengumpulkan logam berat (Li. 2017) Sifatnya yang stolonifer. siklus nutrisi. berfungsi sebagai sumber makanan. menyediakan tempat berlindung bagi ikan dan invertebrata air. 2014 dalam Pantawong et al. Selain itu Pistia startiotes L. Division: Magnoliophyta Class: Liliopsida Order: Alismatoles Family: Araceae Genus: Pistia L. 2014). selalu ditemukan berlabuh ke hidrosoil saat permukaan air surut dan kondisi rawa dan menyukai air kaya basa atau kapur (Khan et al. stratiotes Sumber : (Wang et al. 2015).

1 Issue 1. S. M.. Comparative study of the Bioadsorbtion of Cadmium and lead from industrial waste water using melon (Citrullus colocynthis) husk activated with sulphuric acid.). p. Biol. Khan..45. & Staden.A.A.. Lead and Chromium Biosorption by Pistia stratiotes Biomass.A.. pp. A. Ni G.M. Use In Medicines. . L.S. & Gupta. 2015. & Widya. Lima. & Chinedu. Desorption of Cadmium and the Reuse of Brown Seaweed Derived Products as Biosorbents. Malik. Tripathi. G. K. 2002. F.). ) dan Genjer (Limnocharis flava L.. Bot. Oliveira. Jurnal Kimia 9 (1).W. Marwat. Gul.D.. Gusman. E.A. M. Sharma. A. 2010 Vol..S. N. 2005.. F. E. 2014.C. Stirk. American Journal of Environmental Protection 2014. The IAS Newsletter Vol. & Solichatun. Akta Kimindo Vol. N.. effects. M. Hermawati. Fitoremediasi Limbah Detergen Menggunakan Kayu Apu (Pistia stratiotes L.. W..T.W. Suastuti. 2010.F. B.. Ledo. Haseena. 1 No. Arshad. H. 2013. Kumar. 2013. R. (Araceae): Phytochemistry.. & Silva.. 2017. M. Wahid.K. 2014. Issue 8. 3(6-1): 1-8.A.D. 2017. 2005. W. Braz.G. Silva. & Hashim.. G.. Chemical Engeneering. Water pollution and human health. Pengolahan Larutan Deterjen Dengan Biofilter Tanaman Kangkungan (Ipomoea crassicaulis) Dalam Sistem Batch (Curah) Teraerasi.E.. 2002. I. L). 2015. no... control and management. Pistia stratiotes (Jalkumbhi). Methods of Removing Heavy Metals from Industrial Wastewater. Ulfin... & Vieira. Botanica Marina Vol. Oktober 2005. November – 2015. & Putra. Vol.. Wiryanto.K. Gunatilake. Pak.B. 115-124.K.9- 16. 74. 46(3): 851-860. Mishra. 3 (2014) 1-6. 2014. Evaluation of the potential of Pistia stratiotes L. 7. 4.. 1 Oktober 2005: 41-48. P.D. E. J. Chima. J. Biogas And Management Options. BioSMART Vol. Pelosi. S. 27 – 3 • July 2005. & Hanif. S. No. R.T. Pistia stratiotes L. Javed. DAFTAR RUJUKAN Daniel. B. Januari 2015: 98-104.. (water lettuce) for bioindication and phytoremediation of aquatic environments contaminated with arsenic. Suarsa. J. 2014..A. (Araceae) – Ubiquitous Aroid Invader. 2.A. hal. Khan. Study Penyerapan Kromium Dengan Kayu Apu (Pistia stratiotes. Pistia stratiotes L. M. R. 32. Farnese. 3 (suppl. S103-S112.. 2014.C. Pharmacognosy Reviews.G.. Journal of Multidisciplinary Engineering Science Studies (JMESS) ISSN: 2912- 1309 Vol.K. L.1(3):16- 19.. J. Zulfiqar. S.O. F. Owa.. Asif. 2014. 2005. Phytoremediation. Environ Risk Assess Remediat. Water pollution: sources. Yates.. I. K.V. & Kordecki. J..S. International Letters of Natural Sciences. M..  vol.S. A.

Potensi Pistia stratiotes dan Spirogyra Sebagai Agen Fitoremidiasi Logam Berat Timbal (Pb) pada Perairan. . Shi. & Liu. Wang. Water lettuce.. The Effects Of Two Free-floating Plants (Eichhornia crassipes and Pistia startiotes) On The Burrow Morphology and Water Quality Characteristics Of Pond Loach (Misgurnus aungulillicaudatus) habitat. T.Wang. F. S... Fu. 3 No. LenteraBio Vol.N. Aquaculture and Fisheries. Oktaviani. W. 2015. New South Wales: NWS Department Of Primary Industries. Li. C. Rachmadiarti.. & Wisanti. 3(1-1): 10-18. A. 2014. 3.. Experimental Investigation of Biogas Production from Water Lettuce. J. 2007. Liu. R. 2015.. 2014.. Kurugundla.. Lu. Tulika... A. Thipbunrat.. P. R. Journal of Plant Sciences 2015. Emer Life Sci Res (2015) 1(2): 41-46. Y. Y. African Journal of Aquatic Science 2014. Q. J. W. Pharmaceutical potential of aquatic plant Pistia stratiotes (L. 2006. 2017 1-8. September 2014: 276–181. & Mala. Seed dynamics and control of Pistia stratiotes in two aquatic systems in Botswana.. Unpaprom. R. Osmond. C. 39(2): 209–214. R.) and Eichhornia crassipes. Pantawong. J. Pistia stratiotes L.. G.. Pang.. Chuanchai. & Johnson. & Ramaraj..