You are on page 1of 10

BAB I

PENDAHULUAN

I. LATAR BELAKANG
Suhu tubuh adalah suatu keadaan kulit dimana dapat diukur dengan
menggunakan thermometer yang dapat dibagi beberapa standar penilaian suhu,
antara lain: normal, hipertermi, hipotermi, dan febris. Suhu tubuh kita sering kali
berubah- ubah tanpa kita tahu sebab-sebabnya dan mekanismenya. Suhu rubuh
manusia cenderung berfluktuasi setiap saat. Banyak faktor yang menyebabkan
fluktuasi suhu tubuh.
Suhu tubuh manusia diatur dengan mekanisme umpan balik (feed back)
yang di perankan oleh pusat pengaturan suhu di hipotalamus. Apabila pusat
temperature hipotalamus mendeteksi suhu tubuh yang terlalu panas,tubuh akan
melakukan mekanisme umpan balik. Mekanisme umpan balik ini terjadi bila suhu
inti tubuh telah melewati batas toleransi tubuh untuk mempertahankan suhu,yang
disebut titik tetap ( set point).
Ada banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan suhu tubuh, seperti
hormon, sistem saraf,usia dan lain- lain. Dalam makalah ini saya akan membahas
tentang sistem pengaturan suhu tubuh.

II. RUMUSAN MASALAH
1. Apa itu hipotalamus?
2. Bagaimana sistem pengaturan suhu tubuh?
3. Apa pungsi dari reseptor suhu?
4. Apa saja macam-macam dari suhu tubuh?
5. Apa faktor yang mempengaruhu suhu tubuh?
6. Apa yang mengganggu pengaturan suhu tubuh?

III. TUJUAN
1. Untuk mengetahui tentang hipotalamus
2. Untuk mengetahui sistem pengaturan suhu tuhuh

Untuk mempengaruhi hal-hal yang mengganggu suhu tubuh . Untuk mengetahui fungsi dari reseptor tubuh 4. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi suhu tubuh 6.3. Untuk mengetahui macam-macam suhu tubuh 5.

Sedang regio anterior yang diaktifkan oleh rasa hangat. Di hipotalamus diketahui tetdapat 2 ousat pengaturan suhu. Penyesuaian dikoordinasi dengan sangat rumit dalam mekanisme penambahan dan pengurangan suhu sesuai dengan dengan keperluan untuk mengoreksi setiap penyimpangan suhu inti dari nilai patokan normal. Hipotalamus terus menerus mendapat informasi mengenai suhu kulit dan suhu inti melalui reseptor khusus yang peka terhadap suhu yang disebut termoreseptor (reseptor hangat. dan kemudian memicu reflek yang memperantarai produksi panas dan konservasi panas. Sensasi suhu primer diadaptasi dengan sangat cepat. HIPOTALAMUS Hipotalamus adalah bagian yang sangat peka. dan febris.01°C. II. Suhu inti (core temperature) suhu inti menggambarkan suhu organ-organ dalam (kepala. yaitu. Hipotalamus mampu merespon terhadap perubahan suhu darah sekecil 0. Suhu dapat di bagi . dada. antara lain: 1. regio posterior diaktifkan oleh suhu dingin.hipotalamus berfungsi sebgai thermostat tubuh. memicu reflek yang memperantarai pengurangan panas. hipertermi. dingin dan nyeri di perifer). antara lain: normal. yang merupakan pusat integrasi utama untuk memelihara keseimbangan energi dan suhu tubuh. abdomen) dan dipertahankan mendakati 37°C . Suhu ini dipantau oleh termoreseptor sentral yang terletak di hipotalamus serta di susunan saraf pusat dan organ abdomen. dengan menerima informasi dari berbagai bagian tubuh di kulit. SISTEM PENGATURAN SUHU TUBUH Suhu tubuh adalah suatu keadaan kulit dimana dapat diukur dengan menggunakan thermometer yang dapat di bagi beberapa standar penilaian suhu. hiporetmi. BAB II PEMBAHASAN I. Reseptor suhu sangat aktif selama perubahan temperature.

sedangkan alat penghasil tanggapan disebut efektor. batang tubuh.macam suhu tubuh menurut Tamsuri Anas 2007:  Hipotermi. . Berdasarkan lokasi sumber rangsang:  Interoreseptor  Khemoreseptor  Eksteroreseptor  Hubungan antara reseptor dengan efektor IV. jaringan subkutan. 2.5°C  Febris /pireksia. Ada beberapa macam thermometer untuk mengukur suhu tubuh:  The mercury-in-glass thermometer  The electrical digital reading thermometer  A radiometer attached to an auriscope-like head (untuk pengukuran suhu timfani) III. bila suhu tubuh berkisar antara 36°C. seperti kranial.37. bila suhu tubuh antara 37. 3.40°C  Hipertermi. suhu udara. tidak meliputi selubung/ selaput myelin dan dapat ditemukan pada reseptor pada rasa nyeri (free nerve ending) atau nociresetor. Suhu tubuh rata-rata (mean body temperature) merupakan suhu rata-rata gabungan suhu inti dan suhu kulit. yaitu suhu yang terdapat pada jaringan dala. FUNGSI DARI RESEPTOR SUHU Etimulus bisa datang dari lingkungan luar salinitas. cahaya. Suhu ini berfluktuasi dipengaruhi oleh suhu lingkungan. bila suhu tubuh kurang dari 36°C  Normal. Alat penerima rangsang disebut reseptor. Suhu kulit (shell temperature) suhu kulit menggambarkan suhu kulit tubuh. kelembaban.. bila suhu tubuh lebih dari 40°C Berdasarkan distribusi suhu didalam tubuh dikenal suhu inti (core temperature). toraks. MACAM-MACAM SUHU TUBUH Macam. Reseptor yang paling sederhana hanya berupa ujung denrit dari suatu sel saraf (neuron).5°C .

Demam terjadi karena perubahan set point hipotalamus. Irama 11. Kelelahan akibat panas: terjadi apabila diaforesis yang banyak mengakibatkan kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebihan. dan lemak. Kadar hormon 10. 3. Stres 12. rongga abdomen. Selain itu ada suhu permukaaan(surface temperature). Exercise 2. V. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai factor yaitu: 1. Suhu ini biasanya dipertahankan relative konstan (sekitar 37°C). Sistem saraf 4. Asupan makanan 6. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SUHU TUBUH Setiap saat suhu tubuh manusia berubah secara fluktuatif. Hipotermia: pengeluaran panas akibat terpapar suhu dingin Tabel suhu tubuh normal menurut usia: . dan status malnutrisi 7. iklim. Hormon 3. Demam: mekanisme pengeluaran panas tidak mampu mengimbangi produksi panas. 4. Suhu ini biasanya dapat berfluktuasi sebesar 20°C sampai 40°C. Suhu tubuh 5. dan rongga pelvis. HAL-HAL YANG MENGGANGGU SUHU TUBUH Hal-hal yang sering mengganggu suhu tubuh diantaranya disebabkan oleh: 1. Olahraga 9. Heat stroke: terpapar oleh panas dalam jangka yang cukup lama 5. yaitu suhu yang terdapat pada kulit. Barbagai macam faktor seperti gender. jaringan subkutan. 2. Lingkungan VI. Usia 8. Hipertermia: peningkatan suhu tubuh sehubungan dengan ketidak mampuan tubuh untuk mengeluarkan panas.

0 . USIA SUHU °C 3 BULAN 37.0 7 TAHUN 36.7 11 TAHUN 36.5 1 TAHUN 37.2 5 TAHUN 37.7 13 TAHUN 36.7 3 TAHUN 37.8 9 TAHUN 36.5 6 BULAN 37.4 >70 TAHUN 36.6 DEWASA 36.

konduksi. hipotermi. BAB III PENUTUP I. usia. asupan makan gender. KESIMPULAN Suhu tubuh adalah suatu keadaan kulit dimana dapat diukur dengan menggunakan thermometer yang dapat dibagi beberapa standar penilaian suhu. aktivitas otot. II. hormone. sistem saraf. hipertermi. stress. agar suhu tubuh selalu dalam keadaan normal dan dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan .konveksi. iklim(lingkungan). dan evaporasi. SARAN Sebaiknya kita selalu menerapkan cara hidup sehat. Pengeluaran panas (heat loss) dari tubuh ke lingkungan atau sebaiknya berlangsung secara fisika. antara lain: normal. Suhu tubuh dipengauhi oleh exercize. Permukaan tubuh dapat kehilangan panas melalui pertukaran panas secara radiasi. dan febris. agar tubuh kita selalu sehat dan tidak menggangu aktivitas kita sehari-hari.

uwc. DAFTAR PUSTAKA http://www.science.html http.//joe.ac.za/physiology/temperatur/temperature.endocrinologyjurnals.org/cgi/content/full .

.. masukan maupun kritikan yang membangun dari semua pihak atau membangun untuk penyempurnaan penyusunan berikutnya dan akhirnya semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas Rahmat dan karunianyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. penulis . Walaupun makalah ini telah tersusun. adpun masalah yang penulis angkat dalam makalah ini yaitu”Keseimbangan Suhu Tubuh”. Dalam penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan informasi yang kemudian bermanfaat bagi kita.. namun penulis tetap terbuka hati menerima saran. saya telah banyak menerima bimbingan dan saran-saran dari berbagai pihak. Selama mengerjakan tugas makalah ini.. Maka pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih semua pihak yang telah membantu penyusun dalam pembuatan makalah ini.

072 AKADEMI KEPERAWATAN PPNI KENDARI . MAKALAH KESEIMBANGAN SUHU TUBUH OLEH WDIA ASTUTI 15.