You are on page 1of 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
KD. 4.2

Satuan Pendidikan : SMP N 7 Semarang
Mata pelajaran : Prakarya
Kelas/ Semester : VIII (delapan) / 1 (satu)
Materi Pokok/ Tema : Aspek Rekayasa (Membuat Produk Rekayasa
Penghasil Bunyi sebagai Alat Komunikasi
Modern)
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 40 menit)

A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No. Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi

1. 4.2 Membuat produk teknologi 4.2.5. Membuat laporan dan
informasi dan komunikasi dengan
mempresentasikan hasil praktik.
menggunakan bahan-bahan yang
tersedia di sekitarnya.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan praktik pembuatan produk penghasilan bunyi, siswa dapat:
1. Membuat laporan hasil praktik pembuatan produk penghasil bunyi dengan teliti dan
bertanggungjawab.
2. Mempresentasikan hasil praktik pembuatan produk penghasil bunyi dengan jujur, percaya
diri, dan runtut. .

Fokus Karakter yang dikembangkan: Mandiri, Gotong royong, Kejujuran, Kedisiplinan,
Tanggungjawab.

D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi Reguler
1. Sistematika Penulisan Laporan Praktik Penghasil Bunyi
a. Judul laporan
b. Alat dan bahan
c. Laporan pengeluaran dana

d. Langkah pembuatan produk
e. Kisah pembuatan dan pembagian kerja
f. Pemanfaatan produk pada kehidupan sehari-hari
2. Langkah Penyajian Produk Penghasil Bunyi
1

boleh teman satu kelas atau kelas yng berbeda. Mendemonstrasikan cara kerja produk penghasil bunyi yang sudah dibuat e.Guru mempersilahkan siswa untuk membuat dan memperbaiki laporan.Alat-alat hasil pembuatan produk penghasil bunyi G. Kegiatan Pendahuluan (10 menit) . 2. Remedial Remedial dilakukan untuk siswa yang memiliki tempo kerja lambat atau karena jarang hadir sebab sakit atau berhalangan di sekolah saat pelajaran Prakarya. Siswa seperti ini memerlukan bimbingan yang saksama. Dkk. Pertemuan dapat dilakukan di luar jam pelajaran sebagai bagian dari pelayanan sekolah. f.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi yang bersangkutan jika kurang jelas.Pada pembukaan pembelajaran. Kemudian. SUMBER BELAJAR 1. 2014. . S.Dalam kegiatan ini guru menjelaskan beberapa tahapan dalam membuat laporan pembuatan produk penghasil bunyi. Kegiatan Inti (60 menit) . . METODE PEMBELAJARAN . Hal ini dilakukan untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman siswa.Project Based Learning (pembelajaran berbasis proyek) F. terutama dalam teknik dan proses penyajian hasil proyek. guru mengecek kehadiran siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran dan tugas yang akan dilakukan pada pembelajaran hari ini. Tanyakan kepada siswa hal-hal yang belum mereka pahami seputar pembuatan produk penghasil bunyi. MEDIA PEMBELAJARAN . Prakarya SMP/MTS Kelas VIII. 2. Lembar Kerja Prakarya Kelas VIII 3. E. Perkenalan anggota kelompok c. Siswa yang tidak masuk diwajibkan menemui guru Prakarya untuk melakukan presentasi secara individu. Setelah itu siswa dapat membuat karya yang lebih inovatif berdasarkan kreativitas dan imajinasinya. . Video Pembuatan Produk Penghasil Bunyi H. d. Penutup Pengayaan Bagi siswa yang sangat tertarik pada pembuatan produk penghasil bunyi yang berbeda dengan hasil karyanya.Guru menjelaskan cara penyajian dan penilaian saat presentasi. daapat mewawancrai dan obervasi langsung ke teman lain yang karyanya berbeda dari kelompoknya. Melakukan tanya jawab dengan siswa lain. Mempresentasikan laporan secara runtut dengan pembagian presentasi untuk setiap anggota kelompok. Buku siswa: Paresti. 2 . Siswa mempersiapkan alat yang akan dipresentasikan. guru melakukan senyum sapa salam pada siswa. Guru memberikan waktu 15 menit untuk persiapan.Kegiatan awal dari pertemuan ini adalah melakukan pengondisian kelas dan pengaturan tempat duduk sesuai kelompok. Salam b. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN 1. (hal 66-89). . Jakarta: Dikbud. a. Hal ini dimaksudkan agar siswa memiliki kesiapan yang matang saat melakukan presentasi proyek yang telah dibuat.

Guru menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Project (Project Based Learning). . 3 = Kadang-kadang terlihat.Kelompok yang terpilih akan tampil ke depan kelas untuk melakukan presentasi hasil proyek yang telah dibuat. Proyek yang telah dibuat harus dipublikasikan minimal dengan teman sekelasnya dengan cara dipresentasikan di depan kelas. Sehingga dapat memperkaya pengetahuan pembuatan produk penghasil bunyi lain yang dibuat oleh kelompok lain. . . Penilaian Sikap Format Penilaian Sikap Aspek yang diamati Nama Sikap/ No. . . Guru melakukannya dengan membuat catatan khusus bagi siswa selama melakukan kegiatan pembelajaran. PENILAIAN Penilaian yang dilakukan pada saat siswa mengikuti proses pembelajaran. Guru menilai pengetahuan dan sikap yang diperoleh siswa. Penilaian Pengetahuan Format Penilaian Pengetahuan Nama Kriteria No Jumlah NA Siswa Relevansi Kebahasaan Sikap 1 3 .Setelah kelompok terpilih selesai presentasi dan telah mendemontrasikan alat yang telah dibuat. 5 = Sudah berkembang baik b.Dengan demikian. . I. 3. .Setelah semua kelompok mempresentasikan hasil pembuatan produk penghasil bunyi. 4 = Sering terlihat. Presentasi tersebut dilakukan oleh semua anggota kelompok dengan pembagian tugas tertentu. siswa lainnya dapat belajar sebagai tutor sebaya. Kegiatan Penutup (10 menit) . guru membuka sesi tanya jawab. 2 = Mulai terlihat. guru memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya dan mengutarakan pendapat . . memperhatikan dan mempersiapkan pertanyaan untuk sesi tanya jawab.Guru melakukan pemilihan kelompok dengan metode permainan utuk memilih kelompok yang akan maju presentasi. guru memberikan feedback pada siswa terhadap konten dari tugas tersebut. Berpendap Jumlah NA Siswa Perilaku Kerja Santun at/Menang Tanggung sama gapi jawab Keterangan: Rentang Skor : 1 – 5 1 = Belum terlihat .Dalam kegiatan presentasi ini. . a.Guru hanya menjadi fasilitator agar terbentuk sebuah opini dari pertanyaan siswa.Kelompok yang tidak maju.Guru dapat menjadi jembatan penghubung antar jawaban yang diberikan oleh siswa lain untuk dibentuk beberapa kesimpulan.

2 = Cukup. 4 = Sangat Baik c. 3 = Baik. Penilaian Penyajian Format Penilaian Penyajian Penyajian Pembuatan JUML No Nama Siswa Kriteria AH NA K-1 K-2 K-3 K-4 K-5 1 2 Keterangan format penyajian dapat dilihat pada tabel di bawah ini: Rentang Aspek Kriteria Skor 1-4 Kreativitas penyajian karya (K-1) Estetika penyajian dan pengemasan (K-2) Kemampuan melakukan presentasi (K-3) Penampilan/Penyajian Mengaplikasikan hasil belajar lewat tindakan perilaku (produk digunakan) (K-4) Penguasaan materi (K-5) Rentang Skor: 1 – 4 1 = Kurang.  Sikap menunjukkan sikap/perilaku saat menyampaikan pendapat Rentang Skor: 1 – 4 1 = Kurang.  Kebahasaan menunjukkan bagaimana siswa mendeskripsikan fakta-fakta yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami). 2 = Cukup. 3 = Baik. 2 Keterangan: Kriteria:  Relevansi merujuk pada ketepatan atau keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran. 4 = Sangat Baik Pedoman Penskoran: Nilai = ∑ Skor perolehan X 100 Skor Maksimal Kriteria Nilai A = 80 – 100 : Baik Sekali B = 70 – 79 : Baik C = 60 – 69 : Cukup 4 .

Juli 2017 Mengetahui: Kepala Sekolah. 19631103 198803 1 010 NIP. Guru Mapel. Penilaian Sikap : Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100 Jumlah skor maksimal (20) b. Pd. D = . - 5 . Penilaian Pengetahuan : Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100 Jumlah skor maksimal (12) c.. Penilaian Penyajian : Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100 Jumlah skor maksimal (20) Nilai akhir yang diperoleh siswa = Nilai sikap + nilai pengetahuan+ nilai penyajian 3 Semarang. Drs. NIP.. Sutrisno Pebri Sri Herlianti. R. S. <60 : Kurang Keterangan Nilai Akhir: a.

Penilaian Sikap Format Penilaian Sikap Aspek yang diamati Sikap/ No. F. Nama Siswa Berpendap Jumlah NA Perilaku Kerja Santun at/Menang Tanggung sama gapi jawab ABRAR ADIYASA 1 PUTRA AGATHA AFRIZAL 2 NURKHOIRI AJENG RAYYAN 3 FAIRUZ ANANDA 4 SALSABILA AZZAHRA ANANTYO RIFKY 5 HUDANA APRHODITHA EKA 6 CUT MEUTHIA 7 ARKAN ZHORIF ATHA 8 PEDROPRILASIX O PURNOMO 9 BINTANG A. P.a. 10 CHOLIFAH DEVINA 11 PERMATATIKA PRABOWO ERLANGGA ARDA 12 MAULANA EZA WAHYU 13 CHANDRA PURNAMA ISMAM ARIF 14 HIDAYAT KAMILA ZAHRA 15 KHOIRUNNISA 16 KEISHA KHARMILIA 17 HAMIDAH LEMBITA ASTYA 18 MAHESWARI LINNA AYU 19 WULANDARI MARIO MARSANO 20 ASHARI NABILA APRILIA 21 PUTRI 22 NELA AUGUSTA NOVITA TRI 23 GUNAWAN 24 NUR ROH MITA 25 PUTRI AINUN ALFA 26 PUTRI MAHARANI RAFID GALUH 27 WIRANABIL UTOYO REINO ARYA 28 ARDIANSYAH 6 .

2 = Mulai terlihat. 4 = Sering terlihat. 5 = Sudah berkembang baik 7 . 3 = Kadang-kadang terlihat. RIFALDO 29 FEBRIANSYAH SHAIF YUSUF AL - 30 FIRDAUS SISKA AYUK 31 MARIANI VIASTRY SHAFIRA 32 WIDYA AMORITA VICKY NUR 33 PANCA RAHMADANI VINISA SHELY 34 UTAMI Keterangan: Rentang Skor : 1 – 5 2 = Belum terlihat .

P.b. 10 CHOLIFAH DEVINA PERMATATIKA 11 PRABOWO ERLANGGA ARDA 12 MAULANA EZA WAHYU CHANDRA 13 PURNAMA 14 ISMAM ARIF HIDAYAT KAMILA ZAHRA 15 KHOIRUNNISA 16 KEISHA 17 KHARMILIA HAMIDAH LEMBITA ASTYA 18 MAHESWARI 19 LINNA AYU WULANDARI MARIO MARSANO 20 ASHARI 21 NABILA APRILIA PUTRI 22 NELA AUGUSTA 23 NOVITA TRI GUNAWAN 24 NUR ROH MITA 25 PUTRI AINUN ALFA 26 PUTRI MAHARANI RAFID GALUH 27 WIRANABIL UTOYO REINO ARYA 28 ARDIANSYAH 8 . Penilaian Pengetahuan Format Penilaian Pengetahuan Kriteria No Nama Siswa Jumlah NA Relevansi Kebahasaan Sikap ABRAR ADIYASA PUTRA 1 AGATHA 2 AFRIZAL NURKHOIRI 3 AJENG RAYYAN FAIRUZ ANANDA SALSABILA 4 AZZAHRA ANANTYO RIFKY 5 HUDANA APRHODITHA EKA CUT 6 MEUTHIA 7 ARKAN ZHORIF ATHA 8 PEDROPRILASIXO PURNOMO 9 BINTANG A. F.

4 = Sangat Baik 9 .  Sikap menunjukkan sikap/perilaku saat menyampaikan pendapat Rentang Skor: 1 – 4 1 = Kurang. 2 = Cukup. 3 = Baik. RIFALDO 29 FEBRIANSYAH SHAIF YUSUF AL - 30 FIRDAUS 31 SISKA AYUK MARIANI VIASTRY SHAFIRA WIDYA 32 AMORITA VICKY NUR PANCA 33 RAHMADANI 34 VINISA SHELY UTAMI Keterangan: Kriteria:  Relevansi merujuk pada ketepatan atau keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran.  Kebahasaan menunjukkan bagaimana siswa mendeskripsikan fakta-fakta yang dikumpulkan dalam bahasa tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami).

P.c. F. Penilaian Penyajian Format Penilaian Penyajian Penyajian Pembuatan No Nama Siswa Kriteria JUMLAH NA K-1 K-2 K-3 K-4 K-5 ABRAR ADIYASA PUTRA 1 AGATHA 2 AFRIZAL NURKHOIRI 3 AJENG RAYYAN FAIRUZ ANANDA SALSABILA 4 AZZAHRA 5 ANANTYO RIFKY HUDANA APRHODITHA EKA CUT 6 MEUTHIA 7 ARKAN ZHORIF ATHA PEDROPRILASIXO 8 PURNOMO 9 BINTANG A. 10 CHOLIFAH DEVINA PERMATATIKA 11 PRABOWO ERLANGGA ARDA 12 MAULANA EZA WAHYU CHANDRA 13 PURNAMA 14 ISMAM ARIF HIDAYAT KAMILA ZAHRA 15 KHOIRUNNISA 16 KEISHA 17 KHARMILIA HAMIDAH 18 LEMBITA ASTYA MAHESWARI 19 LINNA AYU WULANDARI 20 MARIO MARSANO ASHARI 21 NABILA APRILIA PUTRI 22 NELA AUGUSTA 23 NOVITA TRI GUNAWAN 24 NUR ROH MITA 25 PUTRI AINUN ALFA 26 PUTRI MAHARANI RAFID GALUH WIRANABIL 27 UTOYO 28 REINO ARYA ARDIANSYAH 29 RIFALDO FEBRIANSYAH 10 .

3 = Baik. 2 = Cukup.30 SHAIF YUSUF AL .FIRDAUS 31 SISKA AYUK MARIANI VIASTRY SHAFIRA WIDYA 32 AMORITA VICKY NUR PANCA 33 RAHMADANI 34 VINISA SHELY UTAMI Keterangan format penyajian dapat dilihat pada tabel di bawah ini: Rentang Aspek Kriteria Skor 1-4 Kreativitas penyajian karya (K-1) Estetika penyajian dan pengemasan (K-2) Kemampuan melakukan presentasi (K-3) Penampilan/Penyajian Mengaplikasikan hasil belajar lewat tindakan perilaku (produk digunakan) (K-4) Penguasaan materi (K-5) Rentang Skor: 1 – 4 1 = Kurang. 4 = Sangat Baik 11 .